Gambar Peta Indonesia Simple Beserta Namanya

Irfan Siregar

Peta indonesia simple beserta namanya adalah hal yang wajib kalian ketahui khususnya bagi pelajar mulai dari yang kecil sampai yang besar. Peta ini banyak sekali manfaatnya dan kalian bisa belajar lebih dalam dengan peta tepatnya peta indonesia.

Sebagai warga negara indonesia pastinya kalian harus tahu ada beberapa wilayah provinsi yang masuk di dalam peta indonesia. Hal ini adalah pengetahuan yang dimana wajib untuk diketahui, agar pembaca dan penulis sama-sama mengetahui isi daripada peta indonesia.

Baiklah kalian bisa melihat beberapa rekomendasi peta indonesia simple beserta namanya lengkap dan provinsi di dalamnya dengan artikel kali ini. Untuk lebih lanjut lagi mengenai peta simple indonesia silahkan baca dan pahami artikel ini sampai habis yah.

Sekilas Tentang Apa Isi Peta Indonesia ?

Sekilas Tentang Apa Isi Peta Indonesia ?
Sekilas Tentang Apa Isi Peta Indonesia ?

Peta indonesia isinya ada banyak dan mencakup diantara provinsi, kota dan landmark utama negara indonesia. yang dimana hal tersebut menunjukkan pulau-pulau seperti sumatera, jawa, kalimantan, sulawesi dan papua. Di dalam peta indonesia juga menampilkan badan air seperti laut jawa, laut bali dan samudra hindia.

Peta indonesia juga merupakan gambar atau sebuah lukisan yang dimana lukisan ini memberikan presentasi wilayah yang ada di indonesia dalam bentuk gambar datar. Dengan peta indonesia kalian diharuskan dapat memahami wilayah-wilayah yang ada di indonesia seperti pulau, provinsi, batas daerah hingga pegunungan dan batas laut.

Siapa Pencipta Peta Indonesia ?

Józef Zwierzycki seorang geolog asal polandia, beliau telah banyak berkontribusi dengan pembuatan peta indonesia, karya beliau juga sudah banyak digunakan untuk pertambangan di berbagai negara belahan dunia.

Pilihan Gambar Peta Indonesia Simple Beserta Namanya

Pilihan Gambar Peta Indonesia Simple Dan Lengkap
Pilihan Gambar Peta Indonesia Simple Dan Lengkap

Bagi kalian yang sedang mencari ilustrasi peta indonesia simple beserta namanya, mungkin rekomendasi gambar di bawah ini dapat membantu kalian. Sebenarnya menggambar peta indonesia sangat mudah, asalkan kalian dapat menguasai teknik menggambar yang kalian sukai dan kuasai.

Peta indonesia simple beserta namanya di bawah ini akan membantu kalian untuk menyelesaikan tugas-tugas di sekolah, pastinya dengan rekomendasi kali ini kalian hanya akan ditampilkan gambar simplenya saja. Agar dapat memudahkan kalian menyelesaikan Peta Indonesia se indah dan semenarik mungkin.

Silahkan ikuti rekomendasi Peta indonesia simple beserta namanya hanya ada di bawah ini.

  • Gambar Simple Peta Indonesia Lengkap

Gambar Simple Peta Indonesia Lengkap
Gambar Simple Peta Indonesia Lengkap

Peta indonesia simple beserta namanya dapat kalian amati dengan mengikuti gambar di atas, gambar di atas memuat pulau-pulau yang ada di indonesia. Simple dan mudah untuk ditiru adalah kelebihan dari gambar ini, jadi kalian dapat memulainya dari yang mudah hingga yang susah.

  17 Inspirasi Gambar Dapur Sederhana Dan Rapi Terbaru 2024

Untuk gambar di atas dapat kalian unduh terlebih dahulu, namun penting untung diketahui bahwa gambar di atas masih kurang. Nah kalau kalian ingin menambahkan tata letak dan kejelasan lainnya, kalian dapat melihat pada peta indonesia lengkap dari berbagi sumber lainnya.

  • Gambar Simple Peta Indonesia Hitam Putih

Gambar Simple Peta Indonesia Hitam Putih
Gambar Simple Peta Indonesia Hitam Putih

Peta indonesia simple beserta namanya versi hitam putih di atas dapat kalian jadikan sebagai ilustrasi simple, hitam putih akan sangat mempermudah pekerjaan kalian untuk menggambar sebuah peta. Simple dan kalian hanya perlu mengikuti alur dari cara kalian menggambarnya.

Setelah menggunakan ilustrasi dari hitam putih di atas, kalian akan dengan mudah melakukan penyesuaian warna sesuai isi peta indonesia. Menggunakan gambar hitam putih sebagai ilustrasi, akan mempermudah dan mempersingkat waktu pengerjaan yang kalian gunakan se efisien mungkin.

  • Gambar Peta Indonesia Dengan Nama Pulau Simple

Gambar Peta Indonesia Dengan Nama Pulau Simple
Gambar Peta Indonesia Dengan Nama Pulau Simple

Gambar peta indonesia dengan nama pulau di atas adalah contoh gambar peta dengan ilustrasi paling simple yang dilengkapi dengan nama masing-masing pulau di dalamnya. Gambar di atas selain simple, juga sangat mudah untuk digambar dengan teknik gambar yang kalian kuasai masing-masing.

Contoh gambar peta indonesia simple beserta namanya di atas dapat kalian jadikan sebagai referensi paling mudah. Dengan gambar di atas kalian akan mendapatkan hasil yang terbaik untuk tugas-tugas sekaligus menjadi referensi gambar yang akan kalian tempel di dinding rumah dan kamar kalian.

  • Ilustrasi Simple Peta Indonesia

Ilustrasi Simple Peta Indonesia
Ilustrasi Simple Peta Indonesia

Berikutnya adalah ilustrasi simple peta indonesia dengan kesan 3d, gambar ini bisa kalian jadikan sebagai inspirasi untuk mendapatkan peta yang bergaya dan lebih berdimensi. Justru dengan ilustrasi 3d se simple ini akan membuat kalian lebih bersemangat untuk menggambar peta indonesia yang menarik.

Sifat visual peta indonesia simple beserta namanya yang ditawarkan gambar tersebut bisa menghasilkan selera gambar dengan kualitas yang tidak disangka-sangka. Dan akan membuat kalian lebih tertarik untuk merasakan sensasi saat melukis dan mewarnai sebuah peta dengan kesan paling iconic di satu sisi masing-masing peta tersebut.

  • Peta Indonesia Simple Dengan Nama Provinsi Lengkap

Peta Indonesia Simple Dengan Nama Provinsi Lengkap
Peta Indonesia Simple Dengan Nama Provinsi Lengkap

Peta indonesia simple beserta namanya nama provinsi di atas dapat kalian jadikan sebagai bahan referensi untuk menggambar peta dengan nama provinsinya masing-masing. Tentu saja dengan gambar di atas kalian bisa menghasilkan skema menggambar sebuah peta dengan cara yang ligat dan mudah untuk ditiru.

Gambar di atas adalah rekomendasi terakhir yang harus diikuti juga, karena peta di atas memberikan nama-nama provinsinya di seluruh indonesia. Nah untuk itu kalian juga harus tahu daftar nama-nama provinsi lengkap dengan membaca urutannya di bawah ini yah.

Urutan Daftar 38 Provinsi Di Indonesia.

Berikut di bawah ini adalah urutan daftar 38 provinsi di indonesia terlengkap.

  1. Nanggroe Aceh Darussalam – Banda Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatera Selatan – Palembang
  4. Sumatera Barat – Padang
  5. Bengkulu – Bengkulu
  6. Riau – Pekanbaru
  7. Kepulauan Riau – Tanjung Pinang
  8. Jambi – Jambi
  9. Lampung – Bandar Lampung
  10. Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  11. Kalimantan Barat – Pontianak
  12. Kalimantan Timur – Samarinda
  13. Kalimantan Selatan – Banjarbaru
  14. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  15. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  16. Banten – Serang
  17. DKI Jakarta – Jakarta
  18. Jawa Barat – Bandung
  19. Jawa Tengah – Semarang
  20. Daerah Istimewa Yogyakarta – Yogyakarta
  21. Jawa Timur – Surabaya
  22. Bali – Denpasar
  23. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  24. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  25. Gorontalo – Gorontalo
  26. Sulawesi Barat – Mamuju
  27. Sulawesi – TengahPalu
  28. Sulawesi Utara – Manado
  29. Sulawesi Tenggara – Kendari
  30. Sulawesi Selatan – Makassar
  31. Maluku Utara – Sofifi
  32. Maluku – Ambon
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura
  35. Papua Tengah – Nabire
  36. Papua Pegunungan – Jayawijaya
  37. Papua Selatan – Merauke
  38. Papua Barat Daya – Sorong
  50+ Foto Uang Banyak Di Tangan, Download Gratis!

Apa Saja Jenis Jenis Peta Dan Contohnya ?

Apa Saja Jenis Jenis Peta Dan Contohnya ?
Apa Saja Jenis Jenis Peta Dan Contohnya ?

Jika kalian sudah mengetahui dan mendapatkan referensi sebuah gambar peta simple dengan rekomendasi di atas tadi, kalian juga wajib harus tahu tentang jenis-jenis peta dan penjelasannya di bawah ini. Tentu saja banyak pengertian singkat yang wajib kalian tahu untuk pengetahuan umum.

Silahkan simak dan baca sampai habis jenis-jenis peta berdasarkan jenis lengkap dengan contoh gambarnya di bawah ini.

Peta Umum

Peta umum dikenal dengan peta referensi atau peta dasar, yang dimana peta umum memberikan gambaran luas saja dengan fitur geografis dan tidak fokus pada tema spesifik dan informasi didalamnya. Peta umum hanya menyediakan gambar permukaan bumi, benua, negara, kota besar, badan air.

Peta umum biasanya digunakan sebagai orientasi, konteks geografis, dan pengetahuan umum dari dunia dan wilayah negara tertentu. Peta umum juga di bagi menjadi 3 seperti penjelasannya ada di bawah ini.

  • Peta Topografi

Peta Topografi
Peta Topografi

Peta Topografi merupakan pera representasi rinci dengan permukaan bumi yang menyajikan bentuk, ketinggian dan bentuk tanah. Peta ini menggunakan garis kontur sebagai mode untuk mempresentasikan suatu perubahan ketinggian, dan dapat juga membuat visualisasi dari lembah, gunung, dan bukit.

  • Peta Korografi

Peta Korografi
Peta Korografi

Peta korografi merupakan peta yang hanya menampilkan dan menggambarkan sebagian atau keseluruhan permukaan bumi yang sifatnya umum saja. Skala yang diberikan biasanya juga sedang sebagai contoh dari peta korografi adalah buku atlas.

  • Peta Geografi

Peta Geografi
Peta Geografi

Peta Geografi adalah peta atau hanya peta dengan presentasi visual pada permukaan bumi dan di area tertentu saja. Peta geografi hanya menampilkan kota, jalan, batas wilayah dan bentang alam saja. Peta geografis bisa dibuat dengan berbagai skala, dan hanya fokus pada peta lokal dan wilayah atau kota tertentu.

  • Peta Khusus (Tematik)

Peta Khusus (Tematik)
Peta Khusus (Tematik)

Peta khusus sering dikenal dengan peta tematik, yang fokusnya hanya ada pada tema, kumpulan data dan topik agar bisa memberikan gambaran umum geografis. Peta ini biasanya menampilkan informasi khusus dengan subjek-subjek tertentu saja.

Peta khusus biasanya dibuat untuk menggambarkan tema keadaaan seperti kepadatan penduduk, pola iklim, indikator ekonomi, jaringan transportasi, tipe vegetasi, hingga distribusi budaya. Dan Peta khusus biasanya digunakan untuk melengkapi bidang geografi, perencanaan kota, ilmu sosial, dan studi lingkungan.

Peta Berdasarkan Skala

Peta berdasarkan skala di bagi dalam 5 bagian yaitu peta skala kecil, sedang, besar, kadaster dan geografis. Untuk lebih jelasnya mengapa peta ini dibagi menjadi 5 bagian dikarenakan banyak faktor yang mendalami hal tersebut. Silahkan simak sampai habis pembahasannya di bawah ini.

  • Peta Skala Kecil

Peta Skala Kecil
Peta Skala Kecil

Peta Skala Kecil di dominan dengan skala 1 : 500.001 sampai 1 : 1.000.000. Peta skala kecil adalah peta yang hanya mewakili area yang lebih luas di permukaan bumi dengan detail yang lebih sedikit. Peta skala kecil digunakan untuk gambaran umum, pola wilayah, dan menganalisis hubungan dengan peta skala besar.

  • Peta Skala Sedang

Peta Skala Sedang
Peta Skala Sedang

Peta Skala Sedang berada di antara 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000, peta skala sedang biasanya hanya digunakan untuk mencakup beberapa wilayah dengan gambar peta seperti, pulau provinsi dan lain sebagainya.

  • Peta Skala Besar

Peta Skala Besar
Peta Skala Besar

Peta Skala Besar hanya memiliki skala antara 1 : 5.000 sampai 1 : 250.000. Biasanya peta skala besar digunakan untuk menggambarkan dan memvisualisasikan beberapa daerah sempit seperti kelurahan, peta desa, peta kecamatan hingga yang terakhir adalah peta kota.

  • Peta Kadaster

Peta Kadaster
Peta Kadaster

Peta kadaster adalah peta dengan skala 1 : 100 sampai 1 : 5.000, peta ini biasa digunakan untuk mengukur dan menggambarkan luas tanah dan sertifikat rumah. Jadi selain kalian mengetahui peta indonesia simple beserta namanya, kalian juga harus tahu arti dari peta kadaster di atas.

  • Peta Skala Geografi

Peta Skala Geografi
Peta Skala Geografi

Terakhir adalah peta skala geografi yang dimana peta ini hanya memiliki skala yang lebih kecil yaitu 1 : 1.000.000. Peta skala geografi ini biasanya memuat wilayah yang lebih luas, peta ini biasanya seperti peta dunia dan peta benua.

  22+ Background Wisuda HD Kekinian Terbaru 2024

Peta Berdasarkan Bentuk Dan Simetris

Selain jenis-jenis peta indonesia simple beserta namanya di atas, ada juga jenis peta berdasarkan bentuk dan simetrisnya, di jaman yang semakin modern dan canggih saat ini. Tentu banyak sekali dan cepat perubahan yang harus diikuti dan diterima dalam dunia pemetaan.

Silahkan simak di bawahi ini jenis-jenis peta berdasarkan bentuk dan simetrisnya.

  • Peta Timbul

Peta Timbul
Peta Timbul

Peta Timbul biasanya ditandai dengan peta wujud 3d atau tiga dimensi sering disebut dengan peta stereometri yang dibuat sama dengan keadaan dari muka bumi secara langsung. Dikatakan timbul karena dimensinya sangat mirip dengan aslinya.

  • Peta Datar

Peta Datar
Peta Datar

Peta Datar merupakan kebalikan dari peta timbul, yang dimana peta datar memiliki dua dimensi atau 2d dan biasa disebut dengan peta biasa dan peta planimetri. Bentuk dari peta ini jelas datar dan untuk membuatnya harus di tempat dan bidang yang datar.

  • Peta Garis

Peta Garis
Peta Garis

Peta Garis adalah peta yang menampilkan dan menyajikan data dari alam dan ketampakan dari hasil buatan manusia seperti bentuk, garis dan luasan. Peta ini biasanya digunakan untuk menggambarkan wujud dari pt atau pabrik.

  • Peta Digital

Peta Digital
Peta Digital

Peta Digital adalah peta yang memanfaatkan pengolahan dan pemrograman data digital yang dimana data tersebut tersimpan di sebuah komputer dan CD Rom. Untuk lebih jelasnya peta digital adalah peta yang saat ini sering kita gunakan untuk menempuh sebuah tempat dengan informasi perjalanannya apalagi kalau bukan Google Maps.

  • Peta Foto

Peta Foto merupakan peta dengan mozaik filter foto udara dilengkapi dengan garis nama, kontur dan legenda. Jenis peta ini biasanya digunakan untuk membangun sebuah project besar-besaran dengan skema yang ada di dalamnya.

Alasan Perlu Mengetahui Gambar Peta Indonesia

Alasan Penjelasan
Navigasi dan Perjalanan Peta adalah alat penting untuk navigasi dan perjalanan. Dengan mengetahui peta Indonesia, Anda dapat merencanakan rute perjalanan Anda dengan lebih baik dan menghindari kebingungan di jalan.
Pemahaman Geografis Peta membantu Anda memahami struktur geografis suatu daerah, termasuk gunung, sungai, dan wilayah geografis lainnya. Ini penting untuk studi geografi dan ilmu lainnya.
Perencanaan Proyek Dalam berbagai proyek seperti pembangunan infrastruktur, perencanaan kota, atau pengelolaan sumber daya alam, peta digunakan untuk merencanakan dengan cermat dan efisien.
Ketahanan Bencana Peta digunakan dalam perencanaan mitigasi bencana dan tanggap darurat. Mereka membantu dalam mengevaluasi risiko bencana dan merencanakan evakuasi.
Pembelajaran dan Pendidikan Peta digunakan sebagai alat pembelajaran dan pengajaran dalam kelas geografi dan mata pelajaran terkait untuk memahami dunia kita.

Penutup

Peta Indonesia Simple Beserta Namanya
Peta Indonesia Simple Beserta Namanya

Peta Indonesia Simple Beserta Namanya yang telah direkomendasikan di atas, bisa kalian jadikan sebagai pegangan untuk ilustrasi menggambar dari sebuah peta. Tentu saja beberapa pilihan di atas akan sangat mudah jika kalian lakukan dengan teknik menggambar yang sudah dikuasai dan dipelajari terlebih dahulu. Penjelasan di atas mengenai Peta Indonesia Simple Beserta Namanya mungkin sudah sangat lengkap, karena menampilkan juga jenis-jenis peta di dalamnya.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay