10 Cara Mengatasi Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka

Sanra Hutagalung

Apabila aplikasi DANA tidak bisa dibuka, tentunya hal tersebut bukanlah masalah yang sangat serius. Karena da beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab dari terjadinya kendala tersebut.

Aplikasi DANA merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang disesain untuk memudahkan setiap transaksi non tunai dan non kartu secara digital seperti tagihan serta pembayaran marchant offline dan online.

Aplikasi DANA tidak bisa dibuka biasanya terjadi karena error akibat bug pada aplikasi. Untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya kamu update aplikasi ke versi terbaru. Berikut simak 10 solusi yang ditawarkan untuk mengatasi aplikasi DANA yang tidak bisa dibuka.

Penyebab Aplikasi DANA tidak bisa di buka Cara Mengatasi Aplikasi DANA tidak bisa di buka
⭐ Koneksi internet tidak stabil Cek koneksi internet ✅
⭐ Server DANA sedang down Restart Handphone ✅
⭐ Aplikasi di Blokir oleh penyedia WIFI ReOpen aplikasi DANA ✅
⭐ Aplikasi DANA Crash Update aplikasi DANA ✅
⭐ Ponsel sudah di root Lapor ke Layanan CS DANA ✅

Penyebab Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka 

Sebelum mengetahui cara mengatasi aplikasi DANA tidak bisa dibuka, alangkah baiknya kamu mrngrtahui faktor penyebab terjadinya kendala yang kamu dapatkan.

Nah, penasaran dan ingin tahu apa saja penyebabnya? Berikut simak pemaparan informasi dibawah ini dengan jelas :

  Take Over KPR Untuk Mendapatkan Cicilan Murah

Koneksi Internet Tidak Stabil

Apabila aplikasi DANA tidak bisa dibuka hal tersebut biasanya terjadi karena konseksi internet yang tidak stabil. Karena untuk mengakses aplikasi DANA memerlukan koneksi internet, maka pengguna harus memastikan jaringan yang digunakan tetap stabil demi kelancaran bertransaksi.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab penting yang bisa terjadi ketika pengguna tidak bisa mengakses/membuka aplikasi DANA.

Server DANA Sedang Down

Salah satu penyebab aplikasi DANA tidak bisa di buka adalah server DANA sedang down karena adanya pembaharuan atau maintenance aplikasi. Hal tersebut terjadi untuk meningkatkan layanan agar berjalan dengan maksimal.

Maka tidak solusi yang perlu diberikan, karena dengan cara apa pun kamu tidak akan bisa melakukan login DANA, alternatif satu-satunya yaitu hanya menunggu proses maintenance berakhir sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pihak DANA sendiri.

Aplikasi DANA Di Blokir oleh Penyedia WIFI

Apakah kamu sebelumnya pernah menemukan aplikasi yang di blokir oleh penyedia WIFI? Salah satu penyebab terjadinya aplikasi DANA tidak bisa dibuka yaitu aplikasi DANA di Blokir oleh penyedia WIFI.

Hal tersebut tentunya dapat dilakukan oleh pemilik WIFI dengan berbagai alasan. Jadi untuk mengatasinya, kamu perlu memastikan jaringan WIFI yang kamu gunakan tidak membuat peraturan seperti itu agar kamu tetap dapat mengakses DANA dengan normal.

Aplikasi DANA Crash

Ada beberapa faktor penyebab aplikasi DANA Crash saat dibuka, seperti Chache handphone terlalu banyak, kapasitas penyimpanan ponsel yang hapir habis dan DANA force close karena OS handphone yang sudah lemah.

Penyebab lain dari aplikasi DANA crash yaitu karena adanya masalah yang terjadi pada aplikasi atau handphone yang sedang digunakan sehingga aplikasi DANA tidak bisa dibuka karena ngebug.

  6 Tips Membuat Ekstra Penyimpanan Lemari Pakaian Ukuran Kecil

Ponsel sudah di Root

Perlu diketahui bahwasannya aplikasi DANA tidak akan memperbolehkan pengguna aplikasi ilegal yang tidak sesuai dengan persayaratan layanan termasuk pada handphone yang sudah di root. Karena DANA selalu melakukan deksi unruk mencek apakah ponsel memiliki resiko aman untuk digunakan.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, ponsel kamu harus di unroot terlebih dahulu agar dapat digunakan kembali untuk mengakses aplikasi DANA.

Cara Mengatasi Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka

Jika kamu sedang mencari cara untuk mengatasi aplikasi DANA tidak bisa dibuka, ada baiknya kamu perlu mengetahui mengapa DANA tersebut tidak bisa dibuka di Ponsel kamu.

Setelah sudah mengetahui apa saja penyebabnya, kemudian kamu bisa mengatasi DANA yang tidak bisa dibuka dengan beberapa langkah cara dibawah ini :

Cek Koneksi Internet

Cek Koneksi Internet
                      Cek Koneksi Internet

Apabila aplikasi DANA tidak dapat dibuka karena masalah koneksi internet, tentu hal tersebut sangat mudah untuk diatasi dengan cara mengubah mode yang sedang kamu gunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mematkan data seluler kemudian gunakan opsi koneksi seperti Wifi atau Hotspot portable agar mendapatkan kualitas internet yang lebih baik.

Selain itu kamu juga bisa mematikan data seluler, kemudian menghidupkannya kembali. Hal tersebut dilakukan agar koneksi internet yan kamu gunakan lebih stabil dari sebelumnya.

Restart Handphone

Restart Handphone
                            Restart Handphone

Selain itu untuk cara mengatasi aplikasi DANA tidak bisa dibuka ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya sehingga penanganannya pun sangat beragam salah satunya adalah dengan restart perangkat smartphone. Tentunya cara ini sangat sering dilakukan, untuk mengembalikasi ponsel ke kondisi wal dan menutup semua aplikasi dibelakang layar.

  Berapa Lama Lazada PayLater Dibekukan, Ini Penjelasanya

Apabila ponsel sudah aktif kembali, kamu bisa langsung membuka aplikasi DANA kemudian menceknya kembali. Untuk mencek apakah aplikasi sudah bisa diakses dengan normal.

Re – Open Aplikasi DANA

Menutup lalu membuka kembali aplikasi DANA merupakan salah satu langkah yang sangat mudah dan efektif untuk mengatasi DANA yang tidak bisa dibuka.

Cara ini sangat sering dilakukan untuk menghilangkan bug yang berada di dalam aplikasi yang menyebabkan ponsel kamu tidak dapat membuka aplikasi DANA.

Berikut adalah langkah caranya :

  • Tutup alikasi DANA yang sedang terbuka di handphone kamu .
  • Kemudian Hapus aplikasi dari daftar Recent Apps.
  • Lalu buka kembali aplikasi DANA.

Update Aplikasi DANA

Update Aplikasi DANA
Update Aplikasi DANA

Jika aplikasi DANA tidak bisa dibuka, kamu bisa langsung melakukan pembaharuan aplikasi. Karena DANA kini telah menyediakan fitur update untuk memperbaiki sistem atau bug yang terdapat di aplikasi. Maka untuk mengatasi hal tersebut kamu harus melakukan update DANA, agar aplikasi tetap berfungsi dengan normal tanpa ada gangguan.

Untuk melakukan update DANA, kamu bisa langsung kunjungi Google Play Store, kemudian cari Aplikasi DANA. Selanjutnya lakukan pembaharuan dengan cara klik update.

Lapor ke Layanan CS DANA

Apabila cara diatas tidak bisa mengatasi kendala yang sedang kamu alami, opsi terakhir yang bisa kamu coba yaitu dengan memberikan laporan ke layanan CS DANA.

Karena semua aplikasi termasuk e-wallet dapat mengalami crash atau error sehingga mengakibatkan, pengguna tidak dapat mengakses aplikasinya. Biasanya layanan ini beroperasi 24 jam sehingga kamu dapat melaporkan kendala yang kamu alami kapan saja.

Berikut contact person DANA yang bisa kamu hubungi :

Email : [email protected]

Telepon : 1500 455

Whatsapp : 08191 1500 445

Sosial Media : DANA Indonesia

Penutup

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Beberapa cara mengatasi aplikasi DANA tidak bisa dibuka yang telah dijelaskan diatas, bisa kamu coba salah satunya hingga aplikasi kembali normal dan bisa digunakan. Jika aplikasi DANA tetap saja tidak bisa dibuka, ada baiknya kamu langsung melapor CS melalui contact person DANA yang telah di paparkan sebelumnya. Selamat mencoba dan semoga cara diatas dapat bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Pulsa Menjadi Saldo DANA Terbaru 

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay