3 Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi 2022

Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi
Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi

Di zaman yang serba praktis ini tentu perlu cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi, mengapa demikian? alasan utamanya tidak nyaman dengan aplikasi tambahan yang bisa membahayakan ponsel dan data pribadi karena mengunduh dari toko aplikasi yang tidak resmi.

Banyaknya aplikasi jahat tentunya membuat waswas, aplikasi tidak resmi akan membahayakan ponsel dan keamanan data pengunduh jika tidak cermat dalam memilihnya, untuk itu cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi kita ulas pada artikel ini. Sebelumnya kita bahas ulang fitur perekam dan bahaya aplikasi tambahan untuk androidmu, pastikan kamu mengikutinya sampai akhir ya!

Mengapa Masih Membutuhkan Fitur Perekam Suara?

mengapa masih membutuhkan fitur perekam suara
mengapa masih membutuhkan fitur perekam suara

Smartphone yang digunakan zaman sekarang sudah dilengkapi dengan fitur perekam suara baik saat kita sedang melakukan percakapan telepon ataupun tidak. Beberapa pengguna menandalkan fitur ini untuk merekam percakapan telepon dalam bentuk bisnis, pembelajaran maupun beberapa hal penting lainya, hasilnya secara otomatis dirangkum pada fitur ”Perekam”yang ada pada androidmu.

Fitur perekam yang telah tersedia pada smartphone membuat pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, alih-alih membantu beberapa aplikasi tidak resmi akan memperburuk ponselmu. Beberapa dampak penggunaan aplikasi jahat telah kami rangkum berikut:

  1. Ponsel akan lelet, kondisi yang paling sering dirasakan pengguna smartphone karena penumpukan yang tumbuh dari aplikasi tambahan yang kamu unduh.
  2. Kapasitas memori, mengunduh aplikasi tambahan membutuhkan ruang untuk menampungnya. Aplikasi yang akan diunduh harus diperhatikan fungsinya terlebih dalam merekam suara dalam percakapan telepon akan sangat boros jika harus mengunduh aplikasi tambahan.
  3. Virus yang akan merusak kesehatan ponsel adalah hal yang paling ditakutkan. Virus akan memperlambat kinerja bisa berasal dari aplikasi yang kamu unduh untuk itu perlu melakuka pertimbangan dalam mengunduhnya.
  4. Aplikasi yang tidak resmi menjadi masalah pada ponsel dan data pribadi pengunduh, aplikasi yang tidak resmi merujuk kepada perangkat lunak berbahaya. Melalui aplikasi tambahan cybercriminal akan melakukan peretasan data pribadi tanpa sepengetahuan kamu, untuk itu perlu kamu gunakan toko yang resmi dalam memilih aplikasi.
  5 Cara Cek Tagihan PDAM Medan Mudah dan Praktis

Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi

Cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi sebenarnya tidak sulit karena fitur telah tersedia dalam ponselmu hanya saja beberapa pengguna belum mengetahui cara mengaktifkanya. Berikut cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi:

  • Menggunakan Fitur Bawaan Android

Seperti dijelaskan diatas bahwa semua smartphone telah merilis fitur perekam yang akan membantu penggunanya. Untuk fitur ini masih memiliki keterbatasan yang hanya bisa digunakan untuk merekam percakapan telepon biasa dengan pulsa. Umunya untuk semua tipe android cara untuk mengaktifkanya sama dengan beberapa cara berikut:

  • Cari kontak yang ingin kamu telepon
  • untuk bisa merekam percakapan telepon lawan bicaramu harus menganggkat panggilan terlebih dahulu
  • saat panggilan berlangsung kamu bisa klik Rekam yang ada pada layar panggilan. Rekaman akan berakhir saat panggilan telepon selesai dan kamu bisa melihat hasil rekaman yang otomatis tersimpan dibagian perekam suara pada ponselmu.

merekam percakapan telepon dengan fitur android

Artikel Menarik Untukmu: 7 Cara Mengatasi kartu SIM Tidak Ada Layanan

  • Menggunakan Mikrofon Telinga

Cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi ber

Microfon telinga
Sumber: kaskus.co.id

ikutnya dengan menggunakan microfon telinga dan alat perekam, umumnya alat ini digunakan dalam berbisnis karena penggunaanya mudah dan alat mudah dibawa kemanapun. Adapun cara untuk merekamnya sebagai berikut:

  1. Pertama, pasang mikrofon pada telinga
  2. Berikutnya colokkan kabel audio pada alat penyimpanan rekaman
  3. saat mulai melakukan percakapan telepon nyalakan microfon untuk merekam percakapan dan hasil rekaman akan tersimpan secara otomatis pada alat perekam.
  • Menggunakan Ponsel Lain

merekam dengan ponsel lain
Sumber: ayosemarang.com

Terakhir, cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi dengan menggunakan fitur perekam yang ada pada ponsel lain. Merekam menggunakan ponsel lain jarang digunakan pengguna karena harus melibatkan 2 ponsel sekaligus, cara ini dapat dilakukan jika opsi pertama tidak dapat digunakan terlebih pada situasi mendesak.

  • Gunakan ponsel pertama untuk melakukan percakapan di telepon
  • Pada ponsel kedua buka “Perekam” yang merupakan fitur bawaan androidmu.
  • Klik rekam yang ditandai dengan ikon bulat merah dan mulai lakukan percakapan di ponsel pertamamu
  • Hasil rekaman suara otomatis tersimpan pada fitur tersebut.
  5 Cara Masuk ke Google Singapura 2022 Paling Aman

selain tiga cara untuk merekam percakapan telepon tanpa aplikasi diatas, kami berikan cara merekam percakapan telepon pada aplikasi whatsapp. Untuk merekam percakapan pada whatsapp memerlukan bantuan aplikasi tambahan karena belum tersedianya fitur perekam pada aplikasi ini.

cara merekam panggilan telepon whatsapp

Cara Merekam Percakapan Telepon Pada Aplikasi Whatsapp

  1. Pertama kamu perlu mengunduh aplikasi Perekam Panggilan-Cube ACR
  2. Buka aplikasi dan aktifkan App Connector
  3. berikutnya akan tampil aplikasi dan telepon tempatmu melakukan rekam
  4.  pilih Whatsapp dan secara otomatis kamu diarahkan pada whatsapp
  5. pada tahap ini kamu bisa memilih kontak untuk melakukan percakapan
  6. Disaat lawan bicaramu menganggkt telepon maka secara otomatis akan direkam aplikasi ini
  7. Cek hasilnya setelah percakapan selesai.

Penutup

Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi
Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi

Demikian 3 cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi yang dapat kamu coba sekarang juga. Berbeda dengan 3 percakapan telepon biasa, kamu dapat merekam percakapan whatsapp menggunakan aplikasi yang resmi agar kesehatan ponselmu tetap terjaga.

Demikian pembahasan mengenai cara merekam percakapan telepon tanpa aplikasi semoga sahabat capcus dapat terbantu, Terimakasih telah berkunjung