Memecah Drive/directory Dalam Sebuah Komputer Berdasarkan Komponen Penyusunnya: File Dan Direktori Termasuk Dalam Teknik – Apakah kamu suka buku ini Publikasikan buku Anda secara online gratis dalam hitungan menit!Buat flipbook Anda sendiri

Bab 4 Sistem Komputer 63 Bab 4 Sistem Komputer Setelah mempelajari bab ini, Anda akan belajar tentang peran sistem operasi pada komputer, bagaimana komputer memproses data, dan mekanisme internal yang terjadi dalam interaksi antara perangkat keras dan perangkat lunak. , dan pengguna. Di era digital sekarang ini, banyak aktivitas kita yang mengandalkan perangkat komputer. Tahukah Anda bahwa komputer dapat membantu kita dalam kegiatan kita melalui sistem komputer yang tersusun atas komponen-komponen Cara kerja sistem komputer Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Tahun 2021 Kelas X Informatika SMA Penulis: Wahyono, Irya Wisnubhadra, Heni Pratiwi ISBN: 978-602-244-506-7

Memecah Drive/directory Dalam Sebuah Komputer Berdasarkan Komponen Penyusunnya: File Dan Direktori Termasuk Dalam Teknik

64 Kelas X SMA Informatika Gambar 4.1 Diagram Konsep Sistem Komputer Sumber: Dokumen Kemendikbud, Olahraga, Iptek, 2021 Anda mungkin pernah melihat cara kerja perangkat elektronik seperti mesin cuci dan mesin pemotong rumput. Komputer benar-benar seperti perangkat lain, tetapi tampilannya lebih rumit. Pekerjaan yang dilakukan oleh komputer dilakukan oleh banyak komponennya. Komputer juga memiliki arsitektur. Artinya, susunan komponen didesain oleh pabrikan. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang cara kerja sistem komputer. komponen komputer, CPU, ALU, perangkat lunak, perangkat keras, sistem operasi

Tutorial / Manual / Tip

Bab 4 Sistem Komputer 65 Di tingkat sekolah menengah, Anda sudah mengenal perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat ini terlihat setiap hari di sekitar orang yang telah menggunakan TIK untuk membentuk sistem komputasi yang siap digunakan pengguna. Kami juga memahami pentingnya sistem operasi sebagai mitra perangkat lunak untuk perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi Anda. Kelas X melihat lebih dalam pada “mesin” komputer. Intinya adalah untuk memahami komponen perangkat keras komputer secara lebih rinci, tetapi dalam bentuk abstrak, dan bagaimana instruksi, yang ditulis sebagai instruksi atau program komputer, dijalankan. . A. Komputer dan Komponennya Secara umum komputer adalah alat elektronik yang menerima input data, mengolah data, dan memberikan hasil output berupa gambar, teks, audio, atau video. Sederhananya, komputer menerima input dari perangkat input, memproses input, dan menghasilkan output. Gambaran umum komputer ditunjukkan pada Gambar 4.2. Di sini, “data” dari perangkat input (teks, suara, klik, sentuhan, dll.) Diproses oleh unit pemrosesan pusat (CPU) untuk menghasilkan output berupa tampilan informasi. , diwakili oleh perangkat keluaran seperti sinyal reaksi. 1. Sistem Komputer Sistem komputer terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut. 1. Perangkat Keras (Hardware) 2. Perangkat Lunak (Software) 3. User Semua komponen tersebut saling mendukung agar komputer dapat bekerja. Perangkat keras komputer memerlukan perangkat lunak untuk menghidupkan dan memfungsikan komputer. Tanpa perangkat lunak yang melekat pada perangkat keras, komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Ini adalah diagram blok konseptual dari komputer Gambar 4.2. Sumber: Kemendikbud, Olahraga, Iptek, 2021

  Warga Negara Selalu Menjaga Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dan Selalu Mengingatkan Orang Yang Merongrong Kesatuan Bangsa Indonesi Merupakan Contoh Sikap Warga Negara Yang Disebut

66 Perangkat lunak SMA Informatika Kelas X ditulis untuk menulis fungsionalitas ke dalam komputer seperti halnya komputer dengan fungsionalitas ditulis untuk digunakan. Perangkat keras saja sudah seperti tubuh manusia tanpa jiwa. dari. Perangkat keras (Hardware) Perangkat keras komputer (Hardware) adalah komponen fisik pada komputer Anda yang dapat Anda sentuh, lihat, dan pindahkan. Contoh perangkat keras adalah mouse, hard drive, prosesor, RAM, printer, scanner, dll. b.Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak komputer (Software) secara fisik tidak terlihat, tetapi fungsional dan dapat dioperasikan oleh pengguna melalui antarmuka yang disediakan. Fungsinya untuk menjembatani pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak adalah kode program yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman. Kode-kode ini adalah kumpulan perintah atau instruksi untuk melakukan tugas tertentu atau mengontrol perilaku perangkat keras sesuai dengan keinginan pengguna. Jika kita membandingkan sistem komputer dengan manusia, perangkat keras adalah “otak” dan perangkat lunak adalah “hati”. Contoh perangkat lunak adalah sistem operasi, aplikasi (apps), dll. Sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah MS Windows, MacOS, dan Linux, sedangkan sistem operasi perangkat lunak smartphone lainnya adalah Android. c. Pengguna Pengguna adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Pemahaman lebih lanjut tentang pengguna dapat ditemukan di makalah tentang dampak sosial informatika. 2. Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan ukurannya, komputer dibagi menjadi beberapa jenis seperti penjelasan di bawah ini. Mikrokomputer Mikrokomputer adalah komputer yang memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan jenis komputer lainnya dan menggunakan mikroprosesor sebagai CPU atau unit pengolah utamanya. Contoh mikrokomputer termasuk ultrabook, konsol game, smartphone, dan tablet. Mikrokomputer paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena ukurannya yang kecil dan biaya yang murah dibandingkan jenis komputer lainnya. Beberapa komputer berbentuk sirkuit papan tunggal kecil (SBC), seperti Raspberry Pi dan Arduino yang populer.

Raspberry Pi (sering disingkat Raspi) adalah SBC seukuran kartu kredit yang dapat menjalankan program office, game komputer, atau digunakan sebagai pemutar media untuk video definisi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation, sebuah yayasan nirlaba yang dipimpin oleh banyak pengembang dan profesional komputer dari University of Cambridge, Inggris (https://www.raspberrypi.org/). Platform elektronik sumber berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak sederhana yang digunakan, yang bertujuan untuk membuat proyek interaktif. Papan Arduino dapat membaca input dan menghasilkan sinyal output yang menyalakan motor atau lampu LED. Arduino mudah diprogram. Karena kemudahan dan biayanya yang rendah, Arduino dapat ditemukan dari papan 8-bit sederhana hingga produk untuk aplikasi IoT, perangkat yang dapat dikenakan, pencetakan 3D, dan sistem tertanam. (https://www.arduino.cc/) Komputer Pribadi (PC, Personal Computer) Komputer pribadi, atau PC, berukuran lebih besar dari komputer mikro dan memiliki kemampuan penyimpanan dan pemrosesan data yang lebih besar daripada komputer mikro. menggunakan. PC dapat berupa PC desktop (dirancang untuk diletakkan di atas meja Anda), atau portabel dan portabel (laptop). Mini PC adalah komputer “transisi” dari komputer pribadi ke komputer mini yang digunakan dalam industri. Biasanya digunakan di industri kecil atau swasta untuk keperluan profesional atau industri kecil. Gambar 4.3 Contoh komputer mikro Gambar 4.4 Contoh komputer pribadi Gambar 4.5 Contoh Mini PC berbasis Coffee Lake-U Bean Canyon Intel NUC8i5BEK2

  Sebagian Besar Masyarakat Indonesia Memiliki Orientasi Investasi

68 Informatika SMA Kelas X Minikomputer Minikomputer berbeda dari komputer pribadi karena ukurannya lebih besar dan memiliki lebih banyak memori dan kekuatan pemrosesan. Komputer mini digunakan untuk mendukung kebutuhan pemrosesan informasi bisnis menengah. Saat ini, komputer mini tidak populer dan semakin jarang digunakan karena lebih praktis dan lebih mudah bagi bisnis untuk menyewa komputer di cloud. Komputer Mainframe Komputer mainframe lebih besar dari komputer dan biasanya digunakan sebagai server di perusahaan besar. Superkomputer Superkomputer adalah kekuatan dan kinerja pemrosesan data terbesar dan terkuat dari komputer lain mana pun. Superkomputer memiliki kemampuan untuk mengeksekusi triliunan perintah atau instruksi per detik, yang dapat dihitung dalam FLOPS (floating point operations per second). Seperti minikomputer dan mainframe, pengguna superkomputer biasanya adalah perusahaan dan organisasi besar seperti NASA, yang digunakan untuk meluncurkan dan mengendalikan pesawat dan roket. Catatan: Selain “komputer” yang dijelaskan di atas, beberapa gadget, seperti perangkat elektronik kecil dengan fungsi khusus, termasuk dalam “komputer” karena terdiri dari perangkat keras, sistem operasi, dan perangkat lunak. Misalnya, smartphone dan tablet menjadi semakin populer dan menjadi perangkat sehari-hari di era digital ini. Selain fungsi utamanya untuk komunikasi, smartphone juga menjadi “asisten” pribadi. Gambar 4.6 Contoh sistem komputer mini PDP-8e Minicomputer Gambar 4.7 Contoh komputer mainframe IBM z Systems z13. Gambar 4.8 Komputer super Sierra/ATS-2

Bab 4 Informatika Bs Kls X

Bab 4 Sistem Komputer 69 Gambar 4.9 Abstraksi Interaksi Perangkat Keras, Perangkat Lunak dan Pengguna Sumber: Dokumen Kemendikbud, 2021 B. Interaksi Manusia-Komputer Sistem komputasi terdiri dari perangkat keras yang saling berinteraksi dan perangkat lunak. Interaksi antarmuka sering digunakan untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, mulai dari perangkat input dan output yang dikontrol oleh sistem operasi hingga penambahan berbagai aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna. Pengguna dapat berinteraksi dengan sistem komputer dengan berbagai cara, termasuk: 1. Berbasis GUI (Graphical User Interface) Ini adalah antarmuka yang menggunakan menu grafis untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan komputer. GUI adalah antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Pengguna berinteraksi melalui ikon, menu, dialog dengan tombol dan kotak teks, tombol radio (pilihan tunggal), atau kotak centang (pilihan ganda). (a) (b) (c) (d) Gambar 4.10 Antarmuka berbasis grafis (a) ikon ponsel, (b) menu, (c) dialog, kotak teks dan tombol, (d) kotak centang dan tombol radio Materi Pendidikan Budaya, 2021

  Tuladha Wicara Pranatacara Ingkang Leres Inggih Menika

70 SMA Informatika Kelas X 2. Command Line Interface (CLI) Sistem operasi berbasis CLI adalah jenis antarmuka melalui terminal teks. Pengguna memasukkan baris tertentu untuk menjalankan perintah dan program di sistem operasi. 3. Pidato (Audio) Pidato berbasis antarmuka memungkinkan pengguna untuk mengatakan sesuatu dan hasilnya direkam dalam bentuk audio. Antarmuka ini hanya dimungkinkan melalui aplikasi, di mana perangkat keras menyediakan perekam suara. 4. Melalui Gambar (Video) Berinteraksi dengan gambar hanya dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan kamera. Kamera merekam gambar dan menyimpan gambar dalam format video melalui aplikasi. 5. Melalui Berbagai Perangkat Input Lainnya Selain perangkat lunak, Anda dapat berinteraksi langsung dengan komputer Anda melalui perangkat input yang disebutkan di atas (keyboard, joystick, mouse, touchpad, layar sentuh, keyboard virtual, dll.). C. Kolaborasi dalam Sistem Komputer Dari semua pembahasan di atas, sistem komputer: