5 Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini

Rohma Dearni

Lazada paylater tidak tersedia untuk order ini disebabkan beberapa hal, ini erat kaitanya dengan limit dan tagihan-tagihan yang sudah jatuh tempo pada lazada dan fintech lain pada layanan lazpaylater.

Dengan kata lain tampilan informasi lazada paylater yang tidak tersedia untuk order ini karena ketidaktertiban pengguna pada syarat dan ketentuan lazada, disamping itu terdapat faktor penyebab lain yang perlu kalian pahami sebelum melakukan order.

Tentang Lazada Paylater

Lazada Paylater
Lazada Paylater

Lazada paylater merupakan fitur beli sekarang bayar nanti yang dimiliki lazada dan merupakan hasil kerjasama dengan beberapa fintech. Lazada paylater salah satu layanan yang diberikan lazada supaya pengguna dapat berbelanja sepuasnya tanpa khawatir dengan pembayaran saat itu juga.

Fitur lazada paylater sudah pasti ringan dan bermanfaat bagi penggunanya, mengingat sistem dan waktu pelunasan yang sederhana maka tidak heran jika layanan ini diminati. Pelunasan lazada paylater dapat dilakukan 4 kali, yakni 30 hari kedepan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, memang kamu harus mengaktifkan dan verifikasi data diri pada fitur paylater sebagai bukti pertanggung jawaban semua transaksi yang kamu lakukan nantinya. Setelah pengajuan paylater disetujui dan memperoleh limit, kamu akan melihat opsi lazpaylater saat checkout.

Sebagai salah satu fitur yang saling menguntungkan kedua belah pihak, lazpaylater menawarkan bunga sebesar 2.95% per bulan. Tidak hanya bunga, fitur ini pun memiliki biaya layanan 1% dari total pembelian. Misalnya kamu checkout barang senilai Rp150.000, kamu harus membayar biaya layanan sebesar Rp1500 di awal cicilan.

Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini, Apa Penyebabnya?

Lazada paylater tidak tersedia untuk order ini salah satu tampilan yang kerap muncul di halaman checkout. Mungkin kalian sudah memahami bahwa pembelian produk tidak dapat dilanjutkan dengan metode pembayaran tersebut, yang berarti kalian dapat menggunakan alat pembayaran yang lain.

Penyebab Lazada Paylater Tidak Tersedia untuk Order Ini
Penyebab Lazada Paylater Tidak Tersedia untuk Order Ini

Sebenarnya apa saja penyebab lazada paylater tidak tersedia untuk order ini? Secara sederhana, lazpaylater merupakan layanan yang berlandaskan syarat dan ketentuan dimana hal ini berdampak pada lazada paylater tidak tersedia pada beberapa order.

  4 Tips Memilih Bentuk Teralis Dan Kusen Jendela Berdasarkan Model Rumah
Penyebab Solusi
Cicilan lazada paylater menunggak Melunasi cicilan paylater yang sudah jatuh tempo
Limit paylater habis Naikkan limit/sesuaikan limit dengan total belanja
Melakukan pembelian pada produk yang tidak sesuai Jangan beli produk digital menggunakan lazpaylater
Masalah akun lazada (ditangguhkan) Cek akun dan laporkan kendala
Akun akulaku bermasalah Periksa akun dan pastikan saling terkoneksi
  • Cicilan Lazada Paylater Menunggak

Seperti yang sudah kami singgung ketika aktivasi lazada paylater selesai, maka alat pembayaran ini tersedia otomatis di halaman checkout. Setelah itu, pengguna diberi limit transaksi mulai dari Rp750.000.

Ketika menggunakan lazpaylater dan memiliki tagihan yang sudah jatuh tempo, jangan heran bila kalian mendapat tampilan yang berisi informasi “maaf, lazada paylater tidak tersedia untuk order ini”.

Rincian biaya jatuh tempo lazada paylater akan ditampilkan setiap tanggal 17 per bulanya, sedangkan tanggal jatuh tempo lazada pada tanggal 2 setiap bulan. Sebagai pengguna kalian dapat mengumpulkan biaya pelunasan lazada paylater dalam kurun waktu 2 minggu, apabila tidak dilunasi kalian tidak bisa menggunakan fitur sebagai alat pembayaran pada transaksi selanjutnya.

Jangan lewatkan 6 Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan Karena Telat Bayar

  • Limit Paylater Habis

Limit Lazada Paylater Tidak Cukup
Limit Lazada Paylater Tidak Cukup

Ketika aktivasi lazada akan membekali pengguna dengan limit yang berbeda-beda, hal ini ditinjau dari total transaksi yang kamu lakukan sebelumnya. Limit yang diberikan mulai dari Rp750.000 sampai Rp2.500.000.

Semakin kecil limit maka total transaksi yang dapat dilakukan dengan alat pembayaran lazpaylater akan semakin sedikit. Apabila limit digunakan secara terus menerus, bukan tidak mungkin lebih cepat hangus. Hal ini menjadi salah satu penyebab lazada paylater tidak tersedia untuk order ini.

  • Melakukan Pembelian pada Produk yang Tidak Sesuai

Tidak hanya masalah limit dan tunggakan, salah satu penyebab lazada paylater tidak tersedia untuk order ini karena kamu berbelanja pada produk yang tidak didukung oleh paylater ini.

Ini mungkin sedikit berbeda dengan salah satu aplikasi paylater yang disediakan marketplace di Indonesia, seperti shopee. Pengguna shopee yang sudah mengaktifkan spaylater dapat menggunakan fitur beli sekarang bayar nanti pada semua produk, tentu saja dengan syarat seller menginjinkan metode pembayaran yang sama pada barang yang dijual.

  • Masalah Akun Lazada

Akun lazada bermasalah salah satu penyebab lazada paylater tidak tersedia untuk order ini. Bukan hal baru jika pengguna lazada kurang memahami pedoman aplikasi yang membuat akun mereka ditangguhkan atau dalam masalah yang serius.

  7 Cara Menghapus Akun Ajaib Sekuritas Secara Permanen

Ketika akun bermasalah, sistem akan mendeteksi dan membatasi akses dalam aplikasi salah satunya lazada paylater. Jika tidak ditangani lebih cepat, bukan tidak mungkin kamu tidak bisa menggunakan akun dan melakukan transaksi sebagaimana mestinya.

  • Akun Akulaku Bermasalah

Akulaku salah satu fintech yang ambil bagian dalam program lazada paylater. Ketika akun akulaku bermasalah kalian tidak bisa melanjutkan transaksi dan mendapat peringatan lazada paylater tidak tersedia untuk order ini.

Perlu dipahami, kedua akun ini sebaiknya saling terhubung untuk mempermudah transaksi. Tidak salah memanfaatkan akulaku, karna aplikasi ini sediakan pinjaman uang tunai dan memungkinkan kalian untuk kredit apa saja.

Cara Mengatasi lazada Paylater Tidak tersedia Untuk Order Ini

Setelah memahami penyebab lazada paylater tidak tersedia untuk order ini, mungkin kamu melakukan penelusuran lebih dalam terkait upaya agar dapat menggunakan fitur ini seperti semula.

Namun sebelum jauh kesana, pastikan kamu sudah mengetahui fokus kendala karena masing-masing pembaca punya kendala dan masalah yang berbeda-beda. Nantinya, kamu cukup fokus pada salah satu cara mengatasi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini atau tidak perlu habiskan waktu panjang menangani masalah ini.

Adapun cara mengatasi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini adalah:

1. Melunasi Cicilan Paylater yang Sudah Jatuh Tempo

Melunasi tagihan lazada paylater yang sudah jatuh tempo
Melunasi tagihan lazada paylater yang sudah jatuh tempo

Pertama, lunasi semua cicilan paylater yang sudah jatuh tempo sebagai solusi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini. Sebagai salah satu yang diuntungkan dalam program lazada paylater, pastikan kamu menjadi pelanggan yang tertib dengan melunasi tagihan sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan.

Lazada membebankan denda 0,3% setiap hari pada total cicilan yang harus kamu bayar, bisa dibayangkan berapa biaya keterlambatan yang wajib kalian bayarkan jika memiliki cicilan ratusan sampai jutaan rupiah? tertib membayar cicilan membuat kamu terbebas resiko seperti akun paylater dinonaktifkan dan status debitur akan diblacklist lazada.

Jika sudah membayar tagihan lazada paylater, silahkan ulangi cara yang sama supaya kalian dapat mempergunakan lazada paylater sebagai alat pembayaran.

2. Naikkan Limit atau Sesuaikan Limit dengan Total Belanja

Kehabisan limit atau tidak cukup untuk menyelesaikan transaksi salah satu penyebab munculnya tampilan peringatan lazada paylater tidak tersedia untuk order ini. Lantas bagaimana solusinya? ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

  • Gunakan Metode Pembayaran yang Lain

Lazada sendiri sudah bekerjasama dengan berbagai instansi untuk mendukung transaksi mereka. Sebelum lazada paylater muncul, ada beberapa alat pembayaran yang digunakan untuk total belanja yaitu bank transfer, kartu kredit, lazada saldo dan sebagainya. Tidak salah memanfaatkanya!

  • Naikkan Limit Lazada Paylater

Sebenarnya menaikkan limit lazada paylater tidak lepas dari pelunasan tagihan seperti opsi pertama. Kedepannya pertimbangkan untuk melunasi tagihan lebih awal, dengan begitu kalian akan mendapat kenaikan limit.

  • Sesuaikan Limit dengan Total Belanja

Jika saat ini kamu tidak memiliki dana dan limit yang cukup, sesuaikan total pesanan dengan limit yang tersedia. Misalnya limit transaksi yang tersedia Rp100.00, kamu berencana checkout beberapa produk dengan total Rp150.000 dengan paylater, maka kurangi belanja dan sesuaikan dengan limit kalian.

  5 Cara Menyembunyikan Daftar Teman di FB Lewat HP dengan Mudah

3. Jangan Beli Produk Digital Menggunakan Lazada Paylater

Membahas lanjut mengenai cara mengatasi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini, perlu diketahui bahwasanya fitur paylater lazada dibatasi sehingga tidak bisa digunakan pada produk digital.

Sangat disayangkan, meskipun memiliki limit transaksi kamu tidak diperbolehkan membeli produk digital seperti pulsa dan token. Apabila transaksi diteruskan, kamu akan mendapat informasi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini.

4. Periksa Akun dan Laporkan Kendala

Customer service Lazada
Customer service Lazada

Jika transaksi tidak dapat berlanjut karena masalah akun, segera periksa dan laporkan pada customer service terkait. Jika kamu memiliki keluhan, ajukan komplain pada lazada melalui call center 081285866825/(021)46652854 atau via email [email protected].

Percakapan ini membutuhkan pulsa sesuai durasi jika dilakukan via customer service langsung. Jika enggan, hubungi lazada via email dengan melampirkan format berikut ini:

  • Nama lengkap sesuai KTP
  • Nama akun
  • Nomor ponsel yang didaftarkan
  • Penjelasan seputar kendala
  • Bukti kendala dalam bentuk screenshoot gambar (apabila mengajukan keluhan via email)

Jika sudah mengumpulkan format-format untuk komplain, hubungi langsung pihak lazada melalui panggilan seluler dan email. Nantinya CS terkait membantu kamu menuntaskan permasalahan tersebut.

5. Periksa Akulaku dan Pastikan Saling Terkoneksi

Terakhir, lakukan cara mengatasi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini dengan memeriksa akun akulaku dan memastikan kedua akun saling terhubung. Baik lazada dan akulaku menyediakan fasilitas yang memiliki manfaat yang sama, karena memiliki fitur pinjaman masing-masing.

Pada akulaku, kalian berkesempatan belanja dengan proses angsuran dan bunga rendah. Pengguna juga dapat mengajukan pinjaman uang tunai dengan jumlah tinggi, tentu dengan melakukan verifikasi data diri sebagaimana aplikasi penyedia pinjaman yang lain.

Meski demikian, tidak perlu ragu pada akulaku sebab mereka beroperasi dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Dengan kelebihan dan segala manfaat tidak heran akulaku sudah diunduh  lebih dari 50 juta pengguna.

Karena pada dasarnya akulaku dimanfaatkan untuk pinjaman, bukan hal baru jika pelanggan mogok bayar tagihan. Akulaku salah satu instansi yang ambil alih dalam program lazada paylater, ketika kamu telat membayar tagihan dan ingin membuat transaksi baru di lazada akan muncul tampilan lazada paylater tidak tersedia untuk order ini.

Jadi, lunasi seluruh tagihan pada akulaku sebelum memulai transaksi menggunakan lazada paylater ya sobat.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini
Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini

Penyebab dan solusi lazada paylater tidak tersedia untuk order ini sangat bervariasi ya. Dari beberapa opsi yang dipaparkan, penyebab utama lazada paylater tidak bisa digunakan karna akun memiliki tagihan yang sudah jatuh tempo baik pada lazada dan akulaku, serta limit transaksi yang tidak mencukupi.

Cukup sekian yang dapat Capcus paparkan dalam topik ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di pembahasan selanjutnya!

Artikel Menarik Lainnya