15+ Menu Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan

Iusnar Sinaga

Mencari rekomendasi menu masakan rumahan yang tidak membosankan perlu untuk kamu lakukan agar bisa menciptakan hidangan-hidangan yang selalu menggoda selera makan. Dalam artikel ini kami akan menampilkan beberapa daftar masakan rumahan yang tidak membosankan. Agar kebutuhan akan asupan gizi dan vitamin dalam tubuh sobat tetap terpenuhi, maka kami akan menampilkan secara lengkap masakan yang termasuk kedalam daftar menu lauk pauk, menu sayuran, dan menu sarapan.

Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan

Berikut ini kami tampilkan beberapa menu masakan rumahan yang tidak membosankan wajib kamu coba! Sajikan kudapan yang sederhana namun tetap lezat. Manjakan lidah dan senangkan hati sendiri maupun keluarga lewat hidangan yang bervariasi setiap harinya.

Menu Lauk Pauk

Masakan rumahan yang tidak membosankan yang pertama akan kami tampilkan adalah masakan khusus untuk menu lauk pauk. Terdapat beberapa jenis masakan lauk pauk yang dapat kamu coba baik lauk pauk sederhana maupun yang istimewa. Nah, langsung saja perhatikan daftar menunya dibawah ini:

  • Ayam goreng lengkuas

Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan
Sumber: www.resepkuerenyah.com

Menu lauk pauk yang pertama adalah ayam goreng bumbu lengkuas. Ayam goreng lengkuas adalah salah satu menu hidangan ayam yang penyajiannya dibuat dengan cara menggoreng ayam yang sudah diungkep terlebih dahulu sampai memiliki tekstur garing dan kriuk, Supaya proses pemasakannya lebih cepat, anda dapat membeli bumbu ayam goreng lengkuas dipasaran yang dapat di request sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya jika anda ingin memasak ayam 500 gram, anda sudah cukup membeli bumbu ayam goreng sebanyak 5ribu saja. Bumbu ayam goreng disini biasanya menggunakan lebih banyak serbuk lengkuas. Ungkeplah ayam menggunakan bumbu tersebut. Jika sudah matang, tiriskan serta sisihkan bumbu-bumbu dengan ayam. Lalu gorenglah semuanya (ayam dan serbuk bumbu ayam goreng) secara berurutan hingga matang dan berwarna coklat keemasan. Letakkan ayam goreng diatas piring saji, lalu taburkan bumbu lengkuas diatasnya.

  • Ayam goreng Tepung

Tak hanya ayam goreng lengkuas saja, namun anda juga bisa mencoba ayam goreng tepung (makanan ala KFC). Ayam goreng tepung adalah hidangan ayam yang dibalut dengan adonan tepung dan kemudian digoreng sampai kelihatan renyah dan berwarna keemasan. Makanan ini biasanya terasa nikmat cukup disajikan dengan sambal saos. Dengan rasanya yang crispy dan renyah, menu ini tentu akan sangat disukai oleh semua anggota keluarga.

  • Ikan goreng sambal tomat/ bawang

Menu lauk pauk yang berikutnya adalah ikan goreng dipadukan dengan sambal bawang maupun sambal tomat (sesuai selera). Untuk jenis bahan ikannya bersifat opsional, anda bisa memilih ikan apa saja yang akan anda goreng sesuai dengan selera anda, misalnya ikan nila, dencis, kembung, tongkol, kakap, ikan pari, dll.

  • Rendang Daging

Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan 3
masakan rumahan yang tidak membosankan/ www.topwisata.info

Menu rendang masih menjadi salah satu menu makanan favorit banyak orang. Daging yang dimasak dengan perpaduan santan kental dan berbagai jenis bumbu rempah menciptakan citarasa lezat dan nikmat pada masakan rendang ini. Untuk pilihan daging yang akan direndang bersifat opsional, anda bisa memilih daging ayam, sapi, atau daging lainnya sesuai keinginan.

  • Daging kecap

Daging kecap juga tak kalah menarik dibandingkan dengan rendang daging yang sebelumnya telah dijelaskan diatas. Ada banyak orang yang sangat menyukai menu ini sebagai hidangan saat sedang makan besar terlebih pada kalangan anak-anak. Daging kecap merupakan masakan yang terdiri dari potongan daging dimasak dengan kecap manis, memiliki cita rasa yang manis dan gurih.

  • Tahu, tempe, terong sambal pedas

Jika kamu merupakan salah satu dari kelompok penyuka makanan pedas, maka kamu bisa mencoba masakan ini, (tahu, tempe, dan terong) yang digoreng kriuk kemudian di campur dengan sambal pedas. Apalagi jika anggota keluarga anda sedang mengalami penurunan nafsu makan, maka menyajikan masakan yang pedas merupakan pilihan yang tepat! Karena biasanya kenikmatan makanan pedas dapat membuat porsi makan menjadi lebih banyak dari biasanya. Selain itu, menu yang satu ini juga sangat cocok dijadikan menu makanan saat cuaca sedang dingin.

  • Sup daging

Masakan rumahan yang tidak membosankan 4
Masakan rumahan yang tidak membosankan/ www.masakapahariini.com

Masakan rumahan yang tidak membosankan,  termasuk kedalam daftar menu lauk pauk yang berikutnya adalah sup daging. Sup daging adalah hidangan yang terbuat dari potongan daging yang dimasak bersamaan dengan rempah-rempah, sayur-sayuran, dan kaldu. Untuk pilihan daging yang akan dijadikan sup bersifat opsional, anda bisa memilih kambing, sapi, ayam, ataupun jenis daging lainnya sesuai selera. Adapun jenis sayur-sayuran yang cocok dimasak kedalam sup adalah seperti kentang, brokoli, bunga kol, wortel, buncis, dll

  22 Model Rambut Pendek Wanita Sesuai Bentuk Wajah

Menu Sayuran

Selanjutnya adalah masakan rumahan yang tidak membosankan dari varian menu sayuran. Untuk mendapatkan raga yang sehat, tentunya kita harus mempertimbangkan asupan makanan yang dikomsumsi setiap harinya. Salah satu menu makanan yang kaya akan gizi, vitamin dan nutrisi adalah makanan yang merupakan olahan sayur-sayuran. Berikut ini varian menu sayuran yang dapat kamu coba:

  • Sayur lodeh

Sayur lodeh  merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat dari campuran antara sayur-sayuran (seperti buncis, wortel, sawi putih, ataupun berbagai jenis sayuran lainnya) dengan tahu dan tempe berpadu dengan santan kental. Proses pembuatannya cukup simpel, tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang banyak.

  • Tumis kangkung

Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan 1
masakan rumahan yang tidak membosankan/ pinterest.com

Kangkung adalah sayuran hijau yang termasuk sebagai salah satu bahan masakan yang mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang relatif murah. Selain rasanya yang enak, kangkung juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu untuk melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan proses memasak yang cepat serta menggunakan bahan yang sederhana tumis kangkung ini sangat cocok anda jadikan sebagai salah satu masakan rumahan yang tidak membosankan.

  • Capcay

Capcay merupakan salah satu jenis makanan berupa tumisan sayur yang berasal dari negara Tiongkok, namun cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Kamu bisa memasukkan menu ini kedalam daftar masakan sehari-hari yang tidak membosankan. Hidangan Capcay biasanya dibuat dengan irisan berbagai jenis sayur-sayuran dipaduan sedikit daging yang dipotong dadu.

  • Sop sayur

Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan 2
masakan rumahan yang tidak membosankan/ www.astronauts.id

Menu masakan rumahan yang tidak membosankan berikutnya adalah sop sayur. Makanan sup tidak selalu disajikan dengan daging saja namun bisa juga hanya dengan menggunakan sayuran seperti jagung, brokoli, kentang, bunga kol dan wortel direbus bersama dengan kaldu menciptakan rasa lezat dan kaya akan gizi.

  • Tumis sayuran

Kenikmatan saat makan memang akan terasa lebih lengkap jika disertai dengan menu sayur. Dalam hal ini anda bisa menumis berbagai jenis sayuran seperti bayam, sawi, wortel, buncis, brokoli, kembang kol, dll. Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat anda dapat mengkombinasikan beberapa sayuran seperti wortel dengan sawi putih tumis, wortel dan buncis, atau berbagai kombinasi sayur lainnya sesuai selera.

  8 Ciri-Ciri Cocok Menggunakan Wardah Crystal Secret

Menu Sarapan

Tak hanya menyajikan menu masakan untuk menu lauk pauk dan sayuran saja, berikut ini kami juga menampilkan masakan rumahan yang tidak membosankan untuk menu sarapan dengan proses dan cara pembuatan yang simpel dan cepat.

  • Omelet

Masakan rumahan yang tidak membosankan 5
Masakan rumahan yang tidak membosankan/ kurioapps.com

Omelet termasuk sebagai salah satu menu sarapan yang banyak digemari orang-orang. Bentukannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan telur dadar, namun omelet ini  biasanya dimasak bersama dengan bahan-bahan tambahan, seperti: daging, sosis, jamur, dll sehingga rasanya semakin enak dan lezat.

  • Nasi goreng

Tak hanya omelet saja, nasi goreng juga memiliki banyak sekali penggemar dari segala penjuru. Nasi goreng merupakan sajian nasi yang digoreng dengan menggunakan bumbu-bumbu dapur sehingga menciptakan citarasa yang berbeda.

Aromanya yang menggoda dan cita rasanya yang gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang. Dengan prosesnya yang sangat simpel, menu makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu sarapan rumahan agar tidak bosan.

  • Roti bakar

Masakan rumahan yang tidak membosankan 6
Masakan rumahan yang tidak membosankan/ ayobandung.com

Banyak orang yang biasanya membeli roti bakar dari luar, padahal bisa dibuat dengan sangat mudah dirumah. Untuk menu sarapan yang tidak membosankan, anda bisa membuat roti bakar ala rumahan yang cukup menggunakan beberapa alat dan bahan yaitu telfon, mentega, roti tawar, dan berbagai macam topping atau isian seperti: selai coklat, keju, telur, dan lain-lain sesuai selera.

  • Telur (dadar, mata sapi atau bulat)

Makanan yang menggunakan telur sebagai bahan utamanya adalah salah satu hidangan yang banyak dipilih sebagai salah satu menu andalan untuk sarapan. Hal itu tentu saja dipicu oleh proses pembuatannya yang sangat mudah dan cepat.

  6 Aplikasi Radio Offline Tanpa Internet Terbaik Untuk Android

Terdapat berbagai varian masakan telur yang boleh anda coba supaya tidak bosan walaupun masakan hanya berbahan dasar telur saja, diantaranya seperti: telur dadar, telur mata sapi, dan telur bulat yang biasanya akan terasa gurih dan nikmat jika dipadukan dengan sambal luar yang pedas menggigit.

Tips Memilih menu Masakan Agar Tidak Bosan Penjelasan
Pilih Hidangan Musiman Memasak dengan bahan-bahan musiman dapat memberikan hidangan yang segar dan bervariasi sepanjang tahun. Musim panas, misalnya, adalah waktu yang baik untuk menciptakan hidangan berbasis buah-buahan dan sayuran segar.
Pertimbangkan Teknik Memasak Cobalah berbagai teknik memasak, seperti menggoreng, mengukus, memanggang, atau merebus. Teknik memasak yang berbeda dapat menghasilkan hidangan dengan tekstur dan rasa yang berbeda pula.
Jelajahi Masakan Internasional Coba masakan dari berbagai belahan dunia. Masakan internasional seringkali memiliki bumbu dan rasa yang unik. Anda dapat mencoba hidangan dari Asia, Mediterania, Amerika Latin, atau Eropa, misalnya.
Kreatif dengan Saus dan Bumbu Saus dan bumbu dapat mengubah selera hidangan secara signifikan. Cobalah berbagai jenis saus, rempah-rempah, dan bumbu untuk menciptakan variasi rasa yang menarik. Anda juga bisa mencoba membuat saus sendiri.
Tambahkan Aneka Sayuran Sayuran adalah pilihan yang baik untuk memberikan variasi dalam menu makanan rumahan. Cobalah sayuran yang berbeda-beda dan eksperimen dengan cara memasaknya, seperti sauté, panggang, atau rebus.

Simpulan

Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan
Masakan Rumahan yang Tidak Membosankan

Menyajikan masakan rumahan yang tidak membosankan setiap hari menjadi petualangan yang menggembirakan di dapur kita sendiri. Dengan membuat masakan yang bervariasi setiap harinya, kita dapat menciptakan hidangan-hidangan yang memanjakan lidah dan memuaskan selera sendiri maupun keluarga.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay