9 Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP dan Laptop

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran

Video pembelajaran saat ini semakin sering digunakan sehingga guru sangat membutuhkan Aplikasi Membuat Video Pembelajaran. Terlebih saat pandemi, ketika aturan sekolah di rumah diterapkan, membuat produksi video pembelajaran jadi semakin meningkat.

Membuat video pembelajaran sebenarnya tidak terlalu sulit, jika semua bahan sudah siap langsung saja take video kemudian edit. Nah, bagi kamu yang sedang mencari aplikasi membuat video pembelajaran, yang bagus dan mudah untuk digunakan, kami telah menyiapkan rekomendasinya untuk kamu!

Apa Itu Video Pembelajaran

Video pembelajaran adalah sebuah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi materi-materi pembelajaran mulai dari konsep, prosedur, edukasi dan teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran yang diajarkan.

Video pembelajaran bisa dikategorikan sebagai AVA atau media audio visual aids. Pemanfaatan video pembelajaran dapat mengatasi dan memberikan fasilitas akibat keterbatasan atau kesenjangan peserta didik aktif dalam pembelajaran menggunakan media visual.

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran kini ada banyak sekali, bahkan ada yang bisa digunakan lewat smartphone. Sehingga para guru lebih mudah dalam menyusun materi dan membuat video pembelajaran untuk peserta didiknya.

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran Di HP

Media pembelajaran interaktif sangat menarik dan bisa meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Supaya siswanya tertarik dan tidak bosan, guru harus pintar-pintar dalam mengolah materi.

Nah, saat ini ada banyak aplikasi membuat video pembelajaran yang sangat mudah ditemukan. Ada yang gratis ada juga yang berbayar dengan berbagai macam fitur di dalamnya. Berikut beberapa pilihan aplikasi yang dapat kamu coba :

  • Alight Motion

Alight Motion
Alight Motion

Aplikasi membuat video pembelajaran gratis pertama ini bisa digunakan untuk membuat motion-desighning dengan cepat dan mudah. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di smartphone Android maupun IOS. Banyak fitur keren yang ada di Alight Motion seperti motion graphic, efek visual, editing video, pengomposan video dan masih banyak lagi. Alight Motion gratis digunakan untuk fitur dasar dan watermark pada video yang kamu buat saja. Selain itu masih ada opsi berbayar untuk kamu yang ingin menggunakan fitur premium yang lebih lengkap.

Link Download Aplikasi Alight Motion :

Nama Aplikasi Alight Motion
Rating 3.7
Ukuran 68 MB
Link Playstore Klik Disini

Jika kamu sudah mencoba Alight Motion, Jangan lupa untuk belajar Mengenal Jenis Sertifikat Kepemilikan Lahan atau Rumah.

  • Kinemaster

Kinemaster 
Kinemaster

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran dengan kinemaster paling banyak digunakan oleh guru dan siswa untuk mengedit video termasuk membuat video pembelajaran. Kinemaster memiliki banyak fitur unggulan yang bisa diakses gratis maupun berbayar. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menggabungkan video dan gambar dengan efek visual dan audio yang keren. 

Link Download Aplikasi Kinemaster :

Nama Aplikasi Kinemaster
Rating 4.5
Ukuran 77 MB
Link Playstore Klik Disini

Nah selain menggunakan kinemaster, kamu juga dapat belajar tentang Penyebab dan Cara Menghadapi Anak Kurang Pintar.

  5 Aplikasi Timbangan Digital Terbaik Untuk Android 2022
  • VN Video Editor Maker

VN Video Editor Maker 
VN Video Editor Maker

Aplikasi membuat video pembelajaran ini masih terbilang baru. Meski begitu, aplikasi ini sangat powerfull, ramah untuk pemula, dan memiliki user interface yang sangat profesional. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti musik, efek video yang keren, tanpa watermark, animasi. Selain itu, video yang dibuat di VN Video Editor Maker bisa dibagikan ke berbagai sosial media seperti tiktok, Instagram, Snapchat, WhatsApp dan sebagainya. Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dan berbayar untuk menikmati fitur premium yang lebih lengkap.

Link Download Aplikasi VN :

Nama Aplikasi Vn Video Editor Maker
Rating 4.7
Ukuran 120 MB
Link Playstore Klik Disini
  • FilmoraGo

FilmoraGo Editor& Pembuat Video
FilmoraGo Editor& Pembuat Video

FilmoraGo adalah Aplikasi untuk membuat video pembelajaran, FilmoraGo editing video yang memiliki fitur lebih lengkap dibanding aplikasi serupa. Kamu bisa mengedit video, menggabungkan video, memotong video, menambah stiker secara gratis dan tanpa iklan. Terdapat lebih dari 1000 musik yang bisa ditambahkan untuk membuat tampilan video pembelajaran menjadi lebih hidup. Selain itu, kamu juga bisa merekam suara sendiri dan menambahkannya ke video untuk memperjelas penyampaian materi.

Link Download Aplikasi FilmoraGo :

Nama Aplikasi FilmoraGo
Rating 4.8
Ukuran 69 MB
Link Playstore Klik Disini

Untuk lebih jelasnya langsung saja instal aplikasinya. Sesudah menginstal aplikasi tersebut jangan lupa cobain Tips Penataan Pintu Rumah Berdasarkan Ilmu Feng Shui.

  • PowerDirector

PowerDirector Video Editor 
PowerDirector Video Editor

Aplikasi membuat video pembelajaran selanjutnya adalah PowerDirector yang memiliki tampilan semi profesional dalam perangkat mobileFitur editing dalam aplikasi ini menggunakan konsep timeline, dengan mode pengeditan horizontal dan vertikal. Semua fitur yang ada di aplikasi ini sangat mudah digunakan mulai dari menambah efek transisi, filter, efek, animasi, mengubah kecepatan video hanya dalam sekali klik saja. Selain itu, kamu juga bisa mengubah layar hijau dengan berbagai macam latar belakang dan mencoba fitur pengubah suara.

Link Download Aplikasi PowerDirector :

Nama Aplikasi PowerDirector
Rating 4.5
Ukuran 82 MB
Link Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cyberlink.powerdirector.DRA140225_01

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran Animasi

Aplikasi membuat video pembelajaran, Video pembelajaran bisa memudahkan penyampaian materi dari guru kepada siswanya dalam sistem pembelajaran jarak jauh, supaya siswa tidak bosan dalam proses belajar, kamu bisa membuat video pembelajaran animasi dengan menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini :

  • FlipaClip

FlipaClip Animasi Kartun 
FlipaClip Animasi Kartun

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran ini bisa kamu gunakan untuk membuat animasi pembelajaran dengan tokoh lucu dan sederhana. Kamu bisa membuat sketsa, storyboard, dan animasi dengan gratis menggunakan fitur dasarnya seperti kuas, laso, penghapus, penggaris, kanvas, sisip font, dan dukungan stylus pena tekanan. FlipaClip juga menyediakan layanan berbayar untuk bisa menikmati fitur yang lebih lengkap seperti edit audio hingga 6 trek, menyisipkan gambar atau video, membuat dan berbagi film. 

Link Download Aplikasi FlipaClip :

Nama Aplikasi FlipaClip
Rating 4.5
Ukuran 60 MB
Link Playstore Klik Disini

Oh iya sembari memilih Aplikasi membuat video pembelajaran, Menu masakan sehari-hari yang sederhana Dalam seminggukamu juga bisa cek.

  • Wideo

Wideo Whiteboard Doodle Animation Video Maker 
Wideo Whiteboard Doodle Animation Video Maker

Aplikasi untuk membuat video pembelajaran dengan animasi selanjutnya ini digunakan selayaknya kamu menggambar di atas papan tulis sangat user friendly untuk pemula. Antarmuka yang sederhana tidak akan menyulitkan kamu saat membuat animasi dan melakukan personalisasi video dengan background, audio, gambar, grafik & seni teks.

  Berawal dari Konten Prank, Jess No Limit Ternyata Sudah Lamar Sisca Kohl Sejak 2 Bulan Lalu

Link Download Aplikasi Whiteboard Doodle Animation Video Maker :

Nama Aplikasi Whiteboard Doodle Animation Video Maker
Rating 4.1
Ukuran MB
Link Playstore Klik Disini
  • Whiteboard Explain Everything

Whiteboard Explain Everything 
Whiteboard Explain Everything

Aplikasi membuat video pembelajaran di android Whiteboard Explain Everything, Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat materi pengajaran menjadi lebih menarik. Terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan seperti menggambar, membuat sketsa, menulis, rekam dan edit suara penjelasan materi. Selain itu kamu juga bisa menambahkan gambar yang diambil dari internet atau buku, menambahkan karakter lucu, demi membuat penyampaian menjadi lebih menarik dan jelas.

Link Download Aplikasi Whiteboard Explain Everything :

Nama Aplikasi Whiteboard Explain Everything
Rating 4.5
Ukuran 82 MB
Link Playstore Klik Disini

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di Laptop

Ada beberapa aplikasi atau software yang hanya bisa digunakan di PC atau laptop untuk membuat dan mengedit video pembelajaran yang kami rekomendasikan untuk membantu kamu. Berikut daftar lengkapnya:

  • Windows Movie Maker

Windows Movie Maker 
Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah Aplikasi membuat video pembelajaran berbasis software yang terdapat pada sistem operasi windows. Software ini bisa digunakan untuk editing video sederhana seperti menyisipkan gambar, menambahkan video, memotong video, memperlambat atau mempercepat durasi, menambahkan suara rekaman, musim, efek dan filter sederhana.

  • LightWorks

LightWorks
LightWorks

LightWorks hadir sebagai aplikasi video editing aplikasi membuat video pembelajaran berbasis windows yang memiliki fitur lengkap. Kecepatan proses editing, dukungan semua format video mulai dari SD, HD, 2K hingga Red 4K. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis namun dengan fitur terbatas, namun rasanya cukup jika digunakan untuk kebutuhan membuat video pembelajaran saja. Dengan fitur gratis ini kamu sudah bisa membuat video dengan resolusi 720p dan mengekspornya video menjadi MPEG-4.

  • Adobe Premiere

Adobe Premiere 
Adobe Premiere

Adobe premiere adalah aplikasi membuat video pembelajaran di android dan PC berbasis software keluaran Adobe system yang memiliki banyak fitur unggulan untuk editing video. Dengan software ini kamu bisa memanfaatkan beberapa fiturnya untuk membuat video pembelajaran seperti color grading, scene edit detection, dan audio asset.

Cara Membuat Video Pembelajaran Aesthetic

Pembelajaran jarak jauh berbasis video interaktif merupakan sebuah tantangan bagi para guru. Mereka harus berpikir bagaimana caranya membuat video pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Nah, Salah satu aplikasi membuat video animasi pembelajaran di atas bisa kamu manfaatkan untuk mengedit video.

Selain menampilkan visual yang menarik, guru juga harus bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik sehingga siswanya dapat memahami apa yang disampaikan. Berikut beberapa hal yang harus guru perhatikan:

  1. Guru harus menggunakan model pembelajaran yang searah dengan tujuan pembelajaran.
  2. Model media pembelajaran yang digunakan harus bisa mendukung isi dari materi yang disampaikan .
  3. Durasi video ideal, menarik, dan mudah dimengerti.
  4. Guru terampil dalam menggunakan beberapa media 
  5. Media materi yang dibuat harus efektif sehingga siswa bisa dengan mudah memahaminya.

Jika semua poin tersebut sudah terpenuhi, membuat video pembelajaran tidak terlalu sulit, berikut beberapa langkah-langkahnya :

  • Persiapkan materi dengan detail yang lengkap

Materi harus memiliki tayangan slide yang efektif, menarik secara visual dan ringkas untuk membangkitkan niat belajar siswa. Buat poin-poin materi sejelas mungkin dan sisipkan beberapa background, gambar pendukung materi dan sebagainya untuk menambahkan efek visualisasi. 

  • Menyiapkan alat untuk membuat video pembelajaran

Alat yang perlu kamu siapkan di antaranya adalah kamera handphone, kamera DSLR, atau kamera webcam dan tripod untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan selama pengambilan gambar. Siapkan pula tempat yang nyaman dengan pencahayaan yang pas agar kamu tidak kesulitan saat menjelaskan materi. Jangan lupa untuk menggunakan mikrofon atau perekam suara agar suara kamu saat menjelaskan terdengar jelas.

  • Siapkan green screen atau layar hijau

Penggunaan green screen berfungsi untuk proses editing video. Background yang rata memudahkan kamu untuk menambahkan background aestheticLayar belakang yang menarik bisa membangkitkan minat siswa untuk belajar, namun jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat konsentrasi siswa jadi teralihkan ke background daripada penjelasan materi.

  6 Cara Convert Pulsa ke OVO yang Aman dan Terpercaya

Manfaat Video Pembelajaran

Kecanggihan teknologi saat ini banyak melahirkan aplikasi membuat video pembelajaran gratis yang mudah didownload dan bisa digunakan gratis. Selain itu, video pembelajaran juga memiliki beberapa manfaat di antaranya:

Manfaat bagi guru

  • Video pembelajaran bisa digunakan sebagai arsip dokumentasi materi yang diajarkan.
  • Mudah dibuat, bahkan bisa dari ponsel pintar.
  • Video pembelajaran membuat proses belajar mengajar jarak jauh menjadi lebih efektif.
  • Materi yang dibuat dalam bentuk video lebih mudah diberikan kepada siswa melalui media sosial seperti WhatsApp, email, room diskusi, dan sebagainya.
  • Bisa digunakan oleh guru lainnya sebagai bahan referensi pembelajaran.
  • Guru tidak perlu mengulang-ulang materi yang sama.
  • Memudahkan saat ada supervisi virtual.
  • Selama materi atau bahan ajar masih sama atau sesuai dengan standar kurikulum, video pembelajaran yang dibuat akan tetap relevan dan bisa digunakan di masa depan meski sudah bertahun-tahun lamanya.

Manfaat bagi siswa

  • Siswa bisa mendapat materi pelajaran dengan bobot yang sama meski belajar di rumah.
  • Siswa bisa mengulang-ulang penjelasan materi dari video pembelajaran sebanyak yang mereka mau sampai mendapatkan pemahaman terhadap materi.
  • Hemat kuota, karena siswa hanya perlu mendownload video sekali saja.
  • Proses pembelajaran jarak jauh menjadi lebih efektif.
  • Dengan adanya video pembelajaran siswa dapat mengerti dengan jelas materi dan tugas yang diberikan oleh guru.
  • Dengan video pembelajaran, peserta didik tidak hanya mengerjakan tugas saja namun juga mendapatkan penjelasan yang cukup tentang materi yang diajarkan sehingga bisa mengubah persepsi siswa dan orang tua.

Kelemahan Video Pembelajaran

Meski pembuatannya mudah karena ada aplikasi membuat video pembelajaran di laptop. Sayangnya, metode pengajaran seperti ini masih memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini : 

  • Proses produksi video pembelajaran membutuhkan biaya yang mahal dan menyita banyak waktu terlebih pada proses editing.
  • Tidak bisa menampilkan objek dengan detail yang sangat jelas.
  • Video pembelajaran tidak akan pernah bisa menggantikan peran guru secara keseluruhan.
  • Membutuhkan alat bantu seperti ponsel atau laptop untuk siswa bisa mengunduh video pembelajaran, dimana tidak semua siswa bisa memilikinya.

Penutup

Aplikasi Membuat Video Pembelajaran
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran

Itu dia rekomendasi aplikasi membuat video pembelajaran di laptop dan HP yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari yang dapat digunakan melalui smartphone, laptop, hingga yang bisa digunakan untuk membuat animasi, semua bisa kamu coba untuk membantumu dalam membuat video pembelajaran yang kreatif sehingga bisa menambah minat siswa untuk belajar. Selamat mencoba!