25 Ide Menu Masakan Sehari-Hari Agar Tidak Bosan

Ratih Pratiwi

Mengumpulkan ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan menjadi solusi bagi orang-orang yang sering dibuat bingung ketika ingin membuat teman santap nasi.

Seperti yang kamu pahami, terkadang kita bisa dibuat bingung hanya dengan memikirkan akan makan dengan lauk seperti apa esok hari. Hal ini bisa terjadi ketika kamu merasa ide masakan selama ini kurang variatif sehingga mulai bosan.

Di sisi lain, bukan hanya soal masalah kebosanan. Menu masakan bervariasi dengan ragam kandungan memang sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan nutrisi. Kelengkapan makanan  sebagai unsur 4 sehat 5 sempurna harus terpenuhi. Jika masakan itu-itu saja, kemungkinan besar nutrisi yang masuk pun tidak sesuai kebutuhan tubuh.

4 Cara Cari Referensi Menu Masakan Sehari Hari Agar Tidak Bosan

Jangan sampai dibuat kalut dengan hanya memikirkan menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Di zaman yang sudah maju ini, kamu bisa mencari solusi lebih mudah untuk mendapatkan referensi resep masakan atau ide menu menarik yang mungkin sebelumnya belum pernah dibuat.

Apalagi dengan adanya referensi resep masakan, memungkinkan kamu bisa belajar memasak lebih jauh lagi. Hal seperti ini tidak hanya bermanfaat untuk ibu rumah tangga, anak kos pun bisa memanfaatkannya. Adapaun tips menambah referensi menu masakan bisa dilakukan seperti berikut.

1. Membuat Planning Menu Sendiri

Sebelum mencari referensi lebih banyak, kamu bisa menuliskan macam-macam menu masakan yang sudah kamu ketahui dan familiar untuk dimasak. Jangan sampai kebiasaan yang sudah ada malah tertimbun referensi menu yang baru.

Membuat rencana masak, bisa mempermudah kamu untuk memutuskan akan mengolah apa, setidaknya untuk 3-7 hari ke depan. Perencanaan seperti ini akan membuat waktu lebih efektif. Ketika rencana awal sudah tertulis, barulah kamu bisa mencari berbagai pilihan menu lain dengan tenang.

2. Beli Buku Resep dan Menu Masakan

Membeli buku khusus yang menyediakan berbagai menu masakan lengkap dengan resep, bahan, dan cara memasak, banyak dilakukan oleh orang-orang. Apalagi berbagai toko buku saat ini menyediakan ragam buku seperti ini.

Bukan hanya untuk mendapatkan ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, penggunaan buku resep juga banyak diperuntukkan oleh mereka yang sengaja ingin belajar masak, baik pemula ataupun yang sudah ahli sekalipun.

Yang akan kamu sukai dari konsep buku resep makanan adalah, penulisan yang detail dan mudah untuk kamu buka kembali kapan pun. Bahkan selama proses memasak berlangsung, kamu tetap bisa menggunakannya sebagai panduan.

3. Ide Menu dari Website Khusus

Berikutnya, eksistensi platform khusus resep makanan di website juga bisa menjadi batu lompatan untuk memperoleh ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Di zamannya milenial dan gen z seperti ini, rasanya mencari informasi melalui teknologi memang keahlian nya.

Ada banyak website familiar yang sering menyajikan konten tentang kuliner atau masakan dari berbagai jenis bahan, cara pengolahan, hingga cara penyajian. Jenis masakan tradisional-modern Indonesia, serta masakan khas mancanegara sangat mungkin tersedia.

4. Ikuti Tutorial YouTube

Membuat masakan yang belum familiar memang harus dipelajari terlebih dahulu. Belajar secara visual dianggap menjadi cara yang paling efektif untuk mempermudah penerapannya, begitu pula dalam belajar memasak.

Ketika ingin memperluas ide menu masakan yang bisa diolah sendiri, mengakses YouTube adalah jalan lain yang tepat. Di YouTube, banyak konten relevan yang bisa kamu akses dengan bebas. Bahkan yang disajikan di YouTube biasanya lebih up to date dengan perkembangan serta informasi terkini tentang masakan.

Ragam Referensi Ide Menu Masakan Sehari-Hari Agar Tidak Bosan

Sebagai kunci pembahasan kali ini, kamu bisa menambah wawasan tentang menu masakan berikut ini, mulai dari jenis masakan sederhana, hemat budget, kekinian, hingga yang berbahan royal.

  250+ Nama Kontak WA Unik Untuk Pacar, Ibu, Kakak, Sahabat

1. Telur Balado-Telur Bumbu Ijo

Ide pertama dari bahan dasar telur, adalah membuat telur balado. Menu masakan sederhana ini sangat familiar bagi keluarga Indonesia. Perpaduan antara telur rebus yang digoreng kembali lalu dicampurkan dengan bumbu balado pedas manis, memang bikin nagih.

Menu masakan sehari-hari agar tidak bosan selain telur balado, mungkin hanya perlu diubah perbumbuan nya saja. Alih-alih menggunakan bumbu balado, kamu bisa membuat bumbu ijo. Kamu hanya perlu mengubah beberapa bahan bumbu halus nya saja, misalnya cabai merah diganti dengan cabai ijo.

Cara membuat menu satu ini sangat mudah. Jika dipadukan dengan jenis masakan lain untuk hari-hari berikutnya, menyantap masakan ini tidak akan membuat mu bosan.

2. Sayur Asem

Ingin menu masakan sehari-hari agar tidak bosan ketika musim dingin? Sup dan sayuran adalah kuncinya. Misalnya sayur asem yang mudah diolah oleh semua kalangan. Sayur asem bisa dinikmati di semua musim, terutama ketika cuaca sedang dingin, sangat rekomendasi disajikan ketika sedang hangat.

Tak hanya soal rasanya yang menyegarkan dari asam jawa yang digunakan, semua bahan yang digunakan dalam sayur asem juga penuh nutrisi, mulai dari potongan jagung, kacang tanah, labu siam, buah dan daun melinjo, hingga potongan terong.

Ketersediaan bahan-bahan sayur asem mudah dicari di warung terdekat, bahkan banyak yang menyediakannya dalam bentuk paketan. Agar tidak sepi, sayur asem biasanya disantap bersama goreng tahu, tempe, ikan asin, atau kerupuk. Dan yang utama jangan lupa nasi hangatnya, ya!

3. Capcay Bakso

menu masakan sehari-hari agar tidak bosan
Sumber: endeus.tv

Dalam satu hari, orang biasanya memasak menu masakan tidak hanya satu macam saja. Nah, untuk opsi makan siang, capcay bakso bisa menjadi pilihannya sekaligus menambah menu masakan sehari-hari agar tidak bosan dalam bahasan kali ini.

Bagi mereka yang tidak terlalu menyukai sayuran namun masih berusaha untuk memenuhi asupan nutrisi nya, maka bisa menambahkan bahan masakan lain yang disukai agar suasana santap tetap lancar. Misalnya dengan menambahkan bakso, daging, udang, sosis, atau bahan lainnya yang disukai. Bahkan paduan antara sayuran dengan protein sangat lah bagus.

Hidangan capcay biasanya memiliki tampilan menarik, warna kontras dari campuran seluruh bahannya bagi beberapa orang bisa membuat nafsu makan lebih tinggi. Misalnya ada wortel, brokoli, potongan bakso, dan bahan lainnya sesuai kreasi.

4. Sambal Goreng Kentang Ati

Move on sejenak dari sayur-mayur, kali ini ada sambal goreng kentang ati yang layak menambah daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Jangan terburu menyerah, justru masakan satu ini terbilang simple untuk di re-cook meskipun kamu baru pertama kali membuatnya. Menu satu ini tak kalah enak bahkan memiliki kandungan penuh gizi.

Untuk bahan sambel, halus kan semua bahan seperti cabai, bawang putih dan bawang merah. Setelah halus, tumis bumbu lalu tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas agar aromanya semakin harum. Bila perlu tambahkan air sedikit dan masukkan bahan utamanya.

5. Ayam Kecap Jeruk Limau

menu masakan sehari-hari agar tidak bosan
Sumber: endeus.tv

Siapa sih yang gak suka dengan menu masakan berbahan dasar ayam? Hampir semua rata-rata menyukai hidangan jenis apapun jika bahannya adalah ayam. Bagi yang favoritnya adalah ayam kecap, kini bisa di kreasikan dengan menambahkan perasan jeruk limau yang menyegarkan.

Bukan hanya berpengaruh pada rasa yang sedikit kecut menyegarkan, aroma nya masakannya pun akan semakin menggoda. Untuk membuat salah satu ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan ini mudah sekali.

Mulai dengan menumis bumbu yang terdiri dari bawang bombai, bawang putih, daun salam, dan cabai rawit. Setelah keluar aroma nya, tambahkan air, perasan jeruk limau, garam, gula, dan merica secukupnya.

6. Cumi Asin Cabe Ijo

menu masakan sehari-hari agar tidak bosan
Sumber: Instagram/reez0609

Menu menarik selanjutnya adalah cumi asin cabe ijo. Daya tarik cumi asin memang sulit untuk ditolak, apalagi dipadukan dengan bumbu ijo yang nagih. Kombinasi ini cocok dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk. Tepat sekali jika masuk dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan.

Cara buatnya pun gampang. Cumi asin yang sudah direndam di air hangat hanya perlu digoreng setengah matang. Di sisi lain silahkan tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang-bawangan, cabai rawit, cabai hiaju, tomat, gula, dan sedikit air.

7. Gurame Bakar Mentega

menu masakan sehari-hari agar tidak bosan
Sumber: Instagram/cheche_kitchen

Tak akan lengkap daftar menu rasanya jika belum mengolah ikan. Kali ini ada menu spesial ikan gurame bakar mentega yang dijamin nikmat untuk hidangan bersama keluarga. Yang membuat masakan ini istimewa adalah kombinasi semua bahannya, mulai dari jenis ikan dengan protein tinggi, dipadukan dengan bumbu bakar dan aroma mentega.

  8 Cara Menarik Menambahkan Warna, Tekstur dan Corak Dalam Kamar Mandi

Nah, jika kamu memang sedang ingin membuat menu istimewa yang bahannya lebih berbobot ini, segera siapkan bahannya! Mulai dari ikan gurame sekitar 1kg, mentega, bawang putih, jeruk nipis, kecap manis, dan berbagai bumbu penyedap.

8. Udang Tempura Home Made

Ingin berkreasi lebih? Udang tempura ala rumahan bisa kamu buat dengan berbagai panduan yang ada. Hidangan satu ini bahkan cocok masuk list menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Ini menjadi pilihan menarik dan sesekali layak untuk dicoba.

Untuk bahannya cukup menyiapkan 200 gram udang, tepung krispi, dan tepung roti untuk baluran luar. Setelah udang dicuci, larutkan tepung kripsi dengan wadah berisi air dan celupkan. Setelahnya, balurkan tepung roti agar semakin renyah.

Jika sudah siap, goreng udang dalam minyak panas sedang, tunggu hingga matang atau berwarna kecoklatan. Untuk dihidangkan, susun udang tempura dengan rapi dan tambahkan saus sambal.

9. Tumis Jamur Tiram

Untuk menambah variasi, ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan selanjutnya adalah tumis jamur tiram. Cara mengolahnya terbilang mudah, jamur tiram hanya perlu dibersihkan dan diiris sesuai ukuran yang diinginkan.

Untuk bumbunya, silahkan tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai yang sudah diiris tipis, masak hingga harum! Barulah masukkan jamur sampai layu, tambahkan potongan tomat jika perlu dan masukkan penyedap rasa secukupnya seperti garam, gula, dan merica. Sesederhana ini, kamu sudah bisa menyajikan hidangan lezat bergizi.

10.  Ayam Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal khas Bali yang kini sudah melokal di berbagai daerah di Indonesia, karena rasanya yang cocok di lidah pribumi. Tidak hanya dijadikan sebagai pelengkap ketika makan nasi, ternyata sambal matah bisa diolah dijadikan hidangan utama bersama bahan lain.

Sebagai ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, ayam sambal matah patut masuk daftar resep masakanmu selanjutnya. Perpaduan antara ayam dengan rempah yang beraneka ragam, dijamin membuat makanan lebih kaya akan rasa dan kandungan gizinya.

11. Tempe Bacem

Untuk menu masakan sederhana ramah budget, tempe bacem bisa dijadikan opsi. Meskipun termasuk murah, namun campuran bumbu manisnya membuat masakan tempe menjadi lebih nikmat. Tempe pun tak kalah soal kandungan gizi, karena terdapat protein yang tinggi.

Untuk bumbu nya, hanya perlu menyiapkan bahan seperti lengkuas, daun salam, gula merah, air asam jawa, hingga kecap manis.

12. Gulai Ayam

Bumbu gulai yang khas memang membuat masakan semakin sedap, apalagi dimasak dengan bahan utama daging ayam. Kamu bisa memasak gulai ayam sebagai ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan.

Untuk membuat kuah gulai yang khas, bumbu yang harus dipersiapkan diantaranya jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, santan, daun salam, sereh, hingga daun jeruk. Semua bahan ketika bersatu padu dan telah matang, akan menciptakan aroma yang wangi.

13. Tumis Brokoli

Group Fresh green curry blocks in the dish.
Group Fresh green curry blocks in the dish.

Kembali ke menu sederhana yang ramah budget namun tetap menyehatkan, kali ini ada tumis brokoli. Menu masakan satu ini bisa dimasak dengan cara pada umumnya, hanya saja detail bumbu khususnya perlu dipersiapkan.

Pertama yang perlu kamu siapkan adalah brokoli yang masih segar dan hijau, bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap, dan penyedap. Semua bahan hanya perlu ditumis seperti biasa.

14. Tom Yum Seafood Home Made

Selanjutnya membuat tom yum khas rumahan juga menjadi ide yang bagus untuk mengganti menu yang lebih baru.

Seperti yang kita tahu, tom yum seafood menjadi salah satu makanan yang banyak disukai, terutama di asia. Kuahnya yang khas dengan hidangan makanan laut, menjadikannya kombinasi yang lezat. Maka ini bisa menjadi referensi menu masakan sehari-hari agar tidak bosan.

Bahan utama seafood yang dipakai bisa berupa udang, cumi, crabstick, chikuwa, dumpling, sosis, sayuran, tofu, jamur enoki, dan lain sebagainya sesuai selera masing-masing. Tak lupa kunci utamanya ada di kuah tom yum yang khas.

15. Ikan Masak Belimbing

Kembali ke olahan ikan lagi, kini bisa dibuat menjadi menu ikan masak belimbing agar lebih berbeda dan mencoba hal baru. Bumbu halus dasar ditambah cabai, daun salam, lengkuas, dan penyedap rasa menjadi kuncinya.

Ketika di tumis sampai harum, tambahkan air hingga mendidih. Barulah masukkan ikan dan potongan belimbing segar secara bersamaan. Setelah matang, menu masakan tersebut akan menghidangkan citarasa yang kompleks antara manis dan gurih.

16. Telur Ceplok Kecap

Crispy Omelet Topped With Minced Pork and Mixed Vegetables Sauce
Crispy Omelet Topped With Minced Pork and Mixed Vegetables Sauce

Banyak menjadi andalan anak kos dan makanan sehari-hari keluarga, telor memang menjadi andalannya. Akan tetapi untuk membuatnya lebih berbeda, ia bisa diolah menjadi telur ceplok kecap yang sederhana dan enak. Ini pun menjadi inspirasi lain menu masakan sehari-hari agar tidak bosan.

  10 Ide Menu Masakan Seminggu Murah Meriah Anti Bosan

Caranya pun mudah, cukup dengan menggoreng telur mata sapi lalu sisihkan. Setelah itu masak perbumbuan, seperti bawang putih, bawang merah, irisan cabai, hingga daun bawang. Tumis bumbu lalu tambahkan kecap manis, kecap asin, merica, tambahkan air dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu masukkan telur ceplok.

17. Rendang Sapi

Kurang afdhol rasanya jika belum pernah mencoba membuat masakan yang sudah di acungi jempol soal rasanya, seperti rendang daging sapi. Bahkan olahan daging khas Minang ini termasuk jajaran makanan terenak di dunia.

Meskipun bisa dibeli di mana saja, ada kalanya kita ingin mencoba mengeksplorasi keahlian memasak dan menghidangkan yang terbaik untuk keluarga, bukan? Daging sapi yang empuk diberikan bumbu khas seperti dari kunyit, pala, daun jeruk, serai, daun salam, kecap, santan, dan garam.

18. Ayam Betutu Ala Bali

Masih banyak ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan yang bisa kamu temukan. Kali ini ayam betutu ala Bali patut berpartisipadi menghiasi hidangan di meja makan kamu dan keluarga.

Masakan khas Pulau Dewata ini berbahan dasar daging ayam utuh yang diolah bersama bumbu base genep ditambah sambal matah sebagai pelengkap, menjadikannya santapan yang sulit untuk dilewatkan.

19. Pasta Spaghetti Ala Italia

Sedikit move on dari cita rasa lokal, kali ini kamu bisa mencoba membuat pasta favorit orang Italia hanya dari rumah. Berbekal resep dari internet kini semua menjadi sangat mudah.

Pilihan pasta yang dibuat bisa berupa aglio olio, bolognese, spaghetti alfredo, atau lainnya. Ditambah dengan bumbu pasta instan yang kini sudah tersedia di berbagai market. Lalu bumbu pasta dapat dimasak dengan tambahan irisan bawang bombay, sosis, dan penyedap rasa secukupnya.

20. Gudeg Khas Jogja

Kembali ke cita rasa lokal, gudeg yang nikmat juga bisa menjadi pilihan menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Sayur ini terdiri dari nangka muda yang dipotong-potong lalu dimasak dengan santan. Orang-orang familiar menikmati gideg bersama hidangan lainnya seperti goreng tahu, tempe, telur, atau daging ayam.

Baca Juga: 7 Daftar Menu masakan sehari-hari yang sederhana Dalam seminggu

21. Ketoprak

menu masakan sehari-hari agar tidak bosan
Sumber:Celebesnetwork.com

Untuk hidangan rumahan yang lebih berbeda, ketoprak juga bisa menjadi pilihan sesekali yang bisa dibuat. Karena ada ketupat atau lontong sebagai salah satu bahan dengan sumber karbohidrat, menjadikan santapan ini lengkap dan pas disantap kapan pun.

Meskipun banyak dijual oleh pedagang kaki lima, namun tak ada salahnya sesekali membuat sendiri. kamu hanya perlu menyiapkan bahan lainnya seperti tahu, bihun, sayuran, hingga kerupuk. Untuk bumbu kacang nya bisa menggunakan yang instan maupun mengolah sendiri.

22. Rawon

Mendengar kata rawon, sepertinya cocok menjadi ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan. Masakan khas Jawa Timur ini bahkan termasuk kuliner tradisional yang banyak disukai karena berkuah bumbu yang khas.

Bahan dasar yang digunakan adalah daging sapi dimasak dengan kuah berwarna hitam yang lezat. Rahasianya adalah penggunaan kluwek yang direbus lalu dicampurkan dengan kuah kaldu sapi

23. Nasi Goreng Sederhana Spesial

fried rice with sausage and fried egg
fried rice with sausage and fried egg

Ketika ide sedang stuck memikirkan menu berikutnya, mungkin memasak nasi goreng adalah andalan selanjutnya. Nasi goreng bahkan mudah dimasak oleh siapapun, serta mudah di kreasikan seperti apapun.

Kamu bisa memasak santapan sederhana ini, namun dilengkapi campuran bahan yang cukup lengkap sehingga menggugah selera. Nasi goreng sangat cocok disatukan dengan campuran seafood, suwiran ayam, pokcoy, sawi putih, sosis, telur, atau pilihan pelengkap lainnya.

Jangan lupa buat bumbunya seenak mungkin karena kuncinya ada di sini. Nasi goreng juga biasa dihidangkan bersama kerupuk.

24. Mie Aceh

menu masakan sehari-hari agar tidak bosan
Sumber: Insiden24.com

Ingin menu masakan sehari-hari agar tidak bosan yang lebih baru lagi? Kali ini kamu bisa coba membuat mie Aceh. Alih-alih selalu mencoba dalam bentuk varian mie instan, kamu bisa mengkreasikan mie Aceh dengan mudah.

Santapan tersebut biasanya terdiri dari mie kuning basah, daging sapi 100 gram yang dipotong dadu, tauge, cuka, bawang merah, bawang putih, daun bawang, tomat, gula pasir, kaldu bubuk, lada bubuk, hingga kecap manis.

25. Lotek Khas Sunda

Mirip-mirip dengan ketoprak, lotek dari Sunda juga bisa dicoba. Bedanya, bumbu kacang ditambah kencur, jeruk limau, dan bisa juga ditambah asam jawa. Untuk isiannya bisa berupa sayuran mentah atau masak.

Tips memilih Ide menu Masakan Sehari-hari

Tips Penjelasan
Buat Jadwal Menu Mingguan Buat jadwal menu mingguan yang mencakup berbagai jenis makanan, seperti daging, ayam, ikan, sayuran, dan makanan sumber protein lainnya. Ini membantu Anda merencanakan variasi.
Pertimbangkan Rasa dan Tekstur Pertimbangkan variasi dalam rasa dan tekstur makanan. Misalnya, kombinasikan makanan renyah dengan makanan lembut, manis dengan asin, dan pedas dengan gurih.
Eksplorasi Masakan Berbeda Coba masakan dari berbagai kultur dan tradisi. Ini memberikan peluang untuk mencicipi hidangan baru dan mencoba resep-resep tradisional.
Manfaatkan Musim dan Bahan Segar Selalu manfaatkan musim dan bahan segar yang tersedia. Ini bukan hanya lebih sehat, tetapi juga memberikan variasi dalam menu Anda sepanjang tahun.
Koreksi Menu yang Sama Jika ada hidangan yang Anda nikmati, variasikan dengan cara yang berbeda. Misalnya, ubah bumbu atau saus, atau gabungkan dengan sisi yang berbeda.

Kesimpulan

Ide Menu Masakan Sehari-Hari Agar Tidak Bosan
Ide Menu Masakan Sehari-Hari Agar Tidak Bosan

Intinya, ide menu masakan sehari-hari agar tidak bosan bisa didapatkan dari manapun dan tersedia luas. Kamu bisa mencari referensi dari makanan khas lokal Indonesia, modern, hingga mancanegara sekalipun. Itulah 25 inspirasi ide menu versi Capcus.id yang bisa kamu recook kapan saja.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay