4 Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel 2024

Rohma Dearni

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel 2024 dapat kamu praktikkan untuk mencegah kuota hangus ketika masa aktifnya akan berakhir. Ya, seperti yang kita ketahui kuota internet telkomsel memiliki masa aktif yang secara langsung akan memengaruhi masa penggunaanya.

Nah, ketika masa aktif paket berakhir maka seluruh kuota yang tertanam akan hangus dan tidak dapat digunakan. Tentu hal ini merugikan kalian yang masih memiliki kuota yang cukup besar didalamnya, mengingat harga paket internet telkomsel pun lebih mahal jika dibandingkan layanan lainya.

Jika saat ini masa aktif kuota internet kamu akan berakhir, jangan khawatir! Alih-alih menambah kuota untuk mendapatkan masa aktif berlebih, kamu masih bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan dengan berbagai cara yang sudah kami rangkum dalam topik cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel berikut.

Apa itu Masa Aktif?

Apa itu Masa Aktif?
Apa itu Masa Aktif?

Masa aktif selalu disinggung ketika kita berbicara tentang sebuah kartu, karena masa aktif memiliki kendali bisa atau tidaknya sebuah SIM card digunakan dan sebaliknya. Secara sederhana masa aktif merupakan masa dimana SIM card dapat melakukan panggilan dan SMS keluar.

Nah, masa aktif ini biasanya ditemukan pada kartu perdana atau pelanggan prabayar telkomsel. Setelah nomor ponsel diaktifkan, kartu diberikan masa aktif, masa tenggang dan masa hangus. Masa tenggang merupakan periode yang diberikan kepada pelanggan agar segera menambah masa aktif sebuah nomor supaya tidak masuk pada masa hangus.

Jika sobat lupa atau sengaja tidak isi ulang pulsa untuk menambah masa aktif, nomor SIM milik kalian akan hangus bersamaan dengan pulsa dan kuota internet yang sudah dibeli sebelumnya. Nah, masa aktif ini pun berlaku untuk kuota internet yang kamu gunakan, dimana ketika masa aktif paket berakhir otomatis kuota didalamnya akan hangus tanpa memperdulikan banyak dan melimpahnya sisa kuota.

  5 Spotify Short Link Gratis: Cara Membuat Link Spotify Pendek

Apakah Bisa Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel, mungkin kamu lebih dulu mempertanyakan perihal bisa atau tidaknya masa aktif kuota telkomsel diperpanjang.

Sebenarnya, masa aktif kuota internet dapat diperpanjang layaknya memperpanjang masa aktif kartu seperti biasanya. Akan tetapi, perlu dipahami tidak semua kuota dapat diperpanjang, pelanggan harus sesuaikan dengan jenis kuota internet yang terdaftar pada kartu sim milikmu.

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel hanya dapat dilakukan pada kuota utama, sedangkan jika kuota internet yang digunakan saat ini merupakan bonus maka kalian tidak dapat menambah masa aktifnya.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel 2024

Berbicara tentang cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel, sebenarnya memperpanjang masa aktif dapat dilakukan dengan menambah kuota internet sesuai dengan masa aktif yang dibawanya. Misalnya kamu membeli paket internet dengan masa aktif 30 hari, maka kuota dan masa aktif akan ditambahkan.

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel
Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel

Akan tetapi tidak semua pelanggan berminat menggunakan cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel ini, mungkin karena kuota internet yang mereka miliki cukup banyak dan hal lainya yang membuat pelanggan hanya mencari cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel tanpa membeli kuota.

Ada beberapa upaya yang dapat sobat coba yakni dengan dial up dan memanfaatkan aplikasi myTelkomsel. Langsung simak saja cara memperpanjang masa aktif kuota telkomsel berikut!

Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel dengan Dial Up *500*05#

Cara memperpanjang masa aktif kuota telkomsel dengan dial up *500*05
Cara memperpanjang masa aktif kuota telkomsel dengan dial up *500*05

Ini merupakan cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel paling mudah dijangkau, yakni dengan dial up yang sudah disediakan provider. Akan tetapi perpanjangan masa aktif ini akan memotong pulsa sesuai dengan durasi yang kamu inginkan. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Pergi kedalam menu panggilan yang ada diponsel kamu
  2. Masukkan format berikut *500*05# lalu usap untuk melakukan panggilan
  3. Selanjutnya akan ditampikan pilihan masa aktif lengkap dengan nominal pulsa yang harus dibayarkan, mulai dari penambahan masa aktif 5 hari sampai dengan 360 hari
  4. Sekarang pilihlah durasi masa aktif yang ingin ditambahkan dengan memasukkan angka sebagai jawaban, misalnya ingin memperpanjang masa aktif  15 hari/Rp6rb maka kalian masukkan angka 3 pada kolom permintaan pesan.
  5. Mereka akan mengkonfirmasi pembelian, masukkan angka 1 (Ya) untuk memperpanjang masa aktif
  6. Selanjutnya kamu akan menerima sebuah pesan bahwa pembahasan masa aktif berhasil dilakukan.
  Kuota Movie dan Conference Tri Untuk Apa Saja? Ini Penjelasannya

Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel Via Dial Up *888#

Masih dengan cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel dengan dial up, kali ini saya punya cara perpanjangan dengan *888#. Secara teknis penggunaan dial up ini masih sama dengan dial up 888, cara ini dapat kalian gunakan apabila kode dial pertama sedang tidak bisa dijangkau ya.

  • Masuk kedalam menu pesan lalu ketik *888#, usap untuk mengkonfirmasi kode
  • Setelah itu akan ditampilkan masa tenggang kartu berikut dengan opsi untuk menambah masa aktif, sekarang pilih angka 2 (beli masa)
  • Pilihlah masa aktif yang ingin kamu tambahkan, mulai dari 5 sampai 360 hari
  • Akan ditampilkan menu untuk mengkonfirmasi pembelian, masukkan angka 1 (Ya) untuk memperpanjang pembelian masa aktif

Perpanjang Masa Aktif Kuota Internet di Aplikasi MyTelkomsel

Cara memperpanjang masa aktif kuota telkomsel via mytelkomsel
Cara memperpanjang masa aktif kuota telkomsel via mytelkomsel

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel tidak sampai disana, masih ada upaya lain yakni pada aplikasi myTelkomsel. MyTelkomsel merupakan layanan digital agar pelanggan dapat menjangkau layanan dan produk telkomsel, termasuk membeli kuota internet, isi ulang pulsa, menukar poin telkomsel dan mencari gerai grapari terdekat.

Ternyata, cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel dapat pula dilakukan pada aplikasi. Dengan memanfaatkan menu belanja yang ada pada aplikasi, kamu tidak perlu khawatir kuota internet akan hangus karena sudah diujung masa aktif. Langsung simak saja langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Awalilah dengan mengunduh aplikasi MyTelkomsel, lalu daftarkan nomor prabayar yang ingin diperpanjang masa aktifnya
  2. Setelah membuka aplikasi klik menu belanja
  3. Gunakan kategori internet lalu filter pencarian untuk menemukan perpanjangan masa aktif
  4. Sekarang pilih paket perpanjangan masa aktif sesuai kebutuhan sobat, jangan lupa baca deskripsi dan syarat dan ketentuan paket tersebut
  5. Untuk membeli paket cukup klik sekali beli, lalu selesaikan transaksi dengan berbagai pilihan pembayaran yang tersedia.
  5 Cara Top Up Free Fire Murah

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel Tanpa Pulsa (SMS)

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel tanpa pulsa
Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel tanpa pulsa

Setelah mengulas cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel untuk pemotongan pulsa, kali ini saya punya opsi yang menguntungkan yakni tanpa potongan pulsa. Yuk langsung simak saja langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Pergi kedalam menu pesan lalu masukkan format berikut Data ON 1000
  • Selanjutnya masukkan 3636 sebagai penerima pesan
  • Terakhir kirim pesan, dan tunggu beberapa saat sampai 3636 membalas pesan yang kamu kirimkan
  • Setelah menerima balasan maka masukkan Ya dan kirimkan kembali pesan sehingga permintaan kamu segera diproses.

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel seringkali mengalami perubahan format, jika format diatas tidak dapat dijangkau kamu harus mengecek kembali pada situs resmi provider.

Itulah 4 cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel  yang dapat kamu coba sekarang juga! Perpanjangan masa aktif kuota internet telkomsel akan selalu ditandai dengan notifikasi jika pembelian berhasil dilakukan.

Lihat juga 5 Cara Pinjam Pulsa Telkomsel 50 Ribu Terbaru 

Daftar Harga dan Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel 2024

Sebelum kamu mempraktikkan cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel, akan lebih baik kamu mengetahui durasi dan harga yang dibebankan untuk setiap penambahan masa aktif melalui tabel berikut.

Masa Aktif Harga (Rp)
5 hari Rp2500
10 hari Rp4000
15 hari Rp6000
30 hari Rp14000
90 hari Rp33000
180 hari Rp62000
360 hari Rp115000

Kenapa Tidak Bisa Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel?

Tidak sedikit pengguna telkomsel yang menanyakan perihal kenapa tidak bisa memperpanjang masa aktif internet telkomsel. Tentu hal ini cukup merugikan jika sobat memiliki kuota internet yang melimpah tetapi masa aktif paket tinggal sebentar lagi.

Cara menambah masa aktif kuota internet telkomsel yang sudah kami jabarkan hanya dapat ditambahkan pada jenis kuota utama, jika saat ini kamu mengakses internet dengan bonus maka percuma kamu melakukan opsi menambah masa aktif tersebut.

Jika saat ini kamu menggunakan bonus kuota, tidak ada upaya untuk memperpanjangnya. Kamu harus merelakan paket internet milikmu hangus sesuai dengan masa aktif yang sudah dijabarkan atau setidaknya maksimalkan penggunaannya dengan berbagai kuota pada teman dengan format *500*2# maupun penggunaan langsung melalui titik akses nirkabel (hotspot).

Akhir Kata

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel
Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Internet Telkomsel

Cara memperpanjang masa aktif kuota internet telkomsel sangat mudah bukan? Jika satu opsi tidak bisa di jangkau, silahkan beralih menggunakan cara lain untuk menambah masa aktif kuota yang kamu gunakan ya! Sekian.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay