6 Cara Terbaik Mendapat Tempat Duduk Bioskop Paling Enak

Tempat Duduk Bioskop Paling Enak
Sumber: Pexels

Tempat Duduk Bioskop Paling Enak

Saat nonton film di bioskop, posisi tempat duduk sangat menentukan kepuasan kamu saat menonton. Emangnya tempat duduk bioskop paling enak itu dimana, sih?

Pengalaman dari orang-orang yang pernah nonton film di bioskop di kursi paling depan pasti akan kesulitan karena mereka harus mendongak selama menonton film. Ditambah lagi jika filmnya disertai subtitle. Lengkaplah sudah penderitaan si penonton.

Bacaan Lainnya

Baca juga: 5 Cara Berlangganan K Vision, TV Berbayar Terbesar Saat Ini

Jadi Dimana Tempat Duduk Bioskop Paling Enak?

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa tempat duduk yang terlalu dekat dengan layar akan membuat mata mudah lelah dan leher tegang karena harus mendongak selama menonton layar lebar.

Namun posisi tempat duduk yang terlalu jauh dari layar juga akan mengganggu kenyamanan penonton karena banyaknya distraksi atau gangguan dari penonton yang ada di depan, juga kualitas audio yang tidak maksimal.

Jadi dimana sebaiknya kamu memilih tempat duduk agar mendapat tempat duduk bioskop paling enak?

Belakangan ini bioskop telah dilengkapi dengan pengeras suara stereo berteknologi Dolby Digital yang menghasilkan suara surround digital (sound) yang dihasilkan dari speaker yang dipasang di bagian kanan dan kiri atas bioskop.

Tempat Duduk Bioskop Paling Enak
Letak speaker dolby digital dalam bioskop

Dari posisi speaker Dolby Digital ini kita ketahui bahwa posisi duduk di bagian paling pinggir atau paling tengah bukanlah tempat duduk bioskop paling enak karena dari tempat duduk itu kamu tidak akan mendengar kualitas sound terbaik atau stereo.

Pemilihan tempat duduk di deretan 2 per 3 tempat duduk adalah pilihan yang tepat untuk dapat menonton film dengan kualitas sound stereo terbaik.

Jika dipadukan dengan pemilihan sudut pandang yang tepat, posisi tempat duduk di deretan paling tengah dengan baris C sampai F dan nomor kursi 8 sampai 14 adalah tempat duduk bioskop paling enak.

  Relevansi Perjalanan Pendidikan Nasional

Di barisan tersebut kamu bisa mendengarkan suara film secara stereo dan lebih real.

Area warna hijau adalah tempat duduk bioskop paling enak

Selain itu kamu juga akan mendapatkan visualisasi gambar terbaik dengan sudut pandang yang tidak melebihi 30° dari layar, baik secara vertikal ataupu horizontal.

Yang harus kamu hindari dalam pemilihan tempat duduk bioskop adalah 2 baris kursi terdepan.

Selain membuat kepala pegal karena harus sering mendongak, 2 baris paling depan bioskop juga menjadi zona dengan kualitas suara terburuk.

Baca juga: 2 Cara Beli VIP WeTV Pakai Pulsa di Android dan iPhone

Bagaimana Cara Mendapat Tempat Duduk Bioskop Paling Enak?

Dilansir dari artikel di situs WikiHow, berikut ini tips yang bisa kamu coba untuk mendapat tempat duduk bioskop paling enak.

1. Belilah tiket secara daring

Kini, banyak bioskop memberikan opsi pembelian daring sehingga tiket dapat dengan mudah dibeli memakai kartu kredit. Periksalah di situs bioskop tersebut.

Dengan demikian, kamu bisa menghindari antrean panjang untuk film-film yang lagi hype dan masuk ke bioskop lebih dahulu supaya dapat memilih tempat duduk terbaik.

Beberapa bioskop mengizinkan penonton memilih sendiri tempat duduk. Kalau bioskop pilihanmu memiliki sistem pemilihan tempat duduk siapa cepat-dia dapat, sebaiknya beli tiket secara daring supaya dapat melewati antrean dan masuk bioskop secepatnya sebelum tempat-tempat duduk terbaik telanjur diambil orang.

Dengan membeli tiket daring juga mencegah kamu kehabisan tiket saat sampai di bioskop.

Pasti kesel kan kalo udah susah-susah datang ke bioskop untuk nonton film kesayangan, eh pas mau mesan tiket malah kehabisan.

Baca juga: Kuota Movie dan Conference Tri Untuk Apa Saja? Ini Penjelasannya

2. Pesan tempat duduk

Dengan memesan tiket lewat situs beli tiket bioskop, kamu juga dapat memilih tempat duduk yang diinginkan. Biaya yang dikenakan biasanya sedikit lebih mahal (beberapa puluh ribu rupiah), tetapi dijamin mendapat tempat duduk yang bagus.

  8 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah

Kamu juga dapat membeli tempat duduk pilihan di bioskop. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir terpaksa duduk bangku di barisan paling depan dalam bioskop jika datang terlambat atau di penghujung film.

Tempat duduk pilihan biasanya lebih nyaman dan juga memiliki bangku yang lebih besar. Kebanyakan bioskop besar menjual tempat duduk pilihan, walaupun beberapa bioskop yang lebih kecil tidak menyediakannya.

3. Datang lebih cepat

Kalau kamu ingin mendapat bangku terbaik, jangan datang tepat sebelum film akan mulai kecuali telah memesan bangku sebelumnya.

Datanglah setidaknya 15 atau 20 menit lebih awal, dan mungkin lebih jika film yang akan ditonton sangat populer.

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan adalah pergi pada waktu-waktu sepi. Beberapa bioskop memberikan penawaran-penawaran khusus di hari kerja.

Jumat dan Sabtu malam adalah waktu-waktu yang paling ramai untuk menonton film-film baru yang populer.

4. Pergilah di hari Senin dan Rabu

Hari kerja dinilai sebagai hari-hari yang penontonnya lumayan sepi sehingga jika kamu ingin menghindari keramaian, menontonlah di hari-hari ini. Menghindari keramaian artinya kamu bisa lebih bebas memilih tempat duduk bioskop paling enak untuk menonton.

Hindari menonton di hari libur. Hari-hari libur dapat menyebabkan jumlah penonton menjadi padat. Jika kamu tidak ingin berjuang keras melawan keramaian untuk memperoleh tempat duduk bioskop paling enak, hindarilah menonton di hari-hari libur.

Di kebanyakan kasus, jumlah penonton paling sepi ada di jam-jam tayang terakhir pada hari Senin atau Rabu.

Kamu juga bisa menunggu hingga film baru populer tersebut sudah tayang beberapa hari. Dengan demikian, kamu dapat menghindari waktu-waktu teramai dan memilih bangku yang diinginkan secara aman tanpa harus berebut dengan penonton lainnya.

5. Pertimbangkan keinginan pribadi

Bangku terbaik belum tentu adalah bangku dengan pandangan dan suara terbaik, kalau kamu tidak merasa nyaman duduk sana.

  Wisata Danau Rana, Mengarungi Alam Liar Pulau Buru

Bangku yang berada di lorong akan lebih baik untuk kamu yang harus beberapa kali pergi ke toilet sepanjang film berlangsung (atau jika kamu menonton dengan anak kecil yang akan perlu ke toilet).

Jika tempat duduk kamu berada di tengah dan perlu keluar masuk bioskop untuk ke toilet atau membeli makanan atau minuman, kamu akan mengganggu banyak orang karena berulang kali melewati dan menghalangi pandangan mereka.

Kalau kamu berpostur sangat tinggi dan berkaki panjang, mungkin kamu lebih baik duduk di bangku tengah yang terbuka sampai ke lorong sehingga kaki tidak kram.

Baca juga: 12 Aplikasi Nonton Film Gratis Subtitle Indonesia Di Android

6. Pergi lebih cepat atau lebih lama

Film yang terakhir tayang di malam hari kemungkinan besar tidak penuh penonton, kecuali untuk malam penayangan pertama film superpopuler.

Terkadang, beberapa bioskop memberikan harga rendah untuk film yang tayang di siang hari. Dengan demikian, kamu tidak hanya berhemat beberapa rupiah, tetapi juga tidak perlu menghadapi keramaian dan lebih berpeluang untuk mendapatkan tempat duduk bioskop paling enak.

Ketahuilah bahwa terkadang bioskop-bioskop dapat terisi penuh di waktu promosi-promosi khusus, seperti hari-hari diskon untuk pelajar dan guru atau acara nonton bareng.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan buat kamu yang ingin mendapat tempat duduk bioskop paling enak.

Tempat duduk terbaik yang kami rekomendasikan tentu kembali pada perspektif masing-masing. Kenyamanan saat menonton adalah poin terpenting yang harus kamu utamakan.

 

 

 

 

 

Pos terkait