Bilamana Atasan Meminta Anda Menggunakan Fasilitas Kantor Untuk Keperluan Pribadinya – Pemberitahuan Penting Peluncuran Server Terjadwal pada hari Minggu, 26 Juni, 02.00 – 08.00. Situs ini akan mati selama waktu yang dijadwalkan!
LATIHAN MANAJEMEN PERJALANAN Catatan: Tugas terperinci berikut ini dapat dilakukan di lingkungan simulasi atau di tempat. Tugas-1 Kegiatan berfokus pada peran berbagai jenis pemandu wisata dan hubungannya dengan sektor industri. Mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk merumuskan dan mendiskusikan: Pengertian pemandu Jenis-jenis pemandu Kegiatan sehari-hari untuk masing-masing jenis pemandu Manfaat peran pemandu Hubungan pemandu dengan berbagai sektor industri Tugas- 2 Sumber informasi dalam sektor yang diketahui dan evaluasi Evaluator meminta Anda untuk mencari informasi tentang gagasan dan praktik lingkungan saat ini yang mendukung pedoman. Cari informasi, tinjau informasi dan diskusikan proses yang Anda gunakan. Ini bisa berupa: Seminar industri Mengerjakan kursus pelatihan Tur promosi Partisipasi dalam kegiatan asosiasi pemandu wisata Penelitian formal dan informal Penelitian internet Tugas-3 Sumber informasi dalam sektor dikumpulkan dan dievaluasi. untuk memecahkan masalah. Usaha Jasa Pariwisata – 305
Bilamana Atasan Meminta Anda Menggunakan Fasilitas Kantor Untuk Keperluan Pribadinya
Manajemen Perjalanan Tugas-4 Pengetahuan tentang industri dan peningkatan kualitas layanan perjalanan Anda bekerja untuk biro perjalanan lokal. Atasan Anda meminta Anda untuk menggunakan pengetahuan industri Anda tentang jadwal dan tujuan penerbangan lokal untuk memberi tahu wisatawan Anda saat ini. Tugas-5 Jaringan industri dan pariwisata Anda bekerja untuk perusahaan perjalanan besar. Supervisor Anda telah meminta Anda untuk mencari informasi tentang (masalah etika saat ini). Kode etik kepemimpinan menyatakan: “Seorang pemimpin ketika memimpin harus memiliki pengaruh yang baik pada budaya, agama dan negaranya” Menggunakan jaringan industri dan kepemimpinan, cari jawaban terkait topik ini Tulis dan tulis informasi dalam bentuk laporan. Kirim ke pelatih Anda untuk ditinjau dan umpan balik. Presentasikan hasil investigasi kepada pelatih dan kelompok Anda. Tugas-6 Kegiatan kepemimpinan, persyaratan hukum yang menentukan (dalam) industri Contoh persyaratan hukum yang harus dijelaskan oleh seorang pemimpin Alasan diperlukannya tugas dan tanggung jawab kepemimpinan ini. Tugas-7 Pertimbangan etis dalam kepemimpinan Pelatih meminta etika pertanyaan siswa untuk dipertimbangkan. Tulis jawaban Anda dalam bentuk laporan dan kirimkan ke guru untuk penilaian dan umpan balik. Usaha Jasa Pariwisata – 306
Bank Soal Teori Kerjuruan Ap Otkp 21 Dicetak
Pemandu Wisata Tugas-8 Persyaratan keselamatan dalam eksplorasi Anda bekerja sebagai pemandu wisata di daerah Anda Pilih salah satu tugas yang menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemandu wisata Identifikasi peran dan penerapan aturan keselamatan dalam tugas Anda Tulis jawaban Anda dalam bentuk laporan dan berikan kepada pelatih Anda untuk evaluasi dan umpan balik Tugas-9 Perbarui pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemandu wisata Anda bekerja sebagai pemandu wisata di daerah setempat Kembangkan pengetahuan Anda tentang tempat-tempat wisata utama di daerah Anda menggunakan beberapa metode/metode dijelaskan oleh pelatih Anda. Tulis temuan Anda dalam bentuk laporan dan kirimkan ke instruktur Anda untuk evaluasi dan umpan balik ******** Bisnis Jasa Pariwisata – 307
Manajemen Perjalanan3. Layanan Transportasi Inbound dan Outbound ———————————– — — —— ————————————————– ————————————————– ————————————————– ————————————————– ————————————————– ————————————————– ———————- lebih lanjut bandara/pelabuhan/terminal/stasiun tempat wisatawan pertama kali tiba atau dipandu oleh pemandu wisata. Transfer-out adalah layanan pemberangkatan wisatawan di bandara/pelabuhan/terminal/stasiun tempat wisatawan terakhir berada di area wisatanya yang diberikan oleh pemandu wisata. TRANSPORT-IN 1. Tata cara dan informasi kedatangan wisatawan adalah: Identifikasi jenis angkutan/kendaraan untuk terminal di daerah setempat. Ini termasuk, antara lain: o Bandara domestik o Bandara internasional o Terminal bus o Stasiun kereta api o Pelabuhan laut. Bacalah informasi di papan informasi tentang kedatangan/keberangkatan, seperti: o Nomor penerbangan o Perkiraan waktu kedatangan o Perkiraan waktu keberangkatan o Nomor gerbang Lakukan tindakan yang diperlukan untuk mengubah jadwal: Beritahu kantor/perusahaan Beritahu hotel/ akomodasi Staf Menginformasikan orang lain seperti supir bus. Usaha Jasa Pariwisata – 308
Manajemen tur2. Metode Akses Transportasi Jenis penyedia jasa transportasi adalah: o Perusahaan bus o Perusahaan limosin o Perusahaan taksi Hal-hal yang perlu disebutkan: o Alamat / nomor telepon penyedia layanan transportasi. o Jenis transportasi yang tersedia/disediakan o Nomor kendaraan o Nama pengemudi Catatan: kita harus menghubungi dan mengkonfirmasi waktu dan tempat yang sesuai dengan perusahaan transportasi sebelum kedatangan wisatawan/pelanggan.3. Teknik promosi diri adalah: o Papan nama o Tempat tidur o Seragam o Payung/bendera o Tanda pengenal Jika hal di atas tidak dilakukan, kemungkinan: o Keluhan/keluhan pelanggan o Kehilangan wisatawan di titik penjemputan (hal ini dapat disebabkan banyak hal) o Kebingungan dan pemborosan waktu yang berharga. Dalam menjalankan aktivitasnya, pemandu wisata harus mengetahui fasilitas yang tersedia di terminal, antara lain: o Pusat Informasi o Ruang tunggu o Area check-in o Ruang bayi o Ruang sholat o Ruang istirahat / toilet o Area pertukaran o Bank dan restoran o Gerbang masuk dan keberangkatan o Airlines, hotel, tempat penyewaan mobil. o Tempat memesan Taksi o Tempat pertemuan dengan rombongan wisatawan Pemandu wisata harus memahami tata cara penerimaan dan peraturan yang berlaku di terminal. Usaha Jasa Pariwisata – 309
Contoh Panduan Perjalanan: Bisakah pelanggan ditemui di pengambilan bagasi? Apakah ada tempat khusus untuk menyambut wisatawan? Bisakah pelanggan mengambil/membawa bagasi mereka sebelum menyelesaikan urusan mereka di bea cukai? Daftar nama penumpang dan rincian lengkapnya sangat dibutuhkan untuk mencatat/mengetahui informasi tentang hal-hal berikut, antara lain: o Kedatangan o Absensi o Informasi atau penjelasan lain o Hal-hal lain yang tercantum pada daftar nama penumpang: ° Jumlah dan nama penumpang yang harus dihubungi ° Informasi kedatangan termasuk waktu kedatangan, nomor penerbangan, kendaraan/bus atau kereta api ° Lokasi kedatangan, stasiun atau terminal. ° Tempat berkumpul ° Konfirmasi moda transportasi dan waktu dengan penyedia jasa transportasi ° Tempat keberangkatan dan kendaraan yang disiapkan ° Checklist bagasi ° Daftar barang yang diangkut.4. Pemindahan bagasi dari terminal biasanya dilakukan sebelum kedatangan wisatawan. Ini termasuk: o Pengulangan waktu dan lokasi penjemputan o Pengemudi/pengemudi tiba satu jam sebelum kedatangan di terminal. o Menginformasikan kepada pengemudi tentang lokasi penjemputan o Menyiapkan biaya parkir dan pajak untuk pengemudi/pengemudi o Pengambilan bagasi tepat waktu penting karena: o Wisatawan tidak khawatir dan dapat melihat bahwa semuanya sudah dikemas dengan baik. o Menunjukkan profesionalisme dalam berbisnis o Menghemat waktu Prosedur Penanganan Bagasi: o Menyiapkan checklist bagasi untuk mengecek jumlah bagasi yang dibawa. o Kumpulkan dan hitung barang bawaan sesuai dengan daftar penumpang saat ini. Usaha Jasa Pariwisata – 310
Ikpln News Edisi 12
Tour Guidingo Atur transfer bagasi o Pastikan bagasi yang Anda bawa adalah bagasi yang benar. o Jumlah bagasi yang benar diperlukan untuk menghindari kehilangan bagasi. Langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi kehilangan bagasi: o Laporkan “Lost and Found” (hilang ) o Dapatkan kuitansi o Laporkan kehilangan ke kantor atau biro perjalanan o Hubungi/hubungi langsung untuk melihat progres pencarian dan hasilnya ke yang bersangkutan mengumumkan o Jika tas tidak ditemukan, laporkan kehilangan tersebut kepada penyedia jasa terkait. Proses penyambutan dan pengenalan umum terdiri dari: Sambutan umum: Salam: selamat pagi, siang atau malam Alamat: tergantung pada jenis wisatawan Dear Sir atau Madam Dear Sir atau Madam Atas nama: (nama biro perjalanan atau perusahaan), saya ingin menyambut Anda semua… (lokasi) Pendahuluan: Tatap mata dengan Nama saya……dan nama pengemudi Anda….(Jangan lupa untuk tersenyum, percaya diri, turis) Kirim beberapa informasi tentang: Rencana/acara terkini Masalah keselamatan dan keamanan Tata krama dan budaya lokal (lokal) Mereka harus berbicara: o Selamat datang o Ramah o Berpengetahuan luas o Pikirkan tentang latar belakang budaya para wisatawan.6. Sosialisasi Akses Informasi kepada wisatawan mengenai transportasi/transfer, antara lain: o Lokasi kendaraan o Tata cara penataan barang o Pengaturan waktu kedatangan di lokasi Jasa Layanan Pariwisata – 311
Manajemen Perjalanan o Lokasi terminal akomodasi/penginapan wisata o Siapkan informasi penting (untuk dilakukan oleh pemandu) seperti: Nama hotel, lokasi, jumlah fasilitas dan fasilitas yang tersedia seperti brankas, koneksi internet.7. Penyampaian Informasi Akses Klien/wisatawan harus diberi tahu tentang pengaturan tur yang akan datang, baik sesuai jadwal mereka atau ditawarkan sebagai tur opsional atau tambahan di luar jadwal. Detail dapat mencakup: o Jenis tur, seperti tur kota o Waktu/tanggal keberangkatan o Lokasi keberangkatan o Durasi tur o Informasi tentang pakaian, alas kaki, dan perlengkapan lain yang akan dikenakan o Apakah ada biaya tambahan. Informasi untuk wisatawan Beberapa informasi yang harus disampaikan kepada wisatawan adalah: Waktu setempat Wisatawan harus mengatur/menyesuaikan jam mereka pada saat kedatangan. Sangat penting untuk mengetahui perbedaan waktu pada saat kedatangan: Contoh: Waktu Singapura 1 jam lebih awal dari Jakarta Waktu Bali 1 jam lebih awal dari Jakarta Waktu Irian/Papua 2 jam lebih cepat dari Jakarta Jam Kantor: (dapat bervariasi, tetapi umum) Senin sampai Kamis : 08.00 -17.00 (makan siang: 12.00-13.00) Jum’at: 08.00-17.00 (Waktu shalat jumat mesjid jam 11.30-13.00) Pembagian Waktu: Ada 3 pembagian waktu di Indonesia menurut wilayah: Waktu Indonesia Barat (GMT+7 jam) Waktu Indonesia Tengah (GMT+8 Jam) Waktu Indonesia Bagian Timur (GMT+9 Jam) Wisatawan harus diberitahu tentang nilai tukar dan masalah mata uang Contoh: Mata uang Indonesia adalah Rupiah (IDR/Rp ) Nilai tukar Rupiah saat ini adalah: untuk 1 .00 US$ = Rp…… Usaha Jasa Pariwisata – 312
Pengurusan Perjalanan Kondisi uang kertas yang akan ditukarkan adalah : Bersih (tidak ada coretan atau tulisan) Mulus (tidak terlalu tipis) Tidak sobek Nilai tukar dapat berubah karena hal-hal seperti : Pertumbuhan atau penurunan ekonomi Perkembangan politik seperti pergantian kepemimpinan Keamanan keprihatinan. Mata uang utama yang diterima adalah: Dolar AS Dolar Singapura Dolar Australia Dolar Kanada Dolar Belanda Dolar Jerman Guilder Ringgit Malaysia Sterling Mata uang asing dapat ditukar di: Bank: Bank Umum/Swasta/asing Penukaran uang: di seluruh kota Hotel, resor Indonesia dianggap biasa walaupun tidak diwajibkan, tetapi tergantung pada jenis dan kualitas layanan yang diberikan. Di beberapa restoran, biaya layanan sudah termasuk dalam tagihan. Pemandu wisata harus selalu diberi tahu jika pajak diperlukan.