7 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang Paling Mudah

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang
Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Salah satu gangguan yang sering kali terjadi pada TV yaitu suara yang hilang sehingga kamu perlu mengetahui cara mengembalikan suara TV yang hilang. Biasanya gangguan ini terjadi pada TV jenis tabung, TV LED, dan TV LCD. Untuk memperbaiki kerusakan TV yang tidak ada suara.

Tidak hanya itu kamu juga perlu memahami dan menganalisa prinsip kerja TV dan  komponen-komponen serta mengetahui bagaimana cara mengukur tegangan TV. Dengan memperbaikinya sendiri, tentunya kamu dapat menghemat pengeluaran.

Apalagi saat ini tarif service televisi lumayan mahal. Jika dapat diperbaiki sendiri, lantas untuk apa membawanya ke tukang service? Namun sebelum memasuki penjelasan mengenai cara mengembalikan suara TV yang hilang, kamu harus mencari tahu apa saja penyebab TV tidak ada suara.

Penyebab Suara TV yang Hilang

Penyebab Suara TV yang Hilang
Penyebab Suara TV yang Hilang

Kerusakan pada televisi yang tidak ada suara, bisa terjadi karena beberapa faktor. Biasanya terdapat masalah  dari komponen suara, seperti pada speaker, serta ic audio yang sudah rusak dan perlu diganti, Dan dapat juga disebabkan oleh kelalaian anak anda, Anda dapat mengatasi dan mengarahkan anak anda dengan Edukasi yang baik.

Namun, nyatanya masih ada banyak faktor yang dapat membuat suara TV tiba-tiba hilang. Berikut penyebab suara TV yang hilang yang wajib kamu ketahui.

  • Speaker Rusak

Tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan speaker antara lain:

  1. Kabel konektor putus dan kabel lilitan speaker mengalami kerusakan.
  2. Suara TV yang hilang bisa jadi sebab speaker sudah rusak dan kamu perlu menggantinya.

Jika speaker tersebut rusak tanpa disengaja oleh anak anda, Sudah seharusnya anda membuat atau Menciptakan Ruang Meditasi, untuk keluarga anda terlebih dahulu.

  • Blok Audio Rusak

Pada blok audio terdapat beberapa komponen seperti ic audio dan komponen penting lainnya. Jika terjadi kerusakan pada ic audio, pasti akan terdapat retak atau kaki yang kurang menempel dengan sempurna.

Pada kondisi ini sering kali didapati jalur audio putus ketika dilakukan pengukuran arus dan multitester, Anda bisa langsung cek kepada service tv terdekat jika masalah sudah berada di dalam internal, Sebelum itu anda juga bisa mencoba Strategi Jual Rumah agar tetap untung.

  • Tegangan Jalur Audio Putus

Untuk mengecek jalur audio speaker apakah putus atau tidak, kamu bisa mencoba langkah-langkah dibawah ini:

  1. Kamu hanya perlu menggunakan alat ukur DC meter.
  2. Kemudian kamu pilih mode DC meter X 50 V.
  3. Mode DC meter X 50 V bertujuan untuk, memastikan keakuratan saat mengukur tegangan dengan rentang 12v – 15v.
  4. Sebagai catatan, Itu pun tergantung dengan ic yang kamu gunakan.
  • Mode Mute Aktif

Terkadang hilangnya suara TV disebabkan karena hal yang sangat sepele, seperti tidak sengaja menekan tombol mute pada remote. Nah marik simak mengapa bisa mode mute aktif secara tidak sengaja.

  1. Tombol mute sendiri  berfungsi untuk mematikan suara TV.
  2. Jika kamu tidak sengaja menekan tombol mute, maka secara otomatis akan menurunkan volume TV menjadi 0.
  3. Namun gambar pada TV akan tetap normal.
  2 Cara Download Video Shopee Tanpa Watermark

Itulah beberapa alasan mengapa suara TV bisa hilang dengan sendirinya, Yuk buat kamu yang ingin membeli rumah, pastikan kamu sudah baca Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah.

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang
Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

Setiap barang elektronik pasti mempunyai batas penggunaannya atau batas kerusakan dan perlu service, termasuk juga televisi. Kerusakan TV yang tidak ada suara memang sering terjadi, apalagi jika TV yang kamu miliki adalah TV jenis lama atau TV tabung.

Saat memperbaiki TV yang tidak ada suara, maka ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara berurutan agar perbaikan berhasil untuk dilakukan. Berikut cara mengembalikan suara TV yang hilang yang dapat kamu coba.

  • Memastikan Tombol “Mute” Tidak Aktif

Sebelum masuk ke Cara mengembalikan suara TV yang hilang lainnya, kamu harus pastikan terlebih dahulu fitur tombol “mute” pada TV tidak aktif. berikut cara memastikan fitur tombol “mute” tidak aktif:

  1. Cara menonaktifkannya yaitu hanya dengan keraskan kembali volume TV kamu.
  2. Dengan begitu fitur “mute” tidak berfungsi dan suara kembali dengan normal.
  3. Cara lainnya adalah dengan memperhatikan layar TV.
  4. Apabila terdapat simbol speaker kecil yang disilang, maka itu artinya fitur mute sedang berjalan.
  5. Kemudiam kamu harus menekan tombol dengan simbol yang sama pada remote satu kali agar fitur mute menjadi tidak aktif.

Nah jika suara pada TV kamu sudah aktif kembali, selalu pantau kegiatan sibuah hati anda, Apalagi anda harus bisa menerapkan pentingnya Sarapan Pagi Bagi Anak.

  •  Menghidupkan Ulang TV

 Menghidupkan Ulang TV
Menghidupkan Ulang TV

Setelah kamu sudah memastikan volume tidak termute, namun tetap  saja channel TV tidak ada suaranya. kamu bisa mencoba menghidupkan ulang TV, dengan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama-tama, coba matikan TV dengan menekan “Power Off” pada TV.
  2. Kemudian cabut kabel TV dari stop kontak serta biarkan selama beberapa menit.
  3. Sesudah didiamkan beberapa menit, kamu boleh menghidupkan kembali dengan cara menekan tombol “Power ON”.
  • Periksa Keadaan Speaker

Jika dua cara mengembalikan suara TV yang hilang belum berhasil,

Cobalah periksa kondisi speaker dengan menggunakan Ohm Meter. Apabila masih tersambunh maka kondisi speaker kamu masih bagus dan aman. Namun jika tidak tersambung maka speaker kamu kemungkinan rusak, sehingga membuat suara TV tiba-tiba hilang. Saat anda memeriksa speaker tetapi tidak ada kendala sama sekali, Mungkin anda belum mencoba salah satu trik Penataan Pintu Rumah Berdasarkan Ilmu Feng Shui.

  • Periksa Kabel RCA

Cara mengembalikan suara TV yang hilang, dengan memeriksa RCA, Ketika suara TV kamu tiba-tiba hilang, coba periksa dengan saksama kondisi kabel RCA yang berfungsi mengirimkan sinyal berupa suara dan gambar. Lakukan sesuai dengan hal berikut:

  1. Hal pertama, yang wajib dilakukan dengan cara menyentuh jack RCA (RadioCorporation of America) yang berwarna merah dan putih.
  2. Apabila terdengar suara bising ataupun dengungan pada speaker, berarti kabel input mengalami kendala, kerusakan, atau masalah.
  • Solder Ulang Kaki IC Audio Yang Kurang Menempel

Sebagian kasus suara TV yang hilang, ternyata penyebab utamanya yaitu IC Audio yang tidak menempel dengan sempurna. Hal ini biasanya kaki IC Audio mengalami korosi, seperti PCB (Printed Circuit Board) yang kotor atau berdebu serta lembab.

  • Cek Tegangan Jalur Audio

Cek Tegangan Jalur Audio
Cek Tegangan Jalur Audio

Setelah memastikan bagian kaki komponen IC Audio dalam keadaan baik, maka cara mengembalikan suara TV yang hilang, selanjutnya yaitu menggunakan alat ukur DC Meter. Pilih mode DC Meter X 50 V.

  2 Cara Beli VIP WeTV Pakai Pulsa di Android dan iPhone

Bertujuan untuk memastikan keakuratan pengukur tegangan sebesar rentang 12 v – 15 v dc, itu pun tergantung dengan masing-masing IC yang digunakan.

  • Reset Sound Pada TV LED

Suara TV yang tiba-tiba hilang pada jenis TV LED, dapat diatasi menggunakan fitur Reset Sound. Tujuannya untuk mengembalikan pengaturan volume TV ke pengaturan pabrik. Dengan begitu, suara TV kamu akan kembali normal.

Cara Merawat TV Agar Tetap Awet

Cara Merawat TV Agar Tetap Awet
Cara Merawat TV Agar Tetap Awet

Kerusakan TV  seperti suaranya yang hilang dapat juga dihindari dengan beberapa cara. Berikut tips menjaga TV agar tetap awet dan tidak mudah rusak yang bisa kamu terapkan.

  • Letakkan TV Pada Posisi Yang Tepat

Agar TV bisa awet, kamu harus meletakkan TV pada posisi yang tepat, seperti di tempat yang bersih dan tidak terkena debu. Mengapa demikian?

  1. Sebab debu dapat menutupi lubang sirkulasi udara pada TV kamu, sehingga membuat suhu TV menjadi lebih panas.
  2. Jauhkan juga dari sinar matahari secara langsung dan peralatan elektronik yang memiliki medan magnetik tinggi.
  3. Kemudian selalu simpan TV di area yang aman dan tidak mudah jatuh, itu juga merupakan Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang.
  • Bersihkan TV Dengan Rutin dan Benar

Segera bersihkan debu atau kotoran yang menempel pada setiap bagian TV. Tidak hanya membuat tampilan TV menjadi kotor, debu juga bisa menyebabkan gangguan pada layar TV yang mampu menurunkan kualitas warna gambar dan dapat kerusakan elektrik.

Ketika ingin membersihkan layar televisi, jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol. Tentunya hal ini dapat berisiko merusak TV seperti membuat layar TV menjadi melembung.

  • Perhatikan Suhu Ruangan Pada Tempat TV Diletakkan

Pastikan suhu ruangan tempat TV stabil. Jika terlalu panas sebaiknya nyalakan AC.

Hal ini membuat TV tidak mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Oleh karena itu tempatkan TV di ruangan yang bersuhu tidak terlalu panas. Buat kamu yang ingin streaming premium seperti layaknya TV, kamu bisa instal Gratisoe TV Terbaru.

  • Gunakan Stavolt

Demi keamanan TV agar tetap terjaga dari alur listrik yang tidak stabil, Karena sangat  disarankan untuk menggunakan stabilizer voltage (stavolt), karena stavolt merupakan salah satu Cara mengembalikan suara TV yang hilang, Jika tidak menggunakannya maka seiring berjalannya waktu, aliran listrik yang tidak stabil akan berpengaruh pada kondisi TV.

  • Matikan TV Saat Tidak Ditonton

Menyalakan TV namun tidak ada yang menontonnya adalah salah satu kegiatan pemborosan. Selain boros, kebiasaan ini juga dapat mempengaruhi masa pemakaian TV. Semakin sering digunakan, maka tampilan gambar pada layar TV akan meredup akibat lampu yang sudah tua.

Untuk mematikan TV, ternyata tidak cukup dengan menggunakan remote atau menekan power off saja. Namun, kamu perlu mencabut stekernya dari stop kontak agar TV benar-benar dalam kondisi mati seutuhnya.

  • Jauhkan TV Dari Handphone

Terkadang kebiasaan yang kita anggap sepele dapat merusak TV. Salah satunya adalah meletakkan Handphone di dekat TV. Hal ini terjadi dikarenakan sinyal atau gelombang yang berasal dari handphone mampu merusak sistem kerja TV kamu. Jadi kamu harus pastikan di sekitar TV tidak terdapat handphone.

  5 Cara Masuk ke Google Singapura 2022 Paling Aman

Cara Menjaga Speaker TV Agar Tidak Rusak

Cara Menjaga Speaker TV Agar Tidak Rusak
Cara Menjaga Speaker TV Agar Tidak Rusak

Untuk membuat suara speaker jernih, awet, dan tahan lama, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tata dan Letakkan Kabel Speaker Dengan Rapi

Agar speaker terawat dengan baik, kamu perlu menata kabel yang terhubung dengan speaker. Jika tidak tertata rapi kemungkinan kabel speaker menjadi rusak. dan kamu harus mencoba lagi Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang. ribet bukan?

  • Jauhkan Dari Cairan

Jangan letakkan gelas berisi air di dekat TV. Sebab tumpahan cairan apa pun  pada speaker akan mengakibatkan kerusakan, sehingga speaker perlu diperbaiki. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan televisi diletakkan atau ditempatkan di area yang aman dari cairan, Agar terhindar dari Cara mengembalikan suara TV yang hilang.

  • Rajin Dibersihkan

Rutin membersihkan speaker secara berkala mampu menyingkirkan partikel debu dan kotoran yang menempel. Bagaimana cara membersihkannya? Kamu bisa gunakan kain microfiber halus supaya tidak merusak komponen pada perangkat. Setelah itu, keringkan speaker sebelum digunakan.

  • Jangan Letakkan Di Tempat Yang Lembab

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang, dengan cara Meletakkan TV di tempat yang lembab akan membuat speaker menjadi mudah rusak dan menurunkan kualitas suara yang dihasilkan. Apabila terpaksa untuk diletakkan di tempat yang lembab, kamu harus memberikannya alas atau lapisan agar komponen dalam termasuk speaker dapat terlindungi.

  • Jauhkan Dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Cara mengembalikan suara TV yang hilang, Dengan mengecek Jika speaker terkena sinar matahari langsung maka dapat membuat kualitas suara speaker menjadi menurun dan kualitas suara pun ikut menurun juga. Maka untuk mencegah hal ini terjadi, letakkan TV di tempat yang teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang
Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang

TV merupakan salah satu jenis elektronik yang rentan rusak, namun jika hal ini terjadi pada TV kamu, jangan panik dan cari tahu penyebabnya. Sama halnya saat suara TV hilang, pertama cari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Kemudian, sebelum benar-benar membuka casing TV, ada baiknya untuk melakukan perbaikan basic seperti mengembalikan suara TV yang hilang menggunakan remote atau mengecek jalur kabel audio.

Setelah mengecek cara mengembalikan suara TV yang hilang, namun tidak berhasil, maka kamu bisa membuka bagian TV untuk mengecek bagian IC Audio, dengan cara menyentuh pada bagian input IC Power Amplifier. Apabila speaker mengeluarkan suara berarti kerusakan bisa disebabkan oleh jalur input, seperti dari IC Utama atau dari IC Program.

Apabila kamu ingin memperbaiki sendiri, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas. Namun, berbagai cara di atas masih tidak bisa mengembalikan suara TV kamu yang hilang, maka sebaiknya kamu melakukan pengecekan atau perbaikan ke tenaga profesional atau bisa lihat video tutorial di youtube.

Itu dia beberapa cara mengembalikan suara TV yang hilang, serta sedikit tips merawat TV dan speaker agar tetap awet. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu saat ingin memperbaiki TV secara mandiri. Selamat mencoba!