Daftar Harga Tembaga Per Kg Terbaru 2023

  • Irfan Siregar
  • Mei 25, 2023

Harga tembaga per kg 2023 saat ini sebenarnya stabil, penggunaan tembaga sebagai bahan struktural memang sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan tembaga adalah salah satu bahan untuk keperluan arsitektur, jadi wajar saja bahwa bahan tembaga memiliki permintaan yang stabil atau bahkan bisa melejit. Mengenai info harga tembaga per kg 2023 sebenarnya suda cukup berubah, dan pastinya hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di dalamnya. Mulai dari nilai tukar, kualitas, harga pasaran dan masih banyak lagi. Namun akan berbeda apabila harga tembaganya dibeli dengan harga bekas dari pengepul.

Tentu saja ini adalah langkah alternatif untuk dapat menghasilkan kualitas tembaga yang mudah dan murah. Baiklah tanpa perlu basa-basi terlalu dalam, simak informasi lengkap Harga Tembaga Per Kg 2023 yang ada di bawah ini, cekidot dan simak sampai habis yah artikelnya.

Sekilas Tentang Tembaga

Sekilas Tentang Tembaga
Sekilas Tentang Tembaga

Tahukah kalian bahwa Tembaga adalah unsur kimia loh yang disimbolkan dengan Cu dan urutan nomor atomnya ada di angka 29. Tembaga didominan dengan coklat kemerahan, yang dimana tembaga itu sendiri dikenal sebagai konduktivitas listrik dan termal yang sangat baik loh.

Selain itu Tembaga sudah dipakai dan digunakan manusia selama ribuan tahun untuk peran penting di bidang industri dan elektronik. Tembaga juga salah satu nutrisi yang penting untuk keberlangsungan organisme hidup, Mengapa ? Karena tembaga merupakan logam yang memiliki fungsi serbaguna yang sifatnya konduktif tentu akan sangat baik dalam pengaplikasian industri dan biologi.

Dimana Daerah Penghasil Tembaga Terbesar Di Indonesia ?

Indonesia adalah negara yang bisa terbilang dengan banyak penyebaran tembaga dari pulau ke pulau sabang sampai merauke. Dilansir dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM mengatakan bahwa Indonesia sudah masuk dalam tujuh negara penghasil tembaga terbesar di dunia loh.

Selain itu cadangan sumber daya tembaga di indonesia sudah mencapai lebih dari 28 Miliar metrik ton terhitung pada tahun 2020. Indonesia juga sedang berada pada urutan ke 11 dalam produksi tambang tembaga. Menakjubkan bukan ?

Daftar Daerah Penghasil Tembaga Terbesar Indonesia

Dilansir dari lama resmi Kementrian Investasi atau Badan Koordinator Penanaman Modal BKPM, bahwa ada beberapa daerah penghasil tembaga terbesar dan paling banyak di indonesia.

  • Mimika (Papua)
  • Sangkaropi (Sulawesi Selatan)
  • Gorontalo (Sulawesi Utara)
  • Pacitan (Jawa Timur)
  • Wonogiri (Jawa Tengah)
  • Silungkang (Sumatera Barat)

Jenis – Jenis Tembaga Yang Ada Di Indonesia

Jenis - Jenis Tembaga Yang Ada Di Indonesia
Jenis – Jenis Tembaga Yang Ada Di Indonesia

Di indonesia negara kita sendiri, pastinya ada banyak jenis dari tembaga yang bisa ditemukan. Karena indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki beberapa daerah pertambangan terbesar, tentu saja kalian harus bisa mengenal berbagai jenis tembaga yang dihasilkan di indonesia.

Berikut simak sampai habis jenis – jenis tembaga yang ada di indonesia.

  • Tembaga Porfiri

Tembaga Porfiri adalah endapan yang merupakan sumber dari tembaga terbesar yang ada di indonesia. Tembaga ini sangat besar dan memiliki endapan dengan tingkat paling rendah dan terkait dengan batuan beku seperti intrusi porfiritik.

Tembaga Endapan ini dicairkan sebagai mineral tembaga yang menyebar pada batuan induk, dan juga sering disertai dengan beberapa logam berharga baik itu emas dan molibdenum atau unsur kimia nomor 42.

  • Tembaga Skarn

Tembaga Skarn adalah endapan yang terbentuk lewat interaksi fluida panas kemudian dari intrusi batuan yang beku dan ditambah dengan batuan kaya karbonat. Biasanya endapan dari tembaga ini ditandai dengan bergantinya mineral karbonat asli dari mineral tembaga.

Perlu diketahui bahwa Tembaga Skarn ini seringkali mengandung beberapa biji tembaga yang sangat bernilai mutu tinggi. Dan juga tembaga ini sama dengan yang pertama sering kali dilengkapi dengan logam lain seperti emas, besi dan perak.

  • Tembaga Vulkanik

Tembaga Vulkanik terjadi karena pada busur vulkanik yang terkait dengan situasi aktivitas vulkanik yang dimana hal tersebut berupa letusan gunung berapi dan sistem hidrotermal. Kemudian endapan pada tembaga vulkanik ini akan dibentuk oleh beberapa pengendapan mineral dari asal tembaga cairan panas ke dalam batuan yang ada di area sekitarnya.

  • Tembaga Diinangi Sedimen

Tahukah kalian bahwa ada tembaga yang diinangi oleh sedimen, dan ini terjadi pada batuan sedimen itu sendiri loh. Kemudian akan dibentuk dengan pengendapan mineral tembaganya mulai dari air asin yang ada di dalam cekungan sedimen tersebut.

Endapan yang ada di Tembaga Sedimen ini memiliki tingkatan dan mengandung sumber daya tembaga yang dikatakan signifikan. Tapi tembaga jenis ini relatif kurang umum untuk dibandingkan dengan beberapa jenis tembaga lainnya yang ada di indonesia.

Mengenal Jenis -Jenis Tembaga Yang Di Jual Di Indonesia

Mengenal Jenis -Jenis Tembaga Yang Di Jual Di Indonesia
Mengenal Jenis -Jenis Tembaga Yang Di Jual Di Indonesia

Penting juga untuk mengenal jenis-jenis tembaga yang di jual di indonesia saat ini. Guna mengetahui hal tersebut, agar kalian tidak perlu lagi kebingungan dengan beberapa model dan jenis tembaga yang ditemui, agar kalian juga mengetahui masing-masing fungsi dari tembaga tersebut.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama mengenai Harga tembaga per kg 2023, berikut beberapa jenis tembaga yang di jual di indonesia saat ini.

  • Tembaga Batangan

Tembaga Batangan
Tembaga Batangan

Pertama ada yang namanya Tembaga Batangan, jenis tembaga ini berbentuk potongan tembaga persegi panjang atau dapat dikatakan dengan silindris. Biasanya jenis tembaga ini diproduksi dengan ukuran yang beratnya standar. Karena tembaga batangan ini sering digunakan sebagai bahan untuk berbagai kepentingan aplikasi industri tentunya.

Fungsi Tembaga Batangan

  1. Digunakan untuk kabel listrik.
  2. Bahan konstruksi.
  3. Untuk pembuatan mesin.
  4. Industri Peralatan.
  5. Seni dan dekoratif.
  • Tembaga Lembaran

Tembaga Lembaran
Tembaga Lembaran

Kedua adalah Tembaga Lembaran jenis tembaga ini berbentuk rata dan tentunya tipis namun memiliki ketebalan yang cukup konsisten. Tembaga ini akan sering kalian temui di bidang arsitektur dan komponen listrik hingga kerajinan. Tembaga Lembaran sangat mudah untuk dipotong dan dibentuk sesuai keinginan.

Fungsi Tembaga Lembaran

  1. Komponen atap.
  2. Bahan Arsitektur.
  3. Komponen listrik.
  4. Seni dan desain.
  5. Penghantar panas.
  • Tembaga Tabung

Tembaga Tabung
Tembaga Tabung

Tembaga Tabung merupakan bentuk dengan pipa berongga atau silinder yang jelas terbuat dari bahan tembaga. Tembaga jenis ini sering digunakan untuk sistem pemipaan karena tembaga tabung memiliki konduktivitas termal serta memiliki anti korosi yang sangat bagus dan ideal untuk mengangkut gas dan cairan tertentu.

Fungsi Tembaga Tabung

  1. Membantu untuk sistem HVAC.
  2. Sebagai alat untuk pemanas.
  3. Bahan untuk ventilasi.
  4. Bahan untuk pendingin udara.
  5. Sebagai bahan media pendinginan.
  • Tembaga Kawat

Tembaga Kawat
Tembaga Kawat

Tembaga Kawat biasanya ditandai dengan untaian tembaga yang terbilang fleksibel serta ramping, oleh sebab itu tembaga kawat banyak digunakan untuk keperluan kabel listrik. Dan juga tembaga kawat digunakan sebagai media alat pengukur dari ketebalan dan bisa di isolasi dalam keadaan terbuka atau kawat telanjang.

Fungsi Tembaga Kawat

  1. Sebagai konstruksi sirkuit listrik.
  2. Untuk media konstruksi motor.
  3. Sebagai transformator.
  4. Bahan untuk perangkat elektronik.
  5. Konektivitas dengan alat lain.
  • Tembaga Ingot

Tembaga Ingot
Tembaga Ingot

Terakhir adalah Tembaga Ingot, tembaga ini berciri-ciri dengan tembaga yang sangat halus, besar dan padat. Ingot Tembaga biasanya dibuat dengan peleburan dan pemurnian terlebih dahulu. Dan Ingot Tembaga biasanya digunakan untuk keperluan bahan mentah yang nantinya diproses lagi sesuai dengan kebutuhan para pembeli.

Fungsi Tembaga Ingot

  1. Bahan mentah.
  2. Produk campuran.
  3. Pelengkap media arsitektur.

Urutan Daftar Harga Tembaga Per Kg 2023 Bekas Dan Baru Terlengkap

Urutan Daftar Harga Tembaga Per Kg 2023 Terlengkap
Urutan Daftar Harga Tembaga Per Kg 2023 Terlengkap

Harga tembaga per kg 2023 sebenarnya sudah familiar untuk diketahui, kalian tinggal mencari di beberapa marketplace yang ada di ponsel kalian masing-masing. Apalagi di jaman yang semakin canggih saat ini, mudah sekali rasanya untuk mengetahui informasi terbaru dan ter-update yang ada di dunian.

Mengenai info tembaga adalah hal yang paling menarik, apalagi jenis benda ini bisa ditemukan di beberapa peralatan elektronik yang rusak. Tentu saja tembaga yang didapatkan bisa dijual kembali dengan harga yang dipantaskan. Baiklah berikut di bawah ini harga tembaga per kg 2023 bekas dan baru.

Daftar Harga Tembaga Per Kg 2023 Baru

Di bawah ini adalah daftar harga tembaga per kg 2023 dengan harga terbaru yang telah disediakan. Penting sekali bahwa daftar harga tembaga per kg 2023 di bawah ini, bisa berubah sewaktu-waktu sesuai karena harga jangka pasar dan bahan yang dapat tidak signifikan sewaktu-waktu.

Rincian Tabel Harga Tembaga Terbaru

Jenis TembagaBentuk TembagaHarga Terbaru
Tembaga LembaranLembaranRp 500.000 – 2.000.000 / Kg
Tembaga PipaPipaRp 250.000 – 1.000.000 / Kg
Tembaga RadiatorGulungan RadiatorRp 1.000.000 – 3.000.000 / Kg
Tembaga KawatKawat UmumRp 550.000 – 1.500.000 / Kg
Tembaga BakarHitamRp 450.000 – 1.200.000 / Kg
Tembaga Kualitas SuperKualitas KilatRp 700.000 – 1.500.000 / Kg
Tembaga BCKuyu dan HitamRp 500.000 – 1.000.000 / Kg
Tembaga Tb (Biasa)BerserabutRp 2.000.000 – 3.000.000 / Kg

Daftar Harga Tembaga Per Kg 2023 Bekas

Kemudian ini adalah daftar harga tembaga per kg 2023 dalam keadaan bekas. Namun sekali lagi bahwa daftar harga ini dapat berubah sewaktu-waktu dan tidak sesuai dengan yang ada, karena daftar harga berikut ini sebelumnya sudah pernah di riset, namun tidak semua dapat dikatakan sama.

Rincian Tabel Harga Tembaga Bekas

Jenis TembagaBentuk TembagaHarga Terbaru
Tembaga LembaranLembaranRp  175.000 – 2.600.000 / Kg
Tembaga PipaPipaRp 37.000 – 1.000.000 / Kg
Tembaga RadiatorGulungan RadiatorRp 500.000 – 1.000.000 / Kg
Tembaga KawatKawat UmumRp 10.000 – 800.000 / Kg
Tembaga BakarHitamRp 83.000 – 92.000 / Kg
Tembaga Kualitas SuperKualitas KilatRp  107.000 – 122.000 / Kg
Tembaga BCKuyu dan HitamRp  102.000 – 118.000/ Kg
Tembaga Tb (Biasa)BerserabutRp  92.000 – 107.000 / Kg

Fungsi Utama Dan Kegunaan Tembaga

Fungsi Utama Dan Kegunaan Tembaga
Fungsi Utama Dan Kegunaan Tembaga

Tahukah kalian bahwa tembaga memiliki ribuan fungsi di dalamnya sebagai bahan utama dari arsitek, biologi dan masih banyak lagi. Kalian juga pastinya harus tahu apa saja sih fungsi dan kegunaan dari bahan tembaga ? Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya di bawah ini.

  • Bahan Struktural

Pertama tembaga sering digunakan sebagai bahan struktural seperti kegiatan di bidang arsitektur, talang air, atap dan bahan bangunan lainnya. Itu karena tembaga memiliki kekuatan yang cukup signifikan dan tidak mudah rusak dan ternodai seperti karat yang ada pada lingkungan sekitar pastinya.

  • Penghantar Listrik

Tembaga adalah penghantar listrik atau konduktor listrik yang sangat baik, oleh sebab itu tembaga banyak sekali digunakan untuk produksi perkabelan, motor dan komponen yang berbasis elektronik lainnya. Sehingga kalian dapat menikmati lampu yang hidup karena ada tembaga juga di dalamnya.

  • Penghantar Panas

Tembaga adalah penghantar panas yang baik karena tembaga merupakan bahan yang sangat penting untuk keperluan peralatan memasak karena tembaga dapat memberikan dan menukarkan jenis panas didalamnya. Seperti penanak nasi, dispenser dan alat masak elektronik lainnya.

  • Bahan Koin

Tahukah kalian bahwa tembaga sudah digunakan sebagai bahan untuk membuat koin dari beribu-ribu tahun lamanya. Dan sampai saat ini tembaga masih digunakan untuk membuat berbagai koin terutama di indonesia sendiri.

  • Properti Antimikroba

Tembaga memiliki fungsi yang baik untuk keperluan properti, karena tembaga punya sifat yang namanya antimikroba alami. Oleh karena itu tembaga banyak sekali digunakan untuk keperluan peralatan medis, penyaringan air dan persiapan alat makanan.

Penutup

Harga Tembaga Per Kg 2023
Harga Tembaga Per Kg 2023

Nah itu dia deretan beberapa daftar harga tembaga per kg 2023 yang wajib kalian ketahui, memiliki tembaga bekas peralatan elektronik dapat kalian jual kembali dengan harga yang cukup fantastis. Ditambah lagi bahwa tembaga adalah bahan yang baik untuk penghantar listrik dan konduktivitas panas. Namun penting sekali untuk dicamkan bahwa deretan harga tembaga per kg 2023 di atas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar global.

Post Terkait :