Pak Budi Membangun Sebuah Perusahaan Perangkat Keras – Apakah kamu suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Bab 4 Sistem Komputer Setelah mempelajari bab ini, Anda akan dapat menjelaskan komponen sistem komputer, cara kerja sistem komputer, dan cara integrasi data. Tahukah Anda bahwa komputer dapat membantu pekerjaan kita karena tersedianya sistem komputer? Bagaimana cara kerja sistem komputer? KEMENTERIAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN RISET DAN TEKNOLOGI RI TAHUN 2021 Informatika Kelas VII SMP Penulis : Irya Wisnubhadra, Wahyono, Heni Pratiwi, Kurnia Astiani ISBN : 978-6042-824

Pak Budi Membangun Sebuah Perusahaan Perangkat Keras

70 SMP Informatika Kelas VII Saat ini komputer/smartphone telah banyak membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Ini dimungkinkan karena perangkat keras dan perangkat lunak terintegrasi sistem komputer. Analogi perangkat keras adalah gitar, dan perangkat lunak adalah lagu yang dimainkan dengan gitar. Perangkat keras, perangkat lunak, penyimpanan, sistem operasi, aplikasi, aplikasi

Pak Budi Membangun Sebuah Perusahaan Perangkat Keras Yang Memiliki Produk Mobil Otomatis Yang Dapat

71 Bab 4 Sistem Komputer Pengenalan Sistem Komputer Komputer adalah kata bahasa Inggris untuk menghitung, yang berarti membaca. Sekarang, komputer mengacu pada perangkat elektronik yang dapat menerima input/perintah data, mengolah data input, menghasilkan output, dan menyimpan data dalam penyimpanan sekunder. Komputer menjadi sistem komputer yang merupakan gabungan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu. Perangkat keras adalah komponen fisik komputer dan perangkat lunak adalah program yang dijalankan pada perangkat keras tersebut. Sistem komputer sederhana ditunjukkan pada gambar berikut: Perangkat input mengirimkan data ke komputer seperti keyboard, scanner, kamera digital, dan lain-lain. Perangkat keras komputer mengolah data dan mengirimkan hasil pengolahan tersebut ke perangkat output seperti layar komputer, printer, speaker, dll atau menyimpannya di secondary storage. Saat ini, ponsel pintar (smartphone) telah menjadi sistem komputer kecil. Sistem komputer membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk berfungsi. Selain komponen internal komputer, perangkat keras tambahan diperlukan oleh pengguna untuk berkomunikasi dengan sistem melalui input dan output. Perangkat lunak pada komputer memungkinkan perangkat keras bekerja dengan pengguna untuk melakukan tugas. Perangkat lunak dalam sistem komputer dibagi menjadi dua jenis utama, perangkat lunak manajemen dan perangkat lunak aplikasi. Gambar 4.1 Sistem Komputer Umum. Perangkat keras adalah bagian fisik dari komputer. Perangkat lunak adalah program yang berjalan di komputer. Tahukah kamu?

  Pawarta Asale Saka Tembung Warta Kang Tegese

72 Informatika Kelas VII SMP A. Perangkat Keras – Perangkat Keras Perangkat keras adalah perangkat komputer yang berwujud fisik, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat digunakan sebagai perangkat masukan, perangkat keluaran, pemroses, memori dan penyimpanan. Perangkat keras terdiri dari perangkat input 1. Perangkat Input Perangkat input adalah perangkat yang mengirimkan data ke komputer untuk diproses. Jenis bahan instalasi adalah sebagai berikut. Mouse atau mouse Mouse atau tetikus digunakan untuk menggerakkan dan mengatur posisi kursor pada layar komputer. Pengoperasian mouse dapat dilakukan dengan beberapa cara. Titik (Titik), posisi: Mouse akan menunjuk ke suatu objek di layar komputer. Klik kiri: Menekan tombol mouse satu kali dan segera melepaskannya. Double Click: Mengklik tombol mouse dua kali berturut-turut dengan cepat tanpa menggerakkan mouse. Klik Kanan (Right Click): Klik kanan dapat dilakukan sekali untuk memunculkan menu tertentu. Seret (Drag): Digunakan untuk memindahkan objek tata letak seperti gambar, gambar, teks, dll. Caranya dengan menunjuk objek yang akan dipindahkan sambil menahan tombol kiri mouse, lalu drag mouse sesuai keinginan. Setelah mencapai bagian yang diinginkan tombol mouse dilepas. Keyboard Keyboard adalah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan karakter (karakter) ke dalam komputer. Karakter berikut Gambar 4.2 Mouse nirkabel Bluetooth Gambar 4.3 Mouse dengan kabel USB

73 Bab 4 Sistem Komputer berupa huruf, angka dan simbol. Keyboard standar memiliki grup kunci berikut. A. Tombol pengetikan: tombol pengetikan, terdiri dari huruf (alfabet), angka (angka), dan simbol. B. Tombol fungsi: Tombol F1 hingga F12 di bagian atas keyboard untuk fungsi khusus. C. Numeric Keypad: tombol angka khusus, tombol operator matematika seperti perkalian, penjumlahan, pembagian dan pengurangan. Panel angka juga memiliki ikon kursor jika tombol numlock aktif. D. Tombol kontrol kursor: tombol kontrol kursor. Ya. Kunci sistem: kunci yang terkait dengan sistem. F. Kunci aplikasi: kunci yang terkait dengan aplikasi. G. Tambahkan Kunci: Menambahkan kunci. H. Lainnya: Lebih banyak tombol seperti hapus, muat, dan lainnya. Gambar 4.4 Papan Ketik QWERTY. Cara kerja keyboard 1. Saat tombol keyboard ditekan maka akan menekan lapisan karet dibawahnya. 2. Karet dihubungkan ke chip yang mentransmisikan sinyal yang diterima saat tombol ditekan. 3. Sinyal yang dikirimkan berupa kode-kode biner. 4. Informasi dalam format biner akan diterjemahkan oleh Central Processing Unit (CPU) dengan mengacu pada informasi yang tersimpan di Read Only Memory (ROM) yang akan ditampilkan di layar monitor. Jenis-Jenis Keyboard Ada beberapa jenis keyboard yang berkaitan dengan susunan tombol pada keyboard, biasanya untuk bahasa yang berbeda-beda, di antaranya sebagai berikut.

  Marang Wong Tuwa Kudu Mbangun

74 Informatika Kelas VII SMP a. Papan ketik QWERTY, tata letak papan ketik paling populer, didasarkan pada enam huruf pertama papan ketik mesin tik. Tata letak QWERTY dirancang agar karakter yang paling umum tidak “macet” di mesin tik, atau berhenti bekerja. B. Keyboard Dvorak, yang menempatkan karakter paling umum di tempat yang paling mudah diakses. Keyboard gaming juga memiliki tombol khusus untuk akses cepat. C. Keyboard Klockenberg yang mengedepankan fitur ergonomis dimana keyboard QWERTY telah dimodifikasi untuk mengurangi beban otot tangan. D. Keyboard Maltron, seperti keyboard QWERTY, didesain untuk kenyamanan tangan. Ya. Keyboard fungsional, yaitu keyboard QWERTY yang ditampilkan pada media lain, misalnya layar ponsel, layar komputer, meja, dan lain-lain. Keyboard ini memungkinkan mengetik tanpa menggunakan keyboard fisik. a c d b Gambar 4.5 Jenis-jenis tombol. (a) Keyboard Dvorak, (b) Keyboard Klotenberg, (c) Keyboard Maltron, (d) Keyboard Virtual Gambar 4.6 Pemindai Foto. Pemindai digunakan untuk memindai dan menyalin data dari kertas yang berisi gambar, foto, gambar atau teks menggunakan pembaca data optik. Cara kerja scanner ini adalah dengan meletakkan objek di atas kaca mesin, yang akan dibaca oleh optical data reader.

Soal Soal Up Pedagogi

75 Bab 4 Sistem Komputer Gambar 4.7 Joystick. Joystick Joystick digunakan sebagai aksesori untuk memainkan game / video game yang menggunakan lebih dari satu tombol. Joystick digunakan untuk menggerakkan kursor di layar game. Elemen joystick adalah: 1. Tongkat/tuas, 2. Dasar, 3. Pemicu, 4. Tombol ekstra, 5. Sakelar autoire, 6. Sakelar throttle, 7. Sakelar Empa (topi POV), 8. Cangkir hisap. Gambar 4.8 Mikrofon Mikrofon Mikrofon adalah perangkat yang mengubah suara menjadi sinyal listrik. Alat ini digunakan untuk menginput suara pada komputer. Kata-kata ini dapat direkam sebagai perintah komputer, atau dikirimkan melalui komunikasi antar komputer. Gambar 4.9 Pembaca Barcode. Barcode Reader (Pemindai Kode Batang) “Pemindai Kode Batang” adalah pemindai optik yang dapat membaca kode batang yang dicetak, mengubah kode batang menjadi data listrik dan mengirimkannya ke komputer dalam format data sederhana. Gambar 4.10 Contoh informasi barcode dan kode. 2. Memproses Data atau instruksi yang diterima dari perangkat tertanam akan diproses oleh komputer. Prosesor ini memiliki banyak fitur, sebagai berikut.

  Tulislah Hipotesis Yang Tepat Untuk Penelitian Dengan Judul Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Padi

76 Kelas VII SMP Informatika a. Central Processing Unit (CPU) adalah bagian utama dari komputer yang bertugas melakukan semua fungsi yang dilakukan oleh komputer seperti aritmatika, logika, kontrol, dan operasi input/output dasar. CPU terdiri dari tiga komponen utama, termasuk register, unit kontrol (CU), dan Unit Aritmatika-Logika (ALU). CPU adalah otak dan jantung fisik dari Sistem Komputer yang menghubungkannya ke berbagai perangkat periferal, termasuk perangkat input/output dan unit penyimpanan sekunder. Di komputer modern, CPU terletak pada chip sirkuit terintegrasi yang disebut prosesor, prosesor utama, prosesor pusat, atau mikroprosesor. CU dari CPU akan mengatur dan mengintegrasikan kerja komputer. CU akan memilih dan mengambil instruksi dari memori utama/register secara berurutan dan menerjemahkannya untuk mengaktifkan bagian lain dari sistem. Semua data input dilewatkan melalui memori utama ke ALU untuk diproses, yang meliputi empat operasi aritmatika dasar (yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) dan beberapa operasi yang logis seperti membandingkan data dan pemilihan. Pada komputer PC atau laptop, CPU dipasang pada mainboard yang terhubung dengan komponen eksternal lainnya, seperti memori utama, sirkuit input/output, dan prosesor khusus untuk menambah kemampuan komputer seperti Graphical Processing Unit (GPU). Kecepatan diukur dalam clock speed yang dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz). Kecepatan jam CPU saat ini berada di urutan MegaHertz (MHz) dan GigaHertz. B. Memori Akses Acak (RAM) dan Memori Hanya Baca (ROM) Pemrosesan CPU tidak efisien untuk data dalam jumlah besar, sehingga diperlukan lebih banyak ruang penyimpanan. Perangkat ini dipasang di dalam papan/motherboard komputer utama, yang berisi: Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). Random Access Memory (RAM) RAM adalah jenis memori yang sangat cepat yang digunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer sedang menjalankan atau mengeksekusi instruksi. Gambar 4.11 Prosesor Intel dan AMD.

77 Bab 4 Proses Komputer Saat data dari penyimpanan sekunder akan dimuat ke dalam CPU untuk diproses, data tersebut dimuat ke dalam RAM agar dapat diproses dengan cepat. Misalnya, jika Anda mengubah citra bunga (“lower.jpg”), citra tersebut akan dimuat ke dalam RAM dan digunakan dalam RAM. Data dalam RAM dapat diakses secara otomatis