Kategori Transaksi Fee Base – Hai, nama saya Krisna Wardana. Beberapa bulan terakhir ini, saya mengikuti Bootcamp UI/UX designer yang dibuat oleh Dibimbing.id. Studi kasus UI/UX ini adalah proyek terakhir saya di Dibimbing.id.
Perkembangan teknologi saat ini semakin banyak menawarkan produk-produk digital untuk memudahkan kehidupan manusia, terutama produk langganan. Berbagai macam produk yang ditawarkan dirancang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mereka membutuhkannya untuk hal-hal seperti hiburan, pengembangan pribadi, organisasi, dan banyak lagi.
Kategori Transaksi Fee Base
Tujuan dari tugas ini adalah untuk mengidentifikasi pengguna yang mencoba mengelola langganan produk digital mereka.
Promo Belanja Online Di Gopay Rame, Hemat S.d. Rp50.000
Untuk membuat produk yang tepat, kita memerlukan kerangka kerja yang membantu kita membuat produk yang tepat. Dalam studi kasus ini saya akan menggunakan kerangka pemikiran desain (empati, definisi, curah pendapat, prototipe, tes)
Proses awal merupakan tahap menemukan permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan langganan. Pada bagian ini saya akan melakukan 3 hal utama; Merancang penelitian; Membuat pedoman penelitian dan melakukan penelitian.
Suatu hari ketika saya ingin membeli sesuatu di e-commerce, pembayaran saya gagal. Saya heran mengapa ini terjadi karena saya hanya mengisi ulang dompet digital saya. Ketika saya memeriksa riwayat dompet digital saya, saya menemukan bahwa saya membayar Rp 200.000 ($14) untuk berlangganan, yang terjadi lebih dari sekali.
Teman saya punya pengalaman serupa dengan saya. Anda telah mencoba menemukan banyak produk untuk meningkatkan hasil kerja pemasaran digital Anda. Anda mencoba beberapa uji coba gratis dan sayangnya lupa membatalkan langganan Anda. Karena itu, ia kehilangan uangnya, Rp 2.500.000 (179 USD).
Bri Rangkul Pelaku Umkm Dalam “brilian Independence Week”
Dengan mengelola langganan Anda, semoga kami dapat mengurangi potensi kerugian dan menghemat uang Anda dari pembayaran yang tidak diinginkan. Selain mengelola langganan, itu membuat hidup kita lebih teratur, efisien, dan efektif. Apalagi ke depannya, sesuai dengan perkembangan teknologi, tentu akan semakin banyak produk langganan digital yang ditawarkan.
Penelitian diawali dengan penyusunan rencana penelitian pada tanggal 15 Januari dan diakhiri dengan laporan pada tanggal 4 Februari. Total durasi penelitian adalah 3 minggu.
Untuk penelitian objektif pertama saya menggunakan survey kuantitatif, dan untuk penelitian objektif kedua saya menggunakan metodologi kualitatif dengan usability testing dan wawancara mendalam.
Untuk mengukur berapa banyak orang yang membutuhkan Pengelola Langganan, saya akan mencoba jajak pendapat untuk mencari tahu. Saya membuat empat soal, dengan pilihan ganda A atau B sebagai jawabannya.
Case Study: Learning App. 👋 Hi, I’m Afif. I’m A Ux Designer Who…
Dengan bantuan survei pertama, saya memilih peserta saya melalui penyaringan. Saya memilih seseorang yang membutuhkan aplikasi manajemen langganan. Saya mendapatkan 5 (lima) partisipan untuk penelitian ini. Dalam situasi wabah ini, proses penelitian dilakukan secara daring menggunakan zoom.
Hanya sedikit orang yang tahu bahwa ada aplikasi untuk mengelola langganan. Anda dapat menemukannya di Google Play. Tetapi jika kita melihat lebih jauh, fitur ini bukanlah fitur utama dari aplikasi dan saya menemukan banyak orang yang tidak mengetahuinya. Jadi mereka tidak pernah menggunakan pengelola langganan di Google Play. Untuk itu, saya mencoba melakukan usability test terhadap pengguna untuk memahami pendapat pengguna terhadap aplikasi serupa.
Kami akan menggunakan area informasi utama ini sebagai bahan untuk membangun daftar pertanyaan kami:
Setelah menyusun rencana penelitian, saya menyiapkan panduan penelitian untuk melakukan In-Depth Interviews (IDI). Panduan ini berisi pendahuluan, penjelasan kepada pengguna tentang wawancara yang akan dilakukan, daftar pertanyaan berdasarkan informasi kunci dan penutup.
Bolde Super Pan Wok Beige 24cm
Diagram lingkaran menunjukkan bahwa 97% dari 34 jajak pendapat berlangganan produk digital dan 45% berlangganan lebih dari 2 produk digital. 45% atau 15 dari 33 pelanggan sering lupa mengambil tindakan untuk memperpanjang atau menjeda langganan mereka.
Saya tidak akan memberikan datanya di sini, tetapi jika kita lihat lebih dalam, 9 dari 15 pelanggan sering lupa untuk mengambil tindakan, mereka berlangganan lebih dari 2 produk sekaligus. Jadi ada korelasi antara jumlah langganan dan kelupaan takaran.
Melihat pelanggan digital secara keseluruhan, 39,4% membutuhkan aplikasi manajemen langganan untuk mengelola langganan mereka, dan melihat semua pelanggan yang sering lupa mengambil tindakan, 66,7% membutuhkan aplikasi manajemen langganan.
Dari hasil tersebut, tidak tertutup kemungkinan ke depan, ketika semakin banyak produk digital yang ditawarkan, aplikasi ini akan dibutuhkan.
Shopee Member] Apa Itu Shopee Member?
“Terlalu banyak proses/layar untuk mendapatkan informasi tentang langganan saya. Saya rasa tidak banyak orang yang mengetahui fitur ini karena sulit ditemukan”
“Pilihan metode pembayaran sangat menarik karena saya banyak menggunakan fintech. Proses penggantian gaji Anda saat ini tampaknya sederhana.”
“Berhenti berlangganan adalah salah satu fitur terpenting karena saya dapat dengan mudah membatalkan uji coba gratis.”
“Jeda berlangganan bisa menjadi fitur yang berguna bagi saya, jika saya tahu saya akan sangat sibuk dalam 1 bulan ke depan, saya dapat menghentikan sementara langganan saya untuk mengoptimalkan layanan”
Source Code Aplikasi Penjualan Barang Kasir Dengan Php & Mysql [gratis]
“Sayangnya, tidak ada pengingat yang bisa saya atur frekuensinya. Karena saya pikir saya tidak selalu punya waktu untuk memeriksa langganan saya”
Setelah melakukan IDI, insight yang diperoleh dari hasil tersebut diplot menggunakan diagram afinitas. Teknik diagram afinitas dapat membantu menemukan pola pikir tertanam dengan mengatur dan mengelompokkan informasi berbasis bahasa ke dalam hubungan.
Agar lebih mudah mendeteksi titik nyeri yang dialami pengguna, kami mengelompokkan masalah dalam diagram afinitas di bawah ini:
Setelah menyelesaikan IDI dan mendapatkan wawasan tentang kebutuhan, perjuangan, alasan, dan harapan peserta, kita dapat melihat tiga tema yang mewakili keprihatinan peserta tentang pengelolaan langganan.
Logitech Mouse Pad Studio Series Alas Polos, Anti Slip
Pemahaman mendalam tentang audiens target Anda sangat penting untuk menciptakan produk yang luar biasa. Persona pengguna membantu mereka menemukan jawaban atas salah satu pertanyaan terpenting mereka: “Untuk siapa kami merancang?” Dengan memahami harapan, perhatian, dan motivasi pengguna sasaran, adalah mungkin untuk merancang produk yang memenuhi kebutuhan pengguna dan dengan demikian berhasil.
Orang pertama adalah Free Trial Hunter, mereka adalah orang-orang yang mencoba banyak produk karena ingin mendapatkan banyak referensi dan bertanya-tanya apa yang bisa mereka dapatkan jika berlangganan produk tertentu. Kelompok pengguna ini sangat memperhatikan metode pembayaran yang mereka pilih. Kebanyakan orang menggunakan Kartu Kredit untuk berlangganan, yang secara otomatis memperbarui langganan di akhir tanggal perpanjangan, dan sebagian besar produk harganya mahal.
Orang kedua adalah Entertainment Junkies, mereka adalah orang yang berlangganan banyak produk hiburan seperti film, video online, musik. Kelompok pengguna ini tidak khawatir untuk berlangganan karena kebanyakan menggunakan dompet digital dan harga produknya relatif murah. Tetap saja, mereka tiba-tiba tidak dapat menonton film favorit mereka, harus berlangganan kembali layanan secara manual, dan menjadi gila karena kehilangan sejumlah uang. Mereka ingin mengendalikan arus kas semudah mungkin dan mengelola banyak langganan (jeda, ubah pembayaran, batalkan).
Berdasarkan hasil analisis menggunakan diagram afinitas, ditemukan 3 masalah utama yang dihadapi pengguna.
Cellular Providers In Indonesia, Which One Is The Best?
Saya pikir orang tidak selalu ingat untuk membuka aplikasi untuk memeriksa langganan mereka. Untuk itu, mengingatkan pengguna di luar aplikasi adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.
Notifikasi dan email bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Tapi ada solusi yang bisa digunakan untuk membuat efeknya lebih kuat dan tidak saling mengganggu atau menimpa satu sama lain.
Setelah menyelesaikan proses brainstorming Crazy 8, saya menyadari bahwa semua opsi di crazy 8 ini dapat digabungkan untuk menciptakan solusi yang lebih efisien. Jadi saya memutuskan untuk memasukkan semua ide untuk solusinya.
Di bawah ini adalah alur pengguna untuk menambahkan metode pembayaran otomatis baru dan menyiapkan notifikasi khusus produk.
Bri Targetkan Fee Based Income Tumbuh 20 22%
Di bawah ini adalah proses pengguna untuk mengetahui seluruh transaksi dan membatalkan langganan.
Warna merek yang digunakan dalam aplikasi adalah biru (3E8BF5). Tipografi hanya menggunakan 1 font, Poppins dengan ukuran dan bobot font yang berbeda.
Setelah melalui beberapa tahapan riset dan brainstorming, berikut mockup aplikasi manajemen langganan:
Di bawah ini kami sajikan aplikasi pengelolaan langganan yang kami buat dalam menjawab 3 (tiga) masalah utama dari penelitian ini:
Monitor Transaksi Bisnis Lewat Dashboard: Praktis Dan Komprehensif
Salah satu masalah yang dihadapi pengguna adalah mereka harus membuka platform yang berbeda untuk memeriksa langganan mereka. Itu sebabnya saya memberikan semua informasi penting seperti nama akun pembayaran, kredit akun pembayaran, nama aplikasi, tanggal perpanjangan, dan harga.
Bagian akun pembayaran berisi daftar akun pembayaran pengguna. Daftar ini berisi akun pembayaran yang secara otomatis terhubung ke sistem dan yang tidak. Pengguna dapat menggunakan bagian ini sebagai filter dengan mengetuk lama pada akun pembayaran. Dengan memilih akun pembayaran tertentu, semua detail di bawah ini akan mengikuti akun pembayaran yang aktif.
Daftar langganan memiliki 2 bagian, ‘langganan aktif’, yang menunjukkan kepada pengguna langganan apa yang masih mereka gunakan dengan layanan tersebut, dan ‘langganan kedaluwarsa’, yang menunjukkan langganan yang tidak lagi mereka langgani. Pada bagian ini, pengguna dapat menemukan informasi tentang