3 Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Pengguna

Rohma Dearni

Bagaimana cara melihat video Instagram yang tidak tersimpan di galeri pengguna? Ternyata banyak diantara kita yang belum mengetahui cara melihat video ataupun konten yang sudah dibagikan semula, meskipun ini sangat mudah dilakukan.

Sebagai salah satu aplikasi media sosial populer, Instagram memberikan kebebasan pada pengguna dalam hal menyimpan foto dan video. Pengaturan ini diberikan agar momen yang sudah dibagikan tersimpan otomatis dan bisa ditayangkan kembali.

Meski pada kenyataanya foto dan video instagram dapat disimpan kedalam galeri, diperlukan pengaturan khusus melalui fitur simpan otomatis. Nah, jika anda tidak mengaturnya maka foto dan video tidak akan tersimpan.

Lantas bisakah kita melihat konten yang sudah dibagikan di Instagram? Jawabanya adalah iya. Kamu bisa menemukan video, melihat dan menyimpanya ke perangkat ponsel. Supaya lebih terperinci langsung simak saja cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri pengguna.

Sekilas tentang Aplikasi Instagram

Instagram adalah aplikasi media sosial populer dari waktu ke waktu. Platform ini memungkinkan penggunanya berbagi foto, video melalui fitur story, feed, dan reels.

Sekilas tentang aplikasi Instagram
Sekilas tentang aplikasi Instagram

Instagram memiki sistem pertemanan yang disebut following dan followers. Following ketika anda mengikuti seorang pengguna, sedangkan followers ialah daftar orang yang mengikuti anda.

Sebelum lebih lanjut membahas cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri, kamu perlu mengetahui apa saja fitur Instagram sehingga disebut sebagai aplikasi media sosial yang tidak pernah redup. Adapun beberapa fitur instagram yang bisa kamu manfaatkan ialah:

Fitur unggulan Instagram Deskripsi
Nama pengguna Ketika menggunakan Instagram, kita memiliki nama pengguna sebagai identitas. Username tersebut akan digunakan pengguna untuk mencari dan menemukan akun anda.
Pin feed Pin feed merupakan fitur instagram yang memungkinkan pengguna memindahkan dan menempatkan unggahan di posisi teratas. Menyematkan postingan instagram akan membantu menaikkan visibilitas dan hal-hal yang ditonjolkan melalui akun tersebut.
Instagram Highlight Instagram highlight berfungsi menyimpan instagram story tanpa batasan waktu. Setelah di atur, highlight instagram akan muncul di profil pengguna.
Instagram story Jika instagram highlight untuk menyimpan cerita tanpa batas waktu, maka instagram story sebaliknya. Kamu bisa membagikan foto dan video dimana masa penayanganya selama 24 jam.
Instagram live Instagram live merupakan fitur siaran langsung yang ada di Instagram. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk lebih dekat dengan follower.
Add music Add music ialah fitur terbaru Instagram yang memungkinkan anda menambahkan musik feed instagram dengan durasi tertentu.
Hastag Untuk membuka sebuah halaman, Instagram memberikan terobosan hastag. Hastag tersebut berupa kombinasi angka, huruf dan emoji dan diawali dengan tanda pagar.
  4 Cara Mengetahui Siapa yang Membisukan Status WA Kita

Kenapa Video Instagram Tidak Tersimpan di Galeri?

Kenapa Video Instagram Tidak Tersimpan di Galeri?
Kenapa Video Instagram Tidak Tersimpan di Galeri?

Untuk membahas lanjut cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri pengguna, tentu kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi alasan video tersebut tidak tersimpan.

Instagram memiliki fitur dan pengaturan “otomatis” bilamana kamu ingin menyimpan foto ataupun video yang sudah dibagikan melalui menu cerita dan reels. Pengaturan tersebut harus diatur terlebih dahulu supaya konten tersimpan otomatis.

Jadi, jika kamu tidak mengaktifkan fitur tersebut maka video ataupun foto instagram tidak tersimpan otomatis. Dengan begitu kamu tidak akan bisa melihat kembali video yang tersimpan di galeri pengguna.

Lalu bagaimana cara melihat video Instagram yang tidak tersimpan di galeri? bisakah hal ini dilakukan pengguna? Tentu saja, kamu bisa melihat kembali video lalu mengunduhnya. Simak dan pahami caranya dibawah ini!

Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri nyatanya mudah dilakukan. Kamu hanya perlu mengotak-atik fitur arsip yang sudah dikembangkan oleh Instagram. Arsip instagram akan menyimpan file yang sudah anda bagikan sebelumnya, termasuk foto dan video.

Apabila pengguna mengunggah video di menu cerita, secara otomatis konten tersebut hanya bertahan selama 24 jam. Jadi, saat konten dihapus dari daftar tayang cerita Instagram, arsip akan bekerja dan menyimpannya. Biasanya arsip sudah aktif otomatis saat anda menggunakan Instagram di awal.

Jadi, arsip cerita memungkinkan siapa saja menemukan foto dan video yang sudah dibagikan sebelumnya. Menu ini akan menyimpan konten (reels dan cerita) supaya pengguna tidak kehilangan momen berharganya. Berikut cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri:

1. Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Aktivitas

Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Aktivitas
Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Aktivitas

Cara pertama, kamu bisa melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri melalui fitur your activity atau aktivitas anda. Menu ini merangkum dan mengelola aktivitas anda, termasuk interaksi suka, komentar, tanda, tanggapan dan ulasan.

  10+ Cara Ganti Warna Baju di Foto: Aplikasi hingga Situs Online

Pada menu aktivitas anda bisa menemukan opsi “diarsipkan” untuk story, postingan dan arsip siaran langsung. Berikut cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri melalui fitur aktivitas pengguna.

  • Buka instagram lalu login pada akun yang ingin anda lihat kembali video dan fotonya
  • Setelah itu klik akun untuk membuka menu profil anda
  • Klik garis tiga di pojok kiri atas dan pilih aktivitas anda
  • Gulir kebawah dan pilih opsi diarsipkan
  • Akan ditampilkan daftar arsip pengguna, termasuk arsip story, postingan dan arsip siaran langsung
  • Filter pencarian untuk menemukan video yang sedang anda cari
  • Kamu bisa membuka video lalu klik lainya (ikon titik tiga) lalu pilih simpan video
  • Secara otomatis video tersebut akan tersimpan di galeri.

2. Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri Melalui Fitur Saved

Cara melihat video Instagram yang tidak tersimpan di galeri dapat dilakukan melalui fitur saved. Fitur ini merangkum foto dan video yang sudah disimpan pengguna terlebih dahulu. Begini tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan:

  • Buka aplikasi Instagram lalu akses profil anda
  • Setelah itu klik tiga garis horizontal, pilih disimpan
  • Akan ditampilkan unggahan yang disimpan, termasuk postingan orang lain dan diri sendiri

3. Cara Melihat Video Instagram yang Sudah Dihapus

Bilama anda sudah menghapus video tertentu, maka anda bisa melihat dan memulihkanya kembali. Jadi, video maupun foto yang terhapus akan dicadangkan sementara selama 30 hari terhitung setelah anda menghapusnya. Berikut cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri dan sudah dihapus pengguna.

  • Buka instagram lalu klik untuk membuka menu profil
  • Klik garis tiga sejajar di pojok kanan atas lalu pilih¬†aktivitas anda
  • Lanjutkan dengan memilih opsi baru-baru ini dihapus
  • Nah, disini akan anda temukan foto dan video yang dihapus kurang dari 30 hari
  • Buka video, klik lainya dan pulihkan untuk mendapatkan kembali video tersebut.
  6 Cara Unreg Kartu Indosat Yang Sudah Mati/Hangus

Cara agar Postingan Instagram Otomatis Tersimpan di Galeri

Cara agar Postingan Instagram Otomatis Tersimpan di Galeri
Cara agar Postingan Instagram Otomatis Tersimpan di Galeri

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, mengatur postingan agar tersimpan otomatis bisa dilakukan siapa saja dalam lingkup Instagram. Dengan begitu, kamu tidak perlu mencari satu-persatu video atau dengan kata lain cara melihat video Instagram yang tidak tersimpan di galeri tak lagi dibutuhkan.

Cara Mengaktifkan Fitur Simpan Otomatis Story Instagram

Pertama, kamu bisa mengaktifkan fitur simpan otomatis cerita Instagram. Jadi, foto dan video yang dibagikan melalui cerita Instagram akan terekam dan disimpan otomatis ke galeri. Ini cara mengaktifkan fitur simpan otomatis cerita anda.

  • Buka Instagram lalu klik cerita anda (+) di pojok kiri atas
  • Lanjutkan dengan memilih ikon pengaturan lalu klik cerita
  • Akan ditampilkan pengaturan cerita pengguna
  • Gulir kebawah lalu beri centang pada opsi simpan cerita ke galeri
  • Selesai, foto dan video yang anda bagikan otomatis tersimpan.

Cara Mengaktifkan Fitur Simpan Otomatis Reels Instagram

Selain foto dan video yang dibagikan melalui cerita, pengguna instagram bisa juga mengaktifkan simpan reels otomatis. Ikuti panduan-panduan dibawah ini untuk mengaktifkan fitur simpan otomatis reels Instagram.

  • Setelah login dan membuka Instagram anda, klik ikon cerita anda (+) dipojok kiri atas
  • Setelah itu langsung saja klik ikon pengaturan
  • Disini anda bisa memilih untuk mengaktifkan fitur simpan otomatis reels
  • Klik reels lalu aktifkan simpan reel ke perangkat

Itulah cara agar postingan Instagram anda tersimpan otomatis di galeri ponsel. Untuk beberapa konten yang tidak anda indahkan tersimpan di galeri, lakukan langkah-langkah yang sama untuk menghapus pengaturan simpan otomatis.

Penutup

 Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri
Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Untuk menemukan foto dan video yang tidak tersimpan otomatis di galeri ponsel, anda bisa melihat arsip dan fitur tersimpan di Instagram. Semoga dengan informasi cara melihat video instagram yang tidak tersimpan di galeri membantu anda menemukan video dan konten terdahulu.

Sampai bertemu dipembahasan selanjutnya, terima kasih sudah membaca hingga akhir.

Artikel Menarik Lainnya