Kelebihan Penggunaan Teks Dalam Multimedia Interaktif Adalah – Ganti bahasa Ganti bahasa Tutup menu Bahasa English Español Português Deutsch Français Русский Italiano Română Indonesian (dipilih) Pelajari lebih lanjut Mengunggah Memuat… Pengaturan pengguna Tutup menu Selamat datang di Scribd! Unggah Bahasa () Manfaat Scribd Baca Gratis Pertanyaan Umum dan Dukungan Login
Lewati korsel Korsel sebelumnya Korsel berikutnya Apa itu Scribd? eBuku Buku Audio Majalah Podcast Skor Dokumen(dipilih) Jepretan Jelajahi eBuku KategoriTerlaris Pilihan Editor Semua eBuku Kontemporer Fiksi Sastra Agama & Spiritualitas Perbaikan Diri Rumah & Taman Pemandangan Fiksi Misteri, Kesenangan & Kejahatan Ketegangan Kejahatan Sejati Fiksi Ilmiah & Dewasa Muda Fantasi Distopia Paranormal , Ilmu Gaib & Sejarah Romansa Supernatural Fiksi Sains & Matematika Sejarah Pelajari Bantuan & Ujian Persiapkan Bisnis Bisnis Kecil & Pengusaha Telusuri Semua Kategori Buku Audio Pilihan Editor Terlaris Semua Buku Audio Fiksi Misteri, Kesenangan & Kejahatan Misteri Kegembiraan Romansa Kontemporer Ketegangan Dewasa Muda Paranormal, Gaib & Misteri Supernatural & Semangat Fiksi Ilmiah & Fiksi Ilmiah Dystopia Karier & Pertumbuhan Karir Kepemimpinan Biografi & Memoar Petualang & Penjelajah Sejarah Agama & Spiritualitas Inspirasi Zaman Baru & Spiritualitas Semua Kategori Mag Telusuri dengan sering Kategori Pilihan Editor Semua Majalah Ber ita Berita Bisnis Berita Hiburan Berita Teknologi Politik Keuangan dan Manajemen Uang Keuangan Pribadi Karir dan Pertumbuhan Manajemen Bisnis Perencanaan Strategis Olah Raga dan Rekreasi Hewan Peliharaan Permainan dan Kegiatan Permainan Veo Kesehatan Latihan dan Kebugaran Memasak, Makanan dan Anggur Seni Rumah dan Kerajinan Taman dan Hobi Semua Kategori Jelajahi PodcastSemua Kategori PodcastAgama & Spiritualitas Berita Hiburan Berita Misteri, Kesenangan & Fiksi Kejahatan Kejahatan Sejati Sejarah Politik Ilmu Sosial Semua Kategori GenreClassic Country Folk Jazz and Blues Film & Musikal Pop & Rock Agama & Perayaan Instrumen Standar Drum Kuningan & Perkusi Gitar, Bass, dan Boarded Instruments Piano Stringed Instruments Vokal Tingkat Keahlian Pemula Menengah Mahir Telusuri Kategori Dokumen Makalah Akademik Template Bisnis Catatan Pengadilan Semua e Documents Olahraga & Rekreasi Pelatihan Binaraga & Beban Tinju Seni Bela Diri Agama & Spiritualitas Kekristenan Yudaisme Usia & Spiritualitas Seni Buddhisme Islam Baru Seni Pertunjukan Musik Kesehatan Pikiran, Tubuh & Jiwa Penurunan Berat Badan Perbaikan Diri Teknologi & Ilmu Politik Ilmu Politik Semua Kategori
Kelebihan Penggunaan Teks Dalam Multimedia Interaktif Adalah
Teks juga merupakan bentuk dari beberapa media yang digunakan untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam multimedia. Sebuah teks sangat penting untuk menyampaikan kesan atau makna secara keseluruhan ketika elemen lain tidak memberikan makna. Misalnya arti pada gambar tanpa tulisan. Tidak semua orang mengerti arti gambar yang dimaksud tanpa tulisan. Karena pengertian di atas, teks banyak digunakan dalam media informasi seperti menulis artikel, buku, surat kabar, atau menulis di majalah. Dalam perkembangannya, selain mentransmisikan informasi tekstual, juga dapat menjadi ujung tombak bagi perusahaan dalam memasarkan suatu produk dan mempengaruhi kehidupan seseorang.
Pembelajaran Inovatif Berbasis Multimedia Interaktif
“Mimpi tidak pernah menyakiti siapa pun jika mereka bekerja langsung di belakang mimpi untuk mewujudkannya sebanyak mungkin.”
Teks biasa adalah data dalam bentuk karakter. Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (Kode Standar Amerika untuk Pertukaran Informasi) dan ekstensi ASCII seperti UNICODE murni. Setiap-
27). Contoh: Teks dalam format file Notepad *.txt Font Courier New Biasa digunakan di IT-Bang. Peran teks biasa dalam produk multimedia terlihat pada pra produksi skenario/skenario/skenario untuk berbagai jenis film (mungkin terinspirasi dari era mesin tik).
Teks yang dapat diedit, diformat, diubah ukurannya, diwarnai, diketik, dan ditambahkan dengan efek khusus. Biasanya digunakan untuk menulis skrip atau desain formal. Contoh: dokumen di MS Word, browser Corel Draw, buku di Indesign, dll. Sering juga disebut dengan formatted text. Peran rich text dalam produk multimedia tercermin dalam informasi dalam iklan (komersial dan ILM). Informasi dalam media interaktif (presentasi, permainan, pembelajaran, profil perusahaan) dan informasi di web. Terutama di media
Materi Desain Media Interaktif
Teks yang berisi navigasi dengan arah tertentu (halaman, file, aplikasi) biasanya disebut sebagai LINK. Jenis HTML – XML Contoh: Tautan situs web, tombol, dll. (Diciptakan oleh Ted Nielsen 1965) Panduan/aturan penggunaan teks, terutama rich dan hyper text:
Digunakan sebagai materi utama di web, di media interaktif, atau di iklan. Teks statis memiliki properti seperti teks kaya dan hiper. Contoh: informasi di web, teks berkelanjutan di profil perusahaan, teks di tombol.
Digunakan untuk menampilkan informasi yang dapat berubah sewaktu-waktu. Contoh: Permainan skuter, pengatur waktu, dan penghitung pengunjung di web
Biasanya digunakan dalam login situs web atau skor tinggi dalam game. Masukkan ini di kolom yang disediakan. Contoh: Masukkan teks di kolom pencarian, nama pengguna dan kata sandi. Selamat tinggal. Halo Chaplin semuanya. Setelah Choplin menjelaskan apa itu multimedia beberapa waktu lalu, kali ini Choplin akan fokus pada peran media dalam kehidupan sehari-hari. Tentu Chaplin punya sedikit gambaran kan dari hasil polling di atas. Mari kita lihat langsung apa peran multimedia.
Raira Megumi: Keuntungan Menggunakan Multimedia Dalam Pembelajaran Di Kelas
Dengan istilah generasi milenial. Keberadaan mereka tentunya tidak lepas dari pengaruh kemajuan teknologi saat ini. Generasi teknologi itu sendiri tumbuh dan dibagi menjadi tiga bagian menurut Dryden dan Voss (1999). Bagian pertama muncul dalam bentuk rekayasa pertanian, dimana era pertanian ini telah berlangsung selama ratusan ribu tahun dan berlanjut hingga saat ini. Bagian kedua muncul dalam bentuk teknologi industri. Revolusi industri ini telah berlangsung sejak abad ke-18. Revolusi Industri menjadikan mesin sebagai pengganti tangan manusia. Sekarang di abad ke-21, gelombang ketiga sedang memasuki, yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi elektronik dan komputer. Abad ini bisa disebut sebagai abad revolusi digital.
Revolusi digital tercermin dari pesatnya penyebaran teknologi saat ini, khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Mengirimkan informasi sekarang lebih mudah dan diterima dengan cepat. Berkat dukungan teknologi yang semakin dinamis. Teknologi telah mengubah gaya hidup saat ini menjadi konsumtif. Setiap orang mengandalkan perangkat, yang semuanya dirancang secara digital.
Para ahli juga mengembangkan teknologi terkini yang disesuaikan dengan sifat manusia yang sepenuhnya digital. Para ahli berpendapat bahwa penyajian informasi tentunya akan menjadi lebih menarik apabila disajikan dalam suatu media yang dapat menggabungkan berbagai bentuk informasi yang ada (Ariatmanto, 2015). Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi di bidang informasi khususnya komputer adalah multimedia. Multimedia adalah integrasi dari beberapa elemen media seperti suara, gambar, video, dan teks yang bekerja secara sinergis secara simbiosis untuk memberikan lebih banyak utilitas untuk menyampaikan informasi kepada pengguna.
Teknologi saat ini telah memadukan kemampuan multimedia berupa gambar, audio, video dan teks yang interaktivitasnya dirancang agar mudah digunakan pengguna untuk memenuhi kebutuhannya.
Pembelajaran Asyncrhonous Multimedia Interaktif Sederhana Menggunakan Hypermedia Yospan Dengan Memanfaatkan Google Classroom
Penempatan multimedia dapat diterapkan di mana saja selama orang membutuhkan akses ke sumber informasi. Peran multimedia juga dapat membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan informasi analog satu arah, karena informasi disajikan dengan cara yang lebih menarik secara visual, sehingga pengguna lebih tertarik. Ternyata para guru di kelas lebih mudah menyampaikan baik materi maupun soal kepada siswanya dengan bantuan multimedia. Perusahaan juga merasakan dampak positif dari penggunaan multimedia untuk mempromosikan layanan dan produk yang dihasilkannya.
Untuk itu Choplin mengajak para Chaplin untuk belajar tentang peran multimedia dalam kehidupan sehari-hari di berbagai daerah sebagai modal awal kita agar dapat menggunakan media dengan baik.
Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan nantinya dapat berfungsi sebagai penyimpan pengetahuan, alat bantu pembelajaran, lembaga pendidikan, standar kompetensi, penunjang administrasi, alat manajemen sekolah dan prasarana pendidikan. Peran multimedia dalam dunia pendidikan sangat diapresiasi oleh Chaplin, khususnya dalam menyongsong kurikulum 2013. Dengan sifat jiwa digital siswa saat ini, diperlukan pula perangkat pembelajaran yang mendukung kemampuan digital siswa tersebut dan memungkinkan pembelajaran di sekolah dapat mendukung secara langsung dan tidak langsung. Contohnya perangkat ini
Chaplin perlu mengetahui bahwa pengenalan teknologi multimedia ke lingkungan sekolah dapat menciptakan lebih banyak sikap di kalangan siswa. Karena misalnya dengan bantuan media pembelajaran berbasis web, siswa dapat melihat keragaman tujuan pembelajaran, proyek, kegiatan dan latihan dibandingkan dengan pengajaran tradisional (belajar di kelas), minat dan motivasi siswa meningkat secara signifikan. Guru dan siswa dirangsang dengan membuat pelajaran menjadi lebih dinamis, yang memperluas visi mereka, seperti halnya akses ke materi pembelajaran berkualitas dan perangkat lunak pendidikan. Selain itu, guru dapat termotivasi untuk mengajar lebih kreatif. Adanya portal pembelajaran yang berisi audio, video, teks, gambar dan konten interaktif memungkinkan guru dengan mudah terhubung ke berbagai RPP, panduan guru dan soal latihan siswa yang diunggah ke web.
Manfaat Multimedia Interaktif
Namun, penggunaan perangkat tersebut membutuhkan perhatian penuh dari pendidik dan orang tua. Jangan biarkan siswa menyalahgunakan akses ini atau mengganggu kegiatan belajar mereka.
Di sisi lain, penerapan perangkat multimedia dalam dunia pendidikan sebenarnya belum meluas. Karena masih adanya pembatasan jumlah perangkat yang ada dan distribusi yang tidak merata. Tengok saja Ambon, pedalaman Aceh, Kalimantan, masih banyak pelajar yang tidak pernah mendapat teknologi modern. Sehingga banyak bermunculan relawan dari berbagai kalangan yang menyempatkan diri untuk sekadar bertukar pikiran dengan masyarakat di sana. Hanya untuk membantu mereka merasakan kehadiran teknologi di tengah-tengah mereka.
Chaplin pasti sedang sakit. Oleh karena itu, multimedia yang diimbangi dengan perkembangan alat kesehatan saat ini juga sangat membantu untuk mengetahui atau mendiagnosa penyakit seseorang.
Misalnya teknologi USG (medical ultrasound). Ultrasound adalah teknik pencitraan diagnostik yang menggunakan ultrasound untuk mencitrakan organ dalam dan otot, ukuran, struktur, dan cedera patologisnya, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Jadi USG tidak hanya digunakan untuk kontrol kehamilan lho Chaplin. USG sekarang banyak digunakan untuk mendiagnosa penyakit mata, tiroid, payudara, hati, limpa, pankreas, ginjal, kandung kemih dan prostat. Ultrasonik