News  

Peringatan 100 Tahun PSHT, Jenderal TNI Andika Perkasa Dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Utama

Peringatan 100 Tahun PSHT, Jenderal TNI Andika Perkasa Dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Utama
Momen Jenderal TNI Andika Perkasa dilantik menjadi Warga Kehormatan PSHT (Sumber: instagram @pshterateindonesia)

CapCus.id – Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa dikukuhkan sebagai warga kehormatan utama Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada momentum peringatan 100 tahun PSHT atau 1 abad Terate emas di Graha Krida Budaya PSHT, Jalan Merak, Kota Madiun, Jumat (2/9/2022).

Bersumber dari detikjatim (2/9/2022), Pemberian anugerah ini diberikan langsung Ketua Umum PSHT Moerdjoko bertepatan peringatan 1 abad PSHT. Secara simbolis, Moerdjoko memakaikan seragam kebesaran PSHT ke Jenderal Andika Perkasa.

Jenderal TNI Andika Perkasa berkesempatan memberikan kata sambutan dan meresmikan monumen 1 abad Terate emas untuk dunia.

Dalam kata sambutannya, ia mengimbau kepada seluruh anggota PSHT agar menggunakan kelebihannya di bidang pencak silat secara bijak dan lebih disalurkan ke hal positif untuk sama-sama membangun negara.

Lulusan Akademi Militer tahun 1987 tersebut juga mengajak warga PSHT mengingat ulang bagaimana perjuangan Ki Hajar Harjo Utomo mendirikan PSHT.

“Saya mendapatkan informasi kalau beliau bukan dari keluarga ningrat tapi punya jiwa leadership atau kepemimpinan, punya visi dan good will sehingga bisa mewujudkan PSHT hingga sekarang berusia 100 tahun,” jelasnya (Dikutip dari Surya.co.id, 2/9/2022).

Selain Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, hadir dalam acara peringatan 1 abad PSHT anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak hingga Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti yang juga sudah menjadi warga kehormatan di perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Madiun.

Apa itu PSHT?

Persaudaraan Setia Hati Terate (dikenal luas sebagai Setia Hati Terate atau SH Terate) adalah organisasi olahraga yang diinisiasi oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 dan kemudian disepakati namanya menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate pada kongres pertamanya di Madiun pada tahun 1948.

  She Said Yes! Jessica Mila Akhirnya Dilamar Yakup Hasibuan di Usia 30 Tahun
Logo PSHT (Sumber: Wikipedia)

Pendidikan pencak silat di PSHT memiliki inti unsur pembelaan diri untuk mempertahankan kehormatan, keselamatan, kebahagiaan, dan kebenaran.

Selain itu PSHT juga mengajarkan beberapa ajaran seperti Ajaran Setia Hati, di mana warga akan belajar mengenai upaya mendekatkan hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia serta hubungan manusia dengan alam semesta. (Sumber: Wikipedia)