3 Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui

Apakah Ibu Menyusui Dapat Meminum Cafein
Apakah Ibu Menyusui Dapat Meminum Cafein

Cafein bukan hanya ada pada kopi zat itupun ada di dalam minuman lain yang sering bunda minum diantaranya coklat serta teh. Faktanya Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui masih bisa dikatakan wajar selama masih mempunyai batas dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, karena jika dikonsumsi secara berlebihan hal ini akan berpengaruh pada ASI yang akan dikonsumsi buah hati anda.

Apakah Ibu Menyusui Dapat Meminum Cafein
Apakah Ibu Menyusui Dapat Meminum Cafein

Dari beberapa sumber disebutkan bahwa batas aman dalam menikmati cafein untuk para ibu yang sedang menyusui adalah 95ml/hari, bisa disamakan dengan 1 cangkir minuman kopi. Mengkonsumsi cafein diluar batas akan berpengaruh pada kwalitas ASI anda. Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui bila mengomsusi cafein berlebihan:

  1. Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui, dan Efek buruk cafein bisa lebih mudah terjadi pada bayi yang mempunyai umur kurang dari 6 bulan.
  2. karena pada usia tersebut sistem pencernaan bayi belum terbentuk dengan sempurna.
  3. Terlebih lagi pada bayi yang terlahir secara prematur dan juga bayi yang lahir dengan penyakit jantung bawaan.
  4. Cafein yang terkandung di pada ASI akan terus menumpuk pada sistem pencernaan si kecil.
  5. Sementara si bayi belum mampu mencerna zat tersebut dengan baik.
  6. Ini akan berakibat bayi menjadi sering menangis atau rewel karena adanya iritasi pada system pencernaan bayi.
  • Pengaruh Cafein Bagi Ibu Menyusui

Pengaruh Cafein Bagi Ibu Menyusui
Pengaruh Cafein Bagi Ibu Menyusui

Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui, Kandungan zat cafein pada ASI akan terakmulasi dan mencapai nilai tertinggi pada 1 jam setelah sang ibu menikmati asupan ber-cafein. Bila ibu akan memberikan ASI pada jam tersebut dipastikan bayi anda akan mengkonsumsi ASI dengan kandungan cafein yang lebih banyak.

  1. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 1994 ditemukan adanya penurunan zat kalsium pada Air Susu Ibu yang sering mengkonsumsi 3 gelas/hari & setara dengan 285ml cafein.
  2. Pada ASI ibu yang lebih banyak mengkonsumsi cafein lebih banyak akan memiliki kandungan kalsium 3 kali lebih rendah dibandingkan para ibu yang tidak mengkonsumsi cafein sama sekali.
  3. Hal ini akan terjadi dikarenakan cafein mempunyai sifat menghambat penyerapan kalsium bagi tubuh.
  5 Solusi Ketika Tak Dapat Memberikan ASI

Terjadinya penurunan kadar sel darah merah (hemoglobin) serta hematokrit dalam darah bayi yang menyusu pada ibu yang sering menikmati kopi karena pengaruh kandungan cafein yang terdapat didalamnya. Kondisi ini dapat berakibat bayi anda akan mempunyai penyakit anemia.

  1. Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui, Hal ini bisa diperkuat dengan banyaknya fakta anemia di negara yang mempunyai penduduk yang sering mengkonsumsi kopi.
  2. Dan fakta lain, Di sebuah lembaga konseling untuk para ibu yang dalam masa menyusui di USA memberikan fakta.
  3. Bahwa para ibu yang sering menikmati kopi dan sedang dalam masa menyusui pada umumnya mengalami kondisi dimana bayinya sering kolik, rewel serta susah tidur.

Kesimpulan

Dari pembahasan Pengaruh Kafein Terhadap Ibu Menyusui diatas maka sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi cafein untuk kesehatan buah hati. Jangan merasakan aman bila ibu yang sedang menyusui hanya meminum kopi 1 gelas/hari, karena ada kemungkinan besar kandungan cafein dalam tubuh anda akan 2 kali lipat disaat mengkonsumsi asupan lain yang mungkin tidak disadari juga memiliki kandungan kafein, misalnya coklat, teh, minum soda, serta makan es krim di hari yang sama.