List Harga Semen 1 Sak Berdasarkan Merk di Pasaran

Rohma Dearni

Semen salah satu material bangunan yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, maka tak heran harga semen 1 sak menjadi fokus pencarian ketika membangun sebuah hunian. Mengapa demikian? dengan informasi tersebut maka kamu dapat kalkukasikan biaya berdasarkan kebutuhan dan harga semen per sak. 

Oleh sebab itu, saya siap membantu kamu menemukan merk semen yang baik dan kokoh berikut dengan rentang harga setiap merk dipasaran. Di ujung pembahasan nantinya sobat hanya perlu mempertimbangkan merk semen yang ingin digunakan berdasarkan kualitas dan harga yang akan kita bahas. Tanpa berlama-lama berikut informasi tentang semen, merk terbaik dan update harga semen 1 sak 2023.

Sekilas Tentang Semen

Sekilas Tentang Semen
Sekilas Tentang Semen (sumber: adhyaksapersada.co.id)

Semen salah satu material yang digunakan untuk melengkapi sebuah bangunan mulai tahap awal pengerjaan sampai finishing. Merangkum dari Wikipedia, semen adalah zat yang digunakan untuk merekatkan batu, bata, batako maupun bahan bangunan lainya. Kandungan kimia yang ada pada semen yaitu Trikalsium silikat, Dikalsium silikat, Trikalsium aluminat, Tetrakalsium aluminofe, dan Gipsum.

Untuk menghasilkan semen berkualitas tentu harus melewati beberapa tahap, seperti menyiapkan bahan baku, penggilingan dan pengeringan, pembakaran, penggilingan sebelum akhirnya dikemas untuk dipasarkan. Walau sudah melewati proses panjang semen juga membutuhkan air sebagai perekat sebelum digunakan, hal ini bertujuan untuk mengikat bahan-bahan padat seperti pasir dan batu.

Manfaat Semen dalam Bidang Konstruksi

Ketika berbicara tentang semen kebanyakan orang mengklaim material ini sebagai perekat untuk menghubungkan 2 bahan atau lebih. Manfaat semen biasanya terbagi dari fungsi penggunaan semen yakni untuk merekatkan batu bata, campuran khusus untuk mencegah tumbuhnya bakteri, dan finishing bangunan.

Sebelum lebih jauh membahas jenis-jenis dan harga semen 1 sak terbaru, mari lihat beberapa manfaat semen dalam bidang konstruksi yang sudah kami rangkum dalam pembahasan berikut ini:

  1. Semen untuk pembuatan rumah
  2. Semen untuk pembuatan jembatan
  3. Semen untuk pembuatan jalan raya
  4. Semen untuk pembuatan saluran irigasi
  5. Semen untuk jalan beton

Itulah 5 manfaat semen yang secara langsung dapat dibuktikan dari jenis bangunan yang dihasilkan. Perlu diketahui untuk menghasilkan manfaat diatas jenis dan jumlah semen yang digunakan berbeda-beda, sesuai dengan komponen yang ada didalamnya.

Intip juga 50+ Daftar Harga Susu Formula Dari Termurah Sampai Termahal

Merk Semen Terbaik 2023

Seperti yang sudah kita singgung semen terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan fungsinya. Di pasaran sudah banyak jenis semen terbaik bersertifikat SNI sehingga kamu tidak perlu meragukan kualitasnya, beberapa dari merk semen terbaik ini punya produk yang terbagi langsung sesuai dengan manfaat yang sudah kita bahas.

  Daftar Menu dan Harga Nasi Goreng Solaria 2024

Ketika berbicara tentang harga semen 1 sak akan selalu dikaitkan dengan merk, karena setiap merk punya rentang harga yang berbeda-beda sehingga penting mengetahui jenis dan kelebihan masing-masing agar tidak salah pilih nantinya. Berikut beberapa merk semen terbaik yang dapat ditetapkan sebagai pilihan:

  • Semen Tiga Roda

Semen Tiga Roda
Semen Tiga Roda (sumber: harapanmitragroup.co.id)

Semen tiga roda salah satu merk semen berkualitas yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan European Standard (EU). Dengan pengakuan tersebut maka tak heran semen tiga roda lebih dikenal di pasaran. Semen tiga roda diproduksi oleh PT Indocement Tunggal yang dikenal sudah ramah lingkungan sehingga dapat digunakan diberbagai kondisi alam.

Semen tiga roda diklaim dapat menghasilkan plaster atau beton yang lebih rapat, lebih cepat kering dan tidak mudah retak. Semen tiga roda dapat diaplikasikan dalam berbagai macam bagian bangunan, namun pada umumnya merk ini lebih dipercayakan untuk dinding bangunan yang lebih kokoh. Dengan berbagai standarisasi dan kualitas yang ditawarkan, maka tak heran jenis ini selalu disinggung ketika pembaca menelusuri harga semen 1 sak.

Berbicara tentang harga semen 1 sak, merk tiga roda tersedia dengan dua massa yakni 40 kg dan 50 kg dan dibanderol mulai dari harga Rp55000-Rp78000.

  • Semen Holcim/Dynamix

Semen Holcim/Dynamix
Semen Holcim/Dynamix (sumber: pasardana.id)

Setelah semen tiga roda adapula semen holcim yang sudah berganti merk dagang menjadi dynamix. Holcim sendiri salah satu produsen bahan bangunan dan agregat asal Swiss yang berdiri sejak tahun 1912.

Selain bersertifikat SNI, semen ini dikenal karena memiliki kandungan micro filter particle yang mampu mengisi rongga untuk menghasilkan permukaan bangunan yang lebih lembut dan ramah lingkungan. Merk inipun sudah mendapatkan sertifikat green label dari Singapura sehingga kamu tidak perlu meragukan kualitasnya.

Harga semen 1 sak merk holcim hampir setara dengan merk tiga roda, untuk satuan massa 40 kg semen holcim dibanderol mulai dari harga Rp54000 sedangkan pada massa 50 kg semen ini dipasarkan mulai dari harga Rp73500.

  • Semen Gresik

Semen Gresik
Semen Gresik (sumber: shopee.co.id)

Selanjutnya ada semen gresik sebagai salah satu merk semen terbaik dan berkualitas yang mampu membuat fondasi bangunan yang kokoh dan tahan lama. Semen gresik mempunyai unsur pozzolan yang memberikan daya tekan kuat dan tahan retak.

Semen gresik sudah mengantongi sertifikat ISO 14001 sebagai bukti bahwa produk mereka ramah lingkungan. Berbicara tentang harga semen 1 sak, merk ini dipasarkan dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan dua merk yang sudah kita bahas. Harga semen gresik 1 sak dipasarkan dari Rp54000 sampai Rp71000.

  • Semen Merah Putih

Semen Merah Putih
Semen Merah Putih (sumber: ekonomi.bisnis.com)

Semen merah putih salah satu merk semen terbaik yang memiliki butiran yang unik yang membuat proses pencampuran dan pengaplikasian lebih mudah. Sebagai merk semen yang sudah bersertikasi SNI dan sesuai standar mutu Eropa, semen merah putih diperkaya teknologi mutakhir yang membantu bangunan lebih kokoh dan tahan lama.

  50+ Daftar Harga Susu Formula Dari Termurah Sampai Termahal

Merah putih salah satu material semen yang mampu memperkuat struktur bangunan dengan kemampuan menopang beban dengan baik. Merk ini dikenal mampu mempertahankan bangunan dalam berbagai kondisi iklim. Untuk harga semen 1 sak merk merah putih dipasarkan dengan harga yang lebih terjangkau, mulai dari harga Rp46000-Rp63000/sak.

  • Semen Padang

Semen Padang
Semen Padang (sumber: siplah.rajastore.id)

Merk semen terbaik selanjutnya adalah semen padang yang dikelola oleh PT Semen Gresik Tbk yang merupakan merk semen tertua di Indonesia. Pabrik semen yang berlokasi di Sumatera Barat ini menawarkan banyak kelebihan, diantaranya membuat bangunan lebih kokoh, menghasilkan permukaan yang lebih halus dan ramah lingkungan.

Harga semen 1 sak merk padang inipun cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kualitasnya. Kisaran harga yang dibawa semen padang Rp 55000 sampai Rp60000.

  • Semen Garuda

Semen Garuda
Semen Garuda (sumber: blibli.com)

Semen garuda merupakan merk semen kecintaan masyarakat yang sudah mengantungi sertifikasi SNI, merk ini digadang-gadang tahan terhadap serangan sulfat dan kedap air. Semen yang dipasarkan dibawah kelola PT Juishin Indonesia hadir sejak tahun 2011 dan sudah dipercayakan dalam pembangunan gedung, rumah dan jaringan infrastrukstur.

Semen garuda dikenal mampu menghasilkan permukaan yang halus, kokoh dan tidak retak setelah kering. Uniknya, dengan semua kelebihan tersebut tidak terlalu memengaruhi rentang harga semen 1 sak di pasaran yaitu hanya sekitar Rp46000 sampai Rp68000 saja, dengan begitu kamu dapat mengelola budget dengan sebaik-baiknya.

  • Semen Baturaja

Semen Baturaja
Semen Baturaja (sumber: bukalapak.com)

Merk semen terbaik yang terakhir yaitu semen baturaja. Meski terdengar asing, nyatanya merk ini merata dan mudah ditemukan pada toko bangunan. Jika menggunakan semen ini kamu dapat menikmati keunggulan seperti tahan kedap air dan serangan sulfat, pencampuran semen mudah, dapat menghasilkan plesteran yang halus dan tidak mudah retak.

Berbicara tentang harga semen 1 sak, merk semen baturaja sangat terjangkau mulai dari harga Rp51000. Untuk harga semen baturaja diklaim sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, jadi sobat tidak perlu ragu menggunakanya dalam mewujudkan bangunan impian.

Informasi harga lainya Daftar Harga Tembaga Per Kg Terbaru 2023

Update Harga Semen 1 Sak

Sebagai salah satu material yang tak pernah dilewatkan saat mendirikan sebuah hunian, wajar saja jika produsen semen semakin banyak di Indonesia. Masing-masing merk tentu menawarkan kelebihan sebagai pembeda dan nilai jual sehingga pembeli dapat menganalisanya dahulu.

Meski sudah mendapatkan kisaran harga semen 1 sak pada masing-masing merk, kami akan tampilkan harga pada tabel dibawah untuk mempermudah sobat menganalisa dan melakukan perbandingan antar merk semen. Jangan lupa bandingkan berat masing-masing semen, karena massa semen berbeda-beda. Berikut update harga semen 1 sak 2023:

  Update Harga Minyak Kemiri di Indomaret 2024
Merk Semen Massa Harga(Rp)
Semen Tiga Roda 1 Sak (40 kg) Rp55000-Rp64000
1 Sak (50 kg) Rp68000-Rp78000
Semen Holcim/Dynamix 1 Sak (40 kg) Rp54000-Rp60000
1 Sak (50 kg) Rp65500-Rp73500
Semen Gresik 1 Sak (40 kg) Rp54000-Rp60000
1 Sak (50 kg) Rp65000-Rp71000
Semen Merah Putih 1 Sak (40 kg) Rp46000-Rp53000
1 Sak (50 kg) Rp58000-Rp63000
Semen Padang 1 Sak (40 kg) Rp45500-Rp50000
1 Sak (50 kg) Rp59000-Rp63000
Semen Garuda 1 Sak (40 kg) Rp46000-Rp50000
1 Sak (50 kg) Rp57000-Rp68000
Semen Batu Raja 1 Sak (50 kg) Rp51000-Rp69000

Harga semen 1 sak pada tabel diatas merupakan update terbaru yang kami rangkum dari berbagai sumber, salah satunya marketplace Indonesia. Akan tetapi, harga yang tercantum tidak terikat yang berarti bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu yang dipicu beberapa alasan salah satunya keputusan produsen.

Meskipun semen mengalami kenaikan dan penuruan harga dapat dipastikan selisihnya tidak jauh berbeda dengan tabel diatas. Jadi sobat tetap bisa pergunakan harga semen 1 sak yang Capcus tampilkan untuk mengkalkulasikan harga pada kebutuhan semen tertentu.

Tips Memilih Merk Semen Terbaik

Tips Memilih Semen Terbaik
Tips Memilih Semen Terbaik (sumber: novotest.id)

Pembahasan harga semen 1 sak tidak sampai disitu, kami masih memiliki tips memilih merk semen berkulitas untuk kebutuhan bangunan. Karena bagaimanapun semen salah satu material pengendali kuat dan kokohnya sebuah hunian, sehingga sangat penting menyeleksi lebih detail untuk menemukan merk semen terbaik. Berikut tips yang dapat kamu terapkan dalam memilih merk semen untuk bangunanmu:

  • Pilih Semen dengan Logo SNI

Pada kemasan semen bisanya akan ditampilkan logo SNI sebagai bukti semen sudah lolos sertifikasi dan uji kelayakan. Jangan ragu memilih semen berlogo SNI, standar ini sebagai bukti bahwa semen memang memiliki kualitas. Selebihnya pertimbangan standar lain yang melekat pada produk semen, seperti Standar Mutu Eropa yang ada pada beberapa merk.

  • Pilih Semen dengan Kemasan Bagus

Setelah memilih semen dengan logo SNI, pastikan kamu memilih semen dengan kemasan yang bagus dan tertutup rapat. Merk semen yang bagus biasanya menggunakan karung atau sak yang rapi, maka pilihlah merk semen yang sesuai dengan kriteria tersebut karena bagaimanapun kemasan semen berpengaruh pada kualitas yang didapatkan

  • Tak Ketinggalan, Pilih Semen yang Baru Diproduksi

Untuk mendapatkan manfaat yang diharapkan jangan lupa memilih semen yang baru saja diproduksi. Semen yang baru diproduksi memberikan kualitas bagus untuk bangunan. Lalu bagaimana cara menyeleksi dan melihat semen yang baru saja diproduksi? sangat mudah! periksa dengan menekan semen untuk mengetahui teksturnya.

Apabila tekstur semen lembut maka material ini baru diproduksi, sementara semen yang diproduksi dalam jangka waktu yang lama biasanya lebih kasar.

Akhir Kata

Harga Semen 1 Sak
Harga Semen 1 Sak

Nah, itulah sejumlah merk dan update harga semen 1 sak terbaru yang dapat Capcus tampilkan dalam pembahasan ini. Dari beberapa merk semen kira-kira kamu tertarik pada semen yang mana nih? Mungkin harga dan kualitas yang kami paparkan dapat dijadikan sebagai pertimbangan memilih semen untuk bangunan kamu ya. Sekian.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay