Lupa Password Gmail dan Nomor Hp Sudah Tidak Aktif? Ini Solusinya!

Ratih Pratiwi

Anda lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif? Kejadian seperti ini mungkin bisa membuat kita kalang kabut mencari solusinya. Sebab, biasanya pemulihan akun Gmail bisa dilakukan jika nomor yang kita daftarkan masih aktif.

Namun apa jadinya jika nomor HP yang didaftarkan pada akun Gmail kita malah sudah tidak aktif? Apakah di zaman modern yang katanya sudah serba praktis dan informasi menyebar dengan mudah ini, ada jawaban yang bisa kita gunakan?

Untuk mengetahuinya secara pasti, silahkan simak pembasahan ini sampai tuntas, ya!

Seputar Kejadian Lupa Password Gmail

lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif
Sumber: Twitter/@ahsafalio

Lupa password Gmail bisa menjadi masalah yang umum dialami oleh banyak pengguna. Dalam era digital yang semakin maju, kita sering kali memiliki banyak akun dengan kata sandi yang berbeda-beda.

Akibatnya, mengingat semua kata sandi tersebut dapat menjadi tugas yang menantang. Salah satu akun yang sering kali penting adalah akun Gmail, yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan Google.

Ketika seseorang menghadapi lupa password Gmail, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk memulihkan akses ke akun tersebut.

Pertama-tama, Google menyediakan berbagai opsi pemulihan akun yang dapat membantu mengatasi lupa password Gmail. Salah satu cara yang umum adalah menggunakan nomor telepon alternatif atau alamat surel pemulihan yang terhubung dengan akun tersebut.

Dengan memberikan informasi yang benar dan menjawab pertanyaan keamanan yang telah ditetapkan sebelumnya, pengguna dapat membuktikan bahwa mereka adalah pemilik sah akun tersebut.

Selain itu, Google juga menawarkan fitur autentikasi dua faktor, yang menambahkan lapisan keamanan tambahan dengan meminta pengguna untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat mereka.

Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Siapa yang Memberi Nama di Getcontact

Mengapa Seseorang Lupa Password Gmail

Sebelum membahas mengenai sebab lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, ada beberapa alasan mengapa seseorang bisa lupa dengan password Gmail mereka. Beberapa faktor yang mungkin mempengaruhinya antara lain:

  1. Kombinasi yang kompleks: Jika seseorang menggunakan kombinasi password yang kuat dan kompleks, misalnya dengan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol, maka ada kemungkinan mereka lupa karena sulit mengingatnya.
  2. Penggunaan banyak akun: Jika seseorang memiliki banyak akun dengan password yang berbeda-beda, kemungkinan besar mereka akan lupa dengan beberapa password.
  3. Jarang digunakan: Jika seseorang jarang menggunakan akun Gmail mereka, mereka mungkin tidak terbiasa dengan password tersebut dan lupa setelah jangka waktu yang lama.
  4. Perubahan password: Jika seseorang secara teratur mengganti password untuk alasan keamanan, mereka mungkin lupa dengan password yang baru karena belum terbiasa dengannya.
  5. Penyimpanan otomatis: Jika seseorang mengandalkan fitur penyimpanan otomatis di peramban web atau aplikasi yang mereka gunakan, mereka mungkin lupa dengan password karena mereka tidak perlu mengingatnya secara aktif.
  6. Gangguan memori: Terkadang, kondisi kesehatan atau stres dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu, termasuk password.
  5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Harus Chat

Pemulihan Password Gmail Harus dengan Nomor HP Aktif

Sebelum ke cara ketika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, dalam banyak kasus, pemulihan password Gmail dapat dilakukan dengan menggunakan nomor telepon pengguna yang terdaftar dan masih aktif.

Google menyediakan opsi pemulihan akun yang melibatkan penggunaan nomor telepon alternatif atau alamat surel pemulihan yang terhubung dengan akun Gmail.

Ketika seseorang lupa password Gmail, mereka dapat memilih opsi pemulihan melalui nomor telepon. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang terdaftar.

Setelah menerima kode tersebut, pengguna dapat memasukkan nya ke halaman pemulihan untuk mengatur ulang password mereka. Dengan cara ini, nomor telepon yang masih aktif sangat penting untuk memulihkan akses ke akun Gmail yang terkunci.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap pengguna harus memastikan bahwa nomor telepon mereka tetap diperbarui dan terhubung dengan akun Gmail mereka.

Jika nomor telepon berubah atau tidak lagi tersedia, langkah pemulihan alternatif mungkin diperlukan, seperti menjawab pertanyaan keamanan atau menggunakan metode autentikasi lainnya yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Nokos Whatsapp Gratis Terbaru 2023

Cara Atasi Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif
Sumber: Twitter/@_amett

Lalu bagaimana jika kita lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif? Adakah solusi lain yang bisa dilakukan?

Ternyata, jika nomor telepon yang didaftarkan untuk akun Gmail tidak lagi aktif, ada beberapa solusi lain yang dapat dicoba untuk memulihkan akses ke akun tersebut. Berikut adalah tiga opsi yang dapat Anda terapkan:

  1. Alamat Surel Pemulihan

Jika Anda telah menambahkan alamat surel pemulihan ke akun Gmail Anda, Anda dapat memanfaatkannya untuk pemulihan. Google akan mengirimkan instruksi pemulihan ke alamat surel tersebut. Pastikan Anda dapat mengakses alamat surel pemulihan yang terdaftar dan ikuti langkah-langkah pemulihan yang diberikan.

  1. Pertanyaan Keamanan

Solusi kedua jika Anda mengalami lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif adalah dengan pertanyaan keamanan, Jika Anda telah menyiapkan pertanyaan keamanan sebagai langkah pemulihan, Google dapat menggunakan pertanyaan tersebut untuk memverifikasi identitas Anda.

Pastikan Anda mengingat jawaban yang benar untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut dan ikuti prosedur pemulihan yang diberikan.

  1. Verifikasi Identitas

Jika opsi pemulihan standar tidak berhasil, Anda dapat mengajukan permohonan pemulihan akun langsung kepada Google. Proses ini melibatkan pengisian formulir verifikasi identitas yang dimiliki oleh Google. Anda akan diminta memberikan sebanyak mungkin informasi yang tepat tentang akun Anda untuk membantu Google memverifikasi kepemilikan akun tersebut.

  10 Cara Mendapatkan Nokos Whatsapp Gratis Terbaru 2024

Penting untuk diingat bahwa dalam beberapa kasus, pemulihan akun karena lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif dapat memakan waktu dan melibatkan proses yang lebih rumit.

Baca Juga: Jika Terabox Dihapus Apakah Data Akan Hilang? Ini Jawabannya!

3 Tutorial Mengatasi Lupa Password Gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Dari 3 solusi ketika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif di atas, masih dapat dijabarkan secara lebih detail mengenai toturialnya agar Anda bisa menerapkannya dengan lebih muda.

A. Dengan Menambahkan Alamat Surel

Sekarang jika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif, Anda bisa menambahkan alamat surel untuk pemulihan ke akun Gmail. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman Gmail di peramban web Anda dan masuk ke akun yang ingin Anda tambahkan alamat surel pemulihannya.
  2. Setelah masuk, klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas layar dan pilih “Manajer Akun Google” atau “Akun Google” dari opsi yang ditampilkan.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Akun Google. Pada menu sebelah kiri, pilih opsi “Keamanan”.
  4. Di bawah bagian “Keamanan Akun”, cari opsi “Alat Pemulihan” atau “Email dan nomor telepon pemulihan”. Klik pada opsi tersebut.
  5. Anda akan melihat opsi untuk menambahkan alamat surel pemulihan. Klik pada opsi “Tambahkan alamat surel pemulihan”.
  6. Masukkan alamat surel yang ingin Anda tambahkan dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi, seperti memasukkan kode yang dikirim melalui surel tersebut.
  7. Setelah Anda berhasil menambahkan alamat surel pemulihan, pastikan untuk mengkonfirmasikan perubahan dan menyimpan pengaturan Anda.

B. Dengan Pertanyaan Keamanan

Mempersiapkan pertanyaan keamanan juga bisa jadi solusi ketika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif.

Saat ingin memulihkan akun Gmail berarti menyiapkan pertanyaan keamanan dan menjawabnya dengan benar sebelumnya sebagai langkah pemulihan jika Anda lupa password. Pertanyaan keamanan ini dirancang untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pemilik sah akun Gmail dan membantu dalam pemulihan akses ke akun yang terkunci.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mempersiapkan pertanyaan keamanan pada akun Gmail:

  1. Buka halaman Gmail di peramban web Anda dan masuk ke akun yang ingin Anda persiapkan pertanyaan keamanan untuk pemulihan.
  2. Setelah masuk, klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas layar dan pilih “Manajer Akun Google” atau “Akun Google” dari opsi yang ditampilkan.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Akun Google. Pada menu sebelah kiri, pilih opsi “Keamanan”.
  4. Di bawah bagian “Keamanan Akun”, cari opsi “Pertanyaan Keamanan” atau “Pertanyaan Pengganti”. Klik pada opsi tersebut.
  5. Pilih opsi “Tambahkan pertanyaan keamanan” atau “Setel pertanyaan keamanan” dan ikuti petunjuk untuk menambahkan pertanyaan keamanan dan menjawabnya.
  6. Pilih pertanyaan keamanan yang Anda inginkan atau buat pertanyaan khusus Anda sendiri. Pastikan pertanyaan tersebut mudah diingat namun cukup unik untuk melindungi akun Anda.
  7. Setelah memilih atau membuat pertanyaan keamanan, berikan jawaban yang hanya Anda yang tahu dan tidak dapat ditebak oleh orang lain.
  Wajib Tahu! 2 Cara Membatalkan Getcontact Premium Dengan Cepat

B. Verifikasi Identitas

Solusi ketiga ketika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif adalah dengan verifikasi identitas.

Jika Anda perlu melakukan verifikasi identitas saat ingin memulihkan akun Gmail, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman pemulihan akun Gmail di peramban web Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi laman “Lupa Password” atau “Pemulihan Akun” saat mencoba untuk masuk ke akun Gmail yang terkunci.
  2. Masukkan alamat surel Gmail yang ingin Anda pulihkan akses nya dan klik “Lanjutkan” atau “Next”.
  3. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang terakhir Anda ingat. Jika Anda tidak ingat, klik pada opsi “Lupa Password” atau “Forgot Password”.
  4. Google akan menawarkan beberapa opsi pemulihan yang tersedia. Jika Anda tidak dapat mengakses nomor telepon atau alamat surel pemulihan yang terdaftar, pilih opsi “Coba Cara Lain” atau “Try Another Way”.
  5. Berikutnya, Anda mungkin akan diberikan opsi untuk melakukan verifikasi identitas. Google dapat meminta informasi tambahan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik sah akun tersebut.
  6. Pada langkah verifikasi identitas, Anda mungkin diminta untuk memberikan informasi pribadi terkait dengan akun Anda, seperti tanggal lahir, alamat terkait, nama-nama kontak yang sering dikirimi surel, atau informasi lainnya yang hanya diketahui oleh pemilik sah akun tersebut.
  7. Anda mungkin juga diminta untuk memberikan tanggal pembuatan akun Gmail Anda, mengunggah salinan identifikasi resmi, atau memberikan informasi transaksi terkait dengan akun Anda.
  8. Setelah Anda memberikan informasi yang diminta, Google akan memproses permintaan pemulihan akun dan akan memberikan petunjuk lebih lanjut.

Tips Agar Tidak Lupa password Gmail

Tips Penjelasan
Gunakan Password yang Kuat Namun Mudah Diingat Buat password yang kuat dan kompleks. Kombinasikan huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Hindari penggunaan kata-kata yang mudah ditebak atau informasi pribadi seperti nama dan tanggal lahir.
Gunakan Manajer Kata Sandi Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi atau layanan manajer kata sandi. Ini akan mengelola dan menghasilkan kata sandi yang kuat untuk Anda, dan Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi master.
Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA) Aktifkan autentikasi dua faktor di akun Gmail Anda. Ini menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode verifikasi melalui aplikasi atau SMS saat masuk.
Simpan Password dengan Aman Jangan menyimpan password di tempat yang mudah diakses oleh orang lain. Jika Anda menggunakan manajer kata sandi, pastikan Anda mengamankannya dengan baik.
Catat Password yang Penting Jika Anda merasa perlu, Anda dapat mencatat password penting dan menyimpannya dalam tempat yang aman, jauh dari pihak ketiga yang tidak berwenang.

Penutup

Lupa Password Gmail dan Nomor Hp Sudah Tidak Aktif
Lupa Password Gmail dan Nomor Hp Sudah Tidak Aktif

Itulah penjelasan mengenai alasan dan solusi ketika lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif versi Capcus.id. Ketiga cara di atas bisa Anda terapkan dengan mengikuti tips langkah demi langkahnya.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay