Secara Sosiologis Agar Suatu Revolusi Dapat Tercapai Dengan Baik – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam beberapa menit! Buat flipbook Anda sendiri
Ii Sosiologi SMA/MA Kelas X Hak Cipta pada Depdiknas dilindungi Undang-Undang Sosiologi Jilid 3 untuk SMA dan MA Kelas XII Komposisi: Bondet Wrahatnala Penerbit: Endang Siti Wuryani Desainer Sampul: Alfianto S. Desainer Konten Desainer: Alfianto S Tata Letak : Fitri Fatimah Ilustrator: Alfianto S. Sumber Ilustrasi Sampul Sosiologi XII Indonesia “Welcome” ii Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Sekawan Depdiknas Rumah Penerbit Cipta Karya Diterbitkan oleh Pusat Buku dari Depdiknas tahun 2009 Direproduksi oleh . … 301.07 BON BONDET Sosiologi Wrahatnala 3 : untuk Persiapan Kelas XII SMA dan MA / Wrahatnala Bondet ; editor, Endang Siti Wuryani; Ilustrator, Alfianto S. — Jakarta: Pusat Buku, Depdiknas, 2009. vi, 186 hlm. : ilusi. ; 30 cm Daftar Pustaka : hal. 183-184 Indeks ISBN: 978-979-068-742-4 (nomor jilid lengkap) 978-979-068-752-3 1. Sosiologi-Studi dan Pengajaran I. Judul II. Endang Siti Wuryani III. alfianto s
Secara Sosiologis Agar Suatu Revolusi Dapat Tercapai Dengan Baik
Glosarium iii Ucapan Terima Kasih Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2009 membeli hak cipta buku ajar ini dari penulis/penerbit untuk diedarkan. kepada publik melalui situs internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional. Buku ajar ini telah dievaluasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku ajar yang memenuhi persyaratan kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2007 tanggal 25 Juli 2007. Kami sampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua penulis/penerbit yang telah setuju untuk mengalihkan hak cipta karyanya kepada Depdiknas untuk digunakan secara luas oleh siswa dan guru di seluruh Indonesia. Buku pelajaran yang hak ciptanya telah dialihkan kepada Depdiknas dapat diunduh, digandakan, dicetak, dialihkan atau difotokopi oleh umum. Namun untuk penggandaan secara komersial, harga jualnya harus sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Buku teks ini diharapkan lebih mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia, serta sekolah-sekolah Indonesia yang berlokasi di luar negeri, dapat memanfaatkan sumber belajar tersebut. Kami berharap semua pihak dapat mendukung kebijakan ini. Kami berharap siswa kami senang belajar dan memanfaatkan buku ini dengan sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu disempurnakan. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat diharapkan. Jakarta Juni 2009 Kepala Pusat Akuntansi iii
Penilaian Akhir Semester (pas) Sosiologi Kelas Xii
V SMA/MA Sosiologi Kelas X Kata Pengantar Sebagai anggota masyarakat, Anda selalu bersosialisasi, berhubungan, dan berkomunikasi dengan orang lain di sekitar Anda setiap hari. Apa yang Anda lakukan adalah bagian dari studi Sosiologi yang akan Anda pelajari dalam buku ini. Pelajaran sosiologi diberikan agar Anda mampu memahami fenomena sosial yang terjadi di sekitar Anda. Buku Sosiologi untuk SMA dan MA ini dapat membantu Anda memahami konsep sosiologi, seperti sosialisasi, nilai dan norma, kelompok sosial, struktur sosial, pranata sosial, perubahan sosial, dan konflik untuk menciptakan integrasi sosial. Dengan memahami konsep-konsep sosiologis tersebut, Anda akan mampu menelaah berbagai peristiwa yang ada di sekitar Anda, sehingga Anda dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar Anda. Selain itu, agar ia dapat bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dilengkapi dengan gambar pendukung, contoh, serta tugas dan latihan di setiap bab yang memudahkan pemahaman dan penerapan materi yang disajikan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Selain itu juga disertai dengan contoh kasus yang terjadi di masyarakat sehingga Anda dapat menganalisis kasus tersebut terkait dengan materi yang Anda pelajari. Dengan membaca buku ini Anda dapat memahami dan mengenali lingkungan dan peristiwa yang terjadi di dalamnya. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penerbitan buku sosiologi untuk AME dan MA ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih. Selamat belajar! Surakarta, Juli 2007 Penulis iv
Daftar Istilah v Daftar Isi I II III Kata Pengantar ……………………………………….. …………………………………………………… ………. …… ……………………………. …. iii Kata Pengantar….. …… …………………………… …………. …………………….. …………. …………… ………………………………………. .. ………… ……. …… vi Daftar Isi ……………… . …………. ……… …………………… …… …………………………………………………………… ……… v Semester I Bab Proses Perubahan Sosial Masyarakat ………………………… .. ………………………… 3 A. Apa itu perubahan sosial? ………………………… ……………….. …………………………………………. 5 B. Beberapa pandangan tentang perubahan sosial. ………………………… ……………….. ……………………….. 7 C. Faktor-Faktor Penyebab Perubahan Sosial …………… …. .. ………………………….. ………… …. .. ……… 11 D. Proses Perubahan Sosial …………………….. ……………………………………………………… ………… …… ………………… 20 E. Syarat-syarat agar perubahan sosial dapat diterima oleh masyarakat ……………………………………………………… … 25 Ringkasan ….. …………… ….. ……………….. …. …………… ….. …………………… .. …………. …… …… 26 Latihan Keterampilan 1 …………… .. ……………………………………………………… . ……………………. ………… ………… … …………… 26 Analisis kasus …………………………. .. … …………………………………….. . .. ………………………….. ………… 28 Bab Dampak dari perubahan sosial dalam masyarakat …….. …………………….. …………………………….. … .. …………. 29 A. Ciri dan ciri perubahan sosial …………………….. .. ………………………………. ….. 31 B. Faktor pendorong sosial perubahan ………………………………………. .. ………………………………. 33 C. Faktor-faktor yang menghambat perubahan sosial …. . ………….. ………… …………………….. .. …………………… 36 D. Bentuk-bentuk perubahan sosial …………….. . ………………………………………. …. … ……………………………………. .38 E. Pengaruh dari perubahan sosial .. ………… …………………… ………. ………… ………………………………………. 41 F. Konsep modernisasi dalam perubahan sosial ………………………….. ….. ……………………………………….. 44 G. Dampak modernisasi dalam kaitannya dengan perubahan sosial . ………… ………………………. 47 Ringkasan …….. . …….. …….. ……………………………………………………… ………… ………………………….. …………………. ………… 53 Latihan Keterampilan 2 …………………………. …. ………………………………………. …. …….. …………………… ……. 54 Analisis kasus ….. … ……. ………………………….. …………. ……. ………………………….. …………. ……. ……………. 56 Bab Lembaga Sosial ……………… ….. ….. ………. ……………………………… …………………….. …………………… ……………………………… ….. 57 A. Sifat lembaga sosial . …………….. ……. ……. ………………. …………………… ……. …. ……………. ……………… 59 B. Jenis-Jenis Lembaga Sosial …… ………………. ………………………………………. ……… …….. …………………………… .. 63 C. Fungsi Lembaga Sosial Bagi Masyarakat ….. …………. ………………………………………. …….. .. . …………. 67 Ringkasan …………………….. . ….. ………………………………………. ….. ……………………………………………………… ……. …. 81 Keterampilan praktis 3 .. …………………………… . ……. ………. ……………………………. .. ………. ………. 81 Analisis kasus ………. …………… .. ……………………………………….. ………….. ……………… ……………… …………… ………………………………………. ………… 83 Selesai Praktek Semester I ……………………………. ……………… ……. …………………….. . ……………. … 84v
Vi Sosiologi SMA/MA Kelas X IV V VI vi Semester II Bab Metode Penelitian Sosial …………………………… .. … . ……………………………………………………… ……………………………………….. 89 A .Metode penelitian dalam sosiologi …………………………. . ……………………………………………………… ………….. .. ……. 91 B. Apa itu Penelitian Sosial ……………………. ………….. ……………………………… …………….. ……………. …. .. 100 C. Desain Penelitian Sosial ….. …………. ………………… ….. ……….. …………… …………….. ….. …. 105 D. Unsur-Unsur dalam Rancangan Penelitian Sosial …………. ………………………….. ………………. … …. 107 E. Membuat anteseden masalah ……………………………. . …. ………………………………………… .. … 113 F. Penentuan topik penelitian …………………………………. ………. ……… …………………………… ………. ……….. ……… 114 G. Penentuan metode dan instrumen penelitian ………………… ……. ……………………………….. 116 H. Penetapan subjek penelitian …………………………………………. ………………………….. ….. ………… 118 Ringkasan ……………………………………….. ………. .. …………………………………………….. ………………………………………. 119 Praktek Keterampilan 4 …. ………………………….. ………… … …. ………………………….. …………. … …….. 120 Analisis kasus …………… …….. ………. …………. ………………………….. ……. ……………………………………………………… … ………. ………… 122 Bab Melaksanakan investigasi sosial ………… ……. ……………………………………….. … ……………… ……. 123 A. Pendataan ……………… .. ……………………………………………………… ………. .. ………………………………………. 125 B Validitas dan Reliabilitas ……………………………………….. ….. … ………………… ………………… ….. … .. 136 C. Prosiding entri data …………. ……………………………………………………… ………….. .. ………………………………………… .. 140 Ringkasan . ……………………………………………………… ………….. . ……………………………………………………… ………….. . ………………………. 159 Keterampilan Praktis 5 ……………… . ……………………………………………………… ………….. . ……………………………………………………… 160 Analisis kasus … . ……………………………………………………… ………….. . ……………………………………………………… ………….. . …………….. 162 Bab Komunikasi Hasil Investigasi …………… .. . ……………………………………………………… ………….. . …. 163 A. Menulis laporan penelitian ……………………………………….. …. …. ………………………………………. ………. … .. 165 B. Penyampaian berita acara pemeriksaan …………………………………. ……. … ……. ……………….. 169 C. Penulisan artikel penelitian …. . .. ……………………………………………………… ………… ….. ……… ………. ……… 173 Ringkasan … …………. ………………………. …………….. …………. ………………………. …………….. …. ………………………………. ….. 175 Latihan Keterampilan 6 …. ….. ……………………………………….. … ….. ………………………………………. .. ….. ….. 176 Analisis kasus …………………….. ……. … ………………………………………. ….. ….. ………………………. 178 Latihan Akhir Semester II ……….. .. ……………………………………….. ………….. ……. … ………………………………………. 179 Glosarium … . …… …………………….. …………….. …. …… …………………….. ………….. ……. ….. ………… 182 Daftar Pustaka …………………… …. ………. …………………….. ………. .. ………. …………………….. ………… 183 Daftar Isi …. ……………….. ……………….. .. ………… ……………….. …………………………….. ………. ………… 185 P Indeks Penulis ……………… …… …………………… .. ………………. …… …………………….. .. …………. 186
Proses Perubahan Sosial Masyarakat BAB I Tujuan Pembelajaran : Dari zaman dahulu hingga zaman modern selalu terjadi perubahan dalam masyarakat. Secara umum, perubahan dimaksudkan untuk mencapai kemajuan dan peningkatan kualitas hidup manusia dalam masyarakat. Salah satu penyebab terjadinya perubahan masyarakat seperti terlihat pada gambar di atas yaitu pembangunan jalan aspal. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat arus transportasi dan komunikasi antar daerah, sehingga hubungan antar daerah atau antar masyarakat semakin lancar dan mudah. Akibatnya, tidak ada daerah atau masyarakat yang terisolasi dari pergaulan dengan daerah atau masyarakat lain. Hal inilah yang mempengaruhi proses perubahan sosial di masyarakat. Kita akan mempelajari bersama bagaimana proses ini terjadi dalam bab ini. Sumber: Dokumen Penerbit
Sosiologi Sastra `bahan Kuliah Oleh
Peta konsep – perubahan sosial – inovasi – akomodasi – asimilasi – difusi – akulturasi Kata Kunci Perubahan Sosial Proses perubahan sosial Difusi Akulturasi Asimilasi Akomodasi Perspektif perubahan sosial Evolusi Konflik Fungsionalis Siklus pemahaman Parsudi Suparlan JP. Gillin dan JL. Gillin Kingsley Davis Hans Garth dan C.W. Mills Mac Iver Selo Soemardjan Faktor penyebab internal Perubahan populasi Penemuan baru Konflik Revolusi eksternal Perubahan alam Perang Sosial budaya lainnya Menurut Paul B. Horton dan C. L. Hunt Lingkungan fisik Kontak dan isolasi Struktur sosial Sikap dan nilai Kebutuhan yang diinginkan
Proses Perubahan Sosial Masyarakat 5 Perubahan merupakan fenomena sosial yang wajar dan wajar terjadi dalam kehidupan manusia dalam masyarakat. Tidak ada di dunia ini yang tidak berubah. Misalnya tubuh Anda. Ketika Anda masih bayi, tubuh Anda kecil, tetapi sekarang tubuh Anda semakin besar, dimana tinggi dan berat badan Anda bertambah. Begitu juga masyarakat. Harus ada perubahan dalam masyarakat. A. Apa itu perubahan sosial? Toni adalah anak seorang petani yang sangat sederhana. Toni saat ini duduk di kelas XII SMA Awangga, sebentar lagi dia akan mengikuti ujian akhir. Di kelas, Toni merupakan salah satu siswa yang memiliki prestasi akademik di atas rata-rata, sehingga tidak heran jika ia memiliki pemikiran yang berbeda dengan teman-temannya. Mengingat kondisi orang tuanya yang tidak memungkinkan untuk membiayai kuliahnya, Toni lebih memilih mencari beasiswa di media, termasuk internet. Hal ini karena Anda paham betul bahwa Anda tidak memiliki skill tertentu dan pengetahuan Anda tidak cukup jika harus terjun ke dunia kerja. Setelah sekian lama mencari, akhirnya permohonan beasiswanya diterima dan dia bisa kuliah tanpa harus membebani orang tuanya. Dari ilustrasi di atas, kita bisa melihat bahwa Toni adalah orang yang sangat ingin berubah, terutama pada dirinya sendiri. Sebagai anak dari keluarga yang tergolong ekonomi menengah yang tidak mungkin membiayai pendidikan hingga sarjana, Toni tidak mau menyerah dan hanya berhenti di bangku SMA. Dia ingin bisa kuliah tanpa harus membebani orang tuanya. Dengan mendapatkan beasiswa, Toni bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Jadi ada perubahan pada Toni. Jadi apa perubahannya? Mengapa ada perubahan? Manusia adalah makhluk Tuhan yang paling tinggi derajatnya, karena dilengkapi dengan akal dan akal. Dengan menggunakan pikiran dan pikiran Anda,
Cara menjaga ginjal agar tetap dapat berfungsi dengan baik, alat ukur yang secara spesifik dapat dipakai untuk mengukur besarnya tegangan pada suatu sumber, doa agar dapat pekerjaan yang lebih baik, pankreas yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan penyakit, doa agar dapat jodoh yang baik, pembangkit listrik tenaga air plta dapat berfungsi dengan baik apabila, pembangkit listrik tenaga air dapat berfungsi dengan baik apabila berada, petugas administrasi keuangan harus dapat mengelola keuangan dengan baik, bagaimana cara untuk dapat melakukan permainan sepak bola dengan baik, alat ukur yang secara spesifik dapat dipakai untuk mengukur besarnya tegangan pada suatu sumber disebut, letak suatu wilayah dapat ditentukan dengan, cara agar dapat menyanyi dengan baik