2 Cara Mengunci Telegram di Android, PC dan iPhone Tanpa Aplikasi

Cara Mengunci Telegram di Android, PC dan iPhone Tanpa Aplikasi
Cara Mengunci Telegram di Android, PC dan iPhone Tanpa Aplikasi

Cara mengunci aplikasi telegram – Sebagai salah satu aplikasi chat yang populer, tentu saja Telegram sudah tidak asing lagi untuk kamu. Telegram selalu menghadirkan berbagai macam fitur terbaik untuk para penggunanya. Sama seperti aplikasi mengirim pesan lainnya, Telegram pada umumnya dapat digunakan pengguna untuk berkirim pesan, foto, dokumen, stiker, GIF, panggilan suara hingga panggilan video.

Cara Mengunci Telegram menggunakan kata sandi atau password, merupakan salah satu langkah penting, yang harus dilakukan pengguna, untuk mengamankan akun Telegram miliknya. Agar orang lain yang kita kenal atau tidak dikenal, tidak dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan akun Telegram kita sembarangan.

Cara Mengunci Telegram Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mudah Mengunci Aplikasi Telegram

Aplikasi Telegram banyak tersedia untuk beragam sistem operasi seperti Android, iOS, Windows Phone, serta perangkat komputer seperti Windows, MacOS X, dan Linux. Dengan menggunakan Telegram, pengguna dapat saling berkirim pesan teks, foto, video, audio, dokumen, stiker, dan beragam tipe berkas lainnya. Telegram dikembangkan oleh perusahaan Telegram Messenger LLP didukung wirausahawan Rusia Pavel Durov. Layanan Telegram juga menyediakan API untuk pengembang (developers) agar dapat membuat stiker animasi, perubahan tampilan, widgets, hingga bot.

Aplikasi Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang sering digunakan oleh banyak orang untuk keperluan komunikasi jarak jauh. Salah satu fitur yang sangat bermanfaat adalah fitur mengunci aplikasi untuk menjaga privasi. Kehadiran fitur tersebut membuat pengguna dapat dengan mudah cara mengunci Telegram.

Telegram hadir dengan berbagai fitur terbaik, salah satunya adalah fitur yang berfungsi untuk menjaga privasi. Dengan fitur untuk menjaga privasi, pengguna pun akan merasa lebih aman dalam menggunakan aplikasi yang satu ini. Selain itu pengguna tak perlu repot menggunakan aplikasi tambahan pengunci aplikasi lainnya karena sudah ada fiturnya. Fitur ini disediakan secara resmi oleh pihak Telegram dengan tujuan melindungi privasi penggunanya.

  7 Solusi Cerdas Membuat Kamar Tidur Mungil Terlihat Lebih Besar dan Lebih Sempurna

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Pulsa Menjadi Saldo DANA Terbaru 2022

Meski fitur ini sangat bermanfaat, namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengaktifkannya. Mengunci Aplikasi Telegram menggunakan kata sandi atau password, merupakan salah satu langkah penting, yang harus dilakukan pengguna, untuk mengamankan akun Telegram miliknya, supaya orang lain yang kita kenal terutama orang yang tidak dikenal, tidak dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan akun Telegram kita sembarangan.  Padahal caranya sangat mudah dan cepat. Untuk mengamankan akun telegram kamu, berikut ini adalah cara mengunci aplikasi Telegram, simak ya:

  • Cara Mengunci Aplikasi Telegram Di Android dan iPhone

Demi Privasi yang lebih tinggi memang alangkah baiknya aplikasi chatting online perlu diberikan proteksi tambahan seperti dengan cara menguncinya termasuk aplikasi Telegram. Karena dengan menguncinya, maka aplikasi Telegram tidak akan bisa dibuka oleh sembarang orang. Saat aplikasi Telegram dibuka, Anda harus memasukkan sandi yang sudah diatur. Nah berikut adalah cara mengunci aplikasi telegram di handphone kamu. Caranya mudah dan simpel kok, simak ya.

 

Mengunci Aplikasi Telegram

 

  1. Cara mengunci telegram yang pertama adalah pastikan kamu sudah memiliki aplikasi telegram di handphone kamu
  2. Sambungkan handphone kamu dengan internet yang stabil
  3. Selanjutnya buka aplikasi Telegram di handphone kamu
  4. Lalu klik ikon 3 garis yang ada di pojok kiri atas
  5. Setelah itu klik menu pengaturan
  6. Setelah masuk ke menu pengaturan, klik menu Privasi dan Keamanan
  7. Pada menu privasi dan keamanan, cari kunci aplikasi lalu klik
  8. Kemudian kamu akan diarahkan untuk memassukkan kode sandi kamu
  9. Kode sandi terdiri dari 4 digit angka, masukkan kode sesuai dengan yang kamu inginkan
  10. Kamu berhasil mengunci aplikasi Telegram kamu. Pastikan kamu mengingat kode sandi yang kamu masukkan.
  • Cara Mengunci Telegram Di Komputer

Sama dengan cara mengunci telegram di handphone, pada saat kamu ingin mengunci aplikasi telegram di komputer maka langkah yang kamu lakukan tidak akan jauh berbeda dengan cara pertama. Berikut ini adalah cara mengunci aplikasi telegram di komputer.

  5 Cara Cek Tagihan PDAM Medan Mudah dan Praktis

 

Cara Mudah Mengunci Aplikasi Telegram

  1. Pastikan komputer kamu terhubung dengan jaringan internet yang stabil
  2. Buka aplikasi Telegram yang ada di komputer kamu
  3. Lalu klik ikon 3 garis yang ada di pojok kiri atas komputer kamu
  4. Klik menu pengaturan (settings) 
  5. Lalu pilih menu privasi dan keamanan (privacy and security)
  6. Lalu klik kunci aplikasi (local passcode)
  7. Kemudian kamu akan diarahkan ke menu memasukan kode sandi
  8. Setelah itu masukkan kode sandi yang kamu inginkan
  9. Selalu pastikan bahwa kode sandi yang kamu masukkan adalah kode sandi yang mudah kamu ingat.

Penutup

Cara Mengunci Telegram di Android, PC dan iPhone Tanpa Aplikasi
Cara Mengunci Telegram di Android, PC dan iPhone Tanpa Aplikasi

Itulah beberapa cara mengunci Telegram yang dapat kami rekomendasikan untuk kamu. Semoga Artikel cara mengunci aplikasi telegram ini dapat membawa manfaat dan dapat membantu kamu untuk menjaga keamanan privasi kamu saat menggunakan aplikasi Telegram.  Saat kamu lupa kode sandi aplikasi telegram, maka kamu tidak perlu panik karena ada cara untuk mengatasinya.

Kamu hanya perlu menghapus aplikasi telegram dari handphone kamu lalu mengunduh-nya kembali. Dengan begitu aplikasi telegram kamu akan kembali ke pengaturan awal tanpa harus memasukan kode sandi aplikasi. Namun terlebih dahulu pastikan bahwa nomor yang kamu gunakan untuk akun telegram masih aktif sehingga dapat kembali menggunakan akun telegram kamu.

Baca juga:3 Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi 2022