Proses Penyerapan Panas Pada Evaporator Berlangsung Karena – 2 Pendahuluan Eksperimen telah menunjukkan bahwa air dan bensin, yang tekanannya diturunkan, menguap lebih cepat. Demikian pula dengan titik didih air pada ketinggian tertentu (di atas gunung), air lebih cepat menguap dibandingkan pada permukaan laut dengan tekanan 1 atmosfer, karena di atas gunung dengan ketinggian tertentu tekanan udaranya kurang dari 1 atmosfer.
3 Jika kita menaruh bensin di jari kita, seperti yang ditunjukkan pada gambar, maka udara dihembuskan, jari menjadi dingin. Ini karena bensin mengambil panas dari jari kita, dan akibatnya bensin menguap menjadi gas.
Proses Penyerapan Panas Pada Evaporator Berlangsung Karena
Penguapan akan menyebabkan panas diserap. Proses peningkatan dan penurunan tekanan, seperti dijelaskan di atas, terjadi secara alami. Agar proses ini dapat diterapkan pada sistem AC, maka sistem AC harus terdiri dari bagian-bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan agar dapat terjadi penguapan dan penyerapan kalor. Secara sederhana, bagian-bagian sistem AC dapat dilihat pada gambar: Refrigeran bertekanan tinggi dari kompresor berbentuk gas. refrigeran yang didinginkan oleh kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair. , yang telah dikurangi tekanannya melalui katup ekspansi, berubah bentuk menjadi uap. menyerap panas di evaporator berubah menjadi gas
Komponen Dan Prinsip Kerja Mesin Pendingin
5 Refrigeran gas di bawah tekanan kompresor (1) bersirkulasi dalam sistem AC. Di bawah tekanan, refrigeran menjadi panas. Kondensor (2) akan mendinginkan refrigeran (kondensasi), sementara tekanan refrigeran tetap tinggi dan berubah menjadi cair. Filter (3) akan menyerap kelembapan dan menyaring kotoran di dalam refrigeran sehingga tidak bersirkulasi di dalam sistem. Tekanan zat pendingin dalam sistem dikurangi melalui katup ekspansi (4), yang berubah dari cair menjadi uap. Evaporator akan mengumpulkan panas di sekitarnya, menyebabkan refrigeran menguap menjadi gas dan kembali ke kompresor. Proses ini berlanjut seperti sebelumnya.
Sebutkan bagian-bagian sistem AC mobil pada gambar di atas yang sudah terpasang pada mobil. Mengapa kondensor dipasang di bagian depan mobil (di depan radiator)? Agar panas radiator tidak berpindah ke kondensor sehingga pendinginan kondensor dapat bekerja dengan sempurna. Fungsi sistem AC pada mobil Memberikan kesejukan pada interior mobil Mencegah udara kotor masuk ke dalam interior Menghilangkan pengembunan pada kaca mobil dengan cepat pada saat cuaca hujan atau lembab
9 Saat hujan atau udara terlalu lembab, kondensasi terbentuk di kaca depan mobil sehingga menghalangi pandangan. Pengembunan dapat langsung dihilangkan saat sistem AC dihidupkan, karena udara yang keluar dari sistem AC cukup kering dan kelembapannya cepat hilang. Udara kotor dari luar juga dibersihkan oleh evaporator, karena sebelum udara kotor masuk ke dalam ruangan terlebih dahulu disaring oleh evaporator. Agar pendinginan lebih merata saluran udara dingin dibuat lebih besar dan sirkulasi diarahkan ke atas, karena sifat udara dingin itu sendiri akan turun. Ini akan dibalik jika sistem pemanas digunakan. Pada sisi dekat kaca belakang dibuat ventilasi agar udara dapat keluar dari dalam ruangan, hal ini juga dimaksudkan untuk sirkulasi udara yang baik pada ruangan dekat kaca belakang.
Memberi tekanan pada refrigeran sehingga mengalir (bersirkulasi) di dalam sistem. Secara umum kompresor ada dua jenis yaitu : Kompresor reciprocating Kompresor putar Untuk menggerakkan kompresor menggunakan tenaga mesin mobil itu sendiri atau menggunakan motor penggerak terpisah Kompresor Kondensor
Cara Kerja Air Conditioner (ac) Beserta Komponen Dan Fungsinya
Kondensor berfungsi mendinginkan refrigeran yang telah diberi tekanan oleh kompresor. Refrigeran bertekanan tinggi dikeluarkan (dipulihkan) dari kompresor panas melalui kondensor panas, dan refrigeran berubah bentuk menjadi cairan.
12 Filter Uap air merupakan kendala yang paling utama pada sistem AC karena uap air menyebabkan pembekuan (es) pada saluran sistem terutama pada katup ekspansi sehingga menyebabkan sistem AC tidak berfungsi dengan baik. Filter digunakan untuk menyerap uap air dan kotoran kecil di dalam sistem.
13 Katup ekspansi. Tekanan refrigeran yang telah diembunkan oleh kondensor harus dikurangi oleh katup ekspansi agar refrigeran dapat menyerap panas di sekitar evaporator. Katup ekspansi ini terhubung ke saluran masuk evaporator (dalam satu unit).
Di evaporator, refrigeran menyerap panas dan berubah menjadi gas. Agar evaporator dapat membuang panas dengan sempurna, maka evaporator dilengkapi dengan motor blower yang juga berfungsi untuk meniupkan udara dingin ke dalam interior kendaraan. Evaporator dan blower dipasang di mobil
Prinsip Kerja Mesin Pendingin
16 Refrigeran Saat ini refrigeran yang digunakan pada AC mobil adalah freon (CF2 Cl2) dengan nomor kode R – 12 R = Refrigeran Refrigeran R-12
Kompresor. Energi mekanik motor penggerak diubah menjadi energi pneumatik oleh kompresor, sehingga refrigeran bersirkulasi dalam instalasi sistem AC. Secara umum, ada 2 jenis kompresor.
Kompresor reciprocating : terdiri dari beberapa bentuk gerakan piston : tegak lurus, memanjang, aksial, radial dengan sudut (model V) untuk menghisap dan memampatkan refrigeran melalui gerakan piston di dalam silinder kompresor. Kompresor putar. Pergerakan rotor pada stator kompresor menghisap masuk dan mendorong refrigerant. .
Katup hisap terbuka karena isapan dari piston Refrigeran masuk ke silinder Katup tekanan tertutup Katup tekanan terbuka karena tekanan piston pada refrigeran Katup hisap tertutup
Prinsip Kerja Air Conditioning
Saat hisap, katup hisap membengkok ke bawah karena hisapan piston … saluran hisap terbuka, sebaliknya, saat tekanan mendorong, katup pelepasan menekuk ke atas.
Mekanisme Rotari Piston Rocker Mounting Plate Plate Bearing Mekanisme Rotari dan Mekanisme Rocker Poros Kompresor Kompresor jenis ini akan terlihat lebih kecil diameternya dan housing tidak akan terlalu panjang.
Piston Cylinder Steel ball Bearing Shaft Rocker plate Dengan bantuan mekanisme rocker plate (6), gerakan piston dapat dibalik. Kompresor ini memiliki body yang panjang dibandingkan kompresor piston longitudinal, sehingga dapat dipasang di ruang mesin yang kecil/sempit, namun cukup besar untuk arah longitudinal.
Agar gerakan piston di dalam silinder bisa menuju diameter luar kompresor, dipasang eksentrik pada poros kompresor. Kompresor jenis ini paling baik dipasang di ruang mesin yang sempit, tetapi cukup lebar searah dengan diameter kompresor.
Proses Pada Sistem Refigerasi
Kompresor ini hampir sama dengan kompresor piston tegak lurus, hanya gerakan piston dan batang penggerak dibuat miring (V) digunakan untuk semua jenis AC Desain lebih tahan lama Untuk mengurangi kerugian akibat getaran, piston kompresor model terbuat dari banyak silinder, seperti model longitudinal, aksial, radial atau berbentuk V
Rotor adalah bagian yang berputar di dalam stator. Rotor terdiri dari dua baling-baling (1) dan (4). Tahap hisap terjadi pada saat inlet (2) mulai membuka dan berakhir setelah inlet ditutup, saat inlet ditutup, langkah tekanan dimulai hingga katup outlet (5) terbuka, sedangkan pada inlet telah terjadi langkah hisap pada waktu yang sama, dll.
Karena setiap putaran menghasilkan langkah hisap dan tekanan secara bersamaan, torsi menjadi lebih seragam, menghasilkan lebih sedikit getaran/guncangan. Dimensi dapat dikurangi dan menghemat ruang. Kekurangan: Sampai saat ini hanya digunakan untuk sistem AC kecil, karena dengan volume besar, housing dan rotor juga harus besar, dan kipas pada rotor tidak kuat menahan gesekan.
31 Kopling magnet Untuk memutuskan dan menghubungkan kompresor dengan motor penggerak (dengan AC hidup dan mati), diperlukan kopling magnet, yang dipasang ke poros kompresor bersama dengan katrol.
Optimalisasi Keseluruhan Pabrik Chiller Harus Dilakukan Secara Holistik. Berbagai Penyesuaian Yang Berfokus Pada Setpoint Air Dingin Yang Optimal, Pengurutan Chiller, Dan Penyeimbangan Beban, Manajemen Permintaan Puncak, Manajemen Air Menara Pendingin
Sakelar Pelat Tekanan Roda Katrol Poros Kompresor Electric Magnetic Coil Compressor Return Plate Baterai Pegas Saat sakelar hidup, magnet listrik menarik pelat tekanan hingga mengaktifkan roda katrol … poros kompresor berputar. Saat sakelar dilepas, pegas pelat balik akan menarik pelat tekanan sehingga putaran motor penggerak terlepas dari poros kompresor (putaran motor penggerak hanya memutar puli).
33 Kondensor Pada kondensor akan terjadi perubahan bentuk refrigeran akibat kondensasi yang dilakukan oleh kondensor. Ia berubah wujud dari gas menjadi cair.
34 Agar pendinginan/pengembunan refrigeran lebih sempurna, maka perlu diperhatikan arah aliran udara pada pasangan kondensor yang ikut berperan dalam proses pendinginan kondensor, pada mobil biasanya letaknya di depan radiatornya. sehingga udara dapat mengalir masuk saat mobil bergerak. Kapasitor dipasang di bagian depan mobil
36 Terkadang pemasangan kondensor di depan radiator tidak dilengkapi kipas pendingin, namun kipas pendingin mesin diganti dengan yang lebih besar agar mesin dapat didinginkan bersamaan dengan pendinginan kondensor. Sistem ini berbahaya jika sistem AC tidak digunakan, karena kipas yang besar menghabiskan tenaga mekanik mesin, sehingga mengakibatkan pemborosan bahan bakar. Untuk alasan ini, menggunakan kipas pendingin elektrik terpisah pada kondensor adalah solusi lain, meskipun kondensor dipasang di depan radiator, di atap mobil atau di bawah lantai dan jika memungkinkan.
Pdf) Kaji Eksperimental Mesin Refrigerasi Kompresi Uap Hibrida Memanfaatkan Panas Buang Perangkat Pengkondisian Udara Sebagai Pompa Panas Pada Lemari Pengering (drying Room) Menggunakan Refrigeran Hidrokarbon Subsitusi R 22
37 Desain: Ada tabung kondensor yang dibuat bulat, dan juga seperti yang ada di gambar (dengan banyak lubang untuk aliran refrigeran), tabungnya melengkung sejajar dari awal hingga keluarnya refrigeran di filter. Untuk memperluas permukaan pendingin di antara pipa-pipa yang melengkung, disediakan kisi-kisi pendingin, sehingga pendinginan lebih sempurna (panas diserap oleh kisi-kisi pendingin). Dengan demikian akan terjadi kondensasi dan perubahan bentuk zat pendingin dari gas menjadi cair
Filter sobek berbentuk tabung silinder, yang memiliki sel silikat yang menyerap kelembapan dari zat pendingin. Kaca penglihatan biasanya dipasang di bagian atas filter untuk mengamati sirkulasi refrigeran di dalam sistem. Terkadang filter digabungkan dengan dua sakelar yang beroperasi tergantung pada tekanan atau suhu (sakelar dihubungkan jika tekanan atau suhu di dalam filter melebihi batas maksimum). Terkadang filter juga dilengkapi dengan tutup pelindung yang terbuat dari kayu
Proses penyerapan karbohidrat, proses penyerapan sari, penyakit diare disebabkan karena adanya gangguan penyerapan air yang terjadi pada organ nomor, proses panas, proses penyerapan lemak, proses penyerapan air, proses penyerapan, proses pencernaan protein berlangsung pada bagian, proses penyerapan vitamin dalam tubuh, proses penyerapan makanan, proses penyerapan air pada tumbuhan, dalam proses penyerapan makanan lemak akan dipecah menjadi