Daftar Harga Belut Per Kg 2024: Berdasarkan Jenis dan Ukuran

Rohma Dearni

Ingin memasok belut sebagai menu utama usaha atau sekadar olahan dirumah? Cari tau yuk harga belut per kg 2024 yang kami tampilkan pada pembahasan ini. Belut salah satu jenis ikan bernilai tinggi yang ditinjau dari kandungan dan manfaatnya, karena hal tersebut tidak jarang jenisnya dicari dan diolah dengan teknik tertentu untuk menghasilkan santapan lezat dan full gizi.

Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui harga belut per kg. Setelah mengantongi informasi tersebut, lakukan pengalokasian biaya sesuai dengan jenis dan banyaknya belut yang dibutuhkan.

Tentang Belut

Tentang Belut
Tentang Belut

Apa yang kamu pikirkan ketika berbicara tentang belut? sebagian orang mengklaim belut sebagai salah satu sumber gizi tertinggi sehingga diburu dan diolah dengan teknik yang berbeda-beda. Nah, merangkum dari Wikipedia belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang masuk dalam suku synbranchidae.

Meskipun tergolong dalam sekelompok ikan, belut tidak memiliki sirip dan sisik. Sekelompok ikan ini dapat bernafas dari udara, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk bahkan mata belut disebut-sebut tidak berfungsi dengan baik khususnya belut yang tinggal di dalam gua.

Pada umumnya belut tidak suka berenang, mereka lebih suka bersembunyi di dalam lumpur dan menjadi pemangsa hewan-hewan kecil disekitarnya. Fakta unik yang kami temukan bahwa belut dapat berubah kelamin pada usia muda, jika awalnya belut berjenis kelamin betina maka di usia lanjut bisa saja berubah menjadi jantan.

Jenis-Jenis Belut

Setelah mendapatkan gambaran tentang belut, sudah saatnya kita mengulik lebih dalam jenis-jenis belut yang ada di Indonesia. Mengapa? ini penting diketahui jika kita berbicara tentang harga belut per kg, dimana setiap jenis sudah pasti dipasarkan dengan harga yang berbeda. Oleh karena itu, langsung simak saja beberapa jenis belut yang paling mudah ditemukan dan hal-hal menarik tentangnya:

  • Belut Sawah

Belut Sawah
Belut Sawah

Jika sobat menulusuri tentang harga belut per kg akan selalu dikaitkan dengan belut sawah. Ya, jenis belut yang satu ini mudah ditemukan di pasaran dan paling banyak di konsumsi oleh masyarakat.

Belut sawah memiliki tubuh yang panjang sekitar 25 sampai 40 cm tanpa sisik, ujung kepala belut menumpul sedangkan ekornya meruncing. Belut sawah tinggal diperairan tawar yang dangkal dan berlumpur, menjadi predator ganas yang  aktif di malam hari menunggu ikan kecil dan cacing sebagai mangsanya.

  List Harga Semen 1 Sak Berdasarkan Merk di Pasaran

Meski demikian, belut sawah betina pada usia muda akan berganti menjadi belut jantan ketika usia dewasa. Berbicara tentang harga belut per kg, jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis belut lainya yang akan kita bahas selanjutnya.

  • Belut Rawa

Belut Rawa
Belut Rawa

Setelah belut sawah, belut rawa salah satu jenis yang memiliki nilai ekonomis tinggi karena memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Jika belut sawah banyak dijumpai pada area yang berlumpur, maka belut rawa lebih sering ditemukan pada area berair dan sedikit lempur.

Melihat dari bentuk tubuh, belut ini memiliki badan yang lebih panjang bisa mencapai 50-60 cm ketika dewasa dengan bobot bisa mencapai 150-350 gram per ekor. Bagian kelapa ikan ini lebih lancip dan ekor yang runcing dan termasuk dalam hewan yang dapat berganti kelamin ketika dewasa sama halnya dengan belut sawah.

Harga belut per kg tidak akan lepas dari jenis ini, dimana belut rawa dipasarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan belut sawah. Jenis belut yang satu ini diklaim sangat lembut dan gurih, sehingga diburu di pasaran.

  • Belut Muara/Tambak

Belut Muara
Belut Muara

Selanjutnya ada belut muara atau tambak, belut yang habitatnya di muara sungai ini memiliki ciri fisik yang sedikit berbeda dengan dua belut diatas. Belut muara berwarna cokelat pucat, panjang tubuh bisa mencapai 60-70 cm ketika dewasa dengan bobot 250-400 gram.

Bagian kepala belut ini seperti ujung terompet, memiliki gigi yang lebih runcing dan mata yang lebih kecil. Belut ini memiliki bau yang amis, daging yang lebih kasar dibandingkan kedua belut diatas tetapi sangat nikmat dan bergizi tinggi. Karena memiliki bobot yang lebih berat, belut muara bergerak lambat namun sangat kuat pun pertumbuhannya lebih cepat dan bisa mencapai 1 kg per ekor.

Untuk harga belut per kg pada jenis muara lebih mahal dibandingkan dua jenis yang sudah dibahas, karena belum ditemukan budidaya belut muara di Indonesia.

Manfaat Belut untuk Kesehatan

Semua jenis belut diklaim bermanfaat untuk pengonsumsi karena mengandung protein untuk meningkatkan daya tahan tubuh lewat berbagai pengolahan. Sebelum berlanjut pada harga belut per kg, yuk ketahui apa saja manfaat yang diperoleh ketika konsumsi belut:

Menjaga kesehatan tulang Kandungan fosfor tinggi pada belut bermanfaat untuk kesehatan tulang. Fosfor salah satu mineral paling banyak dalam tubuh dan penting untuk pembentukan tulang dan gigi. Semua manfaat itu bisa kamu dapatkan dari olahan belut
Meningkatkan kesehatan kulit Vitamin E salah satu kandungan yang sering ditemukan pada produk kesehatan kulit, ternyata konsumsi belut dapat membantu kamu mendapatkan vitamin E yang cukup.
Mencegah anemia Vitamin B12 yang ada pada belut membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengurangi resiko anemia.
Meningkatkan kekebalan tubuh Daging belut dapat dijadikan sebagai sumber protein dan zinc yang akan meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh.
Membantu meningkatkan konsentrasi Kurangnya zat besi dapat ditandai dengan penurunan tingkat konsentrasi dan perhatian, jika kamu terkena gejela demikian dapat konsumsi belut untuk pemenuhan kebutuhan zat besi.
Menjaga kesehatan pencernaan Belut sebagai salah satu ikan yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan magnesium pada belut membantu meningkatkan jumlah air pada usus, sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan.
  Daftar Harga Kartu Timezone 2024: Syarat dan Jenis Powercard

Harga Belut Per Kg 2024

Sebagai salah satu ikan yang memiliki segudang manfaat maka tak heran penelusuran harga belut per kg semakin meningkat. Benar, belut sebagai salah satu jenis ikan dengan rentang harga yang cukup tinggi. Ikan ini dipasarkan dalam dengan satuan kilogram, dari sinilah penjual dan pembeli mengkalkulasikan kebutuhan dan harga nantinya. Langsung lihat saja tabel harga belut per kg berikut ini:

Belut Segar
Jenis Belut Berat/kg Jumlah Belut Harga (Rp)
Belut Sawah 1 kg 6-10 ekor Rp66000-Rp95000
Belut Rawa 1 kg 5-8 ekor Rp78000-Rp98000
Belut Muara 1 kg 5-7 ekor Rp85000-Rp105000
Belut Konsumsi
Belut Kering 1 ikat 25 ekor (super) Rp98.000
Belut Kering 1 ikat 30 ekor Rp74.000
Belut Kering 1 ikat 50 ekor Rp135.000

Harga belut per kg diatas merupakan update terbaru yang kami rangkum dari berbagai situs jual beli online yang ada di Indonesia. Setiap rentang harga pada belut disesuaikan dengan bobot per ekor, jika satu ekor belut sawah memiliki bobot yang tinggi dapat diperkirakan 6 ekor ikan sama dengan 1 kg atau dijual dengan kisaran harga Rp95000.

Begitupun sebaliknya, jika 1 kg ikan membutuhkan 10 buah belut sawah di dalamnya maka harga jual biasanya lebih murah mulai dari Rp66000/kg. Perhitungan ini juga berlaku pada jenis belut rawa dan muara ya sobat.

Informasi harga belut per kg diatas tidak terikat yang berarti sewaktu-waktu dapat mengalami penurunan dan kenaikan harga yang dipicu beberapa faktor yaitu permintaan dan ketersediaan belut, musim, dan bobot belut yang sudah kita bahas. Harga belut per kg juga dipengaruhi lokasi pembelian, biasanya harga belut di marketplace lebih murah dibandingkan pembelian secara langsung.

Jangan lewatkan Daftar Harga Sarang Walet 2024: Terbaru Hari Ini

Harga dan Cara Budidaya Bibit Belut 2024

Harga dan Cara Budidaya Bibit Belut
Harga dan Cara Budidaya Bibit Belut

Harga belut per kg 2024 tidak sampai disana, sebab kami masih memiliki topik yang tidak kalah menarik untuk kamu ketahui jika ingin budidaya belut. Ya, mengingat harga belut per kg yang cukup tinggi bukan tak mungkin sobat menekuni bidang ini dan menjadikannya ladang cuan yang menjanjikan.

  Info Lengkap Karaoke Inul Vizta Harga 2024

Apabila kamu tertarik, langkah utama untuk budidaya belut adalah memilih bibit berkualitas dan mencari tau kepastian harga agar mampu mengalokasikan dana sebaik-baiknya. Untuk harga bibit belut pada tahun 2024 Rp80000-Rp110000/kg berkisar 70-80 ekor bibit belut. Nah jika sudah mempersiapkan dana untuk membeli bibit belut, maka pikirkan langkah selanjutnya untuk budidaya belut dengan melakukan upaya berikut:

  • Siapkan Wadah

Setelah melakukan pemesanan bibit belut maka persiapkan wadah untuk budidaya. Kamu dapat menggunakan ember dan kolam terpal yang mampu menampung semua bibit belut tersebut. Jika sudah, maka isilah wadah tersebut dengan air bersih lalu letakkan ikan belut kedalamnya. Pastikan kamu menyeleksi belut yang akan dibudidaya, pastikan bibit bebas penyakit supaya berkembang nantinya.

  • Jika Sudah Mencapai Ukuran yang Lebih Besar, Pindahkan ke Drum

Seiring berjalannya waktu berikan belut pakan yang sesuai, ketika bobot belut mencapai 5 gram segera pindahkan belut ke dalam sebuah drum berukuran besar. Jangan lupa sesuaikan drum dengan banyaknya belut yang dibudidayakan, nantinya bibit belut akan berkembang disini sampai tiba waktunya di panen.

  • Selalu Rutin Beri Pakan yang Bernutrisi

Agar perkembangan belut lebih cepat berikan pakan yang bernutrisi. Jenis pakan yang bagus untuk belut adalah bekicot, ikan kecil dan cacing sutra karena ikan ini pemakan daging dan membutuhkan banyak kandungan protein. Jangan lupa rutin memberikan pakan kepada ikan untuk menjamin pertumbuhan yang bagus.

  • Pantau untuk Mengetahui Perkembangan dari Pakan yang Diberikan

Untuk mengetahui perkembangan ikan dan kecocokan pakan kamu harus rutin memantaunya, catat perkembangan belut 2 minggu sekali yang dapat ditinjau dari bobot dan panjangnya. Setelah 6 minggu memantau dan mencatat perkembangan belut, silahkan lakukan perbandingan.

Apabila pakan tidak sesui dengan hasil yang diharapkan, seperti perkembangan ikan tidak merata silahkan ganti pakan dan teknik budidaya. Disini sobat dapat memisahkan setiap belut dengan kategori berbeda, pisahkan belut kecil dengan belut berukuran besar sehingga dapat memaksimalkan pemberian pakan setiap kategori.

  • Panen

Panen adalah tahap budidaya belut yang paling menyenangkan, namun perlu kamu ketahui cara panen belut yang tepat dengan tidak melakukan panen secara bersamaan/sekaligus untuk menghindari stress. Jadi, mulailah memanen pada belut terbesar dengan memindahkanya pada ke sebuah tangki yang sudah diisi dengan air bersih dan berhenti memberinya pakan sehari sebelum panen.

Jika sudah sudah memanen semua belut, bersihkan semua tempat untuk memulai budidaya bibit baru. Lakukan kembali langkah-langkah budidaya diatas!

Akhir Kata

Harga Belut Per Kg
Harga Belut Per Kg

Itulah informasi harga belut per kg lengkap dengan khasiat dan cara budidayanya. Kalkulasikan harga belut 1 kilogram diatas untuk mendapatkan kisaran untuk kebutuhan tertentu. Agar terhindar dari masalah iritasi dan peradangan, tidak disarankan mengonsumsi darah belut, pastikan potongan belut bersih sebelum memasukkanya kedalam mesin penggorengan.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay