Kamu Wajib Tahu Info ini Sebelum Daftar Kartu Kuning Online 2022

Daftar kartu kuning online 2022
Kunjungi website kemnaker.go.id untuk daftar kartu kuning online 2022

Daftar Kartu Kuning Online 2022

Kartu tanda bukti pendaftaran tenaga kerja (AK/I) atau biasa disebut Kartu Kuning adalah kartu yang wajib dimiliki oleh pencari kerja yang akan bekerja di dalam atau di luar negeri.

Saat ini Kartu Kuning menjadi salah satu syarat wajib dalam melamar pekerjaan baik itu di instansi pemerintah maupun swasta.

Secara umum Kartu Kuning (AK1) berlaku selama 2 tahun. Jika Pencari Kerja tidak melamar perpanjangan Kartu Kuning (AK1) dalam waktu dua tahun maka Pencari Kerja akan dianggap telah memiliki pekerjaan dan ini akan dicatat di database pemerintah.

Baca juga: 4 Cara Daftar Shopee Affiliate Tanpa Minimal Followers 2022

Salah satu kelebihan Kartu Kuning (AK1) adalah Pencari Kerja tidak perlu melamar ke perusahaan lain secara independen dari satu perusahaan karena Disnakertrans akan menghubungi Pencari Kerja jika memenuhi kriteria perusahaan.

Pencari Kerja juga dapat menghemat waktu, uang, dan tenaga dengan menjamin mereka mendapatkan kesempatan kerja yang baik. Biasanya AK1 juga berisi Surat Keterangan Rekor Polisi atau SKCK, Ijazah dan Surat Keterangan Bebas Narkoba atau SKBN. Sehingga isi kartu ini mewakili semua informasi Pencari Kerja.

Untuk pendaftaran kartu kuning (AK1) dapat dilakukan dengan sistem manual maupun online. Kalau kamu ingin mendaftar secara manual maka kamu harus mendaftar ke Dinas Ketenagakerjaan di Kabupaten/Kota tempat kamu berada dengan membawa dokumen persyaratan.

  Investasi Tanah, Rumah Atau Apartemen? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya!

Sementara untuk daftar kartu kuning online 2022, kamu cukup mengunjungi situs resmi kemnaker.go.id dan mendaftarkan data diri dan menginput dokumen persyaratan secara online.

Syarat Daftar Kartu Kuning Online 2022

Untuk daftar kartu kuning online 2022, diatur dalam Permenaker Nomor 7 tahun 2008 pasal 26 yang mengatakan bahwa “Dalam hal pencari kerja yang telah mendaftar melalui sistem daring (on-line system) maka pencari kerja yang bersangkutan dapat memperoleh Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja (AK/I) di instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan kabupaten/kota dimana pencari kerja berada dengan melengkapi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (2)”

Adapun persyaratan yang dimaksud dalam Pasal 25 ayat (2) tersebut adalah:

  1. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar
  2. Kartu tanda penduduk yang masih berlaku;
  3. Copy ijazah pendidikan terakhir bagi yang memiliki;
  4. Copy sertifikat keterampilan bagi yang memiliki; dan
  5. Copy surat keterangan pengalaman kerja bagi yang memiliki

Baca juga: 7 Cara Menghasilkan Uang Dari Tiktok 2022

Bagi Pencari Kerja yang ingin daftar kartu kuning online 2022 dapat mengunjungi situs resmi kemnaker.go.id. Apabila kartu AK/I atau kartu kuning akan dicetak, maka pencari kerja harus datang ke Dinas Kabupaten/Kota terdekat. Pencetakan Kartu Kuning tidak harus dilakukan di Dinas Tenaga Kerja domisili, karena sistem layanan pembuatan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Pencari Kerja (AK/I) ini terintegrasi secara nasional.

Kartu kuning pencari kerja berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi dua halaman. Di halaman pertama, berisi nomor pencari kerja, nomor identitas diri/KTP, foto dan tanda tangan pencari kerja, serta kolom kewajiban pencari kerja melapor empat kali dalam dua tahun.

Sementara di halaman kedua tercantum informasi mengenai data diri pencari kerja, seperti nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, status, agama, alamat, daftar pendidikan formal maupun non-formal, serta disahkan dengan tanda tangan pengantar kerja, dalam hal ini pihak Disnaker Kabupaten/Kota.

  Memperkenalkan Buku Bacaan Untuk Bayi

Cara Daftar Kartu Kuning Online 2022

Sebelum mendaftar sebagai pencari kerja di Kemnaker, pencari kerja wajib memiliki akun terlebih dahulu. Ikuti cara berikut untuk mendaftarkan akun di Kemnaker:

  1. Buka website https://kemnaker.go.id/
  2. Buka menu dengan klik tiga garis di pojok kanan atas beranda website.
  3. Pilih menu Daftar
  4. Klik Daftar Sekarang
  5. Isi kolom yang tersedia dengan Nomor KTP, Nama lengkap, dan Nama ibu kandung
  6. Klik Berikutnya
  7. Isi kolom yang tersedia dengan Alamat email, Nomor HP, dan Password
  8. Klik Daftar Sekarang

Setelah pencari kerja memiliki akun di kemnaker, selanjutnya ikuti langkah berikut untuk daftar kartu kuning online 2022:

  1. Masuk ke laman https://siapkerja.kemnaker.go.id/
  2. Masukkan email atau nomor HP dan password yang sudah terdaftar.
  3. Klik Masuk
  4. Gulir kebawah dan temukan kolom Daftarkan Dirimu sebagai Pencari Kerja. Klik Daftar Sekarang.
  5. Isi formulir sesuai petunjuk
  6. Jika sudah semua, klik tombol save atau simpan.
  7. Apabila sudah sampai pada klik tombol simpan, database sudah tersimpan di Disnaker.
  8. Selanjutnya, Pencari Kerja dapat mencetak Kartu Kuning atau AK/I di Disnaker kabupaten/kota terdekat.

Apakah Daftar Kartu Kuning Online 2022 Dipungut Biaya?

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan tidak ada pungutan biaya alias gratis dalam pengurusan dan pencetakan kartu tanda bukti pendaftaran Pencari Kerja (AK/I) atau biasa disebut dengan kartu kuning.

Apabila ada petugas yang meminta pungutan, laporkan saja ke pihak ke berwajib dan petugas yang meminta pungutan akan dikenakan sanksi tegas,” ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Jakarta, Sabtu (19/06/2021) Dikutip dari website resmi Sekretaris Kabinet Republik Indonesia.

Ketentuan mengenai Kartu Kuning atau Kartu Tanda Bukti Pendaftaran Tenaga Kerja (AK/I)

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penempatan Tenaga Kerja, berikut ini beberapa poin penting yang wajib diketahui oleh Pencari Kerja:

  • Kartu Kuning atau Kartu tanda bukti pendaftaran tenaga kerja (AK/I) berlaku selama 2 tahun, terhitung sejak tanggal pendaftaran.
  • Dalam hal belum mendapatkan pekerjaan, Pencari Kerja harus melapor kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota setiap 6 (enam) bulan sekali, terhitung sejak tanggal pendaftaran.
  • Dalam hal telah mendapatkan pekerjaan, Pencari Kerja harus melapor kepada Dinas Kabupaten/Kota paling lambat 1 (satu) minggu terhitung sejak tanggal penempatan. Laporan dapat dilakukan secara manual maupun online
  • Pencari Kerja dapat memperoleh Kartu Kuning diluar kabupaten/kota domisilinya.
  • Kartu Kuning berlaku secara nasional
  • Kartu Kuning dapat diperpanjang.
  Mengajari Bayi Dengan Stimulasi Pasca Lahir

Format Kartu Kuning (AK1)

Daftar kartu kuning online 2022
Format Kartu Kuning yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota

Kesimpulan

Demikian info yang wajib kamu ketahui sebelum daftar kartu kuning online 2022. Kartu Kuning wajib dimiliki oleh setiap Pencari Kerja. Kartu kuning akan memudahkan Pencari Kerja dalam melamar pekerjaan karena Kemnaker menjadi media perantara antara Pemberi Kerja dengan Pencari Kerja. Segera daftarkan dirimu sebagai Pencari Kerja. Ikuti petunjuk daftar kartu kuning online 2022 dalam artikel ini.