12 Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan : Versi Nasional Hingga Provinsi

Ratih Pratiwi

List aplikasi cek nama pemilik kendaraan terbaru dan terbaik dapat Anda temukan di sini. Jangan lewatkan informasi lengkapnya! Tahukah kamu jika saat ini mengetahui informasi detail tentang plat nomor kendaraan bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri melalui aplikasi cek nama pemilik kendaraan. Ya, benar! Kini mengetahui nomor kendaraan tak harus dilakukan melalui SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) secara offline saja.

Kebermunculan apliasi tersebut pun hadir sebagai alternatif yang dapat mempermudah kebutuhan masyarakat. Apalagi ketika informasi sedang dibutuhkan secara mendesak dan tidak ada waktu cukup untuk mengunjungi kantor SAMSAT.

Seperti yang kita tahu bahwa plat nomor adalah salah satu komponen penting yang dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Bukan tanpa arti, seri nomor dan kode huruf yang tertera dalam plat nomor ternyata menunjukkan informasi kendaraan serta pemiliknya. Lalu apa kegunaan dari aplikasi cek nama pemilik kendaraan?

  • Dapat membantu pengguna dalam mengecek keaslian kepemilikan segala jenis kendaraan, baik secara offline maupun online
  • Kamu dapat dengan mudah mengetahui siapa pemilik kendaraan, melalui kecanggihan atau kemampuannya dalam mengidentifikasi data
  • Pemilik kendaraan dapat diketahui melalui data STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • Tentu saja bantuan aplikasi seperti ini berguna ketika kamu akan membeli kendaraan second, atau sistem pindah tangan

Daftar Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan

Melalui aplikasi yang tepat, informasi mengenai pemilik kendaraan bisa didapatkan dengan mudah. Dan informasi tersebut kini dapat kamu akses melalui rekomendasi aplikasi cek nama pemilik kendaraan berikut ini. Tak usah bingung, simak saja deskripsi dan keunggulan fiturnya di bawah ini agar kamu bisa memilih mana yang cocok.

Nama Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Lokasi Penggunaan
SIGNAL – SAMSAT Digital Nasional Nasional
Samsat Online Nasional
SAMBARA Jawa Barat
Cek Pajak Kendaraan Jatim Jawa Timur
SAKPOLE e-Samsat Jawa Tengah
NEWSAKPOLE (new version) Jawa Tengah
SAMBAT Banten
Cek Ranmor DKI Jakarta DKI Jakarta
Bapenda Sulsel Mobile Sulawesi Selatan
ESamsat KEPRI Kepulauan Riau
e-Dempo Samsat Sumatera Selatan Sumatera Selatan
SAMSAT DELIVERY Nusa Tenggara Barat (NTB)

1. SIGNAL – SAMSAT DIGITAL NASIONAL

 

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/SIGNAL

Tidak hanya secara langsung, pihak Korlantas Polri juga mempersembahkan aplikasi resmi yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia sesuai tujuan dan fungsinya untuk cek plat nomor atau pemilik kendaraan.

Penggunaannya pun mudah, kamu cukup mendaftarkan diri dalam aplikasi dan menyertakan data kepemilikan kendaraan. Setelah dilengkapi, seluruh layanan nya dapat kamu nikmati kemudian. Adapun aplikasi tersebut menyediakan segala informasi mulai dari pengesahan STNK tahunan hingga info pembayaran pajak kendaraan bermotor.

  9 Aplikasi Chat Random Gratis Terbaik di Indonesia 2024

2. Samsat Online

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/Samsat Online

Samsat Online juga dikembangkan dengan fitur utama yang mampu mengidentifikasi kepemilikan kendaraan, mulai dari nama pemilik, plat nomor, informasi kode daerah yang tertera, dan lain-lain.

Sama seperti SIGNAL, aplikasi ini pun bisa digunakan untuk mencari tahun informasi kendaraan secara nasional. Artinya kamu bisa mengakses data kepemilikan kendaraan secara luas.

3. SAMBARA

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/SAMBARA

Ada pula aplikasi yang dikhususkan berdasarkan wilayah atau domisili pengguna. Mulai dari aplikasi cek nama pemilik kendaraan untuk warga Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, hingga DKI Jakarta.

Kali ini ada SAMBARA sebagai aplikasi cek nama pemilik kendaraan andalan masyarakat Jabar. SAMBARA sendiri diambil dari singkatan Samsat Mobile Jawa Barat. Jadi warga suku sunda bisa melakukan layanan pengecekan kendaraan secara online.

Sebagai informasi tambahan, aplikasi tersebut diprakarsai oleh Puslia Bapenda Provinsi Jawa Barat. Dan diantara fungsi utamanya, ia juga bisa diandalkan untuk mengetahui pajak tahunan sebuah kendaraan melalui plat nomor dan pemilik.

4. Cek Pajak Kendaraan Jatim

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/Cek Pajak Kendaraan Jatim

Tak hanya bagi warga Jabar, masyarakat yang berada di Provinsi Jawa Timur pun bisa mengandalkan aplikasi cek nama pemilik kendaraan tersendiri yang dikenal dengan sebutan Cek Pajak Kendaraan Jatim.

Aplikasi yang diresmikan oleh Ditlantas Jatim ini dapat diunduh melalui PlayStore, gratis, dan mudah. Untuk ukurannya sendiri hanya 4,6 MB dan cukup ringan. Penggunaan aplikasi ini bisa dipertuntukkan pemeriksaan keabsahan plat nomor kendaraan bermotor, cek BPKB Jatim, pajak, hingga berbagai mekanisme layanan Samsat Jawa Timur yang lainnya.

5. SAKPOLE e-Samsat Jateng

Masyarakat Jawa Tengah pun memiliki aplikasi cek nama pemilik kendaraan andalannya. SAKPOLE e-Samsat Jateng disediakan untuk warganya yang ingin mengakses informasi terkait identitas kepemilikan kendaraan bermotor.

Secara detail, diektahui aplikasi tersebut rampung dengan kelebihannya yang dapat memberikan informasi PKB ter-update, nilai jual suatu kendaraan, status pemblokirannya, cek plat nomor resmi kendaraan, pencarian lokasi Samsat terdekat dan lebih lengkap, hingga berbagai fitur layanan lainnya.

6. NEWSAKPOLE

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/NEWSAKPOLE

Berikutnya ada NEWSAKPOLE sebagai aplikasi cek nama pemilik kendaraan versi update dari SAKPOLE sebelumnya, dan sama-sama diperuntukkan masyarakat yang berdomisili di Jawa Tengah.

Apa sih yang berbeda dengan versi sebelumnya? SAKPOLE ini tentunya dibekali dengan tampilan interface (antar muka) yang sederhana, namun jelas sesuai fungsinya. Sehingga para pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan teknologi satu ini. Mengenai fitur nya, masih hampir sama seperti sebelumnya.

7. SAMBAT

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/SAMBAT

Rekomendasi aplikasi cek nama pemilik kendaraan untuk warga Banten, ada yang namanya SAMBAT. Aplikasi satu ini diprakarsai dan dikembangkan oleh Bapenda Provinsi Banten, sehingga sudah resmi. Penggunaannya pun aman dilakukan oleh para user.

Melalui aplikasi tersebut pula, kamu bisa melakukan berbagai jenis layanan sesuai pembawaan fitur dalam sistem. Yaitu mulai dari cek plat nomor atau nama pemilik kendaraan bermotor, hingga akses informasi mengenai pajak kendaraannya.

  10 Cara Convert Pulsa ke DANA Rate Tinggi 2024

8. Cek Ranmor DKI Jakarta

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/Cek Ranmor DKI Jakarta

Untuk warga Ibu Kota, ada aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang disebut Cek Ranmor DKI Jakarta. Sesuai namanya, aplikasi tersebut digunakan untuk mengetahui data dan informasi tentang pajak kendaraan, nama pemilik, dan plat nomor, khususnya bagi kendaraan yang terdaftar di wilayah DKI Jakarta.

Aplikasi Samsat support ini diresmikan oleh Info86, sehingga aman dari segi penggunaan, dan nyaman saat akses dimulai. Mengenai seluruh informasi yang tersedia, semua data yang dipersembahkan berdasarkan keabsahan.

Agar sejak pertama kali penggunaan berjalan dengan optimal, jangan lupa untuk melakukan registrasi menggunakan NIK dan plat nomor kendaraan yang akan kamu periksa. Jika input data yang dilakukan valid, maka akan tersaji setiap informasi lengkap mengenainya.

9. Bapenda Sulsel Mobile

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/Bapenda Sulsel Mobile

Berikutnya, Bapenda Sulsel Mobile juga menjadi salah satu aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang tersedia untuk masyarakat Sulawesi Selatan. Aplikasi ini rampung di bawah naungan Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Sama seperti yang lainnya, Bapenda Sulsel Mobile dapat digunakan untuk mengetahui informasi kepemilikan kendaraan pribadi, mulai dari nama pemilik, plat nomor, perpajakan, dan layanan lainnya.

10. ESamsat KEPRI

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/ESamsat KEPRI

Bagi masyarakat di wilayah Kepulauan Riau jangan khawatir, karena ada aplikasi cek nama pemilik kendaraan untuk daerah sana yang bernama ESamsat KEPRI. Sama seperti aplikasi serupa lainnya, ESamsat ini berguna untuk memastikan kepemilikan suatu kendaraan bermotor, mulai dari nama pemilik, plat nomor, pajak, dan lain-lain.

Mengenai teknologi aplikasinya sendiri, ia memiliki tampilan yang sederhana dengan kualitas user interface friendly atau tampilan ramah bagi pengguna. Artinya aplikasi dapat digunakan secara mudah karena disesuaikan dengan penggunaan semua kalangan.

11. e-Dempo Samsat Sumatera Selatan

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/e-Dempo Samsat Sumatera Selatan

Selanjutnya, aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang diperuntukkan masyarakat wilayah Sumatera Selatan. Untuk menggunakan layanan sistem pengecekan plat nomor dan pemilik kendaraan, kamu harus melakukan pengunduhan dan pemasangan terlebih dahulu.

Aplikasi gratis yang bisa dioperasikan melalui mobile ini menyediakan fitur lengkap sesuai kebutuhan utama. Selain itu, tampilannya tidak neko-neko, simple, praktis, dan mudah dijalankan.

Setelah registrasi dengan NIK dan nomor kendaraan, kamu bisa melakukan pengecekkan dengan cepat dimana saja secara online, tanpa harus mengunjungi kantor Samsat secara langsung.

12. SAMSAT DELIVERY

aplikasi cek nama pemilik kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan/Samsat Delivery NTB

Tak jauh berbeda dengan daftar aplikasi di atas, SAMSAT DELIVERY juga hadir menjadi salah satu bagian dari aplikasi cek nama pemilik kendaraan terbaik kali ini. Namun perlu diingat, aplikasi ini hanya diperuntukkan warga yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sistem registrasi, penggunaan, dan kegunaan dapat dilakukan seperti panduan pada aplikasi-aplikasi di atas. Yang menjadi pembedanya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan dengan sistem COD (Cash on Delivery).

  10 Rekomendasi Aplikasi Ojek Online Termurah

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan Lainnya di Indonesia

Selain beberapa aplikasi yang telah disebutkan dan dijelaskan mengenai fungsi serta lokasi penggunaannya di atas, ternyata Indonesia masih memiliki berbagai macam aplikasi cek nama pemilik kendaraan lainnya. Semakin lengkap setiap daerah memiliki aplikasi andalan tersebut, semakin mudah pula urusan masyarakatnya.

Berikut ini beberapa nama aplikasi cek nama pemilik kendaraan berdasarkan wilayah lainnya di Indonesia, selain yang telah disebutkan di atas.

  • PELUIT DITLANTAS POLDA ACEH
  • RC Polda Kalimantan Tengah
  • eSAMSAT Kalimantan Utara
  • Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • SAMSAT PONTIANAK
  • Info Pajak Kendaraan Sulut; untuk wilayah Sulawesi Utara
  • Pajak Kendaraan Yogyakarta

7 aplikasi tambahan tersebut memiliki fungsi utama yang sama dengan penjelasan pada macam-macam aplikasi sebelumnya.

Keuntungan dan Tujuan Cek Nama Pemilik Kendaraan

Sama halnya seperti KTP yang dipakai sebagai identitas pemilik, plat nomor sebuah kendaraan juga berlaku demikian. Seperti yang kamu tahu bahwa plat nomor biasanya terdiri dari beberapa seri angka serta kode huruf di depan atau belakang nomor. Ternyata, kombinasi angka dan huruf tersebut bisa dibaca karena menyimpan informasi identitas pemilik.

Kode huruf di depan angka biasanya menunjukkan wilayah registrasi kendaraan atau kepemilikan. Lebih detail lagi, plat nomor bisa memberikan informasi seputar nama pemilik asli, alamat kendaraan, jenis, tahun pembuatan, merk, warna, dan berbagai identifikasi lainnya.

Jika pengecekkan plat nomor sebelumnya lebih banyak dilakukan secara offline melalui petugas SAMSAT, maka kini ada aplikasi cek nama pemilik kendaraan yang kian mempermudah.

Tujuan pemeriksaan plat nomor biasanya dilakukan untuk beberapa hal, baik yang sifatnya urgent personal maupun urgent yang bisa menyangkut kemaslahatan banyak orang, seperti berikut:

  • Jika ingin mengecek pembayaran pajak kendaraan
  • Menertibkan pemilik kendaraan yang terbukti telah melanggar
  • Penelusuran kasus kriminal (pencurian, laka lantas (tabrak lari))

Karena beberapa tujuan di atas, maka gunakan lah identitas pemilik yang asli dan valid untuk diterapkan di STNK maupun BPKB sejak membeli kendaraan. Namun jika situasinya kamu membeli kendaraan second, maka segera proses balik nama.

Setelah proses balik nama dilakukan maka akan mempermudah pemilik baru kendaraan dalam mengesahkan STNK. Dengan begitu pula identitas pemilik kendaraan yang terdaftar di Samsat akan diperbarui sesuai identitas kepemilikan saat ini.

Jika pemilik baru masih bersantai dalam mengurus proses balik nama, maka ketahuilah bahwa identitas pemilik yang terdaftar di kantor Samsat berguna untuk kepentingan administrasi keabsahan kendaraan, perlindungan hukum, pengawasan kendaraan, dan lain-lain.

Keuntungan Cek Nama Pemilik Kendaraan Tujuan Cek Nama Pemilik Kendaraan
Verifikasi Legalitas Memastikan legalitas kepemilikan kendaraan sebelum membeli atau menjual kendaraan.
Identifikasi Informasi Mengetahui informasi dasar pemilik kendaraan seperti nama dan alamat.
Mencegah Penipuan Mencegah terlibat dalam transaksi penipuan yang melibatkan kendaraan.
Keamanan Transaksi Memastikan bahwa transaksi jual beli kendaraan berjalan dengan aman dan sah.
Melacak Riwayat Kendaraan Mengetahui riwayat kepemilikan kendaraan dan jika pernah terlibat dalam insiden tertentu.

Baca Juga: 5 Aplikasi Jual Beli Motor Bekas Selain OLX 

Kesimpulan

Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan
Aplikasi Cek Nama Pemilik Kendaraan

Itulah berbagai informasi lengkap versi Capcus.id mengenai aplikasi cek nama pemilik kendaraan berdasarkan seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Selain itu ada pula aplikasi nasional yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay