Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak? Cek Penyebabnya!

Ratih Pratiwi

Bingung kenapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak? Bisa jadi hal seperti ini cukup sering dialami oleh pengguna token listrik lainnya, namun mereka belum mengetahui alasan pastinya.

Tentunya jika alarm token bunyi sebelum waktunya seperti ini terjadi pada Anda, Anda pun pasti merasa risih bukan? Terutama Anda sendiri yakin bahwa pulsa atau kwh pada token masih mencukupi.

Oleh karena itu, Anda wajib memahami pembahasan lengkap kali ini. Karena di dalamnya akan membahas tuntas mengenai alasan mengapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, hingga cara mengatasinya. Yuk cek selengkapnya!

Apa Itu Token Listrik?

token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak - Apa Itu Token Listrik?
Sumber: Unsplash.com

Token listrik adalah cara paling modern dan praktis untuk membayar listrik pra-bayar. Jadi, sebelum menggunakan listrik, Anda perlu membeli token atau kode unik dari penyedia listrik.

Selanjutnya Anda bisa memasukkan token ini ke dalam meteran listrik, dan dengan itu Anda akan mendapatkan saldo pasokan listrik untuk jangka waktu tertentu, sesuai jumlah token yang Anda beli.

Keuntungannya adalah Anda bisa mengontrol dan memantau penggunaan energi dengan lebih baik. Selain itu, sistem ini membantu menghindari tagihan yang besar yang mungkin timbul dengan sistem pembayaran pasca-bayar.

Anda bisa membeli token listrik melalui agen penjualan atau platform online yang disediakan oleh penyedia listrik.

Biasanya, token tersebut berupa kode numerik yang dikirim melalui pesan teks atau dicetak pada kertas fisik. Setelah token dimasukkan ke dalam meteran listrik, kredit akan ditambahkan ke akun Anda, dan Anda bisa menggunakan listrik sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 5 Cara Beli Token Listrik Pakai Pulsa Indosat, Cepat & Praktis

Mengapa Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak?

token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak
Sumber: Twitter/@certUnethical

Adapun beberapa alasan mengapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, antara lain:

1. Kegagalan pada Meteran Listrik

Terkadang, masalah teknis pada meteran listrik dapat menyebabkan bunyi terus menerus pada token listrik. Ini mungkin disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan pada perangkat meteran yang mengakibatkan pengiriman sinyal yang salah.

  Wisata Danau Rana, Mengarungi Alam Liar Pulau Buru

2. Gangguan pada Jaringan

Alasan kedua kenapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, bisa jadi disebabkan Gangguan pada jaringan listrik. Misalnya seperti lonjakan tegangan atau pemadaman listrik sementara, dapat menyebabkan meteran listrik memproses token secara tidak tepat. Hal ini dapat mengakibatkan bunyi terus menerus meskipun pulsa masih cukup.

3. Kesalahan Penggunaan Token

Pada beberapa kasus, pengguna mungkin melakukan kesalahan saat memasukkan token ke dalam meteran listrik. Hal ini bisa termasuk kesalahan dalam urutan angka atau kurangnya pemahaman tentang prosedur yang benar.

Harus diketahui, bahwa kode stroom token yang baru kita beli biasanya terdiri dari 20 digit angka, tak lebih maupun kurang. Sehingga saat ingin menginputnya, jumlah digit maupun urutannya harus sama.

Dan dalam hal ini Anda perlu berhati-hati saat memasukkan angka tersebut, karena jika terjadi kesalahan hingga 3x berturut-turut, token listrik bisa terblokir.

Kesalahan semacam ini dapat menyebabkan bunyi terus menerus pada token. Alasannya karena kredit belum bertambah dan masih menggunakan sisa pulsa listik yang sebelumnya.

4. Gangguan pada Sistem Server

Kadang-kadang, masalah pada sistem server yang digunakan oleh penyedia listrik dapat mengganggu proses validasi token.

Hal ini jugalah yang dapat menyebabkan token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak.

5. Kesalahan pada Sistem Pembayaran

Terkadang, faktor permasalahan ini bisa terjadi akibat kesalahan dalam proses pembayaran atau pengiriman informasi pembelian token dari agen penjualan atau platform online ke sistem penyedia listrik.

Ini tersebut tentu dapat mengakibatkan ketidaksesuaian antara jumlah pulsa yang seharusnya tersedia dan jumlah yang tercatat dalam meteran listrik.

Baca Juga: Cek Tagihan PDAM Makassar 2023 Menggunakan Mocipay

6. Kebocoran Listrik

Jika ada kebocoran dalam instalasi listrik di rumah atau bangunan, hal ini dapat menyebabkan token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. Meskipun pulsa masih cukup banyak, konsumsi listrik yang tidak tercatat dapat menyebabkan bunyi terus menerus pada token.

7. Masalah pada Perangkat Meteran

Coba pastikan juga, jangan-jangan terjadi masalah pada meteran. Masalah pada perangkat meteran itu sendiri dapat menyebabkan ketidakcocokan antara jumlah pulsa yang tercatat dan jumlah yang sebenarnya tersedia.

Kerusakan perangkat meteran atau kegagalan pada komponen internal nya bisa menjadi penyebab bunyi terus menerus pada token.

8. Gangguan Eksternal

Faktor eksternal seperti lonjakan tegangan yang tiba-tiba, interferensi elektromagnetik, atau gangguan pada jalur koneksi listrik dapat mempengaruhi pembacaan meteran listrik.

  Top Up Game Termurah Menggunakan Aplikasi Mocipay

Hal ini dapat menyebabkan ketidakcocokan antara jumlah pulsa yang tercatat dan jumlah yang seharusnya tersedia, sehingga tak aneh jika terjadi masalah token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak.

9. Server PLN Bermasalah/Maintenance

Jangan heran jika suatu saat token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, sebab salah satu faktor yang mungkin Anda temui adalah karena server PLN yang sedang bermasalah atau maintenance.

Jika sudah seperti ini, maka error pun tak dapat dihindarkan. Namun Anda tak perlu khawatir, karena hal seperti ini menjadi tanggungjawab pihak PLN. Anda cukup memastikan kapan selesai proses perbaikannya.

Penting untuk mencatat bahwa dalam situasi seperti ini, langkah terbaik adalah menghubungi penyedia listrik atau petugas PLN untuk memeriksa masalahnya.

10. Jumlah kWh Over Limit

Mungkin Anda tidak espect, bahwa sebenarnya pengisian ulang token listrik memiliki batas maksimum, sesuai daya volt masing-masing meteran.

Jika pengisian melebihi kapasitas yang seharusnya, maka tidak bisa. Otomatis token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak pun tak dapat terhindarkan.

Sebagai informasi dan patokan, untuk mesin token golongan 900 VA saha, biasanya batas maksimal pembelian saldo adalah sekitar Rp 842.400. Pembatasan yang diberlakukan oleh PLN ini memiliki tujuan, semata-mata agar pengguna tidak terlalu boros pemakaian listrik.

Baca Juga: 4 Cara Cek Tagihan PDAM Boyolali Paling Praktis

Batasan Bunyi Token yang Seharusnya

token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak
Sumber: Twitter/@ridwanhr

Sebetulnya kejadian token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, tidak terjadi begitu saja. Karena sistem sendiri telah memberikan pengaturan menyeluruh bahwa alarm token hanya bisa berbunyi jika telah mencapai batas minimal nya di 5 kWh.

Akan tetapi aturan di atas tidaklah mutlak. Artinya batasan minimal setiap meteran masih bisa diubah sesuai keinginan pengguna, dengan cara-cara tertentu.

Apakah bunyi alarm token bisa dimatikan secara permanen?

Jawabannya adalah, bunyi token hanya bisa dimatikan sementara dan tidak bisa dimatikan secara permanen. Kecuali, apabila pengguna bisa mengubah dulu minimal kWh token berbunyi saat jumlahnya berada di 0 kWh.

Memang dalam kebanyakan kasus, alarm pada meteran listrik tidak dapat dimatikan secara permanen oleh pengguna. Alarm ini dirancang sebagai mekanisme keamanan dan peringatan untuk membantu Anda mengetahui status pulsa atau masalah pada meteran listrik.

Meskipun demikian, jika Anda menghadapi bunyi alarm yang berkelanjutan, jangan khawatir! Ada beberapa langkah yang dapat Anda coba sebagaimana sub pembahasan berikutnya.

Cara Mematikan Bunyi Alarm Token (Sementara)

Di samping kenyataan dan penyebab token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak di atas, pada akhirnya Anda pun harus mengetahui bagaimana caranya mematikan bunyi tersebut meskipun sementara.

  8 Ciri-Ciri Cocok Menggunakan Wardah Crystal Secret

Adapun beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

  • Tombol 812: Menekan tombol 812 pada tombol yang ada di mesin token listrik. Cara sementara ini berguna sementara Anda sedang menunggu pengisian token.
  • Matikan meteran listrik: Coba matikan meteran listrik dengan memutuskan aliran listrik sementara. Caranya, temukan sakelar utama atau pemutus arus listrik di panel listrik Anda. Matikan sakelar tersebut dengan memposisikan ke posisi off atau mati. Ini akan memutus aliran listrik ke meteran, yang seharusnya mematikan bunyi alarm sementara.
  • Tunggu beberapa saat: Setelah mematikan aliran listrik, biarkan meteran listrik dalam keadaan mati selama beberapa saat, misalnya sekitar 1-2 menit.
  • Hidupkan meteran listrik: Setelah menunggu beberapa saat, hidupkan kembali aliran listrik dengan mengubah sakelar utama atau pemutus arus listrik ke posisi on atau hidup. Hal ini akan mengaktifkan kembali meteran listrik. Perhatikan apakah bunyi alarm sudah berhenti setelah meteran dinyalakan kembali.

Cara Mengatur Batas Sisa Pulsa Untuk Alarm Token Bunyi

Setelah memahami kenapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak dengan pasti, Anda bisa riset tentang cara mengatur kWh minimum untuk patokan kapan token listrik berbunyi. Caranya adalah:

  • Langkah pertama, ketahui batas kWh sebelumnya lalu tentukan batas kWh berikutnya yang diinginkan
  • Lanjutkan dengan mengetik tombol kode dan langsung atur batas kWh pada keypad token (456 diikuti batas angka kWh yang diinginkan).
  • Misalnya tekan 45610 jika Anda ingin mengubah batas kWh ke 10 kWh
  • Klik enter pada keypad mesin token dan selamat, pengaturan Anda sudah berhasil!

Tips Hemat Token Listrik

Tips Deskripsi Singkat
Matikan Lampu yang Tidak Digunakan Matikan lampu di ruangan yang tidak sedang digunakan. Ini bisa menghemat jumlah token listrik yang Anda gunakan.
Hemat Penggunaan AC Atur suhu AC di sekitar 24-25 derajat Celsius dan gunakan timer jika memungkinkan. Ini lebih hemat energi dibanding menjalankan AC dengan suhu sangat dingin sepanjang waktu.
Gunakan Lampu LED Lampu LED lebih hemat energi dibanding lampu pijar tradisional. Ganti lampu Anda dengan lampu LED jika memungkinkan.
Unplug Alat Elektronik Meski sudah dimatikan, alat elektronik yang masih terhubung ke listrik tetap menggunakan sedikit energi. Unplug atau cabut steker alat tersebut dari sumber listrik jika tidak digunakan.
Gunakan Barang Elektronik Hemat Energi Banyak barang elektronik sekarang memiliki label hemat energi. Pertimbangkan untuk mengganti barang elektronik lama Anda dengan yang lebih hemat energi.

Baca Juga: 10 Aplikasi Agen Pulsa Termurah dan Terlengkap 

Penutup

Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak?
Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak?

Demikian pembahasan lengkap tentang 10 alasan yang mendasari kenapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak.

Setiap token listrik pelanggan yang mengalami hal seperti ini, dipastikan disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Anda bisa menjadikan bahasan di atas sebagai patokannya.

Selain itu, ikuti juga panduan yang sudah disediakan oleh Capcus.id di sini!

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay