7 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Ada Layanan – Untuk terhubung ke jaringan seluler, smartphone memerlukan sebuah kartu sim. Banyak pengguna smartphone mengalami kartu sim tidak memiliki layanan. Hal ini cukup mengganggu karena peran dari kartu sim sangatlah penting ketika kita sedang menggunakan smartphone.

Apabila kartu sim tidak ada layanan maka smartphone tidak dapat melakukan atau menerima telepon bahkan juga akan kesulitan untuk megakses internet. Banyak faktor yang menyebabkan kartu sim tidak ada layanan. Selain membahas  cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan, disini kami juga akan membahas tentang apa saja yang menyebabkan kartu sim mengalami gangguan layanan.

Penyebab Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Zaman sekarang masih banyak orang yang mengalami kartu sim tiba-tiba tidak ada layanan. Terdapat sejumlah permasalahan teknis yang bisa saja muncul secara tiba-tiba dan merusak keasyikan para pengguna saat menggunakan smartphone.

Permasalahan ini tentu akan sangat mengganggu karena pengguna bakal kesulitan untuk menikmati layanan seluler dari operatornya seperti internet, SMS, maupun panggilan telepon. Secara umum, masalah ini tidak terjadi begitu saja. Melainkan punya beberapa penyebab yang mengakibatkan masalah tersebut terjadi antara lain:

1. Jangkauan operator lemah

Lokasi yang menjadi tempat kita mengakses layanan seluler sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Kartu SIM bisa saja kehilangan berbagai macam fungsinya ketika lokasi handphone semakin jauh dari Base Transceiver Station (BTS) sehingga akan menampilkan pemberitahuan bahwa sedang tidak ada layanan.

  11 Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

2. Gangguan pada operasi sistem

Gangguan yang terdapat di dalam sistem operasi dapat menjadi salah satu penyebab erornya dukungan pada jaringan seluler dan membuat kartu sim tiba-tiba tidak ada layanan. Biasanya hal ini dapat terjadi setelah kita memperbarui sistem pada smartphone kita.

3. Tembaga pada kartu sim kotor atau rusak

Seperti perangkat elektronik pada umumnya, kartu SIM juga memanfaatkan pin yang terbuat dari tembaga untuk mentransferkan data. Apabila kotor, layanan seluler tentu akan berjalan di luar kebiasaan.  Debu yang ada bisa saja menutup salah satu pin sehingga membuat data tak bisa ditransfer dengan baik meskipun kartu sim masih terbaca.

4. Kartu sim terblokir atau dalam masa tenggang

Ketika kamu menggunakan kartu sim dalam waktu yang sangat lama, biasanya akan memiliki waktu dalam masa aktifnya. Kartu sim terblokir biasanya disebabkan karena jarang mengisi pulsa sehingga mengurangi waktu masa tenggangnya yang menyebabkna kartu sim akhirnya terblokir.

5. Terdapat komponen yang rusak pada smartphone

Penyebab kartu sim tidak ada layanan salah satunya adalah terdapat komponen yang rusak pada smartphone. Komponen seperti tempat kartu sim yang sudah rusak diakibatkan terlalu sering dibonbgkar pasang. Hal ini juga dapat menjadi penyebab hilangnya jaringan seluler pada smartphone kamu.

Baca juga: 10 Cara Convert Pulsa ke Dana yang Cepat dan Aman

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan masalahnya bukan dari kerusakan kartu sim itu sendiri atau rusaknya komponen yang terdapat pada HP. Kalau kerusakannya dari kedua hal tersebut, maka kamu harus menghubungi service center untuk memperbaikinya, atau ke gerai SIM terdekat untuk menukar kartunya. Berikut cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan:

  • Restart Handaphone

Restart HP

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan yang pertama adalah dengan melakukan restart hp. Hal ini berguna untuk mendeteksi ulang jaringan di lokasi kamu sehingga layanan pada kartu sim dapat normal kembali.

  2 Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Online 2022

Setiap jenis hp mempunyai cara berbeda-beda untuk melakukan restart. Namun pada umumnya, kalian bisa melakukan restart hanya dengan menekan tombol power dan menahannya beberapa saat. Lalu, tekan pilihan Restart/mulai lagi.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Aktikan Mode Pesawat

 

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat yang biasanya terdapat pada panel atas smartphone.

Kartu sim tidak muncul layanan mungkin saja karena masalah sistem. Disini kamu dapat memanfaatkan mode pesawat untuk merefresh kembali jaringan yang eror. Setelah kamu menghidupkan dan mematikan mode pesawat, terkadang layanan sinyal akan muncul kembali.

  • Pindai Jaringan Secara Manual

Cari Jaringan Secara Manual

Cara selanjutnya anda dapat mencari jaringan secara manual. Hal ini diperlukan, karena umumnya pengaturan HP mencari jaringan secara otomatis. Sehingga bisa saja jaringan yang dipilih secara otomatis tidak sesuai, dan akhirnya menyebabkan kartu SIM tidak ada layanan.

Berikut adalah cara mencari jaringan secara manual:

  1. Pertama, buka menu pengaturan pada handphone kamu
  2. Kemudian pilih koneksi
  3. Selanjutnya pilih jaringan seluler
  4. Setelah membuka menu jaringan seluler, pilih operator jaringan
  5. Lalu klik pindai jaringan.
  • Bongkar Pasang Kartu Sim

Bongkar pasang kartu sim

Cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan, Anda dapat membongkar pasang kartu sim pada hp kamu. Lepaskan kartu sim kemudian pasang kembali beberapa saat.

Setelah dibongkar kemudian dipasang kembali perhatikan apakah kartu sim bisa mendapatkan layanannya lagi. Untuk memastikan apakah gangguan terdapat pada hp ataukartu sim, kamu bisa coba memasang kartu sim yang lain pada hp kamu.

  • Bersihkan Kartu Sim

Bersihkan Kartu Sim

Apabila kamu sudah melakukan bongkar pasang kartu sim dan tetap belum ada layanan, maka cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan selanjutnya adalah dengan membersihkan kartu sim terutama pada bagian tembaganya.  Debu yang ada pada tembaga kartu sim, bisa saja menutup salah satu pin sehingga membuat data tak bisa ditransfer dengan baik meskipun kartu sim masih terbaca.

  7 Cara Menggabungkan 2 Foto Menjadi 1 Tanpa Aplikasi

Caranya adalah keluarkan kartu sim dari perangkat kamu, lalu bersihkan tembaganya dengan perlahan. Kamu harus melakukannya dengan hati-hati supaya tidak merusak komponen tembaga yang ada pada kartu sim.

  • Hubungi CS Provider

Untuk cara mengatasi kartu tidak ada layanan berikutnya, Anda dapat menghubungi customer service (CS) dari kartu provider yang kamu gunakan. Kemudian kamu dapat menyampaikan masalah yang dialami kepada CS.

Setiap provider tentu memiliki call center untuk menghunbung CS yang berbeda-beda, dan berikut ini adalah daftarnya:

  1. Kartu sim Telkomsel: 188
  2. Kartu sim Axis : 838
  3. Kartu sim Indosat: 185
  4. Kartu sim XL: 817
  5. Kartu sim 3 (Tri): 123
  6. Kartu sim Smartfren: 888
  • Datang ke Gerai Terdekat Provider

Selain menghubungi CS melalui online, cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan yaitu  juga bisa mendapatkan pelayanan secara langsung dari provider yang kamu gunakan. Kamu bisa datangi gerai terdekat dari provider tersebut.

Selain kita bisa langsung mengetahui masalahnya, kita juga bisa lega karena ada beberapa kelebihan lain yang dapat kamu peroleh seperti  kamu konsultasi tanpa membayar, kemudian kemungkinan nomor yang kamu gunakan bisa di ganti oleh mereka.

Artikel Menarik Lainnya: 10 Aplikasi Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Penutup

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Sekian pembahasan capcus mengenai cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan. Semoga artikel kali ini dapat membawa manfaat dan dapat membantu kamu apabila sedang mengalami hal diatas.