12 Kelebihan dan Kelemahan Terabox, 1024GB Ruang Penyimpanan Gratis

Sanra Hutagalung

Kelebihan dan Kelemahan Terabox merupakan poin penting yang wajib diketahui sebelum menetapkan aplikasi tersebut sebagai salah satu penyimpanan file foto maupun video dalam waktu yang lama.

Memiliki perangkat smartphone yang minim ruang penyimpanan atau RAM menjadi permasalahan yang besar bagi penggunanya. Selain mengurangi akses untuk mendapatkan gambar, kamu juga harus berpikir panjang untuk meyimpan sebuah video dengan kapasitas yang lebih besar.

Namun saat ini kamu tidak perlu khawatir, karena terabox hadir sebagai aplikasi penyimpanan awam yang menyediakan penyimpanan gratis sampai dengan 1TB yang akan memperlancar kinerja Android atau icloud pada smartphone kamu.

Jadi agar lebih mengenali aplikasi tersebut, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kelemahan terabox untuk mempermudah kamu dalam mengaksesnya. Untuk informasi selengkapnya ikuti penjelasan ini sampai selesai ya!

Apa Itu Terbox?

Terabox merupakan sebuah layanan penyimpanan awam atau cloud storage yang memungkinkan setiap pengguna untuk menyimpan dan mengelola berbagai jenis data secara online. Dalam konteks umum, terabox mengacu pada kotak yang berfungsi sebagai penyimpanan data digital.

Layanan terabox biasanya menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar dan dapat diakses melalui internet. Selain itu, kamu juga dapat mengunggah, mengunduh, dan mengelola file dari berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, atau tablet.

Apa Itu Terbox
Apa Itu Terbox

Terabox umumnya digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data, termasuk dokumen, foto, video, musik, dan berbagai jenis file-file lainnya. Meskipun demikian kelebihan dan kelemahan terabox juga menjadi sasaran utama bagi banyak orang yang ingin menggunakannya.

Nah, penasaran dan ingin tahu apa saja kelebihan dan kelemahan terabox secara umum? Langsung saja simak informasi penjelasan dibawah ini selengkapnya.

Kelebihan dan Kelemahan Terabox

Meskipun terabox hadir sebagai aplikasi penyimpanan awam atau cloud stronge yang menyediakan hingga 1024 GB penyimpanan gratis atau 1TB storage gratis, namun kamu juga harus tetap memahami apa saja kelebihan dan kelemahan dari terabox.

Kelebihan Terabox Kelemahan Terabox
Penyimpanan yang Besar Beberapa Fitur Memerlukan Koneksi Internet
Akses yang Mudah dan Fleksibel Keterbatasan Ruang Penyimpanan Gratis
Sinkronitas Otomatis Kecepatan Transfer Data
Keamanan Data Marak peretasan File
Kolaborasi yang Efektif Ketergantungan
Tidak Mempengaruhi Kapasitas File Terkadang File Rusak saat Gagal Upload
  7 Aplikasi Belajar Gitar Terbaik Untuk Pemula di Android

Adapun beberapa kelebihan dan kelemahan terabox secara umum yang wajib diketahui oleh setiap pengguna, yakni diantaranya sebagai berikut.

Kelebihan Aplikasi Terabox

Kelebihan Aplikasi Terabox
Kelebihan Aplikasi Terabox

Salah satu kelebihan terabox yang paling umum dan membuat banyak orang mengenali aplikasi tersebut adalah penyimpanannya yang besar hingga sangat memungkinkan setiap pengguna untuk menyimpan file video atau foto dengan kapasitas yang besar. Berikut adalah beberapa kelebihan lain dari aplikasi terabox, diantaranya :

1. Penyimpanan yang Besar

Kelebihan terabox yang paling banyak diketahui oleh banyak orang yaitu penyimpanannya yang besar dan dapat menyimpan file hingga 1024GB sehingga setiap pengguna tidak perlu merasa khawatir untuk menyimpan file dengan kapasitas tinggi. Penyimpanan yang besar ini juga memungkinkan kamu untuk mengatur dan mengelola file dengan lebih efisien

2. Akses yang Mudah dan Fleksibel

Terabox juga memungkinkan kamu untuk mengakses file dari mana saja dan kapan saja secara online maupun offline. Sehingga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam mengelola data tanpa terbatas oleh perangkat atau lokasi fisik tertentu.

Dengan terabox, setiap pengguna juga dapat mengakses file melalui berbagai perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, atau tablet. Artinya, kamu dapat bekerja dengan file yang ada di teraboxsaat sedang berada di kantor, dirumah, atau saat sedang berpergian.

3. Sinkronitas Otomatis

Sinkronitas otomatis adalah salah satu kelebihan utama Terabox. Aplikasi ini umumnya menyediakan fitur sinkronisasi otomatis antara file yang disimpan di perangkat penggun dan penyimpanan awam aplikasi tersebut.

Dengan adanya fitur sinkronisasi otomatis, setiap perubahan yang dilakukan pada file di satu perangkat akan secara otomatis di sinkronkan dengan file yang ada di Terabox dan perangkat lain yang terhubung. Sehingga kamu tidak perlu melakukan langkah-langkah manual atau mengunggah file secara terpisah setiap kali ada perubahan.

4. Keamanan Data

Terabox juga menyediakan fitur keamanan yang kuat untuk melindungi data setiap pengguna. Dengan fitur keamanan ini, terabox memberikan kepercayaan pada pengguna bahwa data akan aman dan tidak akan bisa di hack oleh orang lain.

Berikut adalah beberapa aspek keamanan data yang ditawarkan oleh terabox pada penggunannya agar kelebihan dan kelemahan terabox pada keamanan data lebih mudah dipahami, diantaranya :

  • Enskripsi Data.
  • Perlindungan terhadap ancaman cyber.
  • Pengelolaan akses.
  • Perlindungan keandalan data.
  5 Cara Gestun Akulaku Tanpa DP 24 Jam Langsung Cair

5. Kolaborasi yang Efektif

Terabox juga memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan kamu untuk berbagi file dan bekerja secara bersama-sama dengan orang lain dalam proyek yang sama.

Hal tersebut dikarenakan terabox memfasilitasi kolaborasi tim, pertukaran informasi, dan pengeditan file bersama. Aplikasi ini juga sering menyimpan riwayat revisi file, sehingga memungkinkan kamu untuk melacak perubahan yang dilakukan pada file seiring waktu.

6. Tidak Mempengatuhi Kapasitas File

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi terabox yaitu file foto atau video yang telah di unggah ke aplikasi tersebut tidak akan mengurangi bersarnya kapasitas dari file. Hal inilah yang memungkinkan setiap pengguna memilih terabox sebagai aplikasi penyimpanan file awam yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis.

Kelemahan Aplikasi Terabox

Meskipun dihadirin dengan berbagai kelebihan yang cukup baik, namun ternyata terabox juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh terabox yaitu beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini memerlukan sambungan koneksi internet. Hal tersebutlah yang membuat kelebihan dan kelemahan terabox menjadi acuan utama.

Berikut beberapa kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi terabox yang paling umum, yaitu :

1. Beberapa Fitur Memerlukan Koneksi Internet

Seperti yang dijelaskan pada kelebihan dan kelemahan terabox sebelumnya, bahwa beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini memerlukan sambungan koneksi internet. Artinya, fitur tersebut dapat dijalankan apabila koneksi internet kamu sedang aktif. Apabila koneksi internet tidak terhubung, maka fitur yang ingin dibuka tidak dapat diakses sehingga kelebihan dan kelemahan terabox menjadi sasarannya.

2. Keterbatasan Ruang Penyimpanan Gratis

Terabox sering sekali menawarkan paket penyimpanan gratis dengan batas ruangan penyimpanan tertentu. Jika pengguna melebihi batasan tersebut, maka kamu harus membeli paket berlangganan dengan biaya tertentu untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Hal ini akan menjadi kendala jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar lagi tanpa perlu berlangganan di aplikasi terabox secara langsung. Maka hal inilah yang menjadi kelebihan dan kelemahan terabox yang paling mudah dikenali.

3. Kecepatan Transfer Data

Kecepatan Transfer Data
Kecepatan Transfer Data

Kelemahan yang paling mendasar dan sangat umum dikenali dari aplikasi terabox yaitu kecepatan transfer tergantung koneksi internet yang dimiliki oleh pengguna. Jika kamu memiliki koneksi internet yang lambat, maka proses mengunggah atau mengunduh file dapat memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan transfer data lokal atau menggunakan penyimpanan fisik.

4. Marak Peretasan File

Marak peratasan dikalangan penggunaan menjadi kelebihan dan kelemahan terabox berdasarkan review dari beberapa pengguna aplikasi tersebut. Untuk menghindari hal ini bisa terjadi, sebaiknya gunakan kata sandi keamanan pada setiap cloud penyimpanan sehingga file yang ada di dalam terabox lebih aman dan rentan terkena hack.

  10 Cara Menghilangkan Watermark Snack Video: Dengan dan Tanpa Aplikasi

5. Ketergantungan

Sesuai dari penjelasan dari kelebihan dan kelemahan terabox, dimana aplikasi ini merupakan layanan penyimpanan awan yang disediakan oleh pihak ketiga. Oleh karena itu, pengguna menjadi lebih bergantung pada ketersediaan, keandalan, dan kebijakan perusahaan yang menyediakan terabox.

Jika terjadi masalah dengan penyediaan layanan, seperti gangguan server atau perubahan kebijakan yang merugikan, maka kamu juga dapat terpengaruh dalam mengakses dan mengelola file yang telah tersimpan di aplikasi terabox.

6. Terkadang File Rusak saat Gagal Upload

Kegagalan upload yang mengakibatkan kerusakan file dapat menjadi salah satu kelemahan terabox. Meskipun langkah-langkah telah diambil untuk memastikan integritas data selama proses transfer, terkadang kesalahan dapat menyebabkan kerusakan pada file yang diunggah. Biasanya hal ini bisa terjadi karena koneksi internet yang dimiliki lambat atau tidak lancar.

Cara Menggunakan Aplikasi Terabox

Cara Menggunakan Aplikasi Terabox
Cara Menggunakan Aplikasi Terabox

Cara menggunakan aplikasi terabox cukup mudah dan praktis. Nah, untuk mendapatkan Terabox silahkan download aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store dan dapatkan 1TB storage gratis untuk menyimpan semua file dengan berbagai ukuran.

Setelah memahami kelebihan dan kelemahan terabox, ikuti langkah-langkah berikut untuk cara menjalankan aplikasi terabox dengan mudah dan praktis .

  • Setelah aplikasi Terabox berhasil di download.
  • Buka aplikasi Terabox dan klik Izinkan Akses.
  • Daftarkan akun dengan mengklik opsi Mendaftar dengan Google.
  • Masukkan alamat email yang terdaftar di smartphone.
  • Pada halaman utama, klik free Storage 1024 GB untuk mendapatkan penyimpanan gratis.
  • Pada kolom unggahan, silahkan unggah foto atau video untuk melakukan penyimpanan.
  • Tunggu hingga file berhasi di unggah ke aplikasi terabox.
  • Silahkan cek kembali file yang telah diunggah apabila sudah berhasil.

Perbandingan Terabox Versi Gratis dan Premium

Setelah memahami kelebihan dan kelemahan terabox, kamu juga harus memahami perbandingan dan keuntungan dari aplikasi terabox versi gratis dan juga premium. Dikutip dari situs resmi terabox secara langsung berikut adalah beberapa perbandingan dari pengguna versi gratis dan juga versi premium, yaitu :

Versi Gratis Terabox Versi Premium/ Berlangganan
Kapasitas disk jaringan 1024GB Kapasitas disk jaringan 2048GB
Pencadangan video otomatis Pencadangan video otomatis
Mendukung dekompresi cloud Unggah file besar 20GB
Ruang terinskripsi Mendukung dekompresi cloud
Mendukung semua jenis file Bebas iklan

Postingan Menarik Lainnya : Jika Terabox Dihapus Apakah Data Akan Hilang? Ini Jawabannya!

Kesimpulan

Kelebihan dan Kelemahan Terabox
Kelebihan dan Kelemahan Terabox

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan terabox yang dapat dirangkum untuk kamu berdasarkan pengalaman penulis. Meskipun kelebihan dan kelemahan terabox diatas dapat mempengaruhi sebuah data, namun aplikasi ini akan menjadi solusi terbaik bagi kamu yang memiliki perangkat dengan kapasitas penyimpanan atau RAM yang rendah.

Semoga informasi kelebihan dan kelemahan terabox ini bermanfaat bagi kamu dan sapai bertemu diinformasi selanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay