6 Penyebab dan Cara Mengatasi Suara HP Kecil

Cara Mengatasi Suara HP Kecil
Cara Mengatasi Suara HP Kecil

Apakah kamu pernah mengalami suara HP semakin kecil? jika pernah pada postingan ini akan membahas penyebab dan cara mengatasi suara HP Kecil paling ampuh. Tidak selamanya HP yang kita gunakan selalu dalam keadaan normal dan keadaan baik. Untuk kamu pengguna HP, pasti pernah mengalami suara HP kecil atau bahkan mungkin tidak mengeluarkan suara sama sekali. Suara HP kecil tentu menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu. Terlebih apabila kita sedang menggunakan HP untuk mendengarkan musik atau sedang menonton film.

Cara mengatasi suara HP kecil bisa dilakukan sendiri di rumah. Tidak perlu cara-cara yang ribet, kamu hanya perlu mengecek beberapa pengaturan bila memang speaker HP belum rusak. Biasanya banyak orang yang mengira speaker HP tak mengeluarkan suara sama sekali karena rusak. Padahal tidak jarang juga hal ini terjadi karena lupa mengecek pengaturan tertentu di dalam HP sehingga tidak  mengeluarkan suara.

Penyebab Suara HP Kecil

Cara Mengatasi Suara HP Kecil

Banyak orang mengira bahwa ketika suara HP kecil, maka speaker HP sudah mengalami kerusakan. Padahal tak jarang hal ini bisa terjadi karena lupa mengecek pengaturan tertentu di dalam HP sehingga suara HP menjadi kecil. Ada banyak penyebab yang dapat terjadi ketika suara HP kecil.

Speaker HP merupakan salah satu sumber suara yang ada di hp. Kegunaan dari speaker ini adalah untuk mengeluarkan output berupa suara saat mendengarkan musik atau sedang menonton film. Beberapa orang pasti pernah mengalami suara HP kecil atau bahkan mungkin tidak mengeluarkan suara sama sekali. Nah disini kami akan membagikan beberapa penyebab suara HP kecil, antara lain:

  • Banyaknya cache pada HP

Tidak bisa dipungkiri bahwa HP yang penuh dengan data sampah akan membuat performanya menurun, termasuk salah satunya adalah menyebabkan suara hp kecil.

  • Speaker HP kotor

Salah satu penyebab suara hp kecil  adalah speaker yang terkena dan menumpuk banyak debu, sehingga getaran suara tidak lancar dan terhambat. Oleh karena itu, pengguna harus membersihkan speaker secara berkala.

  • Speaker kemasukan air

Penyebab lain suara HP menjadi kecil adalah ketika kamu tidak sadar bahwa speaker HP kamu sudah kemasukan air, sehingga menyebabkan speaker tidak berfungsi secara maksimal.

  • Tombol volume rusak

Ketika kamu sedang menggunakan HP kamu mungkin tidak sadar ketika tombol volume hp kamun sudah rusak sehingga kamu tidak bisa mengatur suara hp kamu.

  • HP mengalami gangguan pada sistem

Selain karena faktor eksternal yang ada diatas, salah satu penyebab suara hp kecil adalah kerusakan pada sistem hp yang menyebabkan performa pada hp menjadi menurun.

  • Speaker HP rusak

Kemungkinan terakhir penyebab suara hanphone kecil adalah speaker HP kamu mengalami kerusakan, sehingga suara yang dihasilkan menjadi kecil.

  7 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang Paling Mudah

Baca juga: 10 Aplikasi Transfer Uang Gratis Biaya Admin 2022

Cara Mengatasi Suara HP Kecil

Setelah kita mengatahui beberapa penyebab suara hp kecil, maka kami juga akan memberikan ulasan mengenai cara mengatasi suara HP kecil dibawah ini, simak ya.

  • Test Suara Speaker HP Menggunakan Aplikasi Pembersih Speaker

Aplikasi Pembersih Speaker
Aplikasi Pembersih Speaker

Hal yang pertama bisa kamu lakukan dalam mengatasi suara HP kecil yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pembersih speaker yang ada di playstore, dengan bantuan aplikasi ini kamu lebih mudah untuk mendiaknosa dan melakukan test langsung speaker HP kamu untuk mendapatkan hasil pengujian secara langsung.

Fitur Aplikasi Penguji & Pembersih Speaker:

  1. UI aplikasi pengujian speaker yang sangat sederhana.
  2. Periksa efisiensi speaker secara instan.
  3. Analisis dan bersihkan speaker dengan ketukan di layar.
  4. Tersedia opsi pengujian Manual dan Otomatis.

Download Aplikasi Pembersih Speaker

Nama Aplikasi 🔰 Penguji & Pembersih Speaker
Jumlah Download ✅ 1 jt+
Skor Ulasan ⭐ 4.4
Link Playstore 🔗 com.blackflame.internalspeakertester
  • Bersihkan cache pada HP

Bersihkan Cache HP

Nah, cara mengatasi suara HP kecil yang pertama adalah dengan membersihkan cache atau data sampah pada HP. Tidak bisa dipungkiri bahwa HP yang penuh dengan data sampah (cache) akan membuat performanya menurun, termasuk salah satunya adalah menyebabkan suara hp kecil. Jadi kamu juga harus rutin untuk membersihkan cache yang ada pada hp kamu.

Cara membersikan cache ini tergolong mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kamu tinggal membuka menu pengaturan pada hp kamu, lalu buka menu aplikasi dan pilih aplikasi yang memiliki data sampah yang besar, lalu klik bersihkan cache.

  • Bersihkan debu yang menempel pada speaker hp

Bersihkan Debu yang Menempel pada Speaker HP

Ketika banyak debu yang menempel pada speaker HP akan menyebabkan suara hp menjadi kecil karena terhambat oleh debu. Jadi cara mengatasi suara HP kecil berikutnya adalah dengan membersihkan debu yang menempel pada speaker hp. Untuk membersihkan debu pada speaker hp tidak perlu membawanya ke tukan servis, kamu bisa melakukannya sendiri.

  10 Aplikasi Convert Pulsa Rate Tertinggi yang Aman dan Terpercaya

Kamu hanya memerlukan tisu dan juga tusuk gigi untuk membersihkan debu yang menempel pada speaker hp. Pertama keluarkan debu hp menggunakan tusuk gigi. Upayakan untuk mengeluarkan semua debu yang menempel pada speaker hp, lalu lap tusuk gigi menggunakan tisu supaya tidak menempel kembali ketika kamu ingin membersihkan speaker.

  • Periksa pengaturan volume

Pengaturan Volume HP

Cara mengatasi suara HP kecil berikutnya adalah dengan memeriksa pengaturan pada volume HP kamu. Pengaturan volume kamu bisa jadi dalam keadaan kecil sehingga mengeluaran suara hp yang kecil pula.

Untuk cara mengatasi suara hanphone kecil dengan memeriksa pengaturan volume ini dapat kamu lakukan dengan membuka menu pengaturan lalu, klik suara dan getar, kemudian atur volume hp kamu ke suara yang normal. Kamu juga bisa menggunakan tombol volume yang biasanya terletak pada bagian samping HP kamu.

  • Restart HP

Restart HP
Restart HP

Ketika kamu menggunakan HP dalam waktu yang sangat lama, akan menyebabkan beberapa sistem pada hp kamu menjadi terganggu. Termasuk menyebabkan suara hp menjadi kecil. Hal ini sering terjadi terutama pada HP yang masa penggunaanya sudah tergolong lama. Sistem yang ada pada HP dapat terganggu dikarenakan penggunaan hp dengan waktu yang sangat lama.

Jadi, cara mengatasi suara HP kecil berikutnya adalah dengan me-restart hp lalu mendiamkannya dalam beberapa saat untuk mengembalikan performa sistem dapat kembali normal. Cara ini juga dapat berpengaruh pada performa suara hp dapat kembali menjadi normal.

Postingan Menarik Lainnya: 200+ Nama Kontak WA Unik Untuk Pacar, Ibu, Kakak, Sahabat

  • Gunakan Earphone/Headset

Headset
Gunakan Earphone/Headset

Cara mengatasi suara HP kecil berikutnya adalah dengan menggunakan earphone/headset. Kamu juga dapat sekaligus mengecek kualitas suara hp kamu untuk pengecekan speaker lebih lanjut. Pada saat suara hp kecil pada speaker earphone/headset dapatn menjadi solusi untuk kamu mendengarkan suara hp dengan jelas.

  • Bawa HP ke tempat servis

Servis Speaker HP
Servis Speaker HP

Ketika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan suara hp tidak menhgalami perubahan, maka cara mengatasi suara HP kecil yang paling terakhir adalah dengan  membawa hp kamu ke tempat servis. Bisa jadi terdapat komponen yang mengalami kerusakan pada speaker hp kamu sehingga suara yang dihasilkan kecil.

  10 Aplikasi Agen Pulsa Termurah untuk Usaha Pemula

Pada saat kamu mebawa hp ke tempat servis, disana tentu akan dilakukan perbaikan yang lebih mendalam. Teruma apabila terjadi kerusakan pada speaker hp kamu, maka harus dilakukan pergantian dengan speaker yang baru.

Baca Juga: 10 Platform Reseller Top Up Game Termurah

Penutup

Cara Mengatasi Suara HP Kecil
Cara Mengatasi Suara HP Kecil

Itulah beberapa cara mengatasi suara HP kecil yang dapat kami rekomendasikan untuk kamu yang mengalaminya. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat dan dapat menjadi berguna untuk kamu. Jangan pernah bosan untuk membaca artikel kami yaa, terimkasih.