Kenapa Ongkir Shopee Mahal? Ini Faktor dan Cara Mengatasinya

Ratih Pratiwi

Ketahui alasan kenapa ongkir Shopee mahal serta cara mengatasi ongkir mahal di shopee. Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi perhitungan ongkir di Shopee, termasuk jarak pengiriman, berat barang, dan kebijakan pengiriman dari penjual. Pelajari tips untuk menghemat biaya pengiriman dan temukan alternatif lain untuk memperoleh pengiriman dengan harga lebih terjangkau. Baca informasi lengkapnya di sini dan pahami lebih dalam mengapa ongkir Shopee kadang-kadang terasa mahal.

Beberapa orang mungkin lebih memilih urung check out pesanan di e-commerce seperti Shopee, jika ongkos kirimnya terbukti mahal. Karenanya pengguna akan sangat jeli memperhitungkan akumulasi belanjaan sebelum yakin memesannya. Di sisi lain, mungkin kamu pun bertanya-tanya kenapa ongkir Shopee mahal.

Biasanya pelanggan dapat dengan cermat memilih voucher potongan ongkir, bahkan gratis ongkir. Akan tetapi di beberapa kondisi tak menutup kemungkinan nominal ongkir masih tetap tinggi. Padahal kita sudah mendambakan barang tersebut, hanya saja hati terasa mengganjal jika terburu-buru check out barang yang mahal di ongkos kirimnya.

Ternyata mahalnya ongkir Shopee bisa jadi disebabkan oleh suatu kondisi. Dan jika ingin mengatasi agar nominal nya tidak tinggi, maka tenang saja karena semua ada solusinya.

All About E-Commerce Shopee

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang alasan kenapa ongkir Shopee mahal, pengguna bisa mengetahui seluk-beluk salah satu aplikasi belanja online terkemuka, terlengkap, dan terbsesar di Indonesia ini.

Seluruh produk yang dibutuhkan pembeli tersedia di dalamnya, mulai dari barang kebutuhan primer hingga sekunder. Aplikasi dengan size 47 MB ini telah diunduh hingga lebih dari 100 juta kali.

Shopee juga dibekali dengan fitur menarik dan beragam. Bahkan banyak promo tersedia yang sangat menarik bagi pembeli, salah satunya fitur atau voucher gratis ongkir. Dengan adanya penawaran tersebut, banyak pengguna terbantu dan termudahkan dalam membeli sesuatu.

Berbicara mengenai ongkos kirim, hal ini pula yang menjadi pembahasan serta permasalahan kali ini. Jika kamu bertanya-tanya kenapa ongkir Shopee mahal, seharusnya kamu sudah memahami nominal ongkir normal untuk setiap daerah.

Besaran ongkos kirim biasanya diketahui ketika kamu akan check out barang. Dan semakin dekat jarak atau lokasimu dengan penjual, maka bisa semakin murah pula biaya kirim. Meskipun begitu, biasanya ada sejumlah subsidi biaya kirim yang akan membuat proses jual beli lebih ringan bagi buyer.

Tidak hanya bergantung pada jarak, nilai minimum belanja juga bisa mempengaruhi biaya kirim. Dan sesuai ketentuan yang berlaku saat ini, subsidi ongkir Shopee adalah sebagai berikut:

  • Untuk pesanan di Pulau Jawa, jika belanja dengan nilai minimum Rp 30.000 maka akan mendapatkan subsidi ongkir hingga Rp 10.000
  • Untuk pesanan di luar Pulau Jawa, jika kisaran belanja senilai Rp 50.000 maka subsidi ongkir bisa sampai Rp 40.000
  5 Tips Pemilihan Dan Penggunaan Pompa ASI

Alasan Kenapa Ongkir Shopee Mahal

Penyebab atau alasan logis kenapa ongkir Shopee mahal, bisa dikarena beberapa faktor. Kenali alasan-alasannya, agar kamu bisa menemukan solusi ke depannya.

Berdasarkan pengalaman kebanyakan orang atau informasi yang dihimpun secara langsung oleh pihak Shopee, berikut penyebab umum biaya kirim menjadi mahal.

1. Lupa Pakai Voucher Gratis Ongkir

Alasan pertama kenapa ongkir Shopee mahal, bisa jadi karena pembeli tidak menggunakan atau lupa memakai voucher gratis ongkir. Bagi pengguna lama, kelupaan menggunakan promo voucher memang dirasa hampir tidak mungkin terjadi. Akan tetapi bagi pengguna baru, bisa saja terjadi. Alasannya, pengguna mungkin masih belum familiar dengan berbagai fitur aplikasi Shopee, termasuk tidak mengetahui adanya menu promo pemotongan atau gratis biaya kirim.

2. Terbatasnya Promo dan Voucher Gratis Ongkir

Perlu diketahui, promo voucher gratis ongkir mungkin tidak selalu tersedia setiap waktu. Ada kalanya promo tersebut semakin berkurang dan habis di suatu waktu. Hal inilah yang menjadi sebab kenapa ongkir Shopee mahal.

Terbatasnya voucher gratis ongkir menjadi kendala bagi kamu yang ingin berbelanja dengan hemat. Karena situasi ini, orang-orang biasanya akan mengecek fitur voucher dan memastikan ketersediaan promo yang diinginkan. Jika masih tersedia, maka kamu bisa melakukan klaim atas voucher tersebut dan gunakan pada saat ingin check out barang.

3. Faktor Lokasi Pengiriman

Seperti yang disinggung sebelumnya, semakin dekat lokasi pengiriman maka semakin murah biaya kirim. Berlaku sebaliknya, semakin jauh lokasi pengiriman maka semakin tinggi pula biaya kirim. Maka tak heran kenapa ongkir Shopee mahal jika jarak antara pembeli dan penjual cukup jauh.

4. Faktor Bobot Produk

Faktor keempat, besaran ongkir juga dipengaruhi oleh beratnya paket yang sedang kamu pesan. Semakin berat bobot dan lebar dimensi paket, maka semakin bengkak juga ongkos kirim yang diperlukan.

5. Salah Pilih Jenis Layanan Pengiriman

Alasan lain kenapa ongkir Shopee mahal bisa disebabkan kesalahan saat memilih jenis layanan pengiriman. Maka pastikan terlebih dahulu bahwa jasa kurir yang dipilih menyediakan rate ongkir sesuai seperti yang diharapkan.

  4 Cara Memasukkan Voucher Telkomsel, Kuota Langsung Aktif

Cara Mengatasi Ongkir Shopee Mahal

kenapa ongkir Shopee mahal
kenapa ongkir Shopee mahal

Setelah mengetahui alasan kenapa ongkir Shopee mahal, maka tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan memahami cara mengatasinya. Ada beberapa trik dan solusi yang dapat diupayakan agar biaya kirim pesanan Shopee tidak melambung tinggi.

  1.  Gunakan Voucher Gratis Ongkir

kenapa ongkir Shopee mahal
kenapa ongkir Shopee mahal

Bagi pengguna baru yang masih awam dengan segala fitur di Shopee, silahkan gunakan promo voucher gratis ongkir pada fitur voucher. Di sana terdapat berbagai pilihan promo yang bisa kamu klaim dan gunakan kemudian.

Nantikan promo gratis ongkir yang biasanya selalu ada ketika ada event tertentu, bahkan bisa jadi tersedia secara rutin setiap bulannya. Agar tidak terheran dengan sistem pemotongan biaya kirim, berikut informasi lengkapnya:

Minimum Belanja Pemotongan/Gratis Ongkir Lokasi Berlaku
Rp 40.000 Rp 15.000 Pengiriman Pulau Jawa
Rp 120.000 Rp 20.000 Pengiriman Pulau Jawa
Rp 40.000 Rp 25.000 Pengiriman Luar P. Jawa
Rp 120.000 Rp 40.000 Pengiriman Luar P. Jawa
Rp 120.000 Rp 15.000 Semua toko bertanda ‘Gratis Ongkir, Layanan Pengiriman Hemat dan Reguler’
  1. Memilih Toko yang Tepat

kenapa ongkir Shopee mahal
kenapa ongkir Shopee mahal

Berbicara tentang layanan gratis ongkir, mungkin tidak semua toko atau online shop memberikan hal yang sama. Keuntungan terkadang hanya bisa kamu jumpai di beberapa toko tertentu. Dari salah satu alasan kenapa ongkir Shopee mahal dengan kasus seperti ini, maka menuntut pengguna untuk lebih cermat dalam memilih toko.

Pastikan toko penyedia barang yang kamu inginkan menawarkan voucher diskon khusus atau gratis ongkir untukmu. Jika mereka tidak menyajikan promo khusus, maka kamu bisa eksplorasi produk serupa di toko lainnya. Usahakan kamu menemukan promo voucher yang diinginkan.

Ketika memasukkan kata kunci produk di kolom search, biasanya akan muncul barang dari berbagai toko berbeda. Bahkan jika klik salah satu toko, kamu akan melihat rekomendasi produk dari toko lainnya ketika scroll tampilan ke bawah.

  1. Muncul Saat Event Special Day

Hal yang menjadi kebiasaan bagi penjual maupun pembeli, biasanya ramai di waktu event special day. Di tanggal atau hari spesial, biasanya banyak toko atau penjual yang berusaha menggaet pembeli dengan menerapkan banyak promo. Begitu pula bagi pembeli, kuantitas pengguna membuka aplikasi bisa jadi lebih tinggi di waktu tersebut dengan maksud memburu banyak promo.

Dan berbeda dengan hari-hari biasa, di hari tertentu ini biasanya lebih banyak seller yang memberikan promo, termasuk diskon toko, program flash sale, hingga gratis ongkir. Jadi, solusinya pilih waktu yang tepat.

Baca Juga: 2 Cara Hapus Riwayat Pesanan di Shopee Terbaru 

  1. Pilih Metode Bayar yang Tepat

kenapa ongkir Shopee mahal
kenapa ongkir Shopee mahal

Kenapa ongkir Shopee mahal? Bisa jadi karena voucher gratis ongkir yang kamu gunakan hanya berlaku untuk alah satu jenis metode bayar saja. Entah itu hanya berlaku untuk pembayaran Shopeepay saja, sistem COD, transfer bank, Spaylater, atau metode lainnya.

  10+ Cara Daftar Akulaku Agar Berhasil Di ACC

Sesekali kamu bisa menemukan voucher gratis ongkir yang berlaku untuk seluruh metode pembayaran, namun bisa jadi jarang. Maka dari itu perhatikan keterangan dalam voucher, ia bisa digunakan untuk metode bayar seperti apa saja.

Jika kamu menyesuaikan dengan metode yang diharapkan, maka voucher pun bisa digunakan. Tapi jika kamu kurang teliti dan memilih metode bayar yang tidak tersedia untuk promo tersebut, maka promo tidak akan berpengaruh pada pembelian saat itu.

  1. Pilih Jasa Ekspedisi Termurah

Ketika kamu berbelanja, Shopee akan menyediakan beberapa pilihan jasa ekspedisi atau kurir. Berbeda jasa, maka bisa beda pula harga pengiriman. Ini menjadi satu alasan lain kenapa ongkir Shopee mahal. Apalagi ketika kamu terburu-buru memilih menggunakan jasa ekspedisi yang terbilang mahal.

Secara umum, hampir semua jenis kurir memiliki patokan tarif pengirman yang tidak berbeda jauh. Hanya saja mereka menentukan besaran biaya kirim berdasarkan jauh dekatnya tujuan kirim.

  1. Beli Voucher Hemat Ongkir

Solusi selanjutnya agar ongkir saat belanja di Shopee tidak terlalu tinggi, adalah dengan membeli paket voucher gratis ongkir agar lebih hemat. Ketika kamu tidak menemukan ketersediaan bonus voucher free ongkir, maka pilihannya adalah membeli. Adapun pembeliannya bisa dilakukan dengan:

  • Di aplikasi Shopee, buka menu Gratis Ongkir dan Voucher
  • Di sana akan muncul pilihan paket gratis ongkir berbayar, mulai dari voucher 1x gratis ongkir hingga harga Rp 40.000, 3x gratis ongkir seharga Rp 50.000, dan lainnya
  • Pilih salah atau paket yang ingin dibeli, lalu bayar sesuai harga yang tertera dengan saldo Shopeepay.

Tarif Ongkir Shoope

Tarif ongkir setiap layanan pengirim Shoope berbeda-beda dikarenakan perbedaan kecepatan dan jarak pengiriman, berikut merupakan rincian tarid ongkir pada Shoope :

Layanan Berat/Jarak Tarif
Standart 0-3 kg Rp 9000/kg
3-6 kg Rp 35.000 (flat)
Diatas 6 kg Rp 35.000 (fixed) + Rp 7000 per kg setelah 6 kg
Same Day 0-3 kg Rp 19.000 (flat)
Diatas 6 kg Rp 19.000 (fixed) + Rp 6000 per kg setelah 3 kg
Instan 0-7 km Rp 18.000 (flat)
Diatas 7km Rp 18.000 (fixed) + Rp 2500 per kg setelah 3 kg

note : Harga yang ditampilkan dapat berbeda sesuai dengan perubahan harga ongkir yang dilakukan oleh pihak Shoope dan jasa kirim.

Kesimpulan

Kenapa Ongkir Shopee Mahal
Kenapa Ongkir Shopee Mahal

Itulah beberapa faktor dan alasan kenapa ongkir Shopee mahal. Segala kemungkinan di atas bisa menjadi penyebab tingginya biaya kirim pada pesanan mu. Namun dengan adanya berbagai solusi yang disediakan Capcus.id di atas, menjadikan permasalahannya dapat diatasi dengan baik.

Kenapa Ongkir Shopee Mahal
Kenapa Ongkir Shopee Mahal

Ketahui alasan kenapa ongkir Shopee mahal serta cara mengatasi ongkir mahal di shopee. Dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi perhitungan ongkir di Shopee, termasuk jarak pengiriman, berat barang, dan kebijakan pengiriman dari penjual. Pelajari tips untuk menghemat biaya pengiriman dan temukan alternatif lain untuk memperoleh pengiriman dengan harga lebih terjangkau. Baca informasi lengkapnya di sini dan pahami lebih dalam mengapa ongkir Shopee kadang-kadang terasa mahal.

URL: https://www.capcus.id/8377/kenapa-ongkir-shopee-mahal/

Penulis: Ratih Pratiwi

Peringkat Editor:
4.8

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay