5 Cara Memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO

Cara Memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO
Cara Memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO

Apakah saat ini kamu sedang mencari Cara Memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO? yuk simak disini penjelasannya. Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang punya banyak peminat di Indonesia. Bertransaksi di Tokopedia bisa dilakukan dengan berbagai pilihan dompet digital atau pun transfer bank.

Tokopedia sendiri memiliki dompet saldo yang bisa diisi dengan cara top up maupun dari hasil penjualan produk. Saldo ini bisa dicairkan ke beberapa rekening atau dompet digital lainnya, salah satunya adalah OVO. Buat kamu yang penasaran bagaimana cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, ini dia bahasan lengkapnya!

Sekilas Tentang Tokopedia

Sekilas Tentang Tokopedia
Sekilas Tentang Tokopedia

Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya pada kuartal 1 di tahun 2021, Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama Marketplace di Indonesia dengan jumlah pengunjung mencapai 135 juta

Hal ini dikarenakan Tokopedia memiliki kategori produk yang banyak dicari masyarakat seperti fashion dan elektronik. Selain itu cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO juga sangat mudah sehingga e-commerce ini semakin banyak dicintai masyarakat. 

Saat ini merchant di Tokopedia di dominasi oleh UMKM. Untuk mendukung para merchant-nya Tokopedia memiliki fitur broadcast-chat, promosi, statistik toko, hingga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan usahanya. Selain bisnis di tokopedia kamu juga wajib cobain Strategi Jual Rumah Murah Agar Tetap Mendapatkan Keuntungan.

Apa Itu Saldo Tokopedia

Apa Itu Saldo Tokopedia
Apa Itu Saldo Tokopedia

Banyak juga pengguna Tokopedia yang belum paham betul mengenai saldo Tokopedia. Nah sebelum mengetahui cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, di Tokopedia terdapat 2 jenis saldo yaitu saldo refund dan saldo penghasilan. Apa bedanya? Bagi kamu yang penasaran, mari simak penjelasannya di bawah. 

  1. Saldo refund adalah saldo yang masuk kembali akibat dari pembelian barang yang gagal. Saldo ini hanya berlaku untuk pembeli saja yang menggunakan metode pembayaran selain kartu kredit dan OVO. 
  2. Saldo penghasilan adalah dana hasil penjualan dari suatu produk barang atau penjualan investasi (emas dan reksadana) yang ditawarkan pada pembeli.
  3. Hal ini dikarenakan Tokopedia memang menyediakan layanan investasi bagi para penggunanya sehingga nantinya keuntungan dari investasi akan masuk ke saldo Tokopedia.

Selain investasi di tokopedia, Jika kamu punya modal yang besar kamu bisa cobain Investasi Tanah Rumah Atau Apartemen.

Apakah Saldo Tokopedia Bisa Ditransfer ke Ovo?

Apakah Saldo Tokopedia Bisa Ditransfer ke Ovo
Apakah Saldo Tokopedia Bisa Ditransfer ke Ovo

Pertanyaan yang paling banyak muncul adalah mengenai bisa atau tidaknya saldo Tokopedia dipindahkan ke rekening bank atau dompet digital seperti OVO. Jawabannya, bisa. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO. Syarat tersebut di antaranya:

  1. Pastikan nama pemilik akun OVO sama dengan nama akun pemilik toko di Tokopedia 
  2. Penarikan minimal saldo Tokopedia adalah Rp 10.000, kurang dari nominal tersebut saldo Tokopedia tidak bisa di tarik 
  3. Saat melakukan tarik saldo pastikan jika nomor HP yang ada di Tokopedia sudah terdaftar, terverifikasi, dan aktif 
  4. Pemilik akun Tokopedia baik penjual maupun pembeli yang mau menarik saldonya ke OVO harus sudah membuat PIN Tokopedia
  5. Setiap melakukan transaksi cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO  kamu akan dikenakan biaya layanan sebesar Rp 1.000 
  5 Cara Masuk ke Google Singapura 2022 Paling Aman

Berapa Lama Uang Masuk ke Rekening Dari Tokopedia 

Setelah pengajuan tarik saldo berhasil dan disetujui maka permintaan kamu akan diproses 1×24 jam. Apabila saldo Tokopedia gagal di transfer ke OVO coba pastikan nomor VA yang kamu masukkan sudah benar.  Jika akun OVO tujuan tidak terdaftar atau tidak valid, maka saldo yang sudah terpotong selama transaksi transfer akan dikembalikan lagi secara otomatis ke saldo pemilik refund atau saldo penghasilan. 

Dan kamu tidak perlu takut dan terburu-buru, jika akun ovo mu tidak terdaftar, karena secara otomatis saldo akan kembali lagi ke akun tokopedia kamu, sama halnya dengan Alasan Jangan Terburu-buru Saat Membeli Rumah.

Cara Aktivasi OVO di Tokopedia 

Cara Aktivasi OVO di Tokopedia 
Cara Aktivasi OVO di Tokopedia

Agar mempermudah, cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, pastikan kamu telah melakukan aktivasi akun OVO di Tokopedia. Sama seperti halnya cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, aktivasi OVO di Tokopedia juga sangat mudah, namun perlu diingat jika aktivasi OVO hanya bisa dilakukan dengan nomor lokal. Berikut langkah-langkahnya : 

  1. Buka aplikasi OVO 
  2. Masuk ke menu “akun saya” 
  3. Klik “aktivasi OVO” yang ada di homepage 
  4. Lanjut klik “aktifkan OVO sekarang” 
  5. Jika nomor kamu yang terdaftar di akun Tokopedia sama dengan yang ada di akun OVO, kode verifikasi (OTP) bisa langsung dimasukkan setelah menerima SMS
  6. Jika nomor belum terdaftar, kamu akan diminta membuat akun OVO baru atau mengganti nomor yang terdaftar di Tokopedia sama dengan yang ada di OVO 
  7. Buat PIN, Setelah PIN selesai di buat, kamu bisa memilih akun Tokopedia dengan nomor yang sama yang sudah diaktifkan tadi 

Cara Memindahkan Saldo Tokopedia Ke OVO 

Cara Memindahkan Saldo Tokopedia Ke OVO 
Cara Memindahkan Saldo Tokopedia Ke OVO

Jika sudah paham dengan penjelasan di atas kini saatnya kamu mengetahui cara memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO. Caranya sangat mudah sekali, cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka Aplikasi Tokopedia, Sebelum memulai cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, pertama buka dulu aplikasi Tokopedia, bisa lewat smartphone atau laptop.
  2. Pastikan Sudah Log In, Langkah selanjutnya adalah log in terlebih dulu ke akun Tokopedia yang saldonya mau kamu tarik.
  3. Pilih Akun, Pada bagian beranda, pilih menu Akun yang berada di pojok kanan bawah.
  4. Pilih menu saldo, Klik menu dana di Tokopedia kemudian klik atur untuk melihat jumlah saldo yang kamu miliki
  5. Pilih menu tarik saldo, Setelah masuk ke halaman saldo, klik detail saldo, kemudian pilih menu tarik saldo, lalu pilih jenis saldo yang mau ditarik refund atau penghasilan.
  6. Tambah rekening, Setelah memilih jenis saldo yang mau ditarik, langkah selanjutnya adalah memilih rekening dengan cara klik tambah rekening, kemudian pilih rekening Bank Nobu, klik “ya tambah” saat muncul peringatan tambah rekening.
  7. cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, Cukup masukkan nomor rekening OVO sudah bisa digunakan untuk tarik saldo Tokopedia tanpa menggunakan rekening bank konvensional.
  8. Pilih kode verifikasi, Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengirimkan kode verifikasi lewat SMS. Pastikan nomor Hp kamu sudah terdaftar di Tokopedia.
  9. Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan kode OTP SMS dari Tokopedia dan rekening tujuan sudah didaftarkan pada rekening penarikan saldo.
  10. Masukkan nominal yang mau ditarik, Langkah selanjutnya adalah masukkan nominal yang mau ditarik, jika ingin menarik semua saldo cukup klik menu “tarik semua” kemudian klik tombol “tarik saldo”.
  11. Masukkan kode verifikasi, Bagian ini sama dengan poin no 7 dan 8, setelah itu tunggu transaksi sedang diproses, jika transaksi berhasil kamu akan mendapatkan notifikasi.
  3 Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi 2022

Itulah langkah-langkah mudah cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO.

Apa Itu Kode OTP Tokopedia

Kode OTP (One Time Password) adalah kode yang dikirimkan oleh pihak Tokopedia untuk memastikan transaksi penarikan dana benar-benar dilakukan oleh pemilik akun. Nah apasih guananya kode OTP saat menggunakan cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO

  1. Kode OTP juga dibutuhkan saat kamu masuk (login) atau ingin menambahkan akun rekening baru dan menarik saldo ke rekening baru tersebut. 
  2. Jika kamu sudah pernah menarik saldo ke rekening tujuan yang sebelumnya pernah dipakai, kamu tidak memerlukan kode OTP lagi. 
  3. Kode OTP akan dikirimkan lewat SMS ke nomor Hp yang sudah terverifikasi di Tokopedia. Jika No Hp belum terverifikasi, kode OTP akan dikirimkan lewat e-mail. 

Selain mengetahui fungsi dari kode otp, Seharusnya kamu juga harus lebih tahu lagi tentang pentingnya Manfaat Sarapan Pagi Bagi Anak Sekolah.

Fungsi OVO di Tokopedia 

Fungsi OVO di Tokopedia 
Fungsi OVO di Tokopedia

OVO adalah salah satu metode pembayaran yang sah di Tokopedia dan cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO pun sangat mudah berkat keberadaan bank Nobu. E-wallet ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi online apa saja. 

Contohnya seperti berbelanja, isi ulang paket data, beli token listrik, beli tiket kereta hingga membayar berbagai macam tagihan di Tokopedia bisa dengan aman, cepat, dan lebih mudah. Metode pembayaran ini baru bisa digunakan setelah kamu melakukan aktivasi. OVO terdiri dari 2 bagian yaitu OVO point dan OVO cash

  • OVO points

OVO point adalah poin yang didapat pengguna setiap melakukan transaksi di Tokopedia. Poin ini bisa disebut dengan cashbackOVO point bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di Tokopedia. 1 point OVO bernilai Rp 1, OVO point memiliki masa berlaku hingga 18 bulan dan tidak bisa di transfer ke rekening bank atau ke akun OVO yang lain. 

  • OVO cash 

OVO cash adalah uang elektronik yang bisa kamu pakai untuk berbagai macam transaksi di Tokopedia, top-up, dan pembayaran di berbagai merchant rekanan OVO. OVO cash tidak punya masa berlaku dan bisa ditransfer ke rekening bank atau akun OVO yang lain. 

  8 Cara Menarik Menambahkan Warna, Tekstur dan Corak Dalam Kamar Mandi

Setiap transaksi top up OVO akan dikenakan biaya admin : 

  1. Top up menggunakan transfer bank, instant payment, virtual account dan debit instant akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000.
  2. Top up menggunakan debit online akan dikenakan biaya sebesar 1,5% dari jumlah yang di top up.
  3. Top up lewat gerai  akan dikenakan biaya admin sesuai dengan standar admin masing-masing gerai. 

Cara Memindahkan Saldo Tokopedia Ke Rekening Bank

Cara Memindahkan Saldo Tokopedia Ke Rekening Bank
Cara Memindahkan Saldo Tokopedia Ke Rekening Bank

Selain cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, banyak juga yang mencari cara memindahkan saldo Tokopedia ke rekening Bank Bukan tanpa alasan, dengan memindahkan saldo ke rekening Bank, tentu saja saldo dapat ditarik atau dicairkan sehingga dapat digunakan untuk keperluan yang harus dilakukan secara tunai atau cash.

Karenanya, setelah membagikan cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO, kami akan membagikan juga cara memindahkan saldo Tokopedia ke rekening Bank, agar kamu memiliki beberapa referensi pemindahan saldo. Caranya pun tak kalah mudah. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama, tentunya kamu harus masuk ke akun Tokopedia pada aplikasi di smartphone kamu.
  • Selanjutnya klik menu di pojok kiri atas berupa tiga garis kecil.
  • Setelah masuk ke menu, pilih pada bagian “Saldo”.
  • Akan terlihat jumlah saldo Tokopedia yang kamu miliki, jika kamu ingin melakukan penarikan, langsung klik “penarikan” di sebelah kanan jumlah saldo.
  • Selanjutnya, masukkan data berkaitan dengan penarikan. Masukkan nominal yang ingin kamu pindahkan ke rekening bank.
  • Lalu, masukkan juga rekening bank yang terdaftar atau tersambung dengan akun Tokopediamu.
  • Terakhir isi kolom password. Lakukan dengan hati-hati agar tidak salah ketik.
  • Jika semua sudah sesuai, klik centang yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Untuk menjaga dari penyalahgunaan, pihak Tokopedia akan mengirimkan pesan berisi kode verifikasi ke nomor HP kamu yang terdaftar dengan Tokopedia.
  • Masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia, lalu tekan lanjutkan atau submit.
  • Jika semua proses dilakukan dengan benar, pemindahan saldo akan segera diproses dan akan terlihat saldo Tokopedia kamu akan berkurang sesuai nominal pemindahan yang kamu masukkan.
  • Kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan via email mengenai jangka waktu proses penarikan saldo yaitu maksimal 1×24 jam.

Penutup

Cara Memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO
Cara Memindahkan Saldo Tokopedia ke OVO

Itu dia cara memindahkan saldo Tokopedia ke OVO dan rekening Bank yang bisa kamu coba. Jangan khawatir, jika kamu memenuhi semua persyaratan dan melakukan langkahnya secara tepat, pemindahan saldo pastinya akan berhasil dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!