3 Alasan Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah

Rumah Yang Lebih Besar
Rumah Yang Lebih Besar

Anda sudah memutuskan akan membeli rumah, tapi masih ragu-ragu dengan yang Anda pilih?. Memang memilih tempat tinggal bukanlah hal yang bisa Anda putuskan secara terburu-buru. Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah, banyak hal yang harus dipertimbangkan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, saat telah membeli tempat tinggal yang telah Anda pilih.

Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum membeli rumah agar puas dengan apa yang Anda pilih.

Sudah Menyiapkan Uang Untuk Membeli Rumah?

Berapa uang yang Anda siapkan untuk membeli rumah Anda? Selain untuk membayar uang muka rumah. Perhatikan keterangan dibawah ini agar Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah:

  1. Anda masih harus memiliki simpanan untuk membayar pengeluaran lainnya.
  2. Ada baiknya Anda meminta bon pembayaran air dan listrik dari pemilik rumah sebelumnya.
  3. Sehingga Anda bisa memperkirakan berapa biaya hidup di rumah yang baru.
  4. Anda pasti tidak mau jika setelah Anda membeli rumah
  5. Anda baru tahu kalau ternyata biaya perawatan dan biaya hidupnya sangat tinggi.

Simak cara-cara dibawah ini sebelum anda membli rumah agar anda Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah:

  • Membayar Uang Muka Lebih Besar

    Membayar Uang Muka Lebih Besar
    Membayar Uang Muka Lebih Besar

Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah, Coba cara dengan membayar uang muka yang lebih besar, cicilan yang nantinya harus Anda bayarkan tentunya akan lebih ringan. Tidak sedikit, lho, orang yang menyesal karena tidak membayar uang muka rumah lebih besar.

  1. Untuk cicilan mereka harus membayar lebih besar ataupun lebih lama.
  2. Membayar uang muka lebih besar juga berarti Anda punya lebih banyak uang yang bisa ditabungkan.
  3. KPR konvensional atau syariah? Yang fix rate atau floating rate? Diskusikan dengan agen atau petugas bank, mana KPR yang sesuai untuk Anda.
  4. Dengan memilih cara pembayaran yang tepat, tentunya Anda tidak akan merasa terberatkan di masa yang akan datang.
  • Tetangga Di Lingkungan Rumah

Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah, jika anda sudah memilih rumah yang Anda suka, dan membelinya, tapi setelah Anda tinggal di sana, ternyata tetangga Anda sangat senang menyetel televisi dengan volume keras di malam hari. Tentu saja itu akan sangat menyebalkan, dan Anda tidak bisa melakukan apapun.

Agar anda tidak menyesal karena hal-hal seperti ini, Anda bisa melihat bagaimana keadaan tempat tinggal ini di waktu-waktu tertentu, Simak hal dibawah ini:

  1. Anda bisa melihat lingkungan rumah tersebut di waktu-waktu tertentu, seperti di pagi hari saat orang-orang bersiap bekerja, di sore hari saat ramai dan orang-orang baru pulang dari kegiatan mereka, dan di malam hari.
  2. Rumah yang akan Anda pilih adalah rumah impian Anda, tapi ternyata Anda memerlukan waktu lama untuk sampai ke kantor Anda, tidak ada sekolah yang bagus,tidak ada pusat perbelanjaan atau rumah sakit di dekat rumah Anda.
  3. Ini pasti sangat menyusahkan untuk Anda sekeluarga. Maka karena itu, periksa keadaan lokasi rumah sebelum Anda membelinya. Anda pasti tidak mau membeli rumah di daerah yang tidak aman, bukan?
  4. Membeli rumah lebih cepat, bukan berarti Anda harus membeli rumah pertama yang Anda sukai.

Jika ada rumah yang sudah cocok, dengan harga yang sudah pas dengan kantong Anda, langsung beli saja, sebelum harga yang ditawarkan naik atau rumah itu justru dibeli oleh orang lain. Dengan membeli rumah lebih cepat, Anda juga tidak akan menghabiskan uang untuk membayar sewa.

  • Membeli Rumah Yang Lebih Besar

    Rumah Yang Lebih Besar
    Rumah Yang Lebih Besar

Pertama kali Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah jika melihat rumah impian Anda, mungkin Anda merasa rumah tersebut cukup untuk Anda dan keluarga. Begitu Anda pindah ternyata rumah itu tidak cukup besar. Hal seperti ini tentu saja mengesalkan.

  1. Agar Anda tidak menyesal, tidak ada salahnya Anda memikirkan dulu sebelumnya apa yang Anda mau dan bagaimana rencana Anda dengan rumah yang akan Anda beli.
  2. Apakah Anda akan membangunnya agar lebih besar, atau Anda bisa mencari rumah yang lebih besar di lingkungan yang tidak terlalu populer yang harganya masih dalam budget Anda.
  • Lihat Kebutuhan Keluarga Anda

Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah, apalagi anda belum, melakukan Apa yang Anda dan keluarga butuhkan di rumah yang akan dipilih?

  1. Bicarakan dengan setiap anggota keluarga Anda apa yang mereka perlukan di rumah yang baru.
  2. Jangan sampai ada anggota keluarga yang tidak senang dengan rumah yang baru.
  3. Jika ada yang tidak suka dengan rumah baru tersebut, sebaiknya Anda mencari rumah yang lain.
  • Melihat Lebih Banyak Rumah

Dengan melihat lebih banyak rumah, tentu Anda akan mempunyai lebih banyak referensi. Anda bisa memilih mana rumah yang lebih cocok untuk Anda dan keluarga. Anda bisa bertanya pada para agen properti rumah-rumah yang dijual di daerah yang Anda inginkan, Anda bisa mendiskusikannya dengan keluarga Anda mana yang paling mereka suka.

  1. Pertama tama-tama, anda tentu harus memikirkan banyaknya kamar tidur yang diperlukan untuk Anda dan keluarga.
  2. Jika Anda memerlukan rumah dengan tiga kamar tidur, jangan sampai Anda membeli rumah dengan dua kamar tidur.
  3. Begitupun dengan kamar mandi, berapa banyak yang Anda perlukan.
  4. Sesuaikan rumah yang Anda cari dengan kebutuhan kehidapan Anda sehari-hari.

Penutup

Dengan memikirkan hal-hal ini sebelum membeli rumah, Anda akan bisa menemukan rumah impian Anda. Sekali lagi,  sebaiknya Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah !. Semoga saja dengan tips-tips dari capcus di atas bisa mengindarkan Anda dari rasa penyesalan setelah membeli rumah tersebut.

  8 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah