Daftar Harga Excavator Baru 2024: Semua Merk Di Indonesia

Juanda Sidabutar

Harga Excavator Baru 2024 – Excavator adalah salah satu alat berat yang penting dalam industri kontruksi dan pertambangan. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menggali, mengangkat dan memindahkan material dengan jenis berat yang tidak dapat ditentukan dan efisiensi yang tinggi.

Indonesia merupakan salah satu pasar utama untuk industri kontruksi dan penggunaan excavator menjadi penting dalam proyek-proyek pembangunan di negara ini. Setiap tahun, harga excavator  baru di Indonesia dapat mengalami perubahan sebagai hasil dari berbagai faktor seperti permintaan pasar, teknologi baru dan kebijakan pemerintah Indonesia sendiri.

Dalam artikel ini, akan memberikan pandangan umum mengenai harga excavator  baru di Indonesia untuk tahun 2013, termasuk berbagai jenis dan merk yang tersedia. Maka, simak ulasannya dibawah ini yaa!

Pengertian Excavator

Update Harga Excavator Baru 2023
Pengertian Excavator

Excavator adalah mesin berat yang digunakan dalam industri kontruksi untuk melakukan tugas penggalian dan pemuatan material. Excavator  biasanya dilengkapi dengan lengan bergerak yang disebut dengan boom, lengan penyangga yang disebut dipper dan ember yang digunakan untuk menggali dan memuat material.

Excavator dapat digunakan dalam berbagai jenis proyek konstruksi seperti pembangunan jalan, gedung, jembatan, dan proyek infrastruktur lainnya. Mesin ini juga sering digunakan dalam industri pertambangan untuk menggali tanah, batu atau material lainnya.

Prinsip kerja excavator melibatkan penggunaan kekuatan hidraulik. Sistem hidraulik dalam excavator digunakan untuk menggerakkan silinder hidraulik yang di kendalikan oleh operator. Operator duduk di dalam kabin kontrol yang dilengkapi dengan joystick, pedal dan tombol kontrol lainnya untuk mengoperasikan excavator.

Fungsi Umum Excavator

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai daftar harga excavator dan jenis-jenisnya. Secara umum, excavator memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam industri konstruksi dan pertambangan. Berikut adalah beberapa fungsi utama excavator antara lain sebagai berikut:

1. Penggalian

Fungsi utama excavator adalah melakukan penggalian tanah, batu atau material lainnya. Excavator  dilengkapi dengan ember yang dapat digunakan untuk menggali lubang, parit atau pondasi.

2. Pemuatan

Selain melakukan penggalian, excavator  juga dapat digunakan untuk memuat material ke dalam truk atau alat angkut lainnya. Material yang biasa dimuat seperti tanah, kerikil, pasir, dan batu-batuan.

3. Pemindahan Material

Excavator juga dapat digunakan untuk memuat material ke dalam truk atau alat angkut lainnya. Fungsi pemuatan ini membantu dalam proses transportasi material ke lokasi yang di inginkan.

  Daftar Harga Tiket Bioskop Semarang Cinema XXI Terbaru 2024

4. Penggalian Parit dan Saluran

Excavator sering digunakan untuk menggali parit dan juga saluran air untuk sistem drainase. Fungsi ini penting dalam proyek pembangunan infrastruktur perkotaan atau pertanian, dimana diperlukan jaringan saluran untuk mengatur aliran air tersebut.

5. Pembersihan dan Pengangkatan

Excavator juga dapat digunakan untuk membersihkan area dari material seperti lumpur, tanah longsor atau puing-puing lainnya yang diakibatkan oleh bencana alam. Proses ini melibatkan pengangkatan material yang tidak di inginkan atau menghalangi dengan menggunakan ember atau alat angkut yang sesuai.

6. Penempatan dan Pemadatan

Fungsi selanjutnya, excavator juga dapat membantu dalam penempatan material seperti batu, pipa atau beton di lokasi yang di tentukan. Setelah material di tempatkan, excavator juga dapat digunakan untuk memadatkan agar sesuai dengan persyaratan konstruksi.

7. Pembersihan Lahan

Sebelum memulai proyek konstruksi, seringkali di perlukan pembersihan lahan dari vegetasi, pohon atau semak belukar. Excavator dapat digunakan untuk membersihkan dan meratakan lahan sebelum konstruksi dimulai.

Selain fungsi-fungsi diatas excavator  juga dapat dilengkapi dengan berbagai alat tambahan, seperti palu hidrolik, gudang alat berat, pemecah beton, atau traktor tangan yang memperluas kemampuannya dalam proyek konstruksi dan pertambangan.

Jenis-Jenis Merk Excavator di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa excavator yang digunakan dalam industri konstruksi dan pertambangan. Excavator tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, mulai dari excavator mini yang lebih kecil dan ringan hingga excavator  berat yang lebih besar dan kuat. Berikut ini beberapa jenis excavator  yang umum ditemui di Indonesia:

Excavator Caterpillar

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Caterpillar

Excavator Caterpillar adalah salah satu jenis excavator yang di produksi oleh perusahaan Caterpillar Inc, salah satu produsen alat berat terkemuka di dunia. Jenis excavator ini di kenal luas di Indonesia karena kualitasnya yang handal, daya tahan yang tinggi dan teknologi inovatif yang diaplikasikan dalam desain dan performanya. Harga excavator baru jenis Caterpillar tergantung pada ukuran dan juga kapasitasnya.

Tabel Harga Excavator Baru Jenis Caterpillar

Harga Excavator baru Caterpillar dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis excavator, ukuran, spesifikasi dan wilayah geografis. Selain itu, fluktuasi pasar dan kebijakan harga dari dealer Caterpillar juga dapat mempengaruhi harga Excavator baru. Oleh karena itu, tidak ada harga yang pasti untuk excavator Caterpillar  tanpa mengetahui spesifikasinya.

Sebagai referensi, berikut ini adalah tabel dari perkiraan harga excavator baru jenis Caterpillar.

Tipe Excavator Caterpillar Harga Excavator Baru Caterpillar
CAT 300.9D Mini Excavator Rp 743.463.000
CAT 305/307 Mini Excavator Rp 751.000.000
CAT 320D2 Rp 1.301.000.000
CAT 320 GC Hydraulic Excavator Rp 1.501.000.000
CAT 320 Hydraulic Excavator Rp 1.501.050.000
CAT 390D Hydraulic Excavator Rp 3.750.000.000

Baca artikel menarik lainnya: 250+ Nama Kontak WA Unik Untuk Pacar, Ibu, Kakak, Sahabat

Namun, perlu diingat bahwa harga excavator baru dapat berubah dan lebih baik untuk menghubungi dealer resmi Caterpillar di Indonesia untuk mendapatkan informasi harga excavator baru yang akurat dan terkini. dealer resmi Caterpillar akan memberikan rincian harga berdasarkan model, spesifikasi tambahan dan opsi lainnya yang dapat mempengaruhi harga akhir excavator.

  Daftar Harga Keratin Rambut di Salon Terbaru

Excavator Komatsu

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Komatsu

Komatsu adalah perusahaan multinasional Jepang yang memproduksi salah satu jenis excavator yang di produksi oleh perusahaan PT Komatsu Ltd yang merupakan salah satu produsen alat berat terkemuka di dunia dan PT United Tractors yang menjadi distributor resminya di Indonesia.

Excavator Komatsu terkenal dengan kualitasnya yang handal, efisiensi kerja yang tinggi dan teknologi terbaru yang diterapkan dalam desain dan performanya.

Tabel Harga Excavator Baru Jenis Komatsu

Berikut ini adalah tabel dari perkiraan harga excavator baru jenis Komatsu, antara lain:

Tipe Excavator Komatsu Harga Excavator Baru Komatsu
Komatsu PC200 30000 – 50000 dollar AS
Komatsu PC30MR-5 38500 dollar AS
Komatsu PC45MR-5 51910 dollar AS
Komatsu PC35MR-5 51915 dollar AS
Komatsu PC55MR-5 54910 dollar AS

Excavator Hitachi

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Hitachi (sumber: hexindo-tbk.co.id)

Hitachi merupakan pemimpin dari seluruh dunia dalam industri pembuatan produksi excavator menengah. Jenis Excavator ini menggunakan teknologi hidrolik yang canggih agar mudah dioperasikan. Kecepatan, kekuatan dan daya tahan mesin-mesin ini memberikan peningkatan produktivitas dan penurunan biaya pemeliharaan bagi kamu.

Tabel Harga Excavator Baru Jenis Hitachi

Harga Excavator baru Hitachi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti jenis excavator, ukuran, spesifikasi dan wilayah geografis. Selain itu, fluktuasi pasar dan kebijakan harga dari dealer Hitachi juga dapat mempengaruhi harga Excavator baru. Oleh karena itu, tidak ada harga yang pasti untuk excavator Hitachi tanpa mengetahui spesifikasinya.

Sebagai referensi, berikut ini adalah tabel dari perkiraan harga excavator baru jenis Hitachi .

Tipe Excavator Mini Hitachi Harga Excavator Baru Hitachi
Hitachi ZX33U-5A Rp 513.000.000
Hitachi ZX48U-5A Rp 631.000.000
Hitachi ZX65USB-5A Rp 891.000.000

Namun, perlu di ingat bahwa harga excavator baru dapat berubah dan lebih baik untuk menghubungi dealer resmi Hitachi di Indonesia untuk mendapatkan informasi harga excavator baru yang akurat dan terkini, disarankan menghubungi dealer resmi Hitachi yang akan memberikan rincian harga berdasarkan model, spesifikasi tambahan dan opsi lainnya yang dapat mempengaruhi harga akhir excavator.

Excavator Hyundai

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Hyundai

Excavator Hyundai adalah jenis excavator yang di produksi oleh perusahaan Hyundai Heavy Industries, sebuah perusahaan besar yang terkenal dalam pembuatan alat berat dan mesin konstruksi. Excavator Hyundai di kenal karena kombinasi kualitas, daya tahan dan kinerja yang baik.

Harga Excavator baru jenis Hyundai ini dapat bervariasi, tergantu pada jenis, ukuran dan spesifikasinya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan informasi harga excavator baru Hyundai yang akurat dan terkini, disarankan menghubungi dealer resmi Hyundai di Indonesia yang akan memberikan rincian harga berdasarkan model, spesifikasi tambahan dan opsi lainnya yang dapat mempengaruhi harga akhir excavator.

Tabel Harga Excavator Baru Jenis Hyundai

Merek Jenis Tipe Tahun Harga
HYUNDAI Excavator R80-7 2013 Rp 375.000.000
HYUNDAI Excavator Robex 210-7 2010 Rp 501.000.000
HYUNDAI Excavator HX210S 2019 Rp 9.850.000.000
  Daftar Harga Tembaga Per Kg Terbaru 2024

Selain harga excavator baru di atas, perlu juga mempertimbangkan biaya operasional, perawatan, suku cadang, dan layanan purna jual dalam memperhitungkan total biaya kepemilikan excavator Hyundai.

Excavator Pindad

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Pindad (sumber: pindad.com)

Excavator Pindad merupakan salah satu jenis excavator buatan Indonesia yang cukup populer yang di produksi oleh PT Pindad. Awalnya perusahaan ini hanya memproduksi alat-alat pertahanan dan juga militer seperti pabrik senjata. Namun dengan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan pasokan yang ada di Indonesia, kini PT Pindad memproduksi alat-alat berat termasuk excavator ini.

Bukan hanya produk alat berat excavator yang di produksi oleh PT Pindad, namun ada beberapa alat berat lain, seperti Motor Traksi, Paddy Dryer, Traktor Roda Empat PTM-45, Stungta X Pindad Incinerator, Combine Harvester, Rota Tanam, Generator, dan Machining Facilities. Harga excavator baru merek Pindad ini memang tergolong cukup mahal hingga mencapai angka milyaran rupiah per unit nya.

Tabel Harga Excavator Baru Jenis Pindad

Tipe Excavator Pindad Harga Excavator Baru Pindad
Pindad Excava 55 Rp 700.000.000 – Rp 800.000.000
Pindad Excava 200 Rp 1.200.000.000 – Rp 1.400.000.000
Pindad Excava 200 Long Arm Rp 2.100.000.000 – Rp 2.300.000.000
Pindad Excava 80 Amphibious Rp 4.300.000.000 – Rp 4.500.000.000
Pindad Excava 200 Amphibious Long Arm (Tanpa Side Pontoon dan Spud Pile) Rp 5.000.000.000 – Rp 5.100.000.000
Pindad Excava 200 Amphibious Long Arm Rp 5.600.000.000 – Rp 5.800.000.000

Informasi harga excavator baru merek Pindad di atas kami rangkum dan bersumber dari e-katalog LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa). Perlu kamu catat bahwa, Harga excavator baru Pindad tersebut tidak selamanya sama atau tidak mengikat harga dan dapat berubah sewaktu-waktu.  Selain itu, harga di masing-masing distributor alat berat bisa saja berbeda meskipun produk yang di tawarkan adalah sama.

Excavator Volvo

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Volvo (sumber: volvoce.com)

Excavator Volvo pertama kali di luncurkan pada tahun 2017 dengan tipe pertama EC210D dan telah memiliki reputasi yang kuat di wilayah Asia sebagai mesin dengan performa tinggi dalam pengerjaan medan yang sulit, namun tetap cocok di gunakan pada konstruksi umum.

Harga excavator baru merek Volvo ini berkisar diantara Rp 700 jutaan hingga Rp 1,7 Milyaran, tergantung distributor penjual alat berat Excavator Volvo.

Excavator Kobelco

Update Harga Excavator Baru 2023
Excavator Kobelco (sumber: dayakobelco.com)

Kobelco adalah jenis excavator yang di produksi oleh perusahaan Kobelco Construction Machinery Co., Ltd. Kobelco adalah produsen alat berat terkemuka yang berbasis di Jepang dan telah menjadi pemimpin dalam industri alat berat selama beberapa dekade.

Excavator Kobelco di kenal dengan kualitasnya yang handal, teknologi inovatif, dan performa yang tangguh. Harga excavator baru jenis Caterpillar tergantung pada ukuran dan juga kapasitasnya.

Penutup

Harga Excavator Baru
Harga Excavator Baru

Melalui daftar harga Excavator abru tahun 2023 untuk semua jenis merek excavator di Indonesia diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa harga excavator bisa mencapai 5 Milyar Rupiah.

Terakhir, kami ingin menekankan bahwa harga yang telah disebutkan dalam artikel ini hanya perkiraan dan dapat berubah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, selalu pastikan untuk memverifikasi harga terbaru dengan dealer atau distributor sebelum melakukan pembelian alat berat excavator.

Semoga artikel ini memberikan wawasan dan bantuan dalam memahami perkiraan harga excavator baru di Indonesia pada tahun 2023. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay