News  

Hermanto Dardak, Ayah Emil Dardak Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Hermanto Dardak, Ayah Emil Dardak Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan
Sumber: instagram/emildardak)

Capcus.id – Ayahanda Tercinta dari Emil Dardak-Hermanto Dardak-tutup usia di umur 65 tahun akibat kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, pagi tadi. Mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak ringsek parah setelah menabrak bagian belakang sebuah truk Hino bernopol K-1909-BH yang melaju searah di depannya. (20/8/2022)

Kronologi Kecelakaan Hermanto Dardak

Dilansir detikJateng, sopir truk Hino bernama Siswoyo (31) menuturkan, saat kejadian, arus lalu lintas normal, tidak sepi dan tidak ramai. Saat itu ia sedang dalam perjalanan mengangkut tepung dari Pati menuju Tegal.

“Saya melaju di jalur lambat (kiri). Saat kejadian, kondisi arus kendaraan normal, tidak ramai juga,” kata Siswoyo, dilansir detikJateng, Sabtu (20/8/2022).

Humas Polda Jateng Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy, menjelaskan peristiwa terjadi di Km 341+400 B sekitar pukul 03.25 WIB. Mobil Innova yang dikemudikan Angga Saputra (30) dan ditumpangi Achmad Hermanto Dardak (65) melaju dari arah Semarang ke Jakarta dengan kecepatan 100 km/jam. Diduga sopir mengantuk, mobil itu menabrak bagian belakang truk.

Akibat kecelakaan tersebut, mobil terpelanting dan menghadap ke selatan dengan kerusakan parah di bagian depan dan samping kiri. Satu orang meninggal dunia dalam peristiwa itu.

Sumbangsih Hermanto Dardak untuk Indonesia

Dikutip dari tvonenews.com, Hermanto Dardak-mertua dari artis peran Arumi Bachsin ini selama hidupnya berdedikasi dalam dunia pembangunan infrastruktur dengan terlibat sebagai insinyur sipil di Indonesia. Seusai lulus, Hermanto meniti karir sebagai PNS di Kementerian Pekerjaan Umum.

Karir Hermanto melesat hingga menjadi Kepala Biro KLN di usia 38 tahun, dan selanjutnya menjadi Dirjen Penataan Ruang dan berperan melahirkan UU Penataan Ruang 2007. Hermanto kemudian diamanahi sebagai Dirjen Bina Marga dan diantaranya berperan menuntaskan pembangunan jembatan Suramadu, mengatasi banjir Tol Bandara Soetta dengan pembangunan jalur tol elevated.

  5 Tips Pemilihan Dan Penggunaan Pompa ASI

Hermanto Dardak mencapai puncak karirnya saat diamanahi sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum di masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hermanto berperan menginisiasi berbagai rintisan infrastruktur strategis seperti bendungan, jalan tol trans Sumatra melalui konsep penugasan (Hermanto menjabat komisaris utama Hutama Karya periode 2007-2014). Setelah menjabat Wakil Menteri, Hermanto mendapat tugas khusus untuk merintis pendirian Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) dibawah Kementerian PUPR.

Hermanto Dardak akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Minggu 21 Agustus 2022.