10 Aplikasi Belajar Bahasa Rusia Terbaik 2022

Aplikasi Belajar Bahasa Rusia Terbaik
Aplikasi Belajar Bahasa Rusia Terbaik

Belajar bahasa asing kini telah menjadi suatu kebutuhan salah satunya dengan menggunakan Aplikasi Belajar Bahasa Rusia. Bukan hanya bahasa Inggris, kini banyak juga yang berminat mempelajari bahasa Rusia. Nah, untuk bisa berbahasa Rusia, kamu bisa memanfaatkan aplikasi belajar bahasa Rusia. Dengan adanya aplikasi belajar bahasa, kamu akan bisa belajar bahasa rusia secara otodidak.

Asalkan kamu rajin belajar dan terus berlatih di mana pun dan kapan pun kamu bisa mahir berbahasa Rusia. Sehingga buat kamu yang tidak mempunyai budget untuk les privat, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi belajar bahasa Rusia. Hanya bermodalkan smartphone saja, kamu bisa belajar bahasa Rusia dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk kamu yang masih pemula dalam belajar bahasa Rusia, maka sebelum membahas aplikasi belajar bahasa Rusia, mari kita belajar bahasa Rusia dasar terlebih dahulu.

Cara Belajar Bahasa Rusia Dasar

Cara Belajar Bahasa Rusia Dasar
Cara Belajar Bahasa Rusia Dasar

Sebagai bahasa keenam dengan penutur terbanyak di dunia, dengan memilih untuk mempelajari bahasa Rusia adalah pilihan yang tepat. Dari segi pelafalan, bahasa Rusia lebih mudah dibandingkan bahasa Inggris. Sebab kurang lebih apa yang dibaca hampir sama dengan apa yang dituliskan dalam bahasa Rusia. Sebelum lanjut belajar bahasa rusia kamu juga bisa cobain Ciptakan Ruang Meditasi Super Nyaman Untuk Relaksasi, Alah-alah rusia.

Baca Juga: 4 Cara Cek Tagihan PDAM Boyolali Paling Praktis

Berikut cara belajar bahasa Rusia dasar!!

  • Alfabet

Langkah awal sebelum memulai aplikasi belajar bahasa Rusia, untuk belajar bahasa Rusia yaitu kamu harus mengenal aksara Kiril serta cara membacanya. Aksara Kiril sendiri terdiri dari 33 huruf Rusia, yang diantaranya ada:

  1. Huruf Konsonan : , В, Г, Д, Ж, З, Й, К, Л, М, Н, П, Р, С, Т, Ф, Х, Ц, Ч, Ш, dan Щ
  2. Huruf vokal : А, Э, Ы, У, О, Я, Е, Ё, Ю, dan И
  3. Tanda pelafalan : tanda lunak [ь] dan tanda keras [ъ]

Cara membaca huruf Rusia memang tidak terlalu sulit, namun bukan berarti dapat kamu remehkan. Meski ini bukan pekerjaan satu malam, kamu dapat mencapainya jika konsisten dalam belajar bahasa Rusia.

  • Kata Benda Maskulin, Feminim, dan Netral

Setelah mengenal huruf Rusia, sekarang kamu harus mengenal kata benda. Menariknya bahasa Rusia memiliki 3 golongan untuk kata benda, yaitu Maskulin, Feminim, dan Netral. Penggolongan ini memang berbeda dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Melainkan masih sama dengan beberapa bahasa asing lainnya seperti bahasa Arab.

Kamu cukup mengamati gender suatu kata benda dalam bahasa Rusia dengan cara melihat huruf terakhir pada kata tersebut, contohnya.

  1. Untuk Женский род [ženskij rot] atau ‘feminim’ akan diakhiri dengan huruf vokal seperti -а atau –я
  2. Untuk Мужской род [muškoj rot] atau ‘maskulin’ akan diakhiri dengan huruf konsonan atau seperti “й
  3. Untuk Средний род [srednij rot] ‘netral’ akan diakhiri dengan huruf vokal –е atau –о
  5 Aplikasi Jual Beli Motor Bekas Selain OLX 2022

Namun, terdapat aturan khusus untuk beberapa kata yang berakhiran tanda pelunak seperti (ь) yang terkadang berarti maskulin atau feminim. Untuk kasus ini, kamu memang perlu mengingatnya, Agar kamu lebih ingat tentang kebersihan pastikan sudah mencoba Tips Membersihkan Area Jendela Tepat dan Cepat.

  • Contoh Kata Dalam Bahasa Rusia

Untuk pemula, bahasa Rusia memang tampak begitu sulit. Namun yang perlu kamu sadari, bahwa memahami semua hal baru memang membutuhkan waktu. Kamu hanya perlu memotivasi diri sendiri dan lihat bagaimana kemajuan bahasa Rusia kamu. Berikut adalah contoh kata, yang berada di sekitar kamu dalam bahasa Rusia

  1. Rumah = дом [dom]
  2. Lampu  =  лампа [lampα]
  3. Kursi = стол [stol]
  4. Pintu = дверь [dver’]
  5. Kemeja  = рубашка [rubaškα]
  6. Komputer = компютер [kαmp’jut’ιr]
  7. Gadis kecil = девочка [d’evαčkα]
  8. Pemuda  = молодой человек [mαlαdoj čιlαv’ek]
  9. Wanita  =  женшина [ženš’inα]

Kamu bisa pelajari kata-kata di atas terlebih dahulu, apabila sudah lancar kamu dapat mempelajari lebih lanjut dengan beberapa sumber bahan ajar, seperti buku untuk belajar bahasa Rusia dan aplikasi belajar bahasa Rusia.

Postingan Menarik Lainnya: Reseller Top Up Game Termurah

Buku Untuk Belajar Bahasa Rusia

Buku Untuk Belajar Bahasa Rusia
Buku Untuk Belajar Bahasa Rusia

Meskipun buku kadang-kadang terdegradasi ke jajaran sarana pembelajaran yang ketinggalan zaman, buku untuk belajar bahasa Rusia juga menawarkan metode pengajaran terpadu yang telah terbukti manfaatnya. Berikut beberapa buku yang bagus di dalam bidang linguistik untuk belajar bahasa Rusia selain aplikasi belajar bahasa Rusia:

  • Sputnik: An Introductory Russian Language Course

Selain aplikasi belajar bahasa Rusia, Sputnik merupakan buku teks modern yang diterbitkan pada tahun 2014. Buku Sputnik mempunyai metode pembelajaran sederhana dalam 234 halaman yang disertai teks penjelasan yang menyeluruh. Buku Sputnik: An Introductory Russian Language Course ditargetkan untuk tingkat pemula.

  1. Kelebihan: materi belajar lengkap dan mudah dipahami pemula.
  2. Kelemahan: Buku latihan soalnya dijual terpisah.

Itulah beberapa kelebihan dan kelemahan dari buku Sputnik, Kelebihan Investasi Properti Ruko Rukan Selain itu kamu juga bisa baca .

  • Russian For Dummies

Buku Russian For Dummies menggunakan metode untuk memperkaya kosakata, seperti untuk mempelajari kata ganti orang, kata benda, deklinasi, serta konjungsi kata kerja dalam bahasa Rusia. Buku ini ditargetkan untuk tingkat pemula.

  1. Kelebihan: Buku ini dikembangkan secara khusus untuk mempelajari budaya Rusia dan disertai dengan CD-rom.
  2. Buku Russian For Dummies merupakan bekal yang ideal sebelum pergi ke negara Rusia.
  3. Kelemahan: Buku Russian For Dummies memiliki harga yang cukup mahal, yakni Rp 255.000.
  •  Living Language: Russian, complete edition

Buku ini memiliki rentang materi yang luas untuk mencapai tingkatan yang mahir. Buku Living Language: complete edition ditargetkan untuk tingkat pemula, menengah, dan lanjutan.

  1. Kelebihan: Mempunyai jenis latihan soal, file audio, maupun dengan metode yang didasarkan pada teknik pengulangan berjeda (spaced repetition).
  2. Kekurangan: Harganya lebih mahal dari buku sejenis.

Lantas, apa saja aplikasi belajar bahasa Rusia? Berikut telah kami rangkumkan untuk kamu!

Artikel Menarik Lainnya: 20+ Gaya Foto Aesthetic Ala Selebgram Paling Keren

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

  • Russian Alphabet For Students

Russian Alphabet For Students
Russian Alphabet For Students

Sesuai dengan namanya juga, aplikasi belajar bahasa Rusia ini fokus tentang pengetahuan seputar alfabetnya. Karena alfabetnya yang digunakan dalam bahasa Rusia itu berbeda. Tidak hanya itu aplikasi Russian Alphabet For Students juga mengajarkan cara penulisannya, pengucapannya, sampai dengan cara penggunaannya.

  5 Aplikasi Timbangan Digital Terbaik Untuk Android 2022

Disertai dengan visualisasi dan audio yang mumpuni, sehingga kamu dapat mengasah kemampuan dengan mudah serta belajar bahasa Rusia dengan mudah. Aplikasi Russian Alphabet For Students sangat direkomendasikan untuk pengguna awal atau yang sama sekali belum mengenal bahasa Rusia agar tidak kaget ketika mempelajari materi lanjutannya.

Link Download Russian Alphabet For Students :

Nama Aplikasi Russian Alphabet For Students
Rating 4.7
Ukuran 7.7 MB
Link Playstore russian.alphabet.for.students
  •  Learn Russian Free (Offline)

 Learn Russian Free (Offline)
Learn Russian Free (Offline)

Dari namanya saja sudah jelas, bahwa aplikasi Learn Russian Free (Offline) dapat digunakan secara offline. Sehingga kamu bisa menggunakannya tanpa harus terkoneksi ke jaringan internet.

Kamu juga dapat memilih berbagai macam tema dan materi yang ini dipelajari sesuai dengan tingkat kemampuannya. Aplikasi belajar bahasa Rusia dari Learn Russian Free (Offline) akan lebih fokus pada kalimat dan kosa kata yang kerap digunakan dalam percakapan secara langsung.

Link Download Learn Russian Free (Offline) :

Nama Aplikasi Learn Russian Free (Offline)
Rating 3.7
Ukuran 4.6 MB
Link Playstore com.diloyalearn.learnrussian
  • Learn Russian – Listening and Speaking

Learn Russian - Listening and Speaking
Learn Russian – Listening and Speaking

Aplikasi belajar bahasa Rusia yang satu ini berfokus pada skill penggunanya dalam hal mendengarkan dan berbicara menggunakan bahasa Rusia. Sehingga banyak yang menggunakan aplikasi Learn Russian – Listening and Speaking untuk mempelajari bahasa Rusia dengan cepat dan efektif.

Aplikasi Learn Russian – Listening and Speaking juga menyediakan audio yang dimana berisi rekaman asli native Rusia. Maka dari itu kamu dapat dengan mudah memahami cara pengucapan kosa kata dalam bahasa Rusia dengan benar.

Link Download Learn Russian – Listening and Speaking :

Nama Aplikasi Learn Russian – Listening and Speaking
Rating 5.0
Ukuran 104 MB
Link Playstore Klik Disini
  • Learn Russian Free (ATi Studios)

Learn Russian Free (ATi Studios)
Learn Russian Free (ATi Studios)

Berikutnya ada aplikasi Learn Russian Free (ATi Studios), yang dimana kamu dapat menggunakannya secara gratis. Aplikasi belajar bahasa Rusia ini juga dilengkapi dengan beragam jenis fitur bagus dan terbaik seperti mempunyai audio yang jernih, sehingga pengguna dapat mempelajari cara pengucapan dalam bahasa Rusia dengan benar.

Selanjutnya, kamu akan diajak belajar bahasa Rusia melalui frase penting yang kerap digunakan dalam percakapan sehari hari. Selain itu, masih terdapat berbagai fitur menarik yang bisa kamu nikmati saat sudah mendownload Learn Russian Free (ATi Studios).

Link Download Learn Russian Free (ATi Studios) :

Nama Aplikasi Learn Russian Free (ATi Studios)
Rating 4.9
Ukuran 44 MB
Link Playstore Klik Disini
  • Drops: Learn Russian. Speak Russian – Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Drops Learn Russian. Speak Russian Aplikasi Belajar Bahasa Rusia
Drops Learn Russian. Speak Russian Aplikasi Belajar Bahasa Rusia

Drops: Learn Russian. Speak Russian juga menawarkan metode pembelajaran yang mengutamakan latihan skill berbicara kamu dalam bahasa Rusia. Sebab materi yang disajikan pun selalu berkaitan dengan langkah-langkah  berbicara bahasa Rusia yang baik dan benar.

Aplikasi belajar bahasa Rusia yang satu ini bisa kamu unduh secara gratis. Jadi buat yang ingin mencobanya, langsung unduh aplikasi ini di Google Play Store.

Link Download Drops: Learn Russian. Speak Russian – Aplikasi Belajar Bahasa Rusia :

Nama Aplikasi Drops: Learn Russian. Speak Russian
Rating 4.8
Ukuran 72 MB
Link Playstore Klik Disini
  6 Aplikasi Membuat Kartu Nama Gratis : Desain Kartu Nama Jadi Mudah
  • Learn Russian Vocabulary – Verbs, Words, & Phrases

Learn Russian Vocabulary - Verbs, Words, & Phrases
Learn Russian Vocabulary – Verbs, Words, & Phrases

Dengan menggunakan aplikasi Learn Russian Vocabulary – Verbs, Words, & Phrases, kamu akan difokuskan pada penggunaan kosa kata, beserta artinya. Kosa kata tersebut nantinya akan dirangkai atau disusun menjadi satu kalimat.

Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan rekaman audio, yang dimana dapat dijadikan sebagai contoh pengucapan kosa kata dalam bahasa Rusia. Metode ini dapat menambah kosa kata setiap harinya.

Link Download Learn Russian Vocabulary – Verbs, Words, & Phrases :

Nama Aplikasi Learn Russian Vocabulary – Verbs, Words, & Phrases
Rating 4.8
Ukuran 38 MB
com.learn.common.russian.words
  • Busuu

Busuu
Busuu

Busuu – Learn Languages – Spanish, Japanese & More memang dikenal sebagai aplikasi belajar berbagai macam bahasa asing, salah satunya yaitu bahasa Rusia. Hanya saja, untuk memperoleh seluruh pelajaran bahasa Rusia di aplikasi ini, pengguna perlu berlangganan terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa mendapatkan banyak pembelajaran, mulai dari dialog, kosa kata, hingga terdapat menu praktik berkomunikasi menggunakan bahasa Rusia.

Link Download Busuu :

Nama Aplikasi Busuu
Rating 4.6
Ukuran 36 MB
Link Playstore com.busuu.android.enc

Nah itu dia sekilas tentang busuu, selain itu kamu juga bisa baca artikel edukasi juga, hanya di capcus.id.

  • Duolingo

Duolingo
Duolingo

Terdapat lebih dari 6 juta orang yang sudah menggunakan aplikasi Duolingo untuk mempelajari bahasa Rusia. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot membuat akun untuk mempelajari bahasa Rusia dalam aplikasi ini.

Duolingo juga menyediakan materi mengenai alfabet kiril, kosa kata, tata bahasa dasar, dan ungkapan. Semua materi di aplikasi Duolingo dibagi menjadi beberapa topik, yang tentunya membuat aktivitas belajar bahasa Rusia kamu menjadi lebih seru dan menantang.

Link Download DuoLingo :

Nama Aplikasi DuoLingo
Rating 4.8
Ukuran 27 MB
com.duolingo
  • Hello Talk

Hello Talk
Hello Talk

Dalam aplikasi Hello Talk, kamu akan belajar dengan orang lain yang ingin belajar bahasa Rusia juga. Sehingga kamu bisa saling bertukar pesan bahkan melakukan panggilan video dengan orang-orang dari belahan dunia lain.

Dengan begitu, skill dalam berbahasa Rusia akan berkembang, kapan lagi belajar sambil berteman dengan orang-orang baru dari negara lain.

Link Download Hello Talk :

Nama Aplikasi Hello Talk
Rating 3.8
Ukuran 149 MB
Link Playstore com.hellotalk

Jika sudah mendownload aplikasi diatas, pastikan kamu sudah cobain Take Over KPR Untuk Mendapatkan Cicilan Murah.

  • Memrise

Memrise
Memrise

Selain dikenal dengan aplikasi mengajarkan bahasa Inggris, Memrise juga menyediakan pelajaran bahasa Rusia. Materi yang diberikan pun sangat cocok buat kamu yang masih baru dalam mempelajari bahasa Rusia.

Aplikasi belajar bahasa Rusia dari Memrise terdapat tingkatan, dari pemula hingga tingkat menengah. Menariknya Memrise mempunyai fitur yaitu dengan menjelajahi lingkungan sekitar kamu, dan mengambil foto untuk diterjemahkan. Jadi sistemnya seperti main game sambil belajar.

Link Download Memrise :

Nama Aplikasi Memrise
Rating 4.7
Ukuran 13 MB
Link Playstore Klik Disini

Penutup

Aplikasi Belajar Bahasa Rusia Terbaik
Aplikasi Belajar Bahasa Rusia Terbaik

Bagaimana? Tidak susah bukan untuk mencari akses untuk belajar bahasa Rusia? Karena sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi untuk kamu menemukan cara belajar bahasa Rusia dengan baik, dan praktis!!

Demikianlah cara belajar bahasa Rusia dasar dan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Rusia yang dapat diakses melalui smartphone kamu. Belajarlah dengan sungguh-sungguh agar keinginanmu untuk bisa berbahasa Rusia segera tercapai, selamat mencoba!