Indikator Organisasi Berkarakter Adaptif – 3 MODUL KONSEP DASAR DAN PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER KEMENTERIAN AGAMA, PELATIHAN DAN PELATIHAN ADMINISTRASI TAHUN 2018 UNTUK LEMBAGA KEAGAMAAN i
5 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT, dengan Rahmat-Nya staf administrasi Pusdikalat telah menyelesaikan penyusunan modul pelatihan. Modul ini dapat diselesaikan dengan kontribusi dari berbagai pihak. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penyelenggara dan fasilitator kegiatan, khususnya para penyusun modul. Diharapkan karya ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi terwujudnya mutu pendidikan dan pelatihan di Kementerian Agama. Materi materi yang dijelaskan dalam modul ini merupakan perwujudan dari mata kuliah dan kurikulum (kursi) yang telah dikembangkan sebelumnya dan menurut kami modul ini telah berhasil menyampaikan standar kompetensi, indikator keberhasilan dan penjabaran materi dari kursi tersebut. Cukup untuk memenuhi kebutuhan peserta pelatihan dalam memahami materi yang disampaikan. Kami berharap modul ini dapat membantu melatih peserta dalam proses belajar mengajar selama pendidikan klasikal dan belajar mandiri. Modul ini akan memandu fasilitator dalam memberikan materi dan tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan sesuai kebutuhan. Sampai disini kami mohon maaf jika masih ada kekurangan, maka dari itu kritik dan saran untuk perbaikan sangat kami hargai. Semoga modul ini bermanfaat bagi Anda semua, dan selamat membaca. Jakarta, Februari 2018iii
Indikator Organisasi Berkarakter Adaptif
Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Republik Indonesia: 1 A Tahun 2018 Tanggal 1 iv Tahun 2018 tentang Modul Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama Oleh Menteri Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Republik Indonesia : A . Bahan ajar berupa modul diperlukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aparatur sipil negara Kementerian Agama; b Modul pendidikan dan pelatihan tenaga administrasi yang tercantum dalam lampiran keputusan ini diperlukan sebagai bahan pendidikan dan pelatihan tenaga administrasi Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pelatihan Kementerian Agama; c Berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan b di atas, perlu ditetapkan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Latihan Kementerian Agama tentang Badan Pendidikan dan Pelatihan bagi tenaga administrasi. Kementerian. agama; Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; 2. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS); 3. Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2015 tentang Kementerian Agama; 4. Peraturan Menteri Agama Nomor 59 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Latihan Keagamaan; 5. Peraturan Menteri Agama Nomor 75 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian Kementerian Agama; 6. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama; 7. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016 tentang Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama; Diputuskan untuk mengkondisikan: Bahan Litbang dan Keputusan Kepala Diklat. Kementerian Agama terkait Modul Diklat Administrasi Administrasi
Rapor Implementasi Akhlak Di Bumn
7 Pertama : Terlampir Modul Diklat Administrasi di Kementerian Agama yang merupakan bahan ajar Administrasi Diklat Bagi Staf Administrasi Kementerian Agama; Kedua: Diktum pertama terdiri dari 16 (enam belas) modul modul pendidikan dan pelatihan tenaga administrasi; Ketiga : Balai Latihan Kerja Administrasi dan Balai Diklat Keagamaan seluruh Indonesia menggunakan modul-modul tersebut pada diktum pertama untuk menyelenggarakan Diklat Tenaga Administrasi; Keempat : Keputusan ini berlaku sejak tanggal diundangkan, dengan ketentuan apabila dikemudian hari diketahui adanya kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Tanggal : Jakarta Tanggal : 17 Januari 2018 Badan Penelitian dan Pengembangan serta Pendidikan dan Pelatihan, ABD. Rahman Vs
Lampiran Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, serta Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2018 Modul Departemen Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama No. Judul 1. Modul Manajemen Kepala Tata Usaha Madrasah 2. Modul Pengembangan Pola Pikir Kepala Tata Usaha Madrasah 3. Modul Pengembangan Konsep Diri Kepala Tata Usaha Madrasah 4. Modul Menciptakan Budaya Kerja yang Melayani Kepala Madrasah 5. Pengantar Modul Manajemen Keuangan Madrasah 6. Modul Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Madrasah 7. Modul Penatausahaan Perbendaharaan Madrasah 8. Modul Perpajakan Madrasah 9. Modul Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Madrasah 10. Konsep Dasar Pelayanan Publik dan Modul Tinjauan Kerja Nilai-Nilai Revolusi 11. Budaya Kerja Pelayanan Publik Modul Revolusi Mental Berbasis Nilai Agama 12. Hubungan Dalam Pelayanan Publik Mewujudkan k berbasis Revolusi Mental dan Nilai Agama 13. Rencana Aksi dalam Pelayanan Publik Berbasis Revolusi Mental dan Nilai Agama Modul 14 Modul Konsep Dasar dan proses pembentukan pemimpin yang berkarakter 15. Modul strategi pengembangan pemimpin yang berkarakter berdasarkan prinsip agama Nilai 16. Nilai dll. Modul Internalisasi Agama dalam Membangun Karakter Pemimpin Kepala Badan Litbang dan Diklat, ABD. Rahman vi
9 Daftar Isi Pendahuluan… iii Surat Perintah Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia No. 13A Tahun iv Lampiran Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pelatihan Kementerian Agama Republik Indonesia No. 13A Tahun vi Daftar Isi … vii Petunjuk Penggunaan Modul … ix Bab I. Pendahuluan … 1 A. Latar Belakang … 1 B. Deskripsi Singkat … 4 C. Tujuan Pembelajaran Indikator Kompetensi Utama Sukses.. 4 D. Isi Utama dan Sub Isi Utama… 6 Bab II. Konsep Dasar Pemimpin Berkarakter… 7 A. Indikator Keberhasilan… 7 B. Pengertian Literatur Karakter Pemimpin Deskripsi Indikator Pemimpin Pentingnya Mengembangkan Karakter Pemimpin C. Latihan D. Rangkuman E. Evaluasi F. Ikuti Feback dan Bab III . Membangun Pemimpin Berkarakter A. Indikator Keberhasilan B. Deskripsi Pustaka Mengidentifikasi Pemimpin Berkarakter Tahap Membangun Karakter Prinsip Membangun Pemimpin Berkarakter vii
10 C. Latihan D. Rangkuman E. Evaluasi F. Umpan Balik dan Tindak Lanjut Bab IV. Penutup A. Evaluasi Kegiatan Pembelajaran B. Daftar Istilah Umpan Balik dan Tindak Lanjut viii
Latihan Contoh Soal Evaluasi Mooc Pppk 2022 Berserta Dengan Kunci Jawaban, Cocok Jadi Bahan Referensi
11 Petunjuk Penggunaan Modul Untuk memudahkan dalam mempelajari isi modul, diharapkan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: 1. Membaca dan memahami materi latar belakang masalah, sinopsis, tujuan pembelajaran terlebih dahulu. , Kompetensi Inti, Indikator Keberhasilan, Peta Kompetensi, Isi Inti dan Sub Isi Inti, sebelum melanjutkan membaca isi selanjutnya. 2. Menemukan, membaca dan memahami baik buku maupun jurnal yang berkaitan dengan kepala sekolah dan pengembangan potensi diri. 3. Pelajari seluruh isi materi dengan seksama, jika belum paham atau masih merasa kesulitan, ulangi sekali lagi. 4. Bacalah materi dalam modul ini secara runtut dan jangan dilompati atau dimundurkan agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh. 5. Jika perlu, pelajarilah modul ini secara berkelompok untuk memperkaya pemahaman dan pengalaman belajar Anda. 6. Untuk menentukan tingkat pemahaman dan penguasaan materi, perlu dilakukan latihan, evaluasi topik dan evaluasi kegiatan pembelajaran secara mandiri. 7. Selama mengerjakan evaluasi mata pelajaran dan evaluasi kegiatan belajar, diminta untuk tidak melihat kunci jawaban terlebih dahulu. Jika penilaian mata pelajaran dan kegiatan pembelajaran dinilai, cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban yang tersedia. ix
13 Bab I Pendahuluan A. Latar Belakang Pemimpin Tanpa Membaca Kepemimpinan didasarkan pada apa yang tidak Anda katakan. Yusuf Kalla Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin, setidaknya dia bisa memimpin dirinya sendiri. Eales (2014:5) menjelaskan bahwa leader dan leadership sebenarnya meminjam istilah dari biologi, yaitu head berarti kepala. Manusia tidak dapat hidup tanpa kepala, karena di dalam kepala terdapat semua sistem dan struktur kehidupan manusia. Mulai dari sistem otak, ada mata, telinga, mulut, semuanya. Oleh karena itu kita membutuhkan pemimpin atau pemimpin. Mengapa seorang pemimpin dibutuhkan? Meminjam contoh dari disiplin ilmu biologi, seorang pemimpin dapat dianggap sebagai penuntun dari suatu sistem kehidupan ke sistem lain yang erat kaitannya dengannya. Misalnya, tubuh manusia dapat bergerak ke arah tertentu jika mata di kepala adalah penuntun, maka modul ini dapat ditulis dengan tangan di bagian tubuh karena saraf otak yang terletak di bagian dalam diarahkan ke sana. memandu Jadi, ada hubungan antara kepala dan bagian bawah kepala. Hubungan antara pemimpin (chief) dan bawahan (subordinate) dapat digambarkan sebagai berikut: Pemimpin Staf Staf Tujuan Gambar 1.1 Hubungan antara pemimpin dan staf Disadur oleh penulis dari Eales (2014: 6) 1
14 Tabel 1 di atas menunjukkan bahwa seorang pemimpin dan bawahannya memiliki keinginan yang sama untuk mencapai tujuan hidup. Tujuan adalah kuncinya. Pemimpin tidak dapat mencapai tujuan tanpa dukungan, inisiatif, kreativitas karyawan. Contoh lain dari hubungan antara pemimpin dan karyawan dapat diilustrasikan dengan menggunakan bagan kedua sebagai berikut: Tujuan Karyawan Pemimpin Karyawan Gambar 1.2 Kesamaan Antara Pemimpin dan Karyawan Bagan kedua menunjukkan tujuan pemimpin. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemimpin perlu merekrut sejumlah karyawan, dalam hal ini karyawan yang membantu pemimpin bekerja untuk mencapai tujuan tersebut. Baik Gambar 1.1 maupun Gambar 1.2 menunjukkan bahwa menjadi pemimpin yang efektif dalam mengelola hubungan dan tujuan organisasi berkaitan dengan hubungan antara pemimpin dan bawahannya. Pertanyaannya, apa itu pemimpin berkarakter? Untuk menggambarkan seorang pemimpin berkarakter, ada dua hal, kata pemimpin dan karakter. Pengertian pemimpin sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, nah apa itu karakter? Secara etimologis, kata karakter berasal dari kata Yunani charassein, yang berarti benda atau alat untuk menggaruk, yang kemudian dipahami sebagai cap atau stempel.