Secara Sosiologis Agar Suatu Revolusi Dapat Tercapai Dengan Baik Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Adalah – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Ii Sosiologi SMA/MA Kelas X Depdiknas Hak Cipta dilindungi SMA dan MA Kelas XII UU Sosiologi Jilid 3. Typesetting: Fitri Fatimah Ilustrator: Alfianto S. Sumber Ilustrasi Sampul Sosiologi XII Indonesia “Welcome You” ii Hak Cipta Buku ini disponsori oleh Nasional Diakuisisi Kemendiknas dari Penerbit Sekawan Cipta Karya Pusat Buku Kemendiknas 2009 Dicetak ulang dari…. 301.07 BON BONDET Sosiologi Wrahatnala 3: Persiapan Kelas XII SMA dan MA/Wrahatnala Bondet Redaktur Endang Siti Wuryani ; Ilustrator, Alfianto S. – Jakarta: Pusat Buku, Depdiknas, 2009. vi, hal.186. : Ilusi. ;30 cm Daftar Pustaka: hal.183-184 Indeks ISBN: 978-979-068-742-4 (nomor jilid lengkap) 978-979-068-752-3 1. Sosiologi-Penelitian dan Pengajaran I. Judul II. Endang Siti Wuryani III. terompet alfianto

Secara Sosiologis Agar Suatu Revolusi Dapat Tercapai Dengan Baik Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Adalah

Glosarium iii Ucapan Terima Kasih Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional membeli hak cipta buku ajar ini dari penulis/penerbit untuk diedarkan pada tahun 2009 Situs Internet (website) Diknas Jaringan terbuka untuk umum. Buku ajar ini telah dinilai oleh Badan Standar Nasional Pendidikan dan telah ditetapkan memenuhi persyaratan kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 27 Tahun 2007 tanggal 25 Juli 2007. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua penulis/penerbit yang telah setuju untuk mengalihkan hak cipta atas karyanya kepada Kementerian Pendidikan Nasional untuk digunakan secara luas oleh siswa dan guru di seluruh Indonesia. Buku pelajaran yang hak ciptanya telah dialihkan kepada Depdiknas dapat diunduh, disalin, dicetak, dipindahtangankan, atau difotokopi oleh umum. Namun, jika ingin dikomersialkan, harga jualnya harus sesuai dengan aturan pemerintah. Buku teks ini diharapkan dapat lebih mudah diakses sehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia, serta sekolah-sekolah Indonesia yang berlokasi di luar negeri, dapat memanfaatkan sumber belajar tersebut. Kami berharap semua pihak mendukung kebijakan ini. Kami ingin siswa kami untuk bersenang-senang belajar dan mendapatkan hasil maksimal dari buku ini. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu penyempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik. Jakarta, Juni 2009 Kepala Pusat Pembukuan iii

Perubahan Sosial: Pengertian, Teori & Karakteristiknya

V SMA/MA Kelas X Sosiologi Kata Pengantar Sebagai anggota masyarakat, Anda bersosialisasi, terhubung dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda setiap hari. Apa yang Anda lakukan adalah bagian dari penelitian sosiologis yang akan Anda pelajari dalam buku ini. Kursus sosiologi ditawarkan agar Anda dapat memahami fenomena sosial yang terjadi di sekitar Anda. Buku sosiologi untuk SMA dan MA ini membantu Anda memahami konsep sosiologi seperti sosialisasi, nilai dan norma, kelompok sosial, struktur sosial, pranata sosial, perubahan sosial dan konflik untuk menciptakan integrasi sosial. Dengan memahami konsep-konsep sosiologis ini, Anda akan dapat menelaah berbagai peristiwa di sekitar Anda dan dengan demikian dapat meningkatkan kesadaran Anda terhadap lingkungan sekitar Anda. Juga, memungkinkan Anda untuk berperilaku dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Setiap bab buku ini dilengkapi dengan gambar pendukung, contoh, dan PR serta latihan untuk memudahkan Anda memahami dan menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Selain itu disertai dengan kasus-kasus yang terjadi di masyarakat sehingga anda dapat menganalisis kasus-kasus tersebut sesuai dengan materi yang telah anda pelajari. Dengan membaca buku ini, Anda dapat mempelajari dan mengenal lingkungan serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya. Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terbitnya buku Sosiologi SMA dan MA ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih. belajar dengan baik! Surakarta, Juli 2007 Penulis iv

  Jenis Perancangan Presentasi Baru Yang Masih Kosong Disebut

Daftar Istilah v Daftar Isi I II III Kata Pengantar ……………………………………….. ….. ……………………………………… …………………… ………………………. ………………………………………. iii Kata Pengantar. …….. ……………………………………………………… …………………………………………………… ………………………………………. …………. ……………………………………………………… …………………… ………………………. ……. iv Daftar Isi ……………………………………….. ………… ………………………………………. ………… …………………………………………. ……………………………………….. v BAB I PROSES PERUBAHAN SOSIAL………………………………………….. ……………………………………………………… …………… ………………………………………. 3 A. Apa yang dimaksud dengan perubahan sosial ………………………… ……….. ……………………………………………………… …………………… ………………………. …………………… … 5 B. Beberapa Perspektif tentang Perubahan Sosial. ……………………………………………………… ………………………………………….. .. 7 C. Faktor penyebab perubahan sosial.. ……………………………………….. ………………………………………. …… ……………………………………….. … ……. 11 D. Proses perubahan sosial ……………………………… ………… ………………………………………. ………………………………………. …….. ……………………… 20 E. Syarat-syarat perubahan sosial yang dapat diterima oleh masyarakat ………. …………………………………… 25 Ringkasan …… …………………….. … ………………… ……………………… ………………….. ……………………………………………………… ………………………………………….. ……………… 26 Kemampuan Praktek 1 …………………….. ……………….. .. ……………………………………………… 26 analisis kasus……. ………….. ……………………… ……… ……………………………………………………… …………………… …………………….. ……………………………………………………… ………………… 28 Bab Dampak perubahan sosial pada masyarakat ……………………. … ……………………………………….. ……………….. ………………………… .. 29 A. Ciri dan ciri perubahan sosial ……………………………………….. …………………………………………………… …………………… ……………………… …………… 31 B. Penggerak perubahan sosial …………………….. ………….. ……………………………… ……………………………………….. … ………………………….. 33 C. Hambatan terhadap perubahan sosial  ………………  … …. ………………………………………. 36 D. Bentuk-bentuk sosial perubahan ………………………………………. . …………………………………………. . .. 38 E. Dampak perubahan sosial ……………………………………….. ……. ……………………………………….. ……………………………………………………… …………. 41 F. Modernisasi Gagasan dalam Perubahan Sosial………………………….. … ……………………………………………………… …………. ……………………………………….. ……… 44G .Modernisasi Mempengaruhi Perubahan Sosial…………………………….. …………. …………….. 47 Ringkasan …………….. ………………………………………. . ……………………………………………………… .. …………………………………………. … ……………………………………….. ….. 53 Kemampuan Praktek 2 ………. …………………………. ……………………………………………………… .. ………. . ……………………………………………………… .. 54 Studi Kasus ……………………………………….. ……………….. ………………………… ……………………………………………………… … ……………………………………….. …. ………………………………………. ………………………. .56 Bab Lembaga Sosial …………….. ………………………………………. ………………. ……………………………………………………… ………………………… ……………….. ……………………………………………………… …………. …………………………….. 57 A .Sifat Lembaga Sosial ………………………………………. .. ……………………………………………………… …………… ………………………………………. ………………………………………. ….. ………………………… 59 B. Jenis-Jenis Lembaga Sosial.. ……….. ……………………………………………………… ……………………………………………………… …. …………………………….. 63 C. Fungsi lembaga sosial masyarakat… ……………………………………………………… . . …………………………… 67 Ringkasan …………. …………………………………………… …………………………………………………… ………………… 81 Kemampuan Praktik 3 ………. ……………………….. ……………………………………………………… ……………………………………………………… ……… ……… ……………………………… 81 Studi Kasus ………. ………….. ……………………………… ………………………………………. …… ……………………………………………………… ………… ………………………………………. ……………………. ………. 83 Latihan Akhir Semester I……. ………………………… …………………. ………………………………………. …….. ……………………………………….84 Volt

  Dalam Menangkap Peluang Usaha Seorang Wirausaha Harus Memiliki Strategi Yang Tepat

Vi Sosiologi SMA/MA Kelas X IV V VI vi Semester II Bab Metode Penelitian Sosial …………………… ……. ……………………………………………………… ……. ……………………………………….. …….. … 89 A. Metode Penelitian Sosiologi ………………………………………. …………… ………………………………………. ………………………………………. …………. …………………………. 91 B. Apa itu Penelitian Sosial ………… ………….. ……………………………… ……………………………………….. … ………………………….. 100 C. Rancangan Penelitian Sosial ………. .. ……………………………………………………… ………………………… …………………. ……………………………………………………… .. ………. 105 D. Elemen-elemen dalam Rancangan Penelitian Sosial ………………………… ………… ………………………………………. …………. ………. 107 E. Membuat Konteks Pertanyaan ………………… ……………………………………………………… …………… ………………………………………. …………………………………. 113 F. Mengidentifikasi Topik Penelitian ………………….. ……………………………………………………… … ……………………………………….. ……………….. ………………. 114 G. Menentukan metode dan instrumen penelitian ….. ………………………………………. ….. ……………………………………………………… ………….. … …………………………….. 116 H. Mengidentifikasi Subyek Kajian ……… …………………………………………………….. ……………………………………………………… ……………………………………………………… ………………………… ……………….. …………… 118 Ringkasan ………………………… . ……………………………………………………… ………………………… ……………….. ……………………………………………………… ………… ………………………………………. …………………….. .. 119 Kemampuan Praktek 4 ……………… ………………………… … …………… ………………………………………. ………………. …………………………… 120 Studi Kasus ………… … ……………………………………………………… …………. ……………………………………….. ………… ………………………………………. ………………………. ………. 122 Bab Melakukan Penelitian Sosial …… …………………….. ……………….. ……………………………………. ……. ……………………………………………………… ……. .. 123 A. Pengumpulan Data ……………………………………….. ………… ………………………………………. …………………….. …………………… ……………………………………….. …………………………….. 125 B. Validitas dan Reliabilitas ……… ………………………………………. 125 …….. ……………………………………………………… …………………………………………………… ……. ….. 136 C. Pengolahan Data …………………………. ………………………………………. ………………. ………………………………………. .. …………………………….. 140 Ringkasan. ………. …. ……………………………………………………… …………………….. ……………….. ……………………………………………………… ………… …………………………….. 159 Kemampuan Praktis 5 …………………… ……………………… ………………………………………. ………. ……………………………………………………… ……. …………….. 160 studi kasus …………………. …………………….. …………………… ………………………………………. ………. ……………………………………………………… …. ………. 162 Bab Mengkomunikasikan Hasil Penelitian …………………………. …………….. …………………………… ……………… ..163 A. Penulisan Laporan Penelitian…………………… …………. ……………………………………….. ………………………………………. …………… …………………….. 165 B. Penyampaian Laporan Penelitian ……………………………………….. .. …………………………………………………….. .. 169 C. Menulis Artikel Penelitian ……………………………………….. ……………………………………………………… ……………………………………………………… ………………………………………. 173 Ringkas ……… ………………………………………. .. …….. ……………………………………. .. ….. …………………………………………. 175 Kemampuan Praktek 6 ………………………………………. …………… ………………………………………. . ……………………………………………………… ………………………… ……………….. 176 Studi Kasus ……………………………………….. …………….. …………………………… ……………………………………………………… ……………………………………………………… ………………. 178 Latihan Akhir Semester Kedua ………………….. ………………………… …………………. ……………………………………………………… ……………… 179 Glosarium………………………….. …. ……………………………………………………… …………………….. …………………… ……………………………………………………… …………. ……………………………………….. ………. 182 Daftar Pustaka… .. …………………………… …………… . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ……………………………………………………… ………………………… …………….. 183 Subyek Indeks ………………………………………. … ……………………………………………………… ………………………… ……………….. ………………………………………. … 185 Halaman Index Penulis ………………………………………… ….. ……………………………………………………… ………………………………………. …. ……….186

Proses Perubahan Sosial Masyarakat BAB I Tujuan Pembelajaran: Dari zaman dahulu sampai sekarang, masyarakat mengalami perubahan. Secara umum, perubahan bertujuan untuk mencapai kemajuan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dalam suatu masyarakat. Salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial adalah pembangunan jalan beraspal, seperti terlihat pada gambar di atas. Hal ini untuk mempercepat arus lalu lintas dan komunikasi antar daerah, sehingga hubungan antar daerah atau antar masyarakat menjadi lebih lancar dan mudah. Oleh karena itu, tidak ada wilayah atau komunitas yang terisolasi dari keterkaitannya dengan wilayah atau komunitas lain. Hal inilah yang mempengaruhi proses perubahan sosial dalam masyarakat. Bersama-sama dalam bab ini kita akan mengkaji bagaimana proses ini terjadi. Sumber: Dokumentasi Penerbit

  Berbahagialah Orang Yang Berdukacita Karena Mereka Akan Dihibur

Pdf) Implementasi Konsepsi Tujuan Pembelajaran Pai Untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0

Peta Konsep—Perubahan Sosial—Inovasi—Adaptasi—Asimilasi—Difusi—Adaptasi Budaya Kata Kunci Perubahan Sosial Proses Perubahan Sosial Difusi Adaptasi Budaya Adaptasi Asimilasi Adaptasi Perspektif Perubahan Sosial Evolusi Konflik Fungsionalisme Memahami Siklus Parsudi Suparlan JP. Jilin dan JL. Jilin Kingsley Davis Hans Garth dan C.W.Mills Mac Iver Selo Soemardjan Perubahan Demografis Internal Konflik yang Baru Ditemukan Revolusi Eksternal Perubahan Alam Perang Sosio-Budaya Lain Menurut Paul B. Horton dan C.L. Hunt Lingkungan Fisik Eksposur dan Isolasi Struktur Sosial Sikap dan Nilai Permintaan yang Diharapkan

Proses Perubahan Sosial 5 Perubahan sosial merupakan fenomena sosial yang wajar dan wajar terjadi dalam kehidupan manusia. Tidak ada apapun di dunia ini yang tidak akan berubah. Misalnya tubuh Anda. Ketika saya masih muda, tubuh saya kecil, tetapi sekarang tubuh saya semakin membesar, dan tinggi serta berat badan saya bertambah. Begitu juga masyarakat. Harus ada perubahan dalam masyarakat. A. Apa itu perubahan sosial? Tony adalah anak seorang petani yang sangat sederhana. Saat ini Tony duduk di bangku kelas 12 SMA Awangga, dimana sebentar lagi ia akan mengikuti ujian akhir. Di kelas, Tony adalah salah satu siswa yang berprestasi secara akademis, jadi tidak mengherankan jika dia berpikir berbeda dari teman-temannya. Mengingat kondisi orang tuanya yang tidak memungkinkan untuk membiayai kuliahnya, Tony lebih memilih mencari beasiswa dari media massa, termasuk internet. Hal ini karena ia sangat menyadari bahwa jika harus terjun ke dunia kerja, ia tidak memiliki keterampilan tertentu dan pengetahuannya tidak cukup. Setelah sekian lama membolos, akhirnya permohonan beasiswanya diterima, dan ia bisa kuliah tanpa membebani orang tuanya. Dari ilustrasi di atas, kita bisa melihat bahwa Tony adalah orang yang sangat ingin berubah, terutama dirinya sendiri. Sebagai anak dari keluarga ekonomi menengah, Tony tidak mampu mengenyam pendidikan tinggi, dan Tony tidak mau menyerah dan hanya bertahan di bangku SMA. Dia ingin bisa kuliah tanpa membebani orang tuanya. Dengan mendapatkan beasiswa, Tony bisa kuliah. Jadi, Tony berubah. Jadi, apa perubahannya? Mengapa ada perubahan? Manusia adalah makhluk tingkat tertinggi yang diciptakan Tuhan karena memiliki rasionalitas dan pemikiran. dengan hati dan pikirannya,