Received at Warehouse Apakah Sudah Bisa Diambil? Ini Penjelasanya!

Rohma Dearni

Received at warehouse apakah sudah bisa diambil? Tidak sedikit pengguna layanan JNE yang menanyakan perihal yang sama sesaat setelah mereka melihat status pengiriman dan melacak resi pengiriman JNE miliknya.

Received warehouse merupakan status pengiriman JNE yang kerap ditampilkan ketika melacak sebuah resi, jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti “diterima digudang” yang seringkali menimbulkan kebingungan pelanggan dan menanyakan perihal received at warehouse apakah sudah bisa diambil atau tidak.

Apakah kamu salah satu pengguna layanan ekspedisi JNE yang menanyakan perihal received at warehouse apakah sudah bisa diambil? Jika iya, mari temukan jawabanya didalam pembahasan ini.

Tentang JNE Express, Produk dan layanannya

Tentang JNE Expres
Tentang JNE Expres (sumber: youtube.com)

JNE Express salah satu perusahan logistik dan ekspedisi barang asal Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta Barat, Indonesia. PT Tiki Jalur Nugraha atau yang dikenal dengan JNE ini didirikan pada tahun 1990, dan melayani masyarakat dalam urusan pengiriman barang dan menjadi salah satu ekspedisi terbesar di Indonesia.

Dalam pelayanannya JNE berupaya dengan segenap hati membantu masyarakat untuk mengirimkan barang dengan cepat tanpa cacat, hal ini terbukti dari banyaknya jangkauan area/cabang JNE yang merata di berbagai wilayah, kota dan pedesaan.

Berbicara tentang produk dan layanan JNE, ekspedisi ini menjalankan beberapa layanan yang mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. Berikut beberapa produk dan layanan JNE terpopuler:

  1. JNE express yang terbagi menjadi beberapa, yakni reguler, Oke, Super Speed, Diplomat, International Express, JNE trucking, Roket Indonesia, dan Jesika (layanan khusus ASI area Jabodetabek).
  2. JNE Logistik, yakni jasa transportasi dan jasa pergudangan
  3. JNE Freight yang merupakan jasa kepabeanan dan cargo ekspor dan import
  4. JNE international
  5. Layanan MY JNE, Pesona (Pengiriman makanan/oleh-oleh khas Indonesia), JLC (program keanggotaan untuk pelanggan setia JNE), dan JNE online payment untuk pembelian voucher pulsa dan pembayaran tagihan lainya.

Apa Arti “Received At Warehouse”?

Membahas lanjut tentang received at warehouse apakah sudah bisa diambil, perlu dipahami bahwa “received at warehouse” merupakan istilah yang lumrah digunakan ketika mengirimkan barang di JNE dan jika kamu pelanggan setia mereka wajib mengetahui maksud dari status pengiriman ini.

  5 Aplikasi Copy Caption Instagram Terbaik

Secara sederhana, received at warehouse menginformasikan bahwa paket sudah diterima di gudang kota tujuan paket. Nah, biasanya received at warehouse ini selalu disambung dengan nama kota tujuan, misalnya paket sudah berada di Medan maka status pengiriman menjadi “Received at Warehouse {Medan}”

Berapa Lama Proses Setelah Received at Warehouse?

Sebenarnya, status received at warehouse tidak dapat dipastikan berapa lama dan kapan diproses. Hal ini disesuaikan dengan kebijakan masing-masing cabang JNE dan dipengaruhi stok paket digudang yang harus dikirimkan.

Walau demikian, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya paket akan diteruskan ke alamat penerima maksimal 1 hari setelah status tersebut muncul. Hal ini akan disesuaikan dengan waktu paket diterima di gudang, jika lebih awal kemungkinan paket dikirimkan ke alamat penerima hari itu juga, sedangkan apabila status muncul siang-malam hari maka pengiriman akan dialihkan besoknya.

Selanjutnya, saat paket akan dikirimkan oleh kurir pada alamat yang kamu lampirkan maka status akan berubah menjadi “with delivery courrer” yang berarti kamu harus bersiap-siap menerima paket dan membayarkan pengiriman dan total pembelian paket (apabila menggunakan pembayaran cash on delivery).

Received at Warehouse Apakah Sudah Bisa Diambil?

Received at warehouse apakah sudah bisa diambil?
Received at Warehouse Apakah Sudah Bisa Diambil?

Perihal received at warehouse apakah sudah bisa diambil sebenarnya sudah terjawab secara tidak langsung ya. Sebenarnya tidak butuh waktu lama agar status pengiriman “received at warehouse” berubah menjadi “with delivery courrer” dimana kalian dapat segera menerima paket yang dibawakan oleh kurir.

Lalu status pengiriman received at warehouse apakah sudah bisa diambil? iya, apabila kamu tidak sabar menunggu paket diantarkan dapat mengambil sendiri di gudang JNE terdekat. Setelah mendapat jawaban received at warehouse apakah sudah bisa diambil, perlu dipahami ada syarat dan ketentuan pengambilan barang ini yakni nomor resi dan KTP sebagai identias yang akan diperiksa oleh staff JNE.

  9 Cara Top Up Koin Tiktok Murah Dengan Pulsa, DANA, ATM

Nah, sebaiknya catat dahulu nomor pengiriman yang diberikan penjual/pengiriman paket kepada kamu. Jika kamu berbelanja pada marketplace online seperti shopee, dapat lihat nomor pengiriman disana dan tunjukkan kepada staff JNE yang melayani.

Jangan lewatkan 5 Spotify Short Link Gratis: Cara Membuat Link Spotify Pendek

Alur Pengiriman JNE

Setelah memahami status pengiriman received at warehouse apakah sudah bisa diambil, sudah saatnya kamu memahami alur pengiriman barang yang dilakukan oleh JNE. Alur pengiriman barang JNE tidak kalah pentingnya dari received at warehouse apakah sudah bisa diambil atau tidak, karena secara langsung status pengiriman ini akan selalu terlampir dan penting untuk memperkirakan waktu paket sampai kepada alamatmu.

Lama atau cepatnya sebuah paket kamu terima tergantung dengan jenis pengiriman yang kamu gunakan. Seperti yang sudah kita singgung, JNE memiliki beberapa layanan pengiriman seperti reguler dan super speed, dimana kedua layanan ini memiliki estimasi dan harga yang berbeda.

Contoh Status Pengiriman JNE
Contoh Status Pengiriman JNE

Jika ingin paket lebih cepat sampai, kamu bisa menggunakan layanan super speed dari JNE dan layanan reguler apabila ingin menerima paket 1-7 hari kedepan. Berikut alur pengiriman barang pada JNE express:

  • Shipment received by JNE counter Officer at {nama kota} merupakan status awal setelah paket diserahkan pengirim pada petugas JNE dan membayar layanan pengiriman sesuai dengan jasa dan bobot paket.
  • Setelah paket diambil kurir dan akan dikirimkan ke pusat penyortiran barang maka status berubah menjadi shipment picked up by JNE courer {nama kota}
  • Setelah paket diterima di sortir center terdekat status pengiriman berubah menjadi received at sorting center {nama kota}, disaat paket mulai disortir maka status pengirimanpun kembali berubah menjadi processed at sorting center {nama kota}.
  • Setelah paket disortir barang akan dikirimkan ke gudang dikota pengirim, statusnya akan berubah menjadi received at origin gateway untuk kembali dikirimkan.
  • Kemudian akan muncul status departed from transit yang menandakan paket akan dikirimkan ke kota penerima.
  • Saat paket diterima di gudang kota tujuan, status pengiriman berubah menjadi received at warehouse. Disinilah pelanggan JNE biasanya menanyakan received at warehouse apakah sudah bisa diambil? ya, kalian bisa ambil paket atau menunggu sampai kurir nantinya mengantar paket.
  • Saat paket dihantarkan ke alamat penerima, status akan berubah menjadi with delivery courrer, yang berarti kalian harus bersiap menerima barang.
  • Saat paket sudah diterima, status akan berubah menjadi delivered to {nama penerima paket}.
  5 Cara Gestun Akulaku Tanpa DP 24 Jam Langsung Cair

Istilah Status Pengiriman JNE Express

Istilah status pengiriman JNE express
Istilah status pengiriman JNE express (sumber: ykaki.or.id)

Setelah menelaah maksud received at warehouse apakah sudah bisa diambil dan alur pengiriman JNE express, saatnya kamu mengetahui istilah-istilah dalam pengiriman barang dan dokumen JNE.

Memang, JNE mencantumkan status pengiriman menggunakan bahasa inggris yang terkadang membingungkan pelanggan. Oleh sebab itu, mari lihat arti dari istilah yang digunakan dalam pengiriman JNE.

Istilah pengiriman JNE Express Artinya
On-Procces Paket sedang diproses JNE
On-Transit Pengiriman tengah transit, berlaku untuk kiriman antar pulau
Ho hold for futher instruction Pengiriman ditahan, JNE harus menunggu instruksi berikutnya
Redelivery Pengiriman ulang karena kurir sudah mengirimkan barang namun tidak ada penerimanya.
Box delay Paket mengalami penundaan
Shipment received by JNE courer Paket sudah berda di tangan kurir dan siap diantarkan ke agen selanjutnya
Shipment fordwarded to destination Paket dalam proses pengiriman ke kantor pusat JNE kabupaten dan akan didistribusikan ke agen tingkat kecamatan.
Bad adress Kurir tidak bisa menemukan alamat dan lokasi penerima
Criss cross kemungkinan barang sudah tertukar
Departed from transit Paket berada di gudang tertentu, sudah dijadwalkan untuk dikirimkan
Hold request by shipper Pengiriman ditahan karena permohonan pengirim atau penerima
Hand over Paket diserahkan ke pihak tertentu dan akan dikirimkan ke agen JNE terdekat
Received at warehouse Paket sudah diterima di gudang kota tujuan
Force mejeure JNE Tidak ada kurir yang bekerja karena hari libur, pengiriman akan tertunda
Received at inbound station Paket sudah berdasa di agen tingkat kecamatan
With delivery courer Paket sedang diantarkan kurir ke alamat tujuan
Delivered to Paket sudah diterima

Akhir Kata

Received at Warehouse Apakah Sudah Bisa Diambil
Received at Warehouse Apakah Sudah Bisa Diambil

Terjawab sudah received at warehouse apakah sudah bisa diambil atau tidak, bagi pengguna layanan JNE express dapat mengambil sendiri barang/dokumen jika pada status pengiriman muncul info bahwa paket sudah sampai di gudang JNE lokasi penerima, yakni kota kamu sendiri.

Mungkin itu saja yang dapat kami jabarkan menjawab received at warehouse apakah sudah bisa diambil, jangan lupa kunjungi Capcus untuk melihat informasi terupdate setiap harinya!

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay