News  

Timnas Indonesia Juara AFF U16 Tahun 2022, Kemenangan Kedua Kali Setelah Tahun 2018

Timnas Indonesia Juara AFF U16 Tahun 2022, Kemenangan Kedua Kali Setelah Tahun 2018
Momen pertandingan Final Kejuaraan AFF U16 2022 Vietnam melawan Indonesia (Sumber: instagram/affu16championship)

Capcus.id – Kompetisi sepak bola Piala AFF U16 tahun 2022 telah sampai ke babak final. Pada babak final yang mempertemukan Indonesia dengan Vietnam, Timnas Indonesia U-16 berhasil unggul 1-0 dan menjadi juara Piala AFF U16 tahun 2022.

Bersumber dari wikipedia, ternyata kemenangan tahun ini bukanlah yang pertama kali untuk Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U16.

Pada tahun 2018, untuk pertama kali setelah 15 kali ajang Piala AFF U16 digelar, akhirnya Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan menjadi pemenang di Piala AFF U16 tahun 2018. Pada saat itu, Timnas Indonesia bertanding di babak final dengan Timnas Thailand.

Beberapa kali juga Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang kompetisi sepak bola internasional tahunan yang diperebutkan oleh tim nasional dari Federasi Sepak Bola ASEAN dan negara-negara undangan dari Asia dengan kelompok usia dibawah 16 tahun ini. Pada tahun pertama Piala AFF U16 ini, Indonesia dan Malaysia menjadi tuan rumah. Kemudian Indonesia menjadi tuan rumah lagi di tahun 2008, 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Bukan hanya Federasi Sepak Bola ASEAN, AFF U16 ini juga menyertakan beberapa negara undangan di luar negara ASEAN seperti Australia, Timor Leste, Bahrain, Bangladesh, Tiongkok, dan Jepang. Bahkan Piala AFF U16 ini pernah beberapa kali dimenangkan oleh negara undangan yaitu Jepang dan Australia.

Dikutip dari KOMPAS.com – Timnas U16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U16 2022 setelah mengalahkan Vietnam pada partai final.

Duel Indonesia vs Vietnam pada laga final Piala AFF U16 2022 berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam WIB, tuntas dengan skor 1-0.

Gol semata wayang yang membawa timnas U16 Indonesia juara dicetak oleh Kafiatur Rizky pada babak pertama tepatnya menit ke-45+1.

  7 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok 2022

Masih dikutip dari KOMPAS.com yang menjelaskan jalannya pertandingan secara rinci, disampaikan bahwa pertandingan sudah berjalan intens sejak awal babak pertama. Indonesia mencoba membangun serangan dan menghasilkan peluang pada menit ketiga.

Sebuah tendangan bebas meluncur ke kotak penalti Vietnam, tetapi tandukan pemain Indonesia belum berhasil memberikan ancaman bagi kiper lawan Pham Dinh Hai.

Kesempatan lagi bagi timnas U16 Indonesia pada menit kelima. Namun, Rifki Afrisal kalah cepat dan bola lebih dulu diamankan Pham Dinh Hai.

Saat pertandingan berjalan enam menit, Garuda Asia (julukan timnas U16 Indonesia) mendapat peluang dari tendangan bebas. Bola mengarah langsung ke gawang Vietnam yang dicoba dikejar Arkhan Kaka. Namun, kiper Vietnam lebih dulu menepis si kulit bulat.

Indonesia kembali melancarkan serangan ke lini pertahanan Vietnam pada menit ke-12. Figo Dennis melakukan percobaan, tetapi tendangannya masih terlalu jauh dari gawang Vietnam.

Timnas U16 Indonesia berhasil membuka keunggulan pada injury time melalui aksi Kafiatur Rizky.

Menerima umpan di dalam kotak penalti, ia melewati satu pemain Vietnam sebelum melepaskan tendangan melengkung dan bola bersarang di pojok kanan atas gawang lawan.

Skor 1-0 bertahan hingga laga usai. Ini merupakan gelar kedua Garuda Asia di pentas Piala AFF U16 setelah edisi 2018.