Bilamana Atasan Meminta Anda Menggunakan Fasilitas Kantor Untuk Keperluan Pribadinya, Bukan Untuk Keperluan Kantor, Maka Sikap Anda Adalah – Pemberitahuan Penting Pemeliharaan server dijadwalkan pada hari Minggu, 26 Juni, pukul 02.00 hingga 08.00. Situs tidak akan berfungsi pada waktu yang ditentukan!
Tugas Panduan Perjalanan Catatan: Tugas yang tercantum di bawah ini dapat dilakukan di lingkungan simulasi atau di tempat kerja. Tugas-1 Dalam kegiatan, perhatikan peran berbagai jenis pemandu wisata dan hubungannya dengan sektor industri. Siswa dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk merumuskan dan mendiskusikan: Pengertian pemandu Jenis-jenis pemandu Kegiatan sehari-hari untuk masing-masing jenis pemandu Manfaat peran pemandu Hubungan pemandu dengan berbagai sektor industri Tugas-2 Sumber informasi dalam sektor yang dikenal dan dihargai Evaluator meminta Anda untuk mencari informasi tentang pertimbangan dan praktik lingkungan saat ini yang mendukung panduan Cari informasi, evaluasi informasi, dan diskusikan proses yang Anda gunakan. Hal ini dapat mencakup: Seminar Seminar industri Kursus pelatihan Tur pengenalan Partisipasi dalam kegiatan asosiasi pemandu wisata Penelitian formal dan informal di Internet Tugas-3 Sumber daya informasi dalam sektor ini dikumpulkan dan dievaluasi Pelatih menantang siswa untuk mencari informasi tentang masalah tertentu di membimbing dan menggunakan informasi yang diperoleh untuk memecahkan masalah. Usaha jasa pariwisata – 305
Bilamana Atasan Meminta Anda Menggunakan Fasilitas Kantor Untuk Keperluan Pribadinya, Bukan Untuk Keperluan Kantor, Maka Sikap Anda Adalah
Tugas pemandu wisata-4 Mengenal industri dan meningkatkan kualitas layanan pemandu Anda bekerja di biro perjalanan lokal. Atasan Anda meminta Anda untuk menggunakan pengetahuan industri Anda tentang jadwal penerbangan dan akomodasi lokal untuk memberi tahu penumpang Anda saat ini. Tugas 5 Jaringan Industri dan Pariwisata Anda bekerja untuk perusahaan perjalanan besar. Supervisor Anda telah meminta Anda untuk mencari informasi tentang (pertanyaan etis terbaru). Kode etik pemandu mengatakan: “Seorang instruktur harus memberi kesan yang baik tentang budaya, agama, dan negaranya saat mengajar” Melalui jaringan industri dan instruktur, cari jawaban terkait topik ini, catat informasi dalam formulir laporan dan kirimkan kepada instruktur Anda untuk evaluasi dan umpan balik. Presentasikan hasil investigasi kepada pelatih dan tim Anda. Tugas-6 Kegiatan pemandu, persyaratan hukum yang menentukan (b) industri Berikan contoh persyaratan hukum yang harus dipenuhi oleh pemandu. Jelaskan alasan persyaratan ini dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab seorang pramuwisata. Tugas-7 Pertimbangan etis di bawah bimbingan pelatih menugaskan kepada siswa pertanyaan-pertanyaan etis yang harus diperhatikan.Pertanyaan ini harus dijawab sesuai dengan kode etik instruktur Indonesia.Tuliskan jawaban Anda dalam bentuk laporan dan serahkan ke pelatih untuk evaluasi sebagai layanan dan umpan balik Bisnis jasa pariwisata – 306
Kumpulan Artikel Sdm
Pemandu Wisata Tugas-8 Pramuka Persyaratan Keselamatan Anda bekerja sebagai pemandu wisata di daerah Anda Pilih salah satu peran yang menjadi tanggung jawab Anda sebagai pemandu wisata Sebutkan peran dan penerapan aturan keselamatan dalam peran Anda Tulis jawaban Anda pada formulir laporan dan berikan kepada pelatih Anda untuk mengevaluasi dan menerima umpan balik Tugas-9 Perbarui pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pemandu wisata Anda bekerja sebagai pemandu wisata di daerah setempat Perbarui pengetahuan Anda tentang tempat-tempat wisata utama di daerah Anda menggunakan beberapa metode /metode dijelaskan oleh pelatih Anda. Tulis hasil Anda dalam bentuk laporan dan kirim ke pelatih Anda untuk evaluasi dan umpan balik ******** Layanan Pariwisata Bisnis – 307
Bimbingan perjalanan 3. Layanan transfer kedatangan (transfer) dan keberangkatan (transfer out)———————————————— ———– —- ——————————— — ——– Transfer-in adalah pelayanan kedatangan wisatawan di bandara/pelabuhan/terminal/stasiun tempat wisatawan pertama kali tiba atau ditangani oleh pemandu wisata. Transfer out adalah layanan pemberangkatan wisatawan di bandara/pelabuhan/terminal/stasiun dimana terdapat wisatawan terakhir di area wisatanya yang disediakan oleh pemandu wisata. TRANSFER-IN1. Tata cara dan informasi kedatangan wisatawan antara lain: Mengetahui jenis angkutan/kendaraan menuju terminal di daerah setempat. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada: o Bandara domestik o Bandara internasional o Terminal bus o Stasiun kereta api o Pelabuhan laut. Baca informasi di papan informasi mengenai keberangkatan/keberangkatan seperti: o Nomor penerbangan o Perkiraan waktu kedatangan o Perkiraan waktu keberangkatan o Nomor gerbang Lakukan tindakan yang diperlukan sehubungan dengan perubahan jadwal: Beritahu kantor/perusahaan Beritahu hotel/akomodasi Beritahu staf/ lainnya seperti supir bus. Usaha jasa pariwisata – 308
Panduan perjalanan 2. Prosedur transfer kedatangan Jenis penyedia jasa transportasi antara lain: o Perusahaan bus o Perusahaan limosin o Perusahaan taksi Penting untuk diperhatikan: o Alamat / nomor telepon penyedia jasa transportasi. o Jenis transportasi yang tersedia/disediakan o Nomor kendaraan o Nama pengemudi Catatan: Kami harus menghubungi dan memastikan waktu dan tempat yang benar dengan perusahaan transportasi sebelum kedatangan wisatawan/pelanggan.3. Teknik memperkenalkan diri antara lain: o Papan nama o Tempat tidur o Seragam o Payung/bendera o Tanda pengenal Jika hal diatas tidak kami lakukan, kemungkinan akan terjadi: o Keluhan/keluhan pelanggan o Kehilangan turis di titik penjemputan (bisa terjadi karena banyak hal) o Kebingungan dan kehilangan Waktu yang berharga dalam menjalankan aktivitasnya, seorang pemandu wisata harus membiasakan diri dengan fasilitas yang tersedia di terminal, antara lain: o Pusat informasi o Ruang tunggu o Area check-in o Ruang bayi o Doa kamar o Kamar kecil/toilet o Area pertukaran o Bank dan restoran o Gerbang masuk dan keluar o Penerbangan, hotel, tempat persewaan mobil. o Tempat memesan taksi o Tempat bertemu rombongan wisatawan Pemandu wisata harus memahami prosedur penerimaan dan peraturan yang berlaku di terminal. Usaha jasa pariwisata – 309
Contoh pemandu wisata: Apakah mungkin bertemu pelanggan di loket pengantaran bagasi? Apakah ada tempat khusus untuk menerima wisatawan? Bisakah barang bawaan mereka diambil/dibawa sebelum mereka menyelesaikan urusannya melalui bea cukai? Daftar nama dan perincian persis penumpang sangat diperlukan agar dapat mencatat/mengetahui informasi mengenai hal-hal berikut, antara lain: o Kedatangan o Ketidakhadiran o Informasi atau penjelasan lainnya o Hal-hal lain yang tercantum dalam daftar nama penumpang: ° Jumlah dan nama penumpang yang akan tiba ° Informasi kedatangan termasuk waktu kedatangan, pesawat, nomor mobil/bus atau nomor kereta ° tempat kedatangan, stasiun atau terminal. ° Tempat pertemuan ° Konfirmasi cara pengangkutan dan waktu dengan penyedia jasa angkutan ° Tempat keberangkatan dan kendaraan yang disiapkan ° Daftar pemeriksaan bagasi ° Daftar barang yang diangkut 4. Pengangkutan bagasi dari terminal biasanya dilakukan sebelum kedatangan wisatawan. Ini termasuk: o Konfirmasi ulang waktu dan tempat penjemputan o Pengemudi tiba satu jam sebelum tiba di terminal. o Informasikan lokasi penjemputan kepada pengemudi o Persiapkan parkir dan biaya untuk pengemudi/pengemudi o Penjemputan bagasi tepat waktu penting karena: o Wisatawan tidak khawatir dan dapat melihat bahwa semuanya telah diurus dengan baik. o Menunjukkan profesionalisme dalam berbisnis o Menghemat waktu Prosedur pengelolaan bagasi: o Menyiapkan daftar bagasi untuk memeriksa jumlah bagasi yang dibawa. o Kumpulkan barang bawaan dan hitung sesuai daftar penumpang yang ada. Usaha jasa pariwisata – 310
Ikpln News Edisi 12
Tour Guidingo Mengatur pengangkutan barang bawaan o Pastikan barang bawaan yang anda bawa adalah barang bawaan yang tepat. o Penghitungan jumlah bagasi yang akurat diperlukan untuk menghindari bagasi yang hilang. Langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi kehilangan bagasi: o Laporkan ke “Lost and Found” (Hilang) o Ambil tanda terima o Laporkan kehilangan ke kantor atau biro perjalanan o Hubungi/hubungi langsung untuk mengetahui progres pencarian dan melaporkan hasilnya kepada yang bersangkutan. o Jika bagasi tidak ditemukan, laporkan kehilangan tersebut ke penyedia layanan terkait. Tata cara penyambutan dan perkenalan secara umum terdiri dari: Komentar umum: Salam: Selamat pagi, siang atau malam Tertulis: Tergantung pada jenis wisatawan Bapak dan Ibu Yang Mulia Nama: (nama biro perjalanan atau perusahaan), saya akan ingin menyapa kalian semua b. .. (tempat) Pendahuluan: Kontak mata dengan Nama saya… dan nama pengemudi Anda adalah… (jangan lupa tersenyum, percaya diri, turis) Kirim beberapa pesan tentang: rencana saat ini /event masalah keselamatan dan keamanan adat dan budaya setempat ( penduduk setempat) harus berbicara: o Selamat Datang o Ramah o Wawasan o Mempertimbangkan latar belakang budaya wisatawan.6. Penyaluran informasi kedatangan kepada wisatawan mengenai pengaturan transportasi/transfer antara lain: o lokasi kendaraan o prosedur pengaturan barang dagangan o pengaturan waktu kedatangan akomodasi Usaha Jasa Pariwisata – 311
Pemandu wisata o Lokasi terminal tempat tinggal/akomodasi wisatawan o Siapkan informasi penting (dilakukan oleh pemandu) seperti: nama hotel, lokasi, jumlah fasilitas dan fasilitas yang tersedia seperti brankas, koneksi internet.7. Penyerahan informasi kedatangan Pelanggan/wisatawan harus diberitahu tentang pengaturan tur yang akan datang, baik yang termasuk dalam program mereka atau ditawarkan sebagai tur opsional atau tambahan di luar program. Detail dapat mencakup: o Jenis tour, seperti city tour o Waktu/hari keberangkatan o Tempat keberangkatan o Durasi tour o Informasi tentang pakaian, sepatu dan perlengkapan lain yang akan dikenakan o Ada atau tidaknya biaya tambahan Informasi bagi wisatawan Beberapa informasi yang harus disampaikan kepada wisatawan antara lain: waktu Wisatawan Lokal harus menyesuaikan/menyesuaikan jamnya pada saat kedatangan. Pemberitahuan perbedaan waktu kedatangan sangat penting: Contoh: Waktu Singapura 1 jam sebelum waktu Jakarta Bali 1 jam sebelum waktu Jakarta Iran/Papua 2 jam sebelum Jakarta Jam kantor: (dapat bervariasi, tetapi umum) Senin sampai Kamis: 08.00 -17.00 ( Siang: 12.00-13.00) Jum’at: 08.00-17.00 (Waktu shalat jumat mesjid 11.30-13.00) Pembagian waktu: Di Indonesia ada 3 pembagian waktu berdasarkan wilayah: Waktu Indonesia Barat (GMT+7 jam) Waktu Indonesia Tengah (GMT+ 8 jam) Waktu Indonesia Timur (GMT+9 jam) Wisatawan harus diberitahu tentang nilai tukar dan hal-hal terkait mata uang. Contoh: Mata uang Indonesia adalah Rupiah (IDR/Rp ) Nilai tukar Rupiah saat ini adalah: Untuk US$1.00 = Rp…… Bisnis Jasa Pariwisata – 312
Pemandu wisata Kondisi uang kertas yang akan ditukarkan adalah : bersih (tidak ada noda atau tulisan) halus (tidak terlalu kasar) tidak sobek Nilai tukar dapat berubah karena hal-hal seperti: pertumbuhan ekonomi atau depresi perkembangan politik seperti pergantian kepemimpinan keamanan keprihatinan. Mata uang utama yang diterima meliputi: Dolar AS Dolar Singapura Dolar Australia Dolar Kanada Dolar Belanda Guilder Mark Jerman Pound Sterling Ringgit Malaysia Mata uang asing dapat ditukarkan di: Bank: Bank Negara/Swasta/Asing Penukaran Uang: Seluruh kota Hotel, Resor.Tips Pemberian saran dalam: Indonesia dianggap umum meskipun tidak wajib, tetapi tergantung pada jenis dan kualitas layanan yang diberikan. Di beberapa restoran, biaya layanan sudah termasuk dalam tagihan. Pemandu harus memberi tahu wisatawan kapan saja, jika dianggap perlu.