5 Cara Cek Tagihan PDAM Medan Mudah dan Praktis

Cek tagihan PDAM Medan
Cek tagihan PDAM Medan

Sebagai pelanggan PDAM, khususnya untuk pelanggan PDAM yang berdomisili di Medan, penting bagi kita untuk melakukan Cek Tagihan PDAM Medan terlebih dahulu, supaya kita mengetahui nominal yang akan kita bayar.

 

Untuk melakukan cek tagihan PDAM , tentu bukan lagi hal yang sulit untuk kita lakukan seperti zaman dulu, dimana kita harus rela mengantri di pusat pembayaran PDAM.

Di era modern sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih, yang tentunya hal itu memudahkan kita untuk dapat melakukan berbagai hal, termasuk dalam dunia transaksi.

Jika dulu ketika kita mau melakukan cek/ pembayaran tagihan PDAM Medan, kita harus rela mengantri di pusat pembayaran PDAM, sekarang baik dalam melakukan cek tagihan maupun pembayaran, semuanya sudah bisa kita lakukan melalui online.

Cek Tagihan PDAM Medan

Sebelum kita membayar tagihan PDAM, tentu kita terlebih dahulu ingin mengetahui berapa total tagihan yang akan kita bayar. Tujuannya yaitu untuk mengantisipasi jika seandainya tagihan PDAM kita tiba-tiba membengkak, jadi kita bisa  mempersiapkan uangnya terlebih dahulu.

Disamping itu melakukan cek terlebih dahulu sebelum membayar sangat bermanfaat untuk kita lakukan agar kita bisa menyesuaikan pemakaian air yang bisa kita lihat dari meteran air kita dengan total tagihan yang tertera saat kita melakukan cek.

Jadi, jika seandainya kita merasa bahwa pemakaian air dengan total tagihan dalam hasil cek tersebut tidak seimbang, maka kita bisa bisa complain dan mempersiapkan bukti foto pemakaian air pada meteran untuk kita berikan pada petugas PDAM saat kita mengajukan complain. Baca juga 12 Aplikasi Convert Pulsa Rate Tinggi 2022

Nah, untuk melakukan cek tagihan PDAM Medan bisa kita lakukan dengan 2 cara, yaitu dengan berkunjung langsung ke pusat/ kantor PDAM dikota Medan dan yang kedua yaitu melakukan cek tagihan PDAM Medan melalui online. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai langkah-langkah dari kedua cara tersebut berikut ini:

  6 Cara Merekam Layar HP Oppo Dengan Suara, Aplikasi, Tanpa Aplikasi

Cek Tagihan PDAM Medan Langsung ke Kantor PDAM

Meski zaman sudah semakin modern, tapi tak menutup kemungkinan masih banyak juga masyarakat sekarang yang melakukan cek tagihan PDAM dengan mendatangi langsug kantor pusat PDAM. Berbagai faktor yang menyebabkan hal tersebut, seperti belum paham melakukan cek/tagihan PDAM melalui online (Khususnya di kalangan tua), sudah terbiasa dan lebih nyaman melakukan cek/tagihan dengan mendatangi langsung kantornya, dll.

Jika anda melakukan cek Tagihan PDAM langsung mendatangi kantornya, maka anda harus:

  • Bersiap-siap sepagi mungkin, karna anda akan berhadapan dengan banyak pelanggan PDAM lainnya
  • Rela mengantri dengan jangka waktu yang lama

Apabila anda ingin melakukan cek tagihan PDAM Medan dengan mendatangi kantornya langsung maka anda bisa mendatangi kantor pusat PDAM yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No.1, Ps Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Akan tetapi anda hanya bisa berkunjung pada hari Senin-Jumat, karena Sabtu & Minggu kantor tidak melayani (tutup).

Cek Tagihan PDAM Medan secara Online

Nah, cara yang kedua ini yaitu cek tagihan PDAM secara online merupakan cara yang lebih mudah, simpel, dan praktis dibandingkan dengan cara pertama diatas, karena melakukan cek tagihan PDAM secara online dapat anda lakukan dimana dan kapan saja anda mau, tanpa harus menghabiskan waktu, tenaga, dan materi (biaya transport).

Cek tagihan PDAM Medan secara online dapat kita lakukan melalui beberapa aplikasi yang ber platform pembayaran digital seperti aplikasi Mocipay, Mitra Top Up, Dana, dan Ovo. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas satu per satu beserta langkah-langkah dalam melakukan cek tagihannya:

  • Cek Tagihan PDAM Medan melalui Aplikasi Mocipay

Mocipay merupakan aplikasi berplatform digital yang didalamnya bisa untuk isi pulsa, token listrik, paket data, BPJS, asuransi, top up game dan berbagai transaksi lainnya dapat kita lakukan di aplikasi mocipay termasuk cek/ pembayaran tagihan PDAM. Langkah-langkah cek tagihan PDAM Medan melalui aplikasi Mocipay dapat dilakukan melalui cara sbb:

  6 Cara Convert Pulsa ke OVO yang Aman dan Terpercaya

Cek Tagihan PDAM melalui aplikasi Mocipay

  1. Pastikan aplikasi Mocipay sudah terpasang di SmartPhone anda, jika belum terinstal anda bisa mendowload nya dengan Klik Disini
  2. Jika sudah terinstal silahkan masuk ke aplikasi
  3. Kemudian lihat ikon PDAM seperti yang digaris panahi pada gambar pertama
  4. Akan tampil kolom pencarian, silahkan cari kota Medan, atau anda bisa mengetik langsung “Medan” pada kolom pencarian
  5. Setelah itu, masukkan nomor pelanggan seperti pada gambar ke-3
  6. Maka akan tampil informasi total tagihan PDAM anda seperti pada gambar terakhir

Kabar baiknya nih, menggunakan aplikasi Mocipay dalam pembayaran berbagai tagihan, kamu akan mendapatkan berbagai cash back menarik. Tentu sangat menguntungkan bukan?

  • Cek Tagihan PDAM Medan melalui Aplikasi Mitra TopUp

Tak berbeda jauh dengan aplikasi Mocipay, melalui aplikasi Mitra Top Up juga memberi kemudahan bagi kamu untuk melakukan cek maupun pembayaran tagihan PDAM, karena aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi dengan platform digital yang bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan transaksi online.

Berikut langkah-langkah cek tagihan PDAM Medan melalui aplikasi Mitra TopUP:

Cek Tagihan PDAM melalui aplikasi Mitra Top Up

 

  1. Pastikan aplikasi Mitra Topup sudah terpasang di ponsel anda
  2. Jika sudah terpasang silahkan masuk ke aplikasinya
  3. Pada tampilan awal Mitra TopUp akan terlihat 3 ikon pilihan berjejer mulai dari Prabayar, Tagihan, dan Dompet Digital. Silahkan pilih Tagihan, kemudian akan muncul menu tagihan PDAM seperti yang ditandai pada gambar pertama
  4. Pada langkah selanjutnya, pilih PDAM Sumatera
  5. Kemudian masukkan ID Pelanggan, nomor HP, dan Ketik “Medan” pada kolom pencarian yang berada disamping tulisan nominal pada gambar ke-3
  6. Maka rincian total tagihan PDAM anda akan ditampilkan
  • Cek Tagihan PDAM Medan melalui Aplikasi Dana

Aplikasi dana merupakan sebuah aplikasi dompet digital. Dalam aplikasi ini kita bisa juga melakukan berbagai pembayaran dan berbagai transaksi lainnya seperti transfer uang, pembelian pulsa, termasuk juga pembayaran tagihan PDAM. Berikut langkah-langkah Cek tagihan PDAM melalui aplikasi dana:

  7 Cara Ciptakan Ruang Meditasi Super Nyaman Untuk Relaksasi

Tapi sebelum kesitu, baca juga artikel menarik 200+ Nama Kontak WA Unik Untuk Pacar, Ibu, Kakak, Sahabat

Cek Tagihan PDAM melalui aplikasi Dana

  1. Pastikan aplikasi Dana sudah terinstal di ponsel anda
  2. Silahkan buka aplikasinya, maka tampilan awal akan terlihat seperti pada gambar pertama, untuk melihat semua item dari aplikasinya tekan pada “klik semua
  3. Akan muncul beberapa menu berjajar seperti pada gambar ke-2, silahkan tekan pada menu “Bills” supaya anda lebih mudah menemukan menu untuk pembayaran air
  4. Setelah menu pembayaran air ditampilkan, silahkan pilih lokasi pada kolom pencarian atau langsung ketik “kota Medan”
  5. Selanjutnya masukkan nomor pelanggan pada kolom yang disediakan, dan tekan “Cek Tagihan”
  6. Maka Detail tagihan PDAM anda akan ditampilkan seperti pada gambar terakhir
  • Cek Tagihan PDAM Medan melalui Aplikasi OVO

Aplikasi terakhir yang akan kita ulas terkait kegunaannya dalam pembayaran/ cek tagihan PDAM Medan adalah aplikasi OVO. Aplikasi ini hampir identik juga dengan aplikasi dana yang telah kita bahas sebelumnya, karena aplikasi OVO merupakan sebuah layanan dompet digital yang memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi online. Baca juga 10 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

Berikut langkah-langkah untuk melakukan cek tagihan PDAM Medan melalui aplikasi OVO:

Cek Tagihan PDAM melalui aplikasi OVO

  1. Pastikan aplikasi OVO sudah terdownload di SmartPhone anda
  2.  Jika sudah terdownload, silahkan buka aplikasinya. Pada tampilan awal tekan pada “Lainnya” seperti pada gambar pertama
  3. Maka akan muncul berbagai layanan yang tersedia pada aplikasi OVO, scroll kebawah sampai anda menemukan menu “Air PDAM” (lihat gambar ke-2)
  4. Selanjutnya pilih lokasi, dan masukkan nomor pelanggan
  5. Maka secara otomatis total tagihan PDAM anda akan ditampilkan

Penutup

Cek tagihan PDAM Medan
Cek tagihan PDAM Medan

Nah, Demikian ulasan mengenai cek tagihan PDAM Medan. Jangan lupa untuk selalu membayar tagihan PDAM tepat waktu untuk menghindari supaya anda tidak terkena denda. Baca juga 7 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok 2022.  Semoga tulisan ini bermanfaat untuk readers semuanya, terimakasih telah berkunjung.