8 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara dan Penyebabnya

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara
Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi HP  Tidak Ada Suara bisa kamu lakukan dengan beberapa metode tergantung dengan kondisi HP kamu sebelum suara speakernya menghilang. Handphone yang tidak memiliki suara memang sangat menjengkelkan apalagi untuk beberapa orang yang menggunakanya dalam kegiatan utama misalnya bekerja, belajar dan komunikasi, kamu terpaksa menggunakan Gadget lain dan tentunya menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk itu di artikel kali ini perlu diketahui penyebab dan cara mengatasi HP tidak ada suara.

Kenapa HP Tiba-Tiba Tidak Ada Suara?

Berikut beberapa penyebab HP tidak ada suara yang paling sering terjadi:

  • Sistem dan aplikasi mengalami Bug atau error
  • Speaker HP terkena benturan
  • Muncul tanda headset di handphone
  • Speaker HP terkena air
  • Tidak sadar kalo mute diaktifkan

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Beberapa cara yang sudah capcus rangkum di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan HP tidak ada suara.

  • Cek Pengaturan Mute

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi HP yang tidak ada suara yaitu dengan mengecek pengaturan mute. Mute merupakan satu fitur yang tersedia didalam Handphone yang dapat membisukan semua suara diperangkat android kamu. Langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengecek mute di HP mu yaitu dengan membuka fitur pengaturan dan memilih pengaturan suara dan getaran.

Cek Pengaturan Mute
Sumber: leskompi.com

Setelah kamu memilih fitur pengaturan suara dan getaran, kamu bisa mencek suara di handphone kamu apakah dalam posisi mute atau tidak karena terkadang pengguna secara tidak sengaja mengubah pengaturan mute handphone.

  • Restart HP

Ketika kamu melakukan pengecekan pengaturan mute dan ternyata cara ini tidak berhasil, maka masih ada alternatif  lain yaitu dengan memulai ulang (Restart). Hal ini menjadi alternatif jika handphone kamu dalam keadaan bug atau error yang mengakibatkan beberapa fitur tidak bisa digunakan dalam handphone kamu dan menyebabkan suara tidak muncul.

  • Bersihkan Speaker HP

Speaker yang berdebu/tersumbat bisa mengakibatkan suara HP yang tidak keluar, maka untuk itu kamu bisa mengecek speaker dan membersihkanya. Selain berdebu, speaker yang terkena air akan menyebabkan suara hilang. Oleh sebab itu, kamu bisa membersihkan speaker dengan kain lembut ataupun meniup untuk mengeluarkan debu di dalamnya.

  • Test Speaker Dengan Aplikasi Penguji dan Pembersih Speaker

Test Speaker Dengan Aplikasi Penguji dan Pembersih Speaker
Source:play.google.com

Cara mengatasi HP tidak ada suara dengan Aplikasi Penguji dan pembersih audio yang digunakan untuk menguji speaker HP kamu dalam frekuensi tertentu gunanya mengetahui apakah speakermu berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, dengan aplikasi ini kamu dapat membersihkan cache audio pada Handphone kamu dengan cara berikut:

  1. Silahkan Install Aplikasi Penguji dan pembersih Speaker
  2. Setelah itu buka aplikasi dan langsung lakukan Uji
  3. Dengarkan dan Selesaikan test uji sampai dengan 100%
  4. Untuk tahap pembersihan, pilih menu Membersihkan
  5. Selesaikan proses pembersihan sampai 100%
  6. Lakukan pengecekan Suara HP mu dengan mencoba mendengarkan musik/Video untuk memastikan apakah speakermu sudah berfungsi atau belum.
  • Mengatasi HP Tidak Ada Suara dengan Aplikasi Speaker Cleaner

Aplikasi Speaker Cleaner
Source: play.google.com

Cara mengatasi HP tidak ada suara dengan aplikasi Speaker Cleaner jika HP kamu terkena air dan tidak mengeluarkan suara. Aplikasi ini sangat tepat kamu gunakan untuk mengeluarkan air di dalam speaker. Terdengar tabu bukan, aplikasi dapat mengeluarkan air namun speaker cleaner dapat kamu gunakan apabila speaker HP kamu terkena air sebelumnya.

  4 Cara Memasukkan Voucher Telkomsel, Kuota Langsung Aktif!

cara menggunakan aplikasi Speaker Cleaner

  1. Instal aplikasi Speaker Cleaner
  2. Buka aplikasi
  3. Setelah masuk kedalam aplikasi, langsung klik pilih fitur Clean Speaker
  4. Silahkan lakukan cara ini secara berulang untuk memaksimalkan cara kerja Speaker Cleaner
  • Hapus Cache Smartphone

Mengatasi HP tidak ada suara dengan menghapus Cache di HP, tidak ada salahnya mencoba cara ini untuk mengetahui sumber masalah dari dalam atau luar sistem. Cara mengatasi HP tidak ada suara dengan menghapus cache di HP kamu karena hal itu berdampak pada leletnya sistem dan beberapa fitur yang tidak befungsi.

Langkah untuk menghapus cache HP

  • Matikan HP kamu terlebih dahulu
  • Saat ponsel dalam keadaan mati tekan dan tahan tombol power dan volume secara bersamaan
  • Setelah itu akan muncul mode recorvery
  • Langkah selanjutnya yaitu dengan memilih menu Wipe dan pilih wipe cache
  • Tekan oke untuk melakukan konfirmasi

Setelah itu, kamu dapat merestart ponsel atau bisa dengan mudah melakukanya dihalaman recovery dengan memilih Reboort System now dan mencoba apakah HP kamu mengeluarkan suara kembali.

  • Servis Speaker HP

Cara mengatasi HP tidak ada suara alternatif terakhir dengan service speaker ketika cara di atas belum berhasil, maka segeralah membawa HP kamu kepada ahlinya. Beberapa kemungkinan HP kamu tidak mengeluarkan suara karena speaker yang telah rusak. Untuk perbaikan speaker HP kamu, mungkin perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar jasa service namun pastikan kamu bertanya terlebih dahulu masalah pada HP setelah pengecekan kondisi ponsel. Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih jasa speaker HP dengan memastikan tukang service ahli dibidangnya agar hasilnya tidak akan mengecewakan.

Cara Mengatasi Hp Tidak Ada Suara Saat Menelpon

Selain Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara secara umum di atas, berikut ini kami bagikan juga tips secara khusus cara mengatasi hp tidak ada suara saat menelpon yang bisa kamu coba jika permasalahan yang kamu alami secara khusus terjadi saat kondisi sedang menelepon saja.

  • Bersihkan debu, air atau kotoran yang menempel pada lubang speaker HP kamu. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi apakah terjadi kerusakan secara fisik.
  • Pastikan tidak mengabaikan apabila ada notifikasi pembaharuan perangkat, biasanya ada perbaikan beberapa bug yang terjadi di versi sebelumnya.
  • Coba lakukan panggilan ke nomor lain dengan beberapa metode panggilan yang berbeda, misalnya dengan menggunakan panggilan biasa dan panggilan menggunakan aplikasi whatsapp, sehingga kita bisa melakukan klasifikasi permasalahannya lebih rinci lagi.
  • Hal yang sederhana dan sering telewatkan adalah dengan melakukan Restart HP. Di beberapa kasus yang terjadi hal ini bisa digunakan untuk cara mengatasi hp tidak ada suara saat menelpon.
  • Gunakan headset saat menelepon. Cara ini bisa kamu coba untuk mengetahui apakah kerusakan yang terjadi disebabkan speaker bawaan HP yang mati atau tidak.
  • Reset Pabrik (Factory Reset) merupakan solusi terakhir yang bisa kamu coba tanpa harus membawa smartphone kamu ke tukang servis. Namun perlu diperhatikan secara khusus untuk melakukan backup data kamu terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan ini.
  5 Cara Top Up Free Fire Murah (Top Up FF Diskon 90)

Baca juga: 6 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak 2022

Penutup

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara
Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Sekian pembahasan megenai cara mengatasi HP tidak ada suara yang bisa kamu lakukan bersamaan dengan penyebab HP tidak mengeluarkan suara agar pembaca dapat meminimalisir hal-hal yang membuat ponsel kamu tidak bersuara. Cara di atas juga bisa kamu gunakan jika HP kamu tidak mengeluarkan suara secara tiba-tiba maupun volume speaker yang mengecil. Semoga dengan artikel ini bisa membantu suara HP kamu kembali normal dan bisa kamu gunakan dalam aktivitas sehari-hari.